Menara BTS

Posted: April 16, 2013 in Uncategorized
Tags: , , , ,

Beberapa hari yang lalu ada team survey dari ‘TELKOMSEL yang mendatangi kediamanku serta meminta persetujuanku untuk membangun sebuah menara BTS setinggi 40 meter dihalaman belakang rumahku yang saat ini hanya aku jadikan kandang ayam dan entog’ peliharaanku.

Meskipun belum membicarakan nilai sewa kontrak pastinya,,, namun aku sudah mendapatkan gambaran bahwa nilai sewa kontrak tanah didaerahku ini berkisar antara 25-50 juta pertahun ditambah nilai kenaikan sebesar minimal 10% untuk setiap tahunnya, dan dibayarkan setiap 5 tahun sekali kepada pemilik tanah secara utuh atau tanpa potongan apapun. Mereka juga menegaskan bahwa urusan yang berhubungan dengan perizinan serta ‘kerohiman dengan masyarakat sekitar tempat tinggalku adalah urusan mereka, meskipun diharapkan aku turut pula berperan dalam memfasilitasi pertemuan dengan warga dan aparat setempat guna memperlancar proses perizinan terutama dengan masyarakat banyak.

Sebelum menyatakan setuju, aku mempertanyakan tentang kebenaran radiasi sinyal kasat mata yang konon dapat memicu berbagai penyakit termasuk kanker kepada mereka. Karena jika itu benar,,, maka secara moril aku harus ikut bertanggung jawab atas banyaknya penderita kanker didaerah tempat tinggalku di kemudian hari.bts1

Dan jawaban yang aku terima dari mereka cukup memuaskan dan sangat melegakan hati karena menurut mereka tidak ada sama sekali radiasi yang membahayakan kesehatan manusia ataupun yang dapat membuat rusak alat alat elektronika karena yang dipancarkan oleh tower tersebut bukanlah gelombang ‘elektromagnetik. Entah memang benar seperti itu kenyataannya atau mereka memang sudah sangat mempersiapkan jawaban ‘manis untuk meyakinkan orang orang awam seperti saya, Wallahu A’lam.

Singkat kata, akupun akhirnya menyetujui sedikit pekaranganku disewa untuk dibangun tower BTS dan merekapun mulai menggambil banyak gambar lokasi yang akan dijadikan pusat menara serta akses jalan menuju lokasi tersebut, dan berjanji dalam waktu singkat akan kembali lagi guna membahas nilai sewa serta pembayaran yang akan aku terima serta segala sesuatu yang menyangkut perizinan dan santunan terhadap masyarakat sekitar.

Wassalam.

PS.

Sebelum aku menandatangani kontrak sewa menyewa ini, dan menara setinggi 40 meter seolah olah berdiri diatas kepalaku, tolong beri aku masukan dan pencerahan agar tidak ada penyesalan dikemudian hari. Terimakasih.

bts3

bts2
______________________________________________________________________________________________

Artikel Terkait :
– About Me
– FORUM LEUKEMIA
– Obat Leukemia Menghilang

“Semua Tulisan Oce Kojiro”

Comments
  1. Ir Angga says:

    Tidak perlu takut berdosa atau terlalu fanatik mas, serahkan saja semua kepada teknologi karena semakin kedepan keberadaan antena antena seperti itu semakin tidak bisa dibendung seiring semakin majunya teknologi 3G,4G sampai entah berapa G lagi.
    Ambil kesempatan emas itu dan manfaatkan sebaik baiknya !

