OBAT LEUKEMIA MENGHILANG DARI PASARAN

Posted: September 7, 2009 in Uncategorized
Tags: , , , , , , , , , ,

SAYA ADALAH SEORANG SURVIVOR LEUKEMIA, SUDAH LIMA TAHUN BERBAGI TEMPAT DENGAN KANKER GANAS INI.

LIMA TAHUN BUKANLAH WAKTU YANG SEDIKIT UNTUK HIDUP BERSAMA PENYAKIT KANKER YANG REPUTASINYA CUKUP MEMBUAT BULU KUDUK KITA MERINDING.
DAN LIMA TAHUN BUKANLAH WAKTU YANG PANJANG, MENGINGAT BETAPA PERJUANGAN UNTUK TETAP HIDUP MENJADI CERITA YANG TIDAK AKAN ADA HABISNYA WALAU SETIAP HARI DIKISAHKAN DAN DIULANG ULANG HINGGA MULUT KITA BERBUSA.
SAYA TIDAK AKAN MENCERITAKAN BAGAIMANA RASANYA MENGIDAP PENYAKIT INI, WALAUPUN SETIAP TEMAN YANG DATANG SELALU BERTANYA TENTANG RASA SAKIT YANG SAYA DERITA, JIKA SAYA KATAKAN PADA MEREKA  TIDAK SAKIT, SAYA PASTI BERBOHONG, TETAPI JIKA SAYA KATAKAN SAKIT, SAYA TAKUT DITUDING TIDAK BERSUKUR .
obat

SELAMA LIMA TAHUN INI, SAYA SUDAH DIRAWAT SEBANYAK SEMBILAN KALI DI RUMAHSAKIT, TERUTAMA KETIKA KONDISI SAYA SANGAT BURUK, ADA TEMAN YANG BERKELAKAR, KALAU NYAWA SAYA ADA SEMBILAN SEPERTI CERITA LUCU TENTANG KUCING, DAN BERARTI INI ADALAH NYAWA TERAHIR SAYA, MENGINGAT SAYA TELAH SEMBILAN KALI ANFAL DAN DIRAWAT DI RUMAHSAKIT.

CRONIK MYLELOYD LEUKEMIA ATAU CML, ADALAH PENYAKIT YANG AKU IDAP, KEMOTERAPI ORAL AKU JALANI SELAMA LIMA TAHUN INI, ADA BEBERAPA MACAM OBAT SITOSTATIKA DALAM KEMOTERAPI YANG AKU JALANI, DIANARANYA ADALAH : MYLERAN, HYDREA, MERCAPTO PURINETOL, DAN BEBERAPA OBAT PENDUKUNG SEPERTI ATRA DAN ALLOPURINOL.

NAMUN KARENA KETERBATASAN BIAYA, AKU HANYA MENGGUNAKAN HYDREA SAJA, KARENA OBAT INI CUKUP MURAH UNTUK UKURAN OBAT SITOSTATIKA DAN COCOK DENGAN TUBUHKU. SINGKAT CERITA, AKU DAN HYDREA TIDAK BISA DIPISAHKAN.

NAMUN DALAM DUA BULAN INI HYDREA MENGHILANG DARI PASARAN DI JAKARTA, AKU MENCARI KESEMARANG DAN JOGJA JUGA TIDAK ADA, DAN KABAR TERAHIR AKU DENGAR DARI YAYASAN KANKER INDONESIA, BAHWA OBAT HYDREA 500mg  SUDAH TIDAK LAGI BEREDAR DI INDONESIA, SINGAPURA DAN MALAYSIA, DIKARENAKAN AGEN PENYALUR TUNGGALNYA DICORET DARI DAFTAR AGEN MENURUT STANDAR BRISTOL MYERS SQUIBB, USA.
suntik

SETELAH HAMPIR DUA BULAN SAYA TIDAK MENGKONSUMSI HYDREA, KONDISIKU SANGAT BURUK DENGAN HEPATOSPLENO MEGALI BERAT, ATAU PEMBENGKAKAN HATI DAN LIMPA. LEUKOSITKU MELONJAK TAJAM HINGGA HAMPIR EMPAT RATUS RIBU, PADAHAL ORANG NORMAL HANYA MEMILIKI LEUKOSIT SEPULUH RIBU SAJA. TROMBOSITKU PUN ANJLOK HINGGA SAYA HARUS TERGOLEK LEMAH DI TEMPAT TIDUR.

KINI SAYA SEDANG MENUNGGU HARI, YA… HARI DIMANA AKU TERBEBAS DARI SEGALA PENDERITAAN INI, KARENA TERIAKANKU TIDAK PERNAH MENDAPAT TANGGAPAN DARI MANAPUN TERUTAMA DEPARTEMEN KESEHATAN  ATAUPUN DISTRIBUTOR OBAT DAN APOTIK DI JAKARTA, TENTANG JALAN KELUAR PENGADAAN OBAT HYDREA DI INDONESIA, PADAHAL SAYA ADALAH SATU DARI LEBIH DARI DUA RATUS RIBU ORANG DI INDONESIA YANG MEMBUTUHKAN HYDREA.

ENTAH SUDAH BERAPA JIWA YANG MELAYANG DALAM DUA BULAN INI KARENA KETIDAK TERSEDIANYA HYDREA DI INDONESIA, DAN BERAPