DETEKSI LEUKEMIA MANDIRI ( DELIMA )

Posted: August 4, 2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

Kali ini saya ingin mengenalkan sebuah istilah yang saya buat sendiri dan  berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri,  juga  pengamatan saya terhadap beberapa sahabat yang memiliki penyakit yang sama denga saya yaitu Leukemia (CML).

Istilah yang akan saya kenalkan sekaligus populerkan ini adalah DELIMA, yaitu kependekan dari Deteksi Leukemia Mandiri. Gunanya adalah agar tumbuh sebuah kesadaran untuk mendeteksi lebih dini penyakit ini, agar kesempatan untuk sembuh bagi para penderitanya juga lebih besar.  karena menurut data WHO, setiap bulannya penyakit ini bertanggung jawab atas kematian lebih dari 15.000  orang di seluruh dunia.

jarumSekitar 8 Bulan sebelum aku tergeletak di Rumah Sakit dan mendapat vonis menderita Leukemia, aku sudah merasakan sesuatu yang ganjil pada tubuhku, yaitu adanya rasa nyeri jika tulang bagian dadaku tertekan.  Hanya saja aku mengabaikan gejala itu karena tidak ada perubahan sedikitpun pada aktifitas harianku dimana aku masih merasa sehat dan kuat meskipun aku bekerja fulltime bahkan masih sempat beraktifitas selepas kerja hingga larut malam.

Seorang teman bahkan pernah menyarankan aku untuk memeriksakan gejala tersebut ke dokter, tetapi sambil berkelakar aku menolaknya dan berusaha menunjukkan kekuatanku dengan mengangkat tubuh temanku yang kurus itu tinggi tinggi seraya berkata :  “Sehatan juga gue dari pada loe, ha ha ha…

Gejala gejala yang umum dari penderita leukemia biasanya tersamar seperti gejala  penyakit penyakit ringan, hingga penderitanya tidak menyadari bahwa akan ada sebuah ledakan besar dalam tubuhnya,  hanya tinggal menunggu waktu saja bahwa tubuhnya akan memproduksi jutaan sel sel darah putih yang tidak sempurna hingga keberadaannya mengganggu keseimbangan dalam darah dan tubuhnya. Gejala gejala tersebut seperti Demam, gampang capek, lesu, turunnya berat badan dan sakit kepala dan lain lain.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi dan beberapa sahabat yang juga menderita leukemia (CML), saya menemukan ada  sebuah gejala yang sama persis kami rasakan jauh jauh hari sebelum kami dinyatakan menderita leukemia. Dan keakuratan gejala ini hampir 90 % kebenarannya, yaitu adanya nyeri tekan pada dada.

Nyeri itu disebabkan adanya pertumbuhan sel sel kanker (BLAST) yang memang diproduksi oleh sumsum tulang belakang. Perlu juga diketahui bahwa tulang tulang pipih deperti tulang dada dan belikat pada pinggang dan punggung mempunyai massa yang sama dengan tulang belakang, hanya saja struktur  tulang dada lebih pipih dari tulang belakang,  sehingga akan lebih sensitif jika ditekan.

Cara mendeteksi nyeri pada dada sangat mudah sekali, karena siapapun bisa melakukannya dan  kapanpun bisa dilakukan  dalam posisi apapun, bahkan bisa juga dilakukan sambil berjalan, yaitu: Dengan MENEKANKAN satu ujung jari telunjuk / jari tengah, tepat ditengah dada ( Daerah yang diarsir pada gambar ).

