Kalah

Posted: August 12, 2013 in Uncategorized
Tags: , ,

Sudah beberapa hari ini aku mencium sebuah pertanda bahwa aku akan segera kalah dalam pertempuran panjangku melawan leukemia. Tubuhku sudah semakin letih karena  ‘sel sel leukemia yang ganas sudah hampir menguasai setiap tetes darah yang mengalir dalam tubuhku ini  sehingga mempengaruhi kinerja organ organ penting lainnya. Aku sekarat.

Bukan sesuatu yang besar menurutku karena kematian itu bukanlah akhir dari segalanya, tetapi kematian adalah sebuah gerbang dari kehidupan kekal nan abadi, dimana pada akhirnya cepat atau lambat setiap manusia pasti akan mengalaminya tak terkecuali aku.

Aku berharap,,, semoga bekal yang sudah aku kumpulkan dengan penuh keiklasan dan ketulusan hati ini akan cukup untuk menempatkanku pada tempat yang tidak terlalu buruk, meskipun aku juga tidak bisa terlalu berharap.

Wassalam

Tulisan Terkait :

– MENANTI.
– Hari Terahir Yang Indah.
– Selamat Jalan Sahabat.

“Semua Tulisan Oce Kojiro”

Comments
  1. yani says:

    mana semangatnya maaassssss,,,,,,,,,,????
    smangat seorg pendkr samuray koojiro,,,,,,,,,,,,,,?
    smangat smangat smangaaaat

  2. 2111dina says:

    Subhanallah… Semoga mas Oce tetap diberi kesabaran, ketabahan & ke ikhlasan juga kekuatan unt bertahan…
    Saya salut dengan semua perjuangan Mas Oce… Banyak memotivasi baik yg sakit maupun yg sehat…

  3. Erik SURPA says:

    Masih ada 1 harapan yg pasti bisa menyelamatkan mas, Doa pada yg kuasa. TIDAK ADA yg mustahil.

    Erik Nainggolan Sent from my iPhone

  4. Asky says:

    “Kepastian” adalah hak veto Allah, jauh dekat “waktu” kita, tak ada satu manusia pun yg tau. Baik sehat maupun yg sakit, semua wajib mempersiapkan “bekal” utk menghadapNya.

  5. kakaakin says:

    Postingan selanjutnya berjudul “MENANG”😉

  6. ryanuban says:

    Semangat bro,gw tau lo bs…..

  7. rizky says:

    dicoba dulu resep dari saya mas di threat pisau garpu.

    memang pengobatannya sangat menyakitkan.

    15 lembar daun sirsak + 7 butir kapsul minyak habatussauda.
    diminum setiap 3 jam sekali.

    dan perasan lemon 3 x sehari.
    sekali minum 2 buah.

    dan jauhi makanan yang berprotein tinggi, gula, dan makanan instant.

    tapi memang kematian bagi orang-orang beriman bukanlah kesedihan dan akhir dari kehidupan.
    kematian adalah sebuah gerbang keabadian. kehidupan yang sebenar-benar kehidupan.

    mudah-mudahan Allah swt mengampuni dosa orang-orang yang beriman kepadanya.
    walau hanya seberat biji sawi.

    salut untuk mas oce

  8. Yang Ikhlas dan semangat mas,….Allahuakbar

  9. Agust firman says:

    semangaaatttttt mas

  10. Agust firman says:

    Aku juga penderita Leukemia (AML), sudah 1 tahun aku berjuang melawan AML…..tapi semangat untuk SEMBUH tidak akan surut dari jiwaku, Jangan suggest kalo kita akan kalah melawan Leukemia, Optimis terus…..tetap semangat mas…..

  11. Avif says:

    ayo mas, semangat
    menurutku mas adalah seorang pemenang, menang melawan keputusasaan dengan kesabaran yang luar biasa…..!

  12. vie evie says:

    Slmt siang Mas oce….jangan putus harapan Mas oce … Kmi sekeluarga dipapua dukung doa…Jujur slm ini Mas oce penyemangat saya mendampingi suami yg jg penyitas leukimia… Semangat dalam doa ya Mas…Tuhan pasti memberi yg terbaik buat Mas Dan keluarga

  13. vie evie says:

    Mlm mas oce…..gmn keadaan mas oce??smg sdh membaik.

