Tips Mengatasi Gusi Berdarah

Posted: July 11, 2012 in Uncategorized
Tags: , , , ,

Gusi berdarah bagi penyintas leukemia bagaikan sebuah kesatuan yang hampir tidak akan pernah terpisahkan dan diibaratkan seperti dua sisi mata uang dalam sebuah koin. Bahkan jauh jauh hari sebelum seseorang di vonis menderita leukemia terkadang orang tersebut sudah terbiasa mengalami pendarahan gusi terutama terlihat jelas ketika sedang menggosok gigi pada pagi maupun sore hari, atau ketika sedang mengulum / mengemut sesuatu, bahkan bila sekedar sedang berkumur kumur ataupun membuang ludah.

Pendarahan gusi bagi penderita leukemia hampir tidak pernah dapat disembuhkan dengan tuntas dimana selain karena adanya kelainan pada darahnya, pendarahan juga terjadi akibat rapuhnya pembuluh darah yang berada di sela sela gigi sehingga darah kerap merembes keluar dengan sendirinya meskipun tanpa ada aktifitas dalam mulut yang berarti.

Yang perlu diketahui adalah, keluarnya darah pada gusi itu sebenarnya tempatnya tidak berpindah pindah melainkan hanya terjadi pada tempat atau pembuluh darah yang itu itu saja, dimana pada pembuluh darah tersebut sebelumnya pernah mengeluarkan darah.

Jadi,,, untuk menghentikan darah yang keluar bisa dilokalisir dan difokuskan di beberapa tempat yang kerap mengeluarkan darah saja, yaitu dengan menekan gusi dibagian yang kerap mengeluarkan darah itu dengan menggunakan jari telunjuk dan jempol selama beberapa menit agar urat nadi yang terbuka pada ujungnya dapat menutup sempurna dan darah berhenti mengalir.

Penggunaan kapas atau kain kasa yang kita gigit pada bagian gusi yang kerap berdarah itu juga bisa kita lakukan, dan teorinya hampir sama persis seperti ketika kita menghentikan pendarahan setelah kita cabut gigi, namun bagi penyintas leukemia dimana sumber masalah sebenarnya adalah berada dalam darah, maka pendarahan gusi akan selalu terulang selama masalah pada darah belum selesai atau belum sembuh dari leukemia yang diderita.

Pendarahan gusi sebenarnya tidak terlalu berbahaya karena darah yang keluar relatif sedikit namun jika tempat keluarnya banyak dan intensitasnya juga sering,  maka  otomatis darah yang keluar juga bisa banyak dan sangat mengganggu sekali karena sedapat mungkin darah yang keluar dan berada didalam mulut itu harus kita jaga agar jangan sampai tertelan masuk kedalam tubuh.

sirihUntuk meminimalisir pendarahan pada gusi yang berulang yaitu dengan cara menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dengan baik dimana kunci utamanya adalah dengan membersihkan plak yang berada di permukaan maupun disela sela gigi dengan obat obat kumur yang banyak dijual dipasaran, tentunya setelah menggosok gigi dengan sempurna.  karena  plak itulah   yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri di dalam mulut yang bisa memicu pendarahan meskipun tidak ada sedikitpun aktivitas dalam mulut seperti mengunyah makanan atau mencongkel sela sela gigi dengan maksud membuang kotoran yang tertinggal disana dengan tusuk gigi maupun benda runcing lainnya.

Selain menggunakan obat kumur yang dijual dipasaran, membersihkan plak dalam mulut  bisa juga dengan berkumur kumur menggunakan  air rebusan daun sirih yang dicampurkan sedikit garam meja pada setiap habis makan atau ketika darah merembes keluar, sehingga bakteri yang berkembang biak dalam mulut bisa dieliminasi dan pendarahan tidak terpicu lagi.

Jika pendarahan terus terjadi dalam waktu yang agak lama maka sudah seharusnya kita memeriksakan darah ke laboratorium guna mengetahui dengan pasti berapa jumlah kadar trombosit dalam darah kita agar dapat diantisipasi dengan baik.

Demikian semoga bermanfaat.

Wassalam.

Tulisan Terkait :
– Tips Menaikkan HB.
– Tips Meredakan Pendarahan Hidung.
– Tips Meredakan Diare.

Comments
  1. martono says:

    Alhamdulillah Ya Allah,,,,,,,, semoga darah gusi saya tidak keluar lagi. dan terima kasih banyak saya sampaikan kepada penulis semoga dibalas oleh allah swt amal yang sholeh amiin,,, dan semoga tulisan ini dapat membawa manfaat dan barokah untuk orang banyak selama lamanya,,,,,Amiin,,,,,,

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s