Jika anda merasakan  nyeri hingga seperti menusuk tulang, sebaiknya anda segera memeriksakan darah anda ke laboratorium, dan konsultasikan kedokter ahli penyakit dalam/ onkologi  jika mendapati adanya KEJANGGALAN pada jumlah darah putih (Leukosit)

Pemeriksaan darah awal untuk membuktikan apakah itu betul leukemia ataupun bukan, cukup dengan pemeriksaan darah lengkap saja atau HEMATOLOGI LENGKAP yang biayanya hanya sekitar Rp 50.000 saja. Jika Terbukti anda menderita leukemia, berarti harapan kesembuhan anda lebih tinggi karena penyakit itu dapat terdeteksi lebih dini dan sebaliknya jika tidak ada tanda tanda anda menderita leukemia, sebaiknya anda harus lebih bersyukur lagi, karena anda seperti mendapatkan harta karun yang sangat luar Biasa berharganya yaitu KESEHATAN.

Demikian, semoga bermanfaat.

Wassalam.

Tulisan Terkait :

– FORUM LEUKEMIA.
– HYDREA 500MG.
– GLIVEC vs  HYDREA.

“Semua Tulisan Oce Kojiro”

Comments
  1. menarik
    bleu suka postingan ini
    salam hangat dari blue

  2. MENONE says:

    waaaaaaahhhhhhh makasih bgt sob atas infonya…….. maksih n salam kenal

  3. DELIMA…..Good Idea! Ayok kita kampanye……he he he pilkada kaleee….
    Dari hatiku yang paling dalam. Aku begitu bangga punya sahabat sepertimu…..yang tidak ragu membagikan pengalaman pribadi……..ayok kawan MENULISLAH TERUS….dan TERUS…..dan MENULISLAH SELALU………..

  4. antopurwanto says:

    saya terkesan dengan ungkapan berikut :

    “…sebaiknya anda harus lebih bersyukur lagi, karena anda seperti mendapatkan harta karun yang sangat luar biasa berharganya yaitu KESEHATAN”

    dalam banyak kasus memang Kesehatan baru terasa Sangat Bernilai setelah mengalami sakit (seperti saya…)

    salam

  5. fitr4y says:

    Thanks kang oce info’a ..

  6. Kakaakin says:

    Istilah yang bagus! Trus gimana cara mengkampanyekannya? Apa mesti bekerja sama dengan pihak2 tertentu?

  7. danang says:

    As.WW
    Bang Oce,

    Salam kenal dari Yogya, saya Danang 48 th, Maret 2010 yang lalu saya divonis dokter menderita CML. Setelah saya ikuti blog bang Oce saya memberankan diri untuk bertanya berkaitan dengan penderita CML karena saya anggap jauh lebih ‘berpengalaman’ dari Saya. Pertama kali dideteksi CML melalui BMP lekosit saya 66ribu kemudian saya konsumsi Glivec sambil menunggu hasil tes ABR-BCL, pertengahan Juli 2010 hasil tes ABR-BCL keluar dengan hasil negatif kemudian obat diganti dengan Cytodrox (hidroxyurea), setelah 5 hari lekosit kembali normal (10ribu). Selama minum glivec (3bulan) lekosit hanya turun sampai 40ribu dan badan sering demam serta berkeringat, kebetulan waktu ganti obat ke Cytodrox saya juga menjalani terapi energi. Sekarang badan terasa sehat cuma masih harus minum Cytodrox. Pertanyaannya : 1. Adakah teman lain yang ABR-BCL nya negatif tapi secara klinis menderita CML 2. Lekosit saya turun dari 40rb ke 10 rb karena ganti obat atau karena terapi energi? mohon pencerahannya. 3. Lekosit bang Oce dan teman yg lain naik sampai berapa ?
    Terima kasih atas perhatiannya.
    Wass.WW

  8. ocekojiro says:

    Dear all
    Mohon maaf dlm beberapa hari ini sy sangat sibuk jd gak bisa membalas n moderasi setiap komentar.

    @Kakaakin
    Sy dah publikasikan dibeberapa situs dan millis salah satunya kompasiana, namun kurang mendapat tanggapan berarti.

