Tips Menurunkan Trombosit

Posted: January 22, 2012 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

Tidak banyak diketahui bahwa para penyintas leukemia khususnya untuk type CML atau LGK  secara umum akan terbagi lagi menjadi dua kelompok besar jika dilihat dari jumlah trombositnya, yaitu :

- 1. Mereka yang trombositnya selalu kurang hingga dibawah seratus ribuan.
- 2. Mereka yang trombositnya selalu berlebih hingga mencapai satu jutaan.

Setelah pada tulisan yang lalu saya fokuskan tentang tips menaikkan trombosit, maka kali saya akan sedikit membahas tentang bagaimana mengelola tubuh jika anda termasuk yang memiliki trombosit yang terlalu berlebihan.

Biasanya para penyintas leukemia type CML yang termasuk dalam kategori memiliki trombosit yang tinggi ini terlihat sangat sehat dan tidak seperti orang sakit pada umumnya terutama pada fase fase awal hingga fase akselerasi. Dan mayoritas adalah pengguna glivec dan tasigna sedangkan pengguna hydrea tidak banyak meskipun juga ada, sehingga terkadang ada hematolog yang mengkombinasikan pemberian obat glivec dengan hydrea jika mendapati trombosit pasiennya sudah mencapai 1,2 juta keatas.

Berbeda dengan mereka yang trombositnya rendah, pada type yang seperti ini mereka memiliki dua hal yang harus diperhatikan dan dikontrol yaitu Leukosit dan Trombosit. Banyak sahabat sahabat saya yang hanya terfokus pada menurunkan leukosit saja sedangkan trombositnya diacuhkan saja seolah tidak akan berdampak apa apa, padahal jika trombosit dalam darah seseorang terlalu tinggi maka bahayanya juga tidak kalah hebat dengan leukosit yang terlalu tinggi. Diantara bahaya yang saya ketahui yaitu akan mudah terjadi TROMBOSIS atau penggumpalan darah yang bisa menyebabkan banyak hal.

Jika terjadi penggumpalan dan penyumbatan darah pada jantung bisa berakibat fatal begitu juga penggumpalan pada paru paru dan ginjal atau malah jika terjadi sumbatan pada otak akan mengakibatkan penderita mengalami serangan STROKE seperti salah seorang sahabat saya di Bali pada akhir tahun 2010 yang lalu, dimana ia dinyatakan meninggal dunia bukan karena leukemia yang diidapnya tetapi karena mengalami stroke.

Untuk menurunkan trombosit yang terlalu tinggi sampai saat ini saya belum menemukan obat herbal yang khasiatnya sangat nyata untuk dikonsumsi, meskipun ada beberapa sahabat saya yang kerap meminum teh dari buah makota dewa sebanyak 3 kali sehari dan trombositnya bisa turun meskipun hanya bertahan pada sekitar angka 500-700 ribu saja namun lumayan karena biasanya trombositnya berkisar antara satu jutaan bahkan pernah mencapai 1,6 juta.

Jadi saya sarankan kepada para penyintas CML jenis ini agar selalu meminum seduhan buah makota dewa serta minum air putih dalam jumlah banyak setiap harinya. Kemudian jika trombosit dalam darahnya sudah mencapai satu jutaan maka sebaiknya meminum aspirin sebanyak 100 mg setiap harinya untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Dan untuk menurunkan trombosit dengan menggunakan obat obatan kimia bisa menggunakan obat AGRYLIN tentunya dengan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang merawat anda, karena meskipun kita dapat dengan mudah membeli obat ini dipasaran, namun penggunaannya harus dibatasi  dan lebih sering memeriksakan darah ke laboratorium ketimbang biasanya. Jika biasanya periksa darah rutin setiap bulan satu kali, maka jika sedang menggunakan obat ini harus periksa darah minimal dua minggu sekali.