  14. ocekojiro says:

    Dear all

    Terimakasih banyak atas doa dan perhatiannya,,, ceritanya begini, beberapa hari sebelum hari raya sy terjebak macet lebih dari 4 jam ketika nyetir hingga limpa membengkak karena kaki kiri terus terusan menginjak pedal kopling, lalu lebarannya makan ketupat sayur, opor, rendang dll disemua tempat yg didatangi dan akibatnya kena diare hingga beberapa hari dan drop.

    Alhamdulillah sekarang sudah bisa wara wiri lagi sambil terus berusaha naikin berat badan dengan memperhatikan juga (kebersihan) makanan yg sy makan, kecuali jika sudah ketemu sahabat lama yg ngajak makan di Wendy’s, hehehe,,,

    @Vie Evie.
    Salam juga buat bapak di Papua,,, semoga selalu dalam lindunganNya, amin.

  15. vie evie says:

    Puji Tuhan mas oce uda baekan…..klu boleh add sy di fb yaakk.

  16. rusydi hikmawan says:

    semoga diberi kesembuhan. semoga terus dapat berkarya di dunia blogging

  17. ocekojiro says:

    @Vie Evie
    Facebooknya pake nama siapa?

  18. vie evie says:

    Slmt pg…pake nama vie evie mas oce….

  19. kusnadi says:

    Biasanya selalu semangat mas… knapa kali ini semangatnya sedikit kendor?

  20. papa dhanis says:

    mas oce..saya jadi sedih akan status mas oce..sy teringat akan Alm anak sy Danish..anak sy leukemia All 1 high risk..skrg anak sy sdh alm./ 2 bln dia wft. sy berdoa smg ALLAH SWT memberikan yg PALING TERBAIK BUAT MAS OCE..

  21. hesti romadhoni says:

    tanda2 seperti apakah yg signifikan penyakit ini…?

  22. ocekojiro says:

    @Kusnadi & Papa Dhanis

    Sebenarnya dengan tulisan diatas saya ingin menjawab pernyataan dari bebeberapa sahabat saya yang begitu memuja saya seolah olah saya adalah manusia setengah dewa, (banyak sahabat sy yg tidak pernah menulis komentar namun selalu menelepon dan kirim sms kesaya tiap waktu dan menganggap saya adalah gurunya sabar) saya ingin menunjukkan kepada sahabat sahabat saya tersebut bahwa saya cuma manusia biasa, terkadang saya merintih, menangis,,, saya juga sedih terlebih jika kondisi sedang buruk dan tidak bisa berbuat apa apa, dan sayapun sewaktu2 bisa benar benar mati.
    Dan kondisi sy belakangan ini sebenarnya belum benar2 pulih, hari sabtu dan minggu kemarin adik2 serta kakak2 sy bersama para keponakan rupanya berkumpul dirumah sy dan sy tidak terlalu memperhatikan karena sedang demam tinggi, puncaknya pada minggu malam karena sepanjang malam sy ‘ngelindur ngomong yg tidak jelas, mudah2an tidak ngomong macem macem yg bisa membuat istri saya menjadi sedih,,,,

    @Vie Evie
    Fb sy pake nama ‘Pucuk Cemara

  23. papa dhanis says:

    Yaa..Rabb..berilah KEKUATAN Utk SAHABAT SY mas oce..Sesungguhnya kepadaMu lah KAMI akan berpulang…mas oce sy bc koment dr anda sy bnr2 meneteskan air mata sy…sy salut sm mas oce yg begitu kuat & tabah menjalin ke hidupan dgn CANCER..penyakit mas oce jg di alami oleh anak sy DANISH AKBAR MAULANA DIRGANTARA leukemia ALL 1 High risk..di rwt di dharmais..tp ALLAH SWT berkehendak lain ALLAH SWT lbh syg terhadap Anak sy ( cm 6 bln di rwt . wft ). pdhl sy berharap anak sy bs SEMBUH…sbgmna sy smpt berdialog awal dgn mas oce / bln dec 12. trombo anak sy drop ..smpe hrs di aferesis 12 x mnjelang wafatnya ( aferesis 25 x slm di rwt ).
    mas oce sy sdh add mas di Fb tlg di cnfrm ya mas. ricky firmansyah. di fb ada ft anak sy alm.