  2. dewi says:

    Qo sama ya. 3 bulan lalu juga tanah milik tetangga di sewa u/ BTS. Sempat sewot sendiri & cari info ternyata kata mbah google radiaasi BTS gak berpengaruh buat kita2 yg dibawah;)

    Ngapain jauh2 takut ama sinyal BTS mas, asap rokok & sinyal hp yg tiap hari dekat ama kita aja, gak kita takutin qo^_^

  3. wiwid says:

    Kekhawatiran yang sama juga saya alami. Sekitar 200 m dari rumah saya ada menara SUTET, padahal saya adalah SURVIVOR leukemia. Meskipun baru kurang lebih 1 bulan saya menempati rumah itu, tapi untuk pindah ketempat lain rasanya sangat berat dari segi biaya. Kami sekeluarga terlanjur membeli sebidang tanah dan membangun sebuah rumah disana yang tentu saja menghabiskan biaya yang tidak sedikit menurut ukuran kami, Saya baru tahu tentang radiasi SUTET yang menurut beberapa sumber menyebabkan leukemuia. Padahal niat kami pindah kesana adalah agar saya tidak terlalu capek untuk pulang pergi ketempat kerja, karena rumah baru kami jaraknya agak dekat ketempat kerja daripada rumah kami yang lama.Dan rumah kami yang lama sudah terjual.

  4. agus budi says:

    mas ganteng yg berjenggot…hahaha….sedikit saran ya mas buat sampean,sejujurnya BTS mempunyai unsur radiasi,karena semua yg berhubungan dengan frequensi itu menimbulkan radiasi,coba mas sering ada di bts pasti ada mengalami pusing,itu yg erjadi sama saya karena saya bekerja di salah satu perusahaan yg bergerah di bidang BTS,ada baiknya dipikirkankembali ya mas

  5. lily says:

    kalau menurut aq lebih baik jangan, mana ada tower tidak ada radiasi.. kita yg pake hp
    aja ada radiasi apalagi tower nya.. dari pada penyakitan lebih baik sehat biar gak ada uang
    kalao sakit uang berapa aja akan habis

  6. ocekojiro says:

    Dear all

    Yang jadi masalah adalah,,, jika saya tolak provider tsb untuk membangun tower dihalaman belakang rumah saya, maka provider tsb akan menjalankan alternatif ke 2 yaitu menyewa tanah kosong yg berada dibelakang tembok rumah saya karena titik koordinat akan kebutuhan tower tidak bisa diubah lagi, jaraknya cuma 3-5 meter dari lokasi awal yg berada ditanah saya yang hanya dibatasi sebuah tembok setinggi 2,5 meter.
    Artinya adalah,,, jika saya tolakpun antena itu tetap akan berdiri dengan gagahnya menantang langit, daripada cuma dapat radiasinya doang mendingan sekalian dapat kontraknya juga kan,,, lumayan buat beli beras !

  7. kasir says:

    mas ocekojiro tlg sampaikan ke telkomsel juga aku juga punya lahan di semarang…. penginya ikutan kaya mas

  8. Surya says:

    Salam,
    Ada juga yg menawarkan akan memasang antena BTS di atas rumah, tinggi antena 20 Meter & sewa lahan 4 x 5 Meter. Katanya untuk XL dan Three. Lokasi rumah dataran tinggi di Denpasar – Bali. Berapa sekarang pasarannya, mohon pencerahan… (suryaputradxb@gmail.com)
    Salam…

  9. ocekojiro says:

    @Kasir
    Ternyata,,, yang menentukan sebuah tempat itu dapat didirikan antena atau tidak itu adalah titik koordinat akan kebutuhan tower, jika kita berikan dg gratispun pihak provider tdk akan mau membangun tower pada sebuah lokasi kecuali memang sudah ada kebutuhan, Begitu ceritanya mas.

    @Surya.
    Salah satu kausul perjanjian yg sudah sy tandatangani adalah ” Kerahasiaan harga sewa lokasi, artinya adalah saya harus memegang teguh untuk tidak memberitahukan pada siapapun tentang besarnya harga sewa yg telah saya tandatangani.
    Jadi mohon maaf,,, sy hanya bisa memastikan bahwa nilainya masih berada dalam kisaran yg saya sebutkan pada tulisan sy diatas adapun berapa pastinya saya terpaksa harus tutup mulut, hehe
    .
    Salam.