Oya, untuk membuat teh makota dewa juga sangat mudah, ambil sejumput irisan daging buah makotadewa yang sudah dikeringkan kemudian masukkan kedalam gelas dan tuangkan air mendidih, dinginkan dan siap untuk diminum paling tidak berjarak satu jam dari mengkonsumsi obat sitostatika.

Demikian semoga membantu.

Salam.

Tulisan terkait :
– Tips Mengatasi Pembengkakan Limpa
– Forum Leukemia
– Tips Meredakan Nyeri Tulang

“Semua Tulisan Oce Kojiro”

About these ads
Comments
  1. Ismail Yakub says:

    terima kasih mas informasinya saya penderita CMLsdh 10 bulan. di bulan awal saya merasa penyakit ini menyiksa sekali berat badan dari 84kg turun drastis ke 66kg semakin kesini saya membiasakan diri berdampingan dengan penyakit leukimia sekarang berat badan naik lagi di 80 kg
    saya selalu baca blog ini dari awal sakit ,sebagai panduan buat saya ,saat ini pemeriksaan terakhir leukosit awal terditeksi 190000 sekarang 4100,untuk trombostitnya awalnya normal 4500000 dalam perjalan fluktuatif pernah mencapai ke 1200000 dan sekarang di 700000,obat yang diberikan dokter Hydrea 3X1hari,kalau trombosit kebanyakan ditambah tromboaspilet dan Agrylin 1X1hari ,sekarang hanya hydrea saja 3X1 hari,dengan jamu daun sirsak 3gelas X1hari.saya setuju dengan mas oce bahwa penyakit kita sendiri yang merasakan jadi kita yang harus mengatur penyakit kita dokter hanya memberi saran saja kita yang memutuskan.ayo mas kita harus mampu berdampingan dengan CML tetap semangat

  2. ocekojiro says:

    @Ismail Yakub

    Terimakasih banyak mas Ismail telah mau berbagi disini, semoga kita bisa menjadikan semua ini menjadi pelajaran yang akan mengangkat kualitas hidup kita didunia dan akherat, amin.

  3. Ismail Yakub says:

    Betul mas oce ,Allah swt memberikan CML kepada kita pasti mempunyai rencana yang terbaik buat kita ,amien

  4. Gery Indrawan says:

    Salam untuk mas oce dan mas ismail, dikeluarga sy ada yg terkena thrombosit tinggi. Biarpun tdk sampai 1 jt,sekitar 700.000. Berobat ke seorg prof. Dan disuruh minum Agrylin yg harganya selangit . Krn obat ini masih import,kadang malah kosong tdk ada barang. Blm lama ada teman yg bantu untuk mencarikanya di luar indonesia. Akhirnya dibeli kan beberapa botol sekalian untuk stock. Kalau memang ada yg memerlukannya tentu dgn harga dibawah harga di indonesia,sy bersedia menjualnya.
    Saya , Gery di Jakarta

  5. dina says:

    mas Gery Indrawan..

    suami saya membutuhkan agrylin karena trombositnya ham[ir 1jt.. disini saya membeli satu botol 5,4jt 100 butir, apabila ada yang lebih murah boleh hub saya di 0856.104.1464. terima kasih bantuannya.

  6. dina says:

    mas Gery Indrawan,

    atau bisa email saya di dinnamalia@yahoo.com, atau dimana saya bisa menghubungi Mas Gery?

  7. SULARNO says:

    Terima kasih atas tips bermanfaatnya. Dengan mahkota dewa dalam 2 minggu trombosit ibu saya bisa turun menjadi 560 ribu dari 1.2 juta tetapi leukositnya masih tetep 156 ribu padahal citrodroxnya sudah ditambah satu menjadi 3×1 sehari. mohon sarannya mas ?