    @Danang
    Setiap yg mengkonsumsi glivec, setahu saya BCR- ABL nya PASTI negatip. Namun (menurut sy ) itu adalah ‘kesembuhan SEMU, karena sampai saat ini tidak seorangpun yang sembuh mengkonsumsi glivec baik diseluruh dunia pun, karena glivec harus dikonsumsi untuk seumur hidup. pasien jg harus terus mengkonsumsinya karena jika glivec dihentikan dan tidak diganti dg obat lain dalam beberapa minggu, maka tubuh akan RESISTEN lalu terjadi ledakan leukosit hingga 200.000 bahkan lebih dari 400.000, mau tidak mau dosis akan dinaikkan hingga 800mg bahkan ada yg hingga 900mg setiap hari.
    Jika tidak ada perubahan leukosit maka dokter akan menyebutnya sebagai RESISTEN DARI GLIVEC dan akan mengganti dg obat TASIGNA yg harganya lebih gila lagi dan (setahu saya) belum ada bantuan obatnya.
    Sy tidak menakut2 anda, Silahkan mengikuti millis dibawah ini, yg 100% anggotanya mendapat glivec gratis dan mengkonsumsinya, oya, maaf sy kurang disukai disana, karena sy agak bawel, kritis dan bersuara lantang terutama tentang kebijakan pemerintah ttg penghapusan hydrea dan menggantikannya dg glivec serta sulitnya memperoleh hydrea di indonesia.
    Ini link nya : http://health.groups.yahoo.com/group/INALGKSupportGroup/

    Oya, tentang terapy energi itu sangat bagus meskipun sy belum yakin karena terapy itu yg menurunkan leukosit anda, jelas Hydrea (hidroxurea) atau cytrodrox /droxia yang mengontrol leukosit, karena itu fungsi utamanya.
    Alhamdulillah, leukosit sy dpt sy pertahankan diseputar 25-30 ribu, itupun masih kira kira saja, karena sy hanya memeriksa sendiri dg cara saya, he he he… Jumlah leukosit segitu menurut sy sangat ideal karena penderita CML sangat rentan akan infeksi, hingga akan sangat berbahaya jika leukosit ada sekitar 10.000 atau malah kurang dari 5000.

  9. Sibuk nih yeeee….lupa enema, lupa ngejus dan minum vitamin, tambah tarawih, itikaf, puasa….jurusane KLENGER hik hik hik
    So, kalo bawel (maksudnya gw juga bawel ha ha ha ha) untuk kebenaran, orang mau benci kek, marah kek, tekek kek, buaya kek, cicak kek….BE BRAVE & SMART. Orang yang tahu jalan pulang ke arah kebaikan dan kebenaran tidak banyak…..

  10. MLM aja mba….alias mulur lewat mulut ha ha ha saya udah mulai nihhh kampanye Enema Kopi dan Delima serta Sadari(Periksa Payudara Sendiri). Kalo melalui pihak tertentu….ujungnya pada berdagang ha ha ha apalagi industri kesehatan, demen tuh…..kampanye kita bukan cari massa kok, tapi menyebarkan informasi….tujuannya membantu sesama manusia….lebih jauh lagi cari ladang amal, amin

  11. danang says:

    Terima kasih banyak atas pencerahannya….

  12. Darmo says:

    Salam kenal Mas Oce
    Ayah saya juga sakit LGK tetapi setiap bulan harus tranfusi 4 sampai 6 labu darah.
    Yg akan saya tanyakan :
    1. Bagaimana caranya agar tidak terus tranfusi?
    2. Adakah obat selain hydrea yg dapat menurunkan lekosit?
    3. Apakah mungkin jika ayah saya mendapatkan obat glivek gratis dari pemerintah meskipun beliau masih mempunyai rumah dan kendaraan meskipun tidak bagus hanya sederhana saja?

    Terimakasih.