  10. jokotriwahono says:

    Bos boleh ga aku minta nomer kontak tim survey untuk menara btsnya. karena aku juga mau menawarkan tanah orang tuaku buat disewa untuk menara bts. tolong ya boss.. tks

  11. john says:

    boss rumah ane sekarang juga lagi ditawar utk bts harganya 450 jt/10 tahun , tapi rasanya kemurahan soalnya mw dipake utk multi operator lokasi pondok gede ujung aspal, share aja boss masalah harga soalnya klausul itu sebenarnya untuk kepentingan penyewa / tower bersamanya

  12. sustihsustih says:

    biar tanah kita di sewa operator untuk di buat BTs mau dong..tapi bagaimana ya..biar mereka mau ??

  13. amon lumenta says:

    Minta tolong Pemirsa saya juga lagi tawar menawar Gedung sekolah kami sekarang dia tinggal mendirikan Tower 16M karena gedung kami sampai lantai 4, lokasi berada di daerah Elit Duku Pakis Maydjen sungkono surabaya, kira2 harga disana berapa ya pertahun mereka akan menyewa selama 5 tahun.
    Tolong Pemirsa masukannya ya terima kasih sebelumnya

  14. Harris says:

    Mas PS (Panyebar Semangat) he he he he ….udah ambil aja tuh sewa lahan untuk BTS, kesempatan tidak akan datang dua kali…hanya sekali …cuman sekali ….Insya Allah nggak apa apa….asal harga sewanya cocok, jangan keburu iya sebelum harga cocok betul, kalau ditolak rugii Mas…nggak modal apa-apa…. dapet duit …banyak lagi ….itu mah namanya rejeki noumplek bleg ke sampiyan….bersyukur kepada Allah SWT yg telah melimpahkan rejeki kepada sampeyan Mas PS (PANYEBAR SEMANGAT) Okay Bravo Mas selamaaaaat !!! Tajir he he he he he siiip siiiip siiiiip ……!!!!!

  15. dicky says:

    Ikut nimbrung Mas…, Toleransi kandidat lahan dariTitik Kordinat pada saat Searching untuk BTS bisa mencapai radius 100m keliling, asal saja Kandidat tsb Loss/ tdk terhalang terhadap Tower yg dituju nya.atau Nom nya …,Saya sdh 15 Thn berkecimpung di dunia Sitac dan CME ( Civil, Mecanical, Elektrical ) untuk BTS…, Pengalaman saya selama mendirikan menara BTS baik saat Sitac maupun pada saat Pembangunan, keluhan warga nya hampir sama….contoh sbb:
    1. Warga takut terhadap dampak Radiasi yang di timbulkan oleh ANTENNA di tower BTS tsb., Penjelasan nya bahwa antenna RF (yg panjang ) dan MW (yg bulat) di atas menara BTS tsb memang ada radiasi nya,, hanya saja antenna tsb dipasang diatas ketinggian lebih dari 10m di atas permukaan tanah, seperti yg akan dibangun di tanah anda tower 42m, sehingga radiasi yg ditimbulkan sangat sangat kecil di bawah 1 Dbm , toleransi Radiasi untuk mahluk hidup adalah 2 Dbm…Kesimpulan nya Aman Terhadap Radiasi Mas…..
    2. Warga Takut Tower tsb Roboh/Ambruk…….
    Penjelasan nya…,Selama Proses Pembangunan mengikuti Prosedur yg benar InsyaAllah Menara/ Tower Tsb Aman,…Tahapan Prosedur pembangunan nya sbb:
    a. Tanah yg akan dibangun tower di uji kedalaman tanah keras nya ( Soil tes dan Sondir), jika tanah di rmh anda bekas persawahan dulunya kemungkinan besar hrs di pancang atau borpile., pada saat uji tanah tsb anda hrs ada di tempat dan ikut mengawasi..
    b. Pada saat Konstruksi pondasi tower anda hrs ikut mengawasi juga,, pembesian nya hrs / wajib memakai besi ulir KS 16, Mutu Beton nya K225 .Setelah beres pengecoran hrs ada jarak ke Pemasangan/ Instalasi Material Tower nya, biasanya setelah 14 hari baru tower bisa dipasang di atas pondasi.
    c. Pada saat Erection Tower/ Instalasi Tower anda hrs ekstra ketat mengawasi tim erektor nya, pastikan semua material tower dan baut terpasang rapi dan kuat, umum nya tim erektor ini nakal nakal..,ingin cepat selesai mereka asal pasang,.. baut kurang kencang, dan ada baut yg tdk terpasang..,