  8. devi says:

    sudah hampir 4bln ini saya terdiagnosa trombosit tinggi. badan trasa lemah, dada nyeri, pusing, tangan kesemutan dan pandangan kdg berkurang. Trombosit yg paling tinggi 1,2 jt dan dokter meresepkan saya utk minum thromboreductin yg harganya menurut sy cukup mahal. Rp 1,7jt 42 kapsul utk dosis 2×1 sehari, hydroxyurea 1×1 sehari dan clopidogrel 1×1 sehari. Apakah dengan minum mahkota dewa benar-benar bisa menurunkan trombosit dan kira-kira harus berapa lama saya mengkonsumsinya. Terima kasih.

  9. devi says:

    utk mas ismail, mas gery, mas sularno dan mba dina…
    kalo boleh tau apa penyebab trombosit tinggi dari kalian/kluarga kalian?
    kalo dokter saya bilang bahwa penyebab trombosit tinggi saya adalah primer yaitu dari lingkungan karena menghirup udara yg mngandung bahan kimia (thinner) karena kbetulan saya krj di perusahaan mebel. Tolong share pngalamannya ya…..Terima kasih.

  10. lily t says:

    Bagaimana cara mengecek penyebab trombosit tinggi ya?

  11. Rizky D Hariansyah says:

    Mas, Kalo Trombosit selalu rendah apa itu karena leukimia?

  12. nik eshah says:

    saya menggunakan ubat hydroxyurea dan anagrelide(agrylin) tak. berapa ok. tapi saya tambah dengan susukuda liar. sangat ok. platelet dah 300 lebih (normal) dan darah putih 10 (normal)

  13. nia endin says:

    mas tolong dijawab pertanyaan saya ini.kl awal tes darah trombosit 500rb-an hb-9,7 dan 2hr kemudian tes darah lg trombosit skitar 450rb-an hb-8,7. bisa jelasin ga? dokter cuma nyaranin kedokter specialist darah aja.bales ya

  14. ocekojiro says:

    @Devi & Lily
    Meskipun tidak terlalu signifikan,,, mahkota dewa bisa menurunkan trombosit dan itu sudah banyak sekali dibuktikan oleh sahabat2 saya yg CML.
    Penyebab trombosit tinggi sy tuliskan disini : https://ocekojiro.wordpress.com/2013/01/27/penyebab-trombosit-tinggi-dan-cara-menyikapinya/

    @Rizky
    Trombosit rendah tidak selalu leukemia,,, bisa apa saja penyebabnya, malah kebanyakan adalah anemia biasa yang tidak berbahaya dan hanya dibutuhkan multivitamin dan mineral penambah darah.

    @Nia Endin
    Agak sulit mereka reka apa yang terjadi pada hasil lab yg kamu sebutkan diatas,,, karena masih sangat minim dan umum sekali.
    Namun demikian,,, jelas ada unsur anemia pada hasil lab tsb karena HB nya rendah bahkan semakin rendah pada lab kedua.
    Saran saya juga sama yaitu untuk menemui dokter internis (penyakit dalam) agar dapat ditemukan penyebabnya dan jika memang ada kelainan pada darah dapat segera diobati.

  15. komar sanusih says:

    mas oce. saya ahmad mau tanya: bolehkan, istri saya sdh 2 bulan di vonis leukimia CML , selama 2 bln kurang minum hydrea dan hebal daun sirsak, alhamdullah yang awalnya leukositnya 227.000 sekarang turun jadi 80.000, trombositnya awalnya sangat tinggi 1.324.000 sekarang turun jadi 1.024.000 selama 2 bulan sarang juga sering lab. pertanyaaannya:

    1. Apakah dengan minum hydrea saja biar normal leukosit dan trombosit istri saya dan limfanya bisa kempes darai bangkaknya?

    2. Apakah kalau leukosit dan trombositnya sdh normal bisa dikatakan sembuh?

    3. apakah yang harus saya lakukan untuk mempercepat penyembuhan istri sya?

    tks ya mas oce atas infonya.

