Tips Mengatasi Takut Pada Jarum Suntik

Posted: October 14, 2012 in Uncategorized
Tags: , , ,

Bagi sebagian orang, jarum suntik hanyalah sebuah alat kecil yang digunakan untuk memasukkan cairan obat atau makanan kedalam tubuh atau malah sebaliknya untuk mengambil cairan darah dari ‘arteri yang terletak dibawah jaringan kulit  untuk digunakan sebagai sampel yang akan diperiksa di laboratorium maupun sebagai ‘donor atau ketika menjalani cuci darah.

Namun bagi sebagian orang termasuk saya, jarum suntik yang sebenarnya tidak terlalu besar itu adalah sebuah benda yang sangat menakutkan meskipun benda tersebut sudah sangat sering sekali digunakan untuk berbagai keperluan yang saya sebutkan diatas.
Seorang penyintas leukemia jenis CML yang sudah bisa mengontrol penyakitnya dengan baik, masih harus periksa darah di laboratorium minimal satu bulan sekali, sedangkan mereka yang penyakitnya masih mengalami fluktuasi atau masih dalam observasi maka harus lebih sering melakukan cek laboratorium terutama jika ada peningkatan sel sel leukosit maupun sel blast atau berkurangnya hitungan nilai trombosit dalam darah.

Karena saya sangat takut dengan jarum suntik, saya pernah berfikir sampai sebegitu jauh dimana ingin rasanya memasang sebuah alat semacam ‘kran pada tubuh ini yang dapat dibuka tutup dengan mudah untuk mengeluarkan darah dari tubuh kita atau untuk memasukkan obat maupun cairan makanan dengan mudah tanpa melibatkan lagi jarum suntik.
Berbagai formula dan cara pun sudah saya coba dan gunakan untuk mengatasi rasa takut terhadap jarum suntik, dari mulai menarik nafas panjang dan menahan nafas, melemaskan tubuh dan persendian sampai menghindar dari melihat jarum suntik bahkan memejamkan kedua mata saya agar tidak melihat jarum suntik yang akan menghujam ketubuh saya itu.

Namun kenyataannya tetap saja ketakutanku masih tinggi dan terkadang sampai banyak berkeringat dan gemetaran meskipun setelah selesai proses penyuntikan maupun pengambilan darah aku selalu merasakan bahwa proses itu tidak sesakit yang aku bayangkan, bahkan kerap aku berguman “Ooh,,, sudah ya ? cuma segitu doang ?

Menurut saya cara yang paling efektif untuk mengatasi takut pada jarum suntik itu bisa berbeda beda antara satu orang dengan orang lainnya dan yang pernah beberapa kali saya jalankan adalah dengan mengajak serta anak perempuan saya kedalam laboratorium dimana saya memeriksakan darah. Faktanya,,, sebagai seorang ayah saya tidak pernah mau terlihat lemah dihadapannya. Jika hanya menghadapi jarum suntik yang kecil saja saya sudah ketakutan setengah mati, bagaimana nanti jika suatu saat saya harus melindunginya dari serangan senjata tajam maupun senjata api yang mengancam keselamatan jiwa orang orang yang saya cintai dan harus saya lindungi kalau perlu dengan darah dan jiwa saya?

Wassalam.

Tulisan Terkait:
– Tips Melawan Takut.
– Tips Menaikkan Trombosit.
– Tips Menaikkan HB.

Advertisements
Comments
  1. desy will says:

    tanggal 17 Oktober 2012, pukul 02.50 am, abang saya Alm, Fredy Wahyudi Dharma Bin Sudarmadi menghembuskan nafas terakhir di RS Pertamina Balikpapan. masuk RS tanggal 30 September 2012, test sumsum tulang belakang tgl 05 Okt 2012, hasil keluar tgl 10 Okt 2012 adalah kanker darah atau leukimia stadium 2 akut..

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s