    Yang Wajib anda renungkan adalah….”Tower 42m yg akan menjulang persis di belakang rmh anda, mungkin jarak ke kamar tidur anda tdk lebih dari 15-20m…,artinya anda akan selalu di hantui perasaan was was saat kel istri dan anak anda tidur…, dan jika anda mempunyai anak yg masih kecil kecil…,pada saat anda di tempat kerja pun pikiran anda akan selalu tertuju ke rmh…,apakah anak anda bermain dkt tower?? atau malah dibawah Tower..?? dan masih banyak lagi penjelasan dari saya yg tdk saya tuangkan disini…Mudah mudah an bisa jadi masukan untuk anda Mas…. …

  16. dicky says:

    Saran Saya silahkan saja tanah di belakang rmh anda di sewa kan untuk Tower BTS asal jarak ke rumah anda tdk terlalu dekat, misal jarak Tower ke rmh anda 20m an/ jarak ke kamar tidur anda min 25m an….demikian mas…

  17. man says:

    Mas,
    Sepengetahuan saya, ada peraturan daerah/ pemerintah yang menyatakan jarak aman dari BTS ke pemukiman adalah minimal 6m. Bisa dijadikan rujukan adalah kasus operator seluler ex bumn yang diputus pengadilan membayar denda 400juta karena memasang tower berjarak 2.5m dari sebuah rumah.

    Dan juga, saya menerima info bahwa setidaknya dua rumah dan satu sekolah ditengah kota bandung, yang tanahnya disewa untuk bts, mendapatkan harga pada kisaran 100jt-300t per tahun.

    dan juga betul bahwa yang namanya gelombang radio, dalam hal ini yang dipakai untuk mentransmisikan komunikasi selular, adalah gelombang elektromagnetik. jadi pasti ada radiasinya

    salam

  18. rudi says:

    dan 1 lagi mas bro,,
    lihat arah angin pemasangaan tower di rumah anda mas bro…
    mana tau tower itu ambruk,,
    jd ngk kena rumah anda,,.

  19. Sugiarto says:

    Setiap harta memiliki nilai. Dalam hal ini “tanah” yang hendak disewa pun memiliki nilai sewa atau beli. Dan nilai tersebut tidak boleh asal-asalan. Artinya nilai yang muncul harus sesuai kesepakatan dan wajar. Bukan memanfaatkan kesempatan. Ingat, jika nilai terlalu tinggi berarti ada pihak yang dirugikan, dan sebaliknya.

  20. ahza says:

    mas ganteng daerah jkt bukan,, klo jkt tlg krm v email ya brp hgra sewanya, krn kebon kosong kita juga mau disewa buat bts, makany bingung hargain brp,, ahmad_ahza@yahoo.com.. txs

  21. Paramanaga says:

    Kalau daerah ciledug berapa yah… Kemarin ada yg nawarin 150 juta pertahun. Cara hitungnya gmana sih….

  22. Harris says:

    Sewanya antara 10 sampai dengan 50 juta per tahun. Kalau daerahnya ramai bisa sampai 50 juta per tahun. Tanah saya disewa oleh Protelindo 23 juta per tahun bersih. Di sekitar Taman Mini.

  23. Paramanaga says:

    Tp katanya biaya bongkar atap saya yg harus nanggung dgn cara pakai tukang sendiri. Setelah itu baru mereka lakukan dak lantai atas buat btsnya ditanngung mereka. Jadi saya pikir kok knapa biaya bongkar atap hrs saya yg bayar yah?

  24. Paramanaga says:

    Anehnya lg uang sewa 5 tahun akan dipotong mereka utk mereka. Bener gak sih?

  25. Paramanaga says:

    Saya ruko 3 lantai.

  26. ocekojiro says:

    @haris
    23 juta setahun,,,?
    Menurut sy itu terlalu murah apalagi lokasi d tamanmini, seharusnya anda bisa mendapatkan harga maksimal jika negosiasinya sedikit sabar dan tanpa tekanan.