  13. ocekojiro says:

    @Sahabat
    Sebenernya sibuk banget sih enggak, cuma sok sibuk aja… he he

    @Darmo
    Tidak semua yg bertype LGK, cocok dengan SEBUAH treatmen yg baku. Artinya adalah setiap treatmen harus melihat kondisi pasien secara menyeluruh terutama fungsi organ2 fital dan hasil lab terahir. Banyak kemungkinan penyebab menurunnya HB, bisa karena faktor usia atau fungsi ginjalnya yg menurun atau malah tidak cocok dengan obat yg diberikan dll, jadi tetap konsultasi ke dokter anda adalah langkah bijak.
    Ada beberapa yg saya ketahui selain HIDREA/HIDROXIUREA, seperti MERCAPTO PURINETOL dan tentunya GLIVEC.
    Glivec bukan obat bantuan dari PEMERINTAH, melainkan dari perusahaan pembuatnya yaitu NOVARTIS yg didanai oleh MAXMILLIAN dalam pembuatannya yg konon ingin sekali menemukan obat untuk LGK setelah kematian anaknya karena leukemia.
    Dan saya rasa siapapun bisa mendapatkan bantuan obat glivec terutama yg taraf ekonominya MENENGAH KE ATAS, karena justru yg benar2 miskin malah tidak bisa mendapatkannya. Sebabnya adalah yang dibantu cuma obatnya saja, sedangkan periksa darah dan konsultasi ke dokter ahli untuk 2 minggu sekali, serta BMP setiap 6 bulan sekali yg WAJIB dilakukan bagi pasien penerima bantuan obat tidak mendapat keringanan, itupun belum termasuk proses yg berbelit di RS pemerintah yg menyalurkannya dan harus mengajukan dahulu setiap 2 minggu, dan biayanya termasuk ongkos bisa menjadi sangat besar (menurut saya)
    Jadi… Runyamlah nasib para pasien miskin, gak bisa dapat santunan obat gratis dan gak bisa beli hydrea yang murah meriah, karena obat tsb sudah tdk beredar lagi di NEGERI ini (gak tau kenapa ?).

  14. sitinuryani says:

    salam kenal neh bung oce….sy minta pencerahannya dong ttg nasib sy neh…koq begini2 aja seh mo yg lebih okeh lagi nasibnya bisa ngk yah?

  15. ocekojiro says:

    @Sitinuryani
    … INGIN MERUBAH NASIB ANDA… ?
    KETIK : REG (SPASI) PRIMBON. KIRIM KE *555#
    TARIF SEIKLASNYA, HA HA HA…

  16. yulita wati says:

    salam kenal bung oce saya wati mau tanya kakak saya menderita leukemia jenis ALL sempat drop dengan HB 5 trombosit 7000 dapat transfusi trombosit 30 kantong dan PRC 6 kantong setelah 2 minggu perawatan dan menkomsusi obat interflok dan incidrol perlahan naik trombosit 75000 dan hb 10 pada tahap ini bagaimana perjalanan penyakitnya ini bung? kemudian karena masalah keuangan obatnya dihentikan sebentar lalu leokositnya naik lagi apakah ini karena obatnya dihentikan bung?

  17. ocekojiro says:

    @Yulitawati
    Salam kenal juga mbak.
    Naiknya kembali leukosit besar kemungkinan karena dihentikannya obat untuk beberapa waktu, karena pemberian obat2an sitostatika pd leukemia umumnya untuk menekan jumlah leukosit. Jadi sangat disayangkan sekali karena leukosit yg tinggi pd ALL ditakutkan akan kembali menurunkan jumlah trombosit dan HB karena ke agresifan darah putih yg memakan sel darah merah yg sehat.
    Salam buat kakak dan tetap semangat ya.

  18. Farid says:

    Salam kenal bung Oce,tetap semangat dan teruslah menulis..

  19. nieta says:

    salam kenal yach setelah membaca semuanya saya jadi lebih berpikir lagi untuk menjaga kesehatan,,,,,semangat yach

  20. nieta says:

    salam kenal yach ak mau lebih kenal lagi boleh gk???

  21. Tuhhh kan pada ngasih semangat n nyuruh nulis! Enema gih terus nulis! Malaass banget, udah tahu sama (gw juga penyakitan) ha ha ha cepetan enema!