  16. idnas says:

    selamat siang mas oce,, salam kenal mas …
    bgni mas tman sya terkena trombosin tinggi sdh lbih dri 1 juta dan sdh smpe diopname di rmskit,, hmpir seminggu g ada perubahan dan dokternya sndiri bngung. drahnya membeku mas. ksian bgt tmn saya ini. bgmn mas ya?? tlong bntuannya mas…apa bsa jg dengan teh mahkota ini? trmkasih sblumnya mas …

  17. ocekojiro says:

    @Komar Sanusi
    Ya,,, dengan hydrea saja trombosit dan leukosit bisa kita kontrol dan pembengkakan limpa bisa teratasi.
    Sayangnya,,, meskipun semuanya normal, tidak usah berfikir bahwa penyakit sudah pergi atau kita sudah sembuh agar dikemudian hari kita tidak terus merasa kecewa karena selain transplantasi sumsumtulang belakang, tidak ada yg sembuh dari LGK termasuk saya.

    @Idnas
    Mahkotadewa saja sudah tidak mampu untuk mengontrol trombosit yg sudah sebanyak itu, jadi,,, satu satunya jalan adalah dengan penggunaan agrylin dan setiap hari harus mengkonsumsi aspirin/aspilet 100-200mg agar tidak terjadi pembekuan darah (koagulasi).
    Saya rasa dokter anda bisa menanganinya,,, namun yg bikin binggung itu adalah kenapa peningkatan trombosit ini terjadi dan mengapa terlalu tinggi ?

  18. rendy says:

    Peningkatan trombosit (trombositosis) disebabkan karna sumsum tulang belakang tidak bekerja secara normal…

  19. Pras says:

    salam kenal mas oce,
    istri saya didiagnosa terkena TROMBOSITOSIS PRIMER, itupun setelah dilakukan test usg abdomen bawah dan BMA di Surabaya. Awalnya trombosit sekitar 1.193.000, karena saya tinggal di kalimantan jadi saya dirujuk ke Surabaya. sesampai disana dengan pertimbangan dokter maka istri saya dilakukan apharesis, alhamdullilah turun jadi 691.000. dua minggu pulang ke kalimantan cek darah lagi trombosit istri naik lagi menjadi 1.082.000, akhirnya mulai minum AGRYLIN dengan dosis 0.5mgx4 per harinya sesuai rekomendasi dokter di surabaya. Sudah 3 bulan ini istri mengkomsumsi Agrylin dengan dosis 0.5mgx2 perharinya, alhamdullilah bertahan di 600.000-400.000.
    Yang mau saya tanyain ada hubungannya trombosit tinggi dengan keguguran/program hamil/hormon?
    Apakah ada alternatif obat lain, dengan pertimbangan tidak boleh komsumsi agrylin pada saat hamil?
    saya sudah menikah 4 tahun dan belum memiliki keturunan, istri sempat hamil 2 tahun lalu tapi belum genap 3 bulan keguguran, hanya saja pada saat hamil belum diketahui kalo memiliki sakit trombositosis padahal posisi tromboistnya 550.000. Dan semenjak keguguran itu mens istri saya berantakan dan harus dibantu dengan obat hormon.
    .

    Thanks y mas atas infonya

  20. ocekojiro says:

    @Pras
    Mohon maaf,,, saya tidak tahu sama sekali hubungan trombosit tinggi dg kehamilan maupun keguguran juga dengan terapi hormon.
    Alternatip lain untuk menurunkan trombisit yg telah terbukti adalah dengan teh makotadewa, namun untuk jumlah yang seperti itu sepertinya tidak akan mampu.

  21. imam says:

    bagaimana cara menurunkan tr0mbosit yg sangat ting6i, sudah minum obat tromb0 redaction koq masih belum turun, sakit sudah 8 bulan, apa bisa pindah obat agrilin?

  22. azis says:

    salam kenal.. mau tanya, obat apa yang cocok untuk menurunkan trombosit yang mencapai 1 jt lbh ??? trm ksh

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s