    @paramanaga.
    Setahu saya,,, memang pihak provider menerima lokasi dlm keadaan siap pakai dlm arti jika tanah yg mereka sewa dan ada bangunan diatasnya atau barang2 bahkan pohon, itu adalah tanggung jawab kita untuk memindahkanya.
    Jika diatas bangunan jg seperti itu, namun kl bisa anda minta kepastian dahulu pd mrk dg melakukan “hammer test” sebelum atap dibongkar, karena jk nanti mereka lakukan test tsb, dan bangunan milik bapak dinyatakan tdk mampu menahan beban sekian ton,,, maka tentunya mrk tdk akan jadi menggunakan bangunan bapak, sedangkan atap sdh terlanjur dibongkar.
    Untuk pemotongan uang sewa bisa dipastikan tidak ada sama sekali dan semua pembayaran ditulis dengan jelas dlm surat perjanjian sewa yg bpk tandatangani itu.

  27. Paramanaga says:

    Iya nih mas oce betul sekali. Ini orgnya juga kurang baik cara bicaranya juga. Bilangnya ada 3 kandidat. Padahal dah 2 kali bolak balik ketempat saya. Yg anehnya itu masalah pemotongan pendapatan dr bts selama 5 thn. Saya aja blum lihat surat kontraknya. Itu yg nyetujuin bukan saya waktu itu. Ada org kantor saya yg main tanda tangan tp tanpa cap kantor saya. Apakah kira2 ada peliang utk nego gak yah dgn mereka. Krn nego awal saya tidak tahu menahu. Dan sptnya ada rahasia antara org yg mau pasang bts dengan org kantor saya. Weleh2.

  28. ocekojiro says:

    Sy takutnya itu penipuan,,, belum apa2 dah tandatangan padahal,,, proses pengecekan keterangan tanah dan bangunan sangat teliti sekali melibatkan pemilik yg tertera dlm surat tanah bahkan ahli waris dari nama pemilik sah, sampai2 jika ada surat tanah yg bermasalah atau telah pernah digadaikan 10 tahun lalu mereka bisa tahu dg cek bersih di BPN setempat.
    Untuk cileduk sy pastikan nilai sewanya jauh dari 150 juta karena ketika penandatangan kontrak sy melihat ada akta yg sama untuk tanah d ciledug dan tangerang (meskipun sy ttp tdk akan memberitahukan nilainya disini).
    Jadi,,, jika orang tsb meminta uang persentasi sebelum uang sewa dibayar lunas ya jangan pernah anda berikan karena modus spt itu pernah ada.
    Salam.

  29. Paramanaga says:

    Betul juga yah. Krn mereka gak nanya2 detail dan lihat surat tanah. Kalau 235 juta perlima tahun cocok gak kira2? Apakah naiknya 10 persen itu per lima tahun atau pertahun yah. Wah saya untung sekali bisa komsul dgn mas oce nih.

  30. Iwan says:

    asalamualikum….
    slm knal aku iwan di tegal.
    mau nanya nh mas, aku py lahan yg disewa TBG.catatan dlu prjanjian awal 2003 sewa dg mobil8.tp pd th 2007 dilimpahkn ke TBG.tp kami hy mnrima surat bahwa tower sdh alih kontrak tanpa kompensasi.dan dulu sewa tower sangat murah 7jt prth.
    yg saya mau tanyakan 2016 ini t0wer akn perpanjang sewa.yg saya bingung brp harga sewa prpanjang tower sekarang.sedangkn pihak TBG hy minta knaikan 5% dr harga sewa.trustrang dg harga segitu kmi kbratan mending aku akiri sewa tsb.sedangkan sewanya per10th.mohon petunjuknya mas.trima kash.

  31. ocekojiro says:

    @Iwan

    Justru dahulu,,, harga sewa lahan untuk pembuatan tower sangat tinggi karena pada sekitar tahun 2003 penolakan warga akan tower yg (konon) banyak mudorotnya itu sangat tinggi dan sulit bagi provider mencari lahan yg bisa digunakan tanpa mendapat tentangan dari masarakat sekitar.