  22. sitinuryani says:

    makaseh yah…..paket komplit benalu sirsaknya…….nti ku coba dan ku laporkan hasilnya

  23. yanti says:

    salam kenal pak
    saya sakit hepatitis sudah hampir 2 tahun dan semakin memburuk serta hampir pengerasan hati. saya sudah banyak solat tahajud hingga belasan rokaat namun tidak ada perubahan. tolong ajarkan saya amalan yang bapak lakukan hingga bisa sembuh dan sabar.
    terims pak.

  24. Yanti, nggak nyoba enema kopi? Kakakku hepatitis sudah 3 bulan ini enema hasilnya membaik alhamdulillah..disertai do’a tentunya. Soal amalan, saya kira membaca al Qur’an dari QS Al Fatihah sampai An Nas adalah amalan yang luar biasa…

  25. ocekojiro says:

    @Sahabat
    Otak lg buntu nih, gak bisa nulis, he he…

    @Nieta
    Trims dah erkunjung ya…

    @Sitinuryani
    Makasih juga dodol duren dan pempek palembangnya, pedes buangeet….

    @Yanti
    Sholat malam tdk perlu terlalu banyak hingga belasan rokaat atau puluhan rokaat, tetapi cukup 2-4 rokaat saja tetapi RUTIN dan solatnya BERKUALITAS,seperti yg dicontokan oleh Rosulullah SAW. Bukan hanya bacaanya saja yg harus benar, kita juga harus mengerti apa yg kita baca dan juga setiap gerakannya harus sesuai dg yg dicontohkan oleh Rosulullah, ruku’nya… sujudnya… semuanya. Jadi, perbaiki dahulu sholat anda dan insyaAllah anda akan selamat bukan saja didunia tetapi juga diakherat.
    Mengenai amalan2 atau wiridan2 sebaiknya tinggalkan SEMUANYA, kecuali yg dicontohkan oleh Rosulullah seperti bacaan tahmid, takbir yg jumlahnya 33 dan dibaca setelah sholat 5 waktu, sedangkan selebihnya apalagi bacaan2 seperti asmaul husna maupun surat tertentu atau ayat tertentu yg diaca hingga ratusan kali atau jumlah tertentu sebaiknya ditinggalkan.
    Betul kata sahabat yogya, bahwa membaca Al Quran adalah amalan yg luar biasa, namun jangan dilebih2kan hingga jumlah tertentu. Jadi biasa2 saja dan kualitas membacanya juga harus diperhatikan tajwidnya hingga Al quran bisa menjadi ‘obat’, InsyaAllah… !

  26. Horeeee….(alhamdulillah wa syukurilah maksudnya) hikmah di balik leukimia buat kakangku yang satu ini sungguh luar biasa. Membantu orang, berbagi, menjadi pak Haji sekaligus ustadz ceie….banyak kan? blom yang lain-lainnya. Makanya jangan malas n rewellll hikikikikik. Ayo enema…kata pakde Omri ntar bisa jadi dosen enema lho hikikiki

  27. ajikinai says:

    Hm…semoga saya sehat saja dah..amin…
    Taku bget kena penyakit2 kayak gini…

  28. winda says:

    Selamat siang, saya winda dari Samarinda. mohon maf, saya mencari informasi dimana saya dapat membeli Cytodrox, pengganti Hydrea. Saya urgent sekali membutuhkannya.Distributor manakah yang membawa produk tersebut? kebetulan saya bekerja di apotek.. terimakasih sekali atas bantuannya.