  24. mulyadi says:

    Nama Saya Mulyadi dari Jawa Timur…..saat ini mertua saya terkena Leukimia sudah hampir 7 tahun lamanya….gmana Mas cara menyembuhkan soalnya mertua saya hanya bisa bertahan dengan yang namanya Hydrea, mileran dan hidroximedac…tpi klo obat itu tidak ada..semua keluarga bingung….dan dengan ekonomi kita yang serba Pas Pas_an obat itu terkadang tidak dapat kami beli…mohon bantuannya kiranya ada obat yang bisa buat bertahan ato menyembuhkan …selain obat yang tadi…Keluarga Kami Sangat Benar2 kebingungan saat ini cos skarng lagi kambuh

  25. ocekojiro says:

    @Papa Dhanis
    Terimakasih atas doa doa dan dukungannya,,, juga sharing tentang pengobatan terahir yg dijalani oleh ananda Dhanis Akbar Maulana Dirgantara.
    Sepertinya kita sepakat,,, bahwa tanpa doa doa dan bantuan dari siapapun ananda Dhanis akan mendapatkan tempat terindah disisi Tuhannya bahkan beliau juga bisa menjadi penolong bagi kedua orang tuanya kelak, amin.

    @Mulyadi
    Tolong kirim nomor ponsel anda di email saya yg ada pada halaman “About Me,,,
    Trims.

  26. papa dhanis says:

    pengobatn terakhir anak sy Alm Dhanis kemo CPA 16 jam..sbnrnya anak sy awalnya ALL 1 Standart 82% blast BMP awal. tp ketika di BMP ke 2 anak sy Blast nya 8% kt Dokter HARUS di bawah 5%. jd protokol anak sy di ganti menjdi HIGH RISK dan di mulai dari awal lagi.
    Amin…. ALLAHHUMA AMIN..trima ksi atas DOAnya Mas OCe Utk ANAK Saya.

  27. hery payoboda says:

    Asslkm wr wb,mas oce saya sudah cari fb anda tapi terlalu ba,yak yg nama pucuk cemara saya jadi bingung untk add nya.klw boleh tau profilnya foto apa mas? Terimakasih semoga anda slalu kuat mas

  28. ocekojiro says:

    @Heri Payoboda
    Foto sy lagi memangku keponakan yg guanteng dan rambutnya menantang langit, pada cover ada gambar ‘Litle house on the prairie,,, sebuah impian usang yang ingin sekedar menghabiskan sisa hidup di sebuah rumah yg sangat sederhana di tengah sawah di desa nan sepi,,, menepi.

  29. hery payoboda says:

    Untuk papa dnanis klaw boleh saya minta no ponselnya ataw berteman fb soalnya dari kemarin saya brows fb nya tidak ketemu, kalw boleh saya mau sharing mengenai penyakit ALL ini.karna putri saya skg umur 3 stengah th juga difonis ALL oleh dokter RSCM setelah BMP kurang lebih setahun yg lalu pasnya bulan sept 2012.waktu itu anak saya di suruh kemo ,tatapi saya tidak bersedia anak saya dikemo akhirnya sampai skg kami bawa berobat ke sinshe ,tapi semenjak habis di BMP sudah dua kali tranfusi darah dan trmbosit terakhir . Satu bulan yg lalu ..jadi saya ingin berbagi pengalaman dengan papa danis mengenai penyakit ini.saya ucapkan terimakasih banyak atas kesedian papa danis

  30. papa dhanis says:

    utk mas hery Payoboda dgn senang hati sy bersedia mnjdi tmn mas di FB ‘ ricky firmansyah.
    ft profil sy yg lg di makam anak saya.

  31. hery payoboda says:

    Maaf papa dhanis,sudah saya udak2 yg nama ricky firmansyah di fb tapi gak ketemu tu foto profil yg anda bilang.mohn nanti klw ada waktu pap dhanis add saya aja ,fb saya namanya hery payoboda

  32. mulyadi says:

    Ini Mas No. Telp saya 081358598295. Maaf baru balas…soalnya minggu2 ini saya mencarikan obat bapak mertua saya ke situbondo..tapi belum ada hasil..mungkin mas bisa bantu saya alternatif lain selain obat…yang biasa dikomsumsi , soalnya saat ini jujur saja kami belum bisa membeli obat yang namanya hydrea..soalnya masih belum ada dana Trims

  33. vie evie says:

    Slmt hari minggu mas oce…sy uda add di FB foto di profil gbr anak sy yg sulung dan bungsu

  34. mulyadi says:

    Terimakasih Buat saudara yang tadi sms saya dan bersedia memberikan bantuan obat…kepada keluarga saya..semoga kebaikan saudara dapat balasan dari ALLAH SWT….
    dan semoga selalu dapat Rahmat dan Hidayah_NYA…Amin Amin YA Robalalamin

  35. wiwid says:

    Buat bapak Mulyadi, maaf hanya itu yang bisa saya berikan semoga bermanfaat.