    Kontrak sudah tdk bisa diubah lagi bahkan pemindah tanganan oleh provider pada pihak lain yang terkesan culas itupu kita tidak bisa mendapat kompensasi apapun karena (pastinya) mereka sdh lebih dahulu memproteknya dengan baik, bisa dilihat yg tertera dlm surat perjanjian yg bpk pernah tandatangani.
    Untuk kedepan,,, tantang saja pihak provider untuk pindah tempat karena jika nilainya tidak sesuai dengan harga yg berlaku sekarang ini (40-50 juta pertahun) atau jika didaerah pinggiran atau desa mungkin agak lebih murah sedikit.
    Saya yakin,,, pihak provider akan berpikir dua kali untuk kembali memanfaatkan ketidak tahuan anda karena untuk memindahkan sebuah tower ketempat lain (yg msh dlm radius kebutuhan) akan berkali kali lipat biayanya dari pada memberikan harga sewa yang logis untuk anda.
    Selama anda juga tidak tamak untuk meminta harga sewa yg tidak masuk akal,,, saya yakin provider tsb akan menerima dengan baik dan kerjasama yang saling menguntungkan pun akan bisa tercapai.
    Salam.

  32. andika says:

    atap rumah kami juga sudah disiapkan untuk kemungkinan rental area bagi antenna provider, cumah masih ragu dari alasan kesehatan.boleh nggak dibantu referensi cp providernya. untuk pemasangan daerah cengkareng timur.

    terima kasih atas saran dan informasinya.

  33. Cecep SWP says:

    Belakang rumah saya juga sudah menjadi incaran salah satu operator plat merah buat mendirikan bts 3g setinggi 40 meter. Tapi saya masih belum menemukan informasi yang pas untuk bts speedy wifi dengan coverage area 1 km seperti yang disampaikan oleh sitac

  34. eryka says:

    mas tanya dunk…. tanah saya di desa mo disewa buat bts (telkomsel), 130jt/11 tahun… menurut saya koq murah banget ya… pas saya tanyakan ke penyewanya katanya untuk daerah pelosok segitu harganya, gmn menurut mas??… trs saya mo tanya proses sampai dengan pembayaran lunas kira2 berapa lama?… skrg ini sudah proses pengujian tanah & ngumpulin ktp2 para warga sekitar… penawaran sudah dari bulan januari kemarin tp ampe skrg blm ada realisasi… thanks..

  35. Cecep SWP says:

    130jt untuk 11 tahun terlalu murah, untung di perusahaannya itu hehehe… Soal pelunasan minta aja dimasukkan dalam pasal pembayaran dalam kontrak perjanjian kisaran 60-90 hari setelah penandatanganan kontrak di depan notaris. Biasanya pembayaran terbagi dalam 2 periode, 20% saat penandatanganan berita acara kesepakatan dan 80% terakhir maksimal 90 hari. Jangan lupa segala pajak yang berkaitan dengan penempatan bts harus menjadi tanggungjawab pihak penyewa, jadi bukan menjadi beban pemilik tanah.

  36. adi aprianto says:

    Boss saya punya lahan dgn lebar 6×10 bila boss berminat dapat d survei dan bila berkenan hub 083875777079 dgn sdr Jono , 081286029421 sdr ade atau pin bb 20c6000c

  37. A Reza says:

    Agan Paramanaga, boleh komunikasi untuk tanya2 pengalaman Agan?
    Saya baru saja mengalami hal yang sejenis, terkait penawaran untuk sewa atap bangunan guna pendirian tower. Mohon kontek saya di f.ahmadreza@gmail.com
    terima kasih

  38. Neng says:

    Mas mau tanya, ada orang yang sengaja nyari tanah yang datar untuk dijadikan BTS provider A**S. Dia minta 5 x 5 meter dengan tinggi BTS 25 meter kalau gak salah, dengan plafon Rp 200 juta per 10 tahun. Nah gimana mas? aku takutnya ini penipuan, terus hal apa saja yang perlu diperhatikan ? siapapun yang tau jawabannya share yah🙂.Mohon bisa juga kontek saya di eka.melindasyani@ymail.com . makasih.