  29. ijin share n buat pribadi saya sendiri ya Mas Oce ,, jujur beberapa kali hasil test lab saya produksi sel darah putih saya memang selalu mendominasi darah merah …

  30. lot says:

    Mbak Winda… hari ini 11 Okt 2010 saya beli Cytrodox di Apotek RS. Dharmais jakarta Harganya Rp. 8.603,- obat ini diproduksi Cipla – India dan distributornya PT. Combhipar – Bandung…., denger2 sih dibeberapa apotik Rumah Sakit yang menangani kanker sudah tersedia…

  31. Yasmin says:

    @lot:
    Bisakah membeli Cytrodox dengan resep Hydrea ? karena ayah kami mempunyai lebih dari lima buah resep obat hydrea sejak desember 2009 lalu.
    Trimakasih banyak informasinya

  32. zahra says:

    saya pun seorang penderita cancer leukemia stadium 1…..

  33. oya1ilham says:

    http://www.ibujempol.com/manfaat-buah-sirsak-sirsat-sebagai-obat-kanker-dll/

    sodaraku semua, semoga artikel di atas ini bermanfaat bagi kita semua,dan semoga ALLOH memberikan kesembuhan

  34. toto says:

    minta nmr tlp nya

  35. chiqutitta sherryl maria says:

    thanks ya mas artikelnya………….. suami sy terdeteksi leukimia sejak january 2011,dipapua gak ada penanganan penyakit itu…. kalo boleh tolong infokan donk gmn caranya kami di papua bisa dapat bantuan obat dar yki, mksh ya mas.

  36. cie says:

    Kak, aku sangant tertarik dengan tulisan Kakak. belakangan ini, saya sering merasa sakit di sepanjang tulang punggung dan di ulu hati seperti pada gambar. bagaimana sebaiknya, Kak?

  37. vd says:

    saya ingin bertanya,akhir-akhir ini saya merasa sangat letih dan gampang sekali merasa lelah,tulang2 saya terasa sakit terutama bagian-bagian sendi kaki dan tulang punggung. dan saya mencoba cara yang diberikan mas ocekojiro utk mendeteksi nyeri pada dada,dan yang saya rasakan sakit sampai ke tulang bagian belakang. apakah itu termasuk ciri2 leukimia? tolong di jawab karena saya blm berani utk cek ke dokter. thks

  38. AND says:

    Tetep semangat bro…Aq simpan difesbuk literaturnya ya bro…Gimana AML bro??Sampai saat ini aq masih mencari jawaban tentang AML…Ada yg punya literaturnya ga?Aq msh merasa bersalah dengan istriku…

  39. Sa says:

    Saya merasakan nyeri di sternum saya, dan rusuk ke dua kiri saya membesar, tidak simetris dengan yang kanan. Tapi hasil lab leukosit saya normal.

  40. anggia says:

    mau tanya… beberapa kali aku ngerasa di dada yg di arsir itu keteken banget terus kyk nyeri sampe rasanya kayak kesemutan padahal ga diteken ato di apa” in itu ap jg sama? Terus jg aku dalam beberapa minggu bisa stiap hari mimisan ntah knapa… kadang” di waktu emosi ato pas pagi” kbangun pas tdr karna mimisan atai tengah malem klo tengah malem kykny karna kdinginan… tp belakangan ini stiap pulang skolah, tidur sore sampe malem itu pasti malem” kebangun karna kepanasan… padahal siang”nya aj kedinginan… apakah itu jg ciri orng yg kna leukimia? trimakasih sebelumny..

  41. ADS says:

    mau tanya… beberapa kali aku ngerasa di dada yg di arsir itu keteken banget terus kyk nyeri sampe rasanya kayak kesemutan padahal ga diteken ato di apa” in itu ap jg sama? Terus jg aku dalam beberapa minggu bisa stiap hari mimisan ntah knapa… kadang” di waktu emosi ato pas pagi” kbangun pas tdr karna mimisan atai tengah malem klo tengah malem kykny karna kdinginan… tp belakangan ini stiap pulang skolah, tidur sore sampe malem itu pasti malem” kebangun karna kepanasan… padahal siang”nya aj kedinginan… aku juga ad masalah sama tulang belakang.. tulang belakangku skoliosis dan kifosis, jadi sering nyeri juga… apakah itu jg ciri orng yg kna leukimia? trimakasih sebelumny..

Komentar Anda :