  36. vie evie says:

    siang mas oce… aku mau nanya nee…suami uda 2X cek darah lengkap dlm wktu kurang dr sebulan hasil lab suami sy kayaknya ngaco deh, lekosit 3,6, HB ngedrop ampe 6,6…tp puji Tuhan gak ampe transfusi darah..yg mau. sy tanyain apa penderita CML bs dikatain sembuh kalo lekonya uda normal…mhn jawabanya mksh

  37. ocekojiro says:

    @Vie Evie
    Hmmm,,, HB 6,6 itu terlalu rendah, meskipun masih mungkin untuk tidak tranfusi tetapi sangat beresiko sekali, sebaiknya pada kondisi seperti ini untuk mengecek lab sesering mungkin terutama jika kita mendapati kondisi yg berjalan kearah sebaliknya dengan ciri2 semakin pucat dan letih.
    Untuk menaikkan HB bisa dengan menggunakan sangobion setiap hari dan meminum madu serta buah bit segar agar HB bisa sedikit terdongkrak naik.
    Sedangkan untuk pertanyaan mbak tentang apakah penyintas cml bisa dikatakan sembuh jika angka2nya normal ?
    Jawaban saya adalah TIDAK !
    Bukannya mau mendahului kehendak Tuhan maupoun menakut nakuti anda, tetapi bisa dibilang tidak ada seorang penderita CML yg bisa sembuh kecuali mereka yg menjalani transplantasi sumsum tulang belakang. Sedangkan untuk bisa menjalani transplantasi bukan hanya dibnutuhkan biaya yg besar namun juga fase yg relatip stabil serta keberuntungan atau bahasa idealnya adalah berkat dari Tuhan.
    Tetap semangat mbak, karena meskipunb demikian kita masih bisa hidup normal (seperti saya) dan bisa bermanfaat bagi orang lain terutama keluarga dan orang orang yang sangat kita kasihi dan sayangi. Mohon maaf baru bisa komen sekarang setelah disentil di FB, hehehe

    Salam.

  38. vie evie says:

    Met siang Mas, mksih jawabannya, sebenernya bahaya gak Sih kalo lekosit suami sy sm dgn org norrmal gitu…emang idealnya brp lekosit untuk suami sy?
    Oh iya lewat lapak Mas oce ini buat smua Temen penyitas leukemia atau keluarganya kalo tidak keberatan add sy di FB dgn nama vie evie Dan fotonya putri sy with pren….mksih

  39. ocekojiro says:

    @Vie Evie
    Siapapun kita,,, sudah pasti menginginkan hiutungan leukosit dalam batasan normal juga hitungan2 lainnya karena itu adalah indikator bahwa tubuh kita sehat, namun yg harus kita fahami sebagai penyintas CML adalah bahwa leukosit yang kita miliki itu tidak sama dengan leukosit pada umumnya. Bisa dipastikan leukosit pada penyintas CML adalah leukosit leukosit muda yang kehilangan sebagian ‘kemampuannya, jadi,,, meskipun banyak dokter dan hematolog tidak sependapat dg saya, saya tetap berkeyakinan bahwa jumlah leukosit yang ideal bagi penyintas CML adalah sekitar 25 sampai 35 ribu.
    Memang pendapat saya hanya berdasarkan pengalaman saya saja, karena pada tahun2 awal (tahun 1-3) sy menderita CML ini dokter selalu ngotot untuk mempertahankan leukosit pada hitungan normal (5000-10.000) namun sy gampang sekali sakit, bahkan flu dan batuk yang bagi sebagian besar orang adalah penyakit biasa bagi saya sudah bisa menjadi penyakit yg luar biasa apalagi jika sy terkena diare atau infeksi2 besar, sehingga pada tahun2 awal itu saya sempat dirawat sebanyak 9 kali dirumah sakit. Setelah sy banyak berdiskusi dg sahabat dokter sy yaitu dr Ludin Gultom yang rupanya mendukung keyakinan sy dalam menentukan jumlah leukosit yang ideal, maka sy mulai mempertahankan leukosit diangka 30.000 dan ahirnya saya bisa hidup normal meskipun tetap banyak memiliki keterbatasan.