  39. Susanty Sarippi says:

    Mat siang semunya. Mas ocekojiro yg baik, sy ingin menanyakan sesuatu. Begini, sy mempunyai rumah bertingkat d makassar dan beberapa hari yg lalu jg d tawari pemasangan tiang pancang antena telkomsel setinggi 6 meter d atas rumah saya. Mereka membutuhkan halaman sekitar 2×3 meter. Inti yg ingin sy tanyakan adalah, harga untuk wilayah daerah makassar itu berapa / tahun ?

  40. ujangmaman says:

    Bantu Kasih Info

    Orang yang datang mencari titik lokasi penempatan dengan radius yang sudah di tentukan itu dinamakan Orang SITAC ( Site Acquisition ) tugas mereka mencari lokasi,sosialisasi,dan membuat rekomendasi dari Warga,RT s/d Camat dan mengumpulkan dokumen2 yang di perlukan juga pengurusan IMB oleh mereka.biasanya proses SITAC berjalan ada orang Lagi yang dantang ke Lokasi biasanya orang ini sampai manjat-manjat pohon tinggi di lokasi Ini membawa kompas.GPS,dan ll alat pendukung lainnya ini orang planing lang mengatur kebutuhan ketinggian yang akan di gunakan,azimut derajat kemiringan antena dan far end ke tower lain harus los,
    setelah 2 proses tadi selesai muncul orang lain lagi yaitu orang CME ( Civil Mecanical Electrical ) nah merekalah yang menggali dan mendirikan tower dalam pekerjaan CME di bagi ke beberapa bagian 1 Civil – Gali Tanag Pasang Besi Pengecoran,pasang pagar akses jalan
    2.Erection ini orang orang yang mendirikan tower tersebut
    3.ME – ini orang orang yang memasang kelistrikan dan grounding di lokasi tersebut
    4.Orang radio mereka yang meng instal perangkat radio MW- Microwap ke BTS
    5.Orang Power Mereka yang memasang ractifier (raktipayer) yaitu perangkat untuk back up power ketika listrik mati biasanya tahan sape 12 jam.

    itu hanyalah sepenggal proses pendirian tower dari searcing lokasi sapai tower itu bisa digunakan.selain di atas masih banyak proses perintilan yang harus di lalui untuk proses itu berdiri.

    dan untuk masa sekarang tower bukan lahgi milik operator melainkan milik Tower Propider dimana mereka yang bangun dan nanti di sewakan ke operator,dan mereka bangun berdasarkan permintaan salah satu operatuor tersebut.

  41. Ir. Haji Lalu Muhammad Hamdan Sjahrul, SH. says:

    bagus sekali….
    apalagi skrng kita menuju LTE, maka pembangunan BTS harus segera direalisasiken!

  42. yuliana says:

    Mohon saran.. Tetangga rumah persis mau mendirikan bts di rumahnya. Apakah ada persyaratan minimal jarak bts ke pemukiman warga? Sy sangat awam mengenai hal ini tapi mengkhawatirkan radiasinya mengingat anak masih balita dan sy sendiri sedang hamil.

  43. erik says:

    no hp provider nya berapa kalo boleh tahu mas sy erik hp 081310372181 (kangico@yahoo.com), saya ada tanah mau saya sewakan juga

  44. Rosi says:

    Sy punya lahan yg d tempati bts xl dulu harga sewanya 30jt /10th murah bngt ya.. Maklum masih awam dan tahun 2017 nanti akan habis masa sewanya,berapa harga yg wajar untuk perpanjangan sewax nanti,,? Mohon pencerahanya

  45. dina says:

    mas.. boleh minta tolong nggak ?

  46. Hadi says:

    Mas ocekojiro saya mau nanya kalau saya mau sewain lt 4 rmh saya daerah setiabudi, jakarta untuk menara BTS itu bisa hubungin ke siapa ya mas??

Komentar Anda :