  40. arvi_ase says:

    Setiap manusia yang sedang mengidap penyakit (terlebih Leukimia) pasti mengalami “pasang-surut” kejiwaan.. Tidak selamanya akan memiliki perasaan “semangat” terus menerus, pasti ada perasaan “kalah mau mati” sesekali.. Menurut saya, itu hal yang wajar.. Manusiawi.. Hal tersebut juga pernah saya alami beberapa minggu yang lalu, di saat munculnya kembali “benjolan2” kelenjar di sekitar leher dan selangkangan.. Saya merasa akan “kalah” dalam pertempuran melawan penyakit ini (saya jenis ALL 83% di awal pengecekan dan pernah menjalani kemo 3bln di RIIM RS Dharmais).. Namun, Alhamdulillah sekarang sudah membaik dengan melakukan kemo maintenance yg seharusnya saya lakukan, karena sebelumnya saya sempat berhenti kontrol ke Dokter..

    Terus semangat Mas Oce !!! Mati adalah sesuatu yang pasti, kita sambut dengan “kebahagiaan” seperti halnya menyambut “kelahiran” jika waktunya tiba nanti.. Allah berjanji, bahwa akan ada kehidupan setelah ini yang lebih kekal..

  41. ocekojiro says:

    Dear Arvi

    Senengnya,,, akhirnya ada juga yang dukung tulisanku yang terkesan putus asa ini, hehe
    Selamat ya kamu dah menjalani terapi maintenance,,, kabarin aku (atau kita semua)jika sudah menjalani ‘The last BMP.
    Trimakasih atas doanya dan semoga kamu juga selalu dalam lindunganNya, amin.

  42. sulastri says:

    asalamu’alaikum bang oce lamaaaaaaa sekali saya ndak berkunjung ke blok abang. ingin rasanya saya berkomentar tapi rasanya hati dan fikiran ini kelu untuk ngomong apa karena kamipun merasakan hal yang sama. “KALAH” dalam berjuang menjalani nasip yang sudah ditentukan yang maha kuasa. Tapi kalah bukan berarti menyerah tetap berusaha apapun yang akan terjadi. bahkan saya sempat berfikir andaikan kehidupan ini sudah ahkir dari segalanya ingin rasanya mengakhiri semuanya…….

  43. candra says:

    ibu saya leukositnya sudah 300.000, tapi kini tidak bisa berobat karena uangnya belum cukup.
    Ada yang tahu nama sin-she atau nama obat alternatif yang bisa menghambat perkembangan leukimia? Agar penyakit ibu saya sedikit terhambat sampai uangnya terkumpul.
    tolong kalau ada yang tahu bs sms saya 085697515034

  44. evan says:

    Tetap semangat mas oce…..aku bagi pengalaman mungkin ada yg bisa membantu rasa penasaran ak…. satu minggu yg lalu kami anak cew usia 1,6 thn dirwt dirs krn hemoglobin 4,1 lekosit 12 000 hemotokrit 17 dan trobosit 240 petunjuk dokter harus tranfusi dan dilakukan pengecekan darah si tibc di prodia sayangnya darah yg ak bawa tuk dicek dah kelamaan maksimal 2 jam dari pengambilan waktu saya mo minta sempel darah sama perawat ternyata dah ditranfusi perawat ambil darah jam 07.00 jam dan 12.00 ak baru disuruh bawa sempel ke prodia .dg kecewa ak blk ke rs .Setelah 4 hari dirawat dan ditranfusi 3 kantong hb kembali normal 11.8 dah diperbolehkan pulang dg rasa penasaran penyebab turunya hb anak kami sesuai petunjuk dokter semeinggu kemudian kami kontrol dan cek darah lg alhamdulilah hbnya 10.4 sedangkan tuk pengecekan si tibc harus nunggu 3 bln …kira” ada indikasi apa dengan putri kami terikasih tuk masukannya

  45. Fendi suanto says:

    Tipe cml apa masih bisa sembuh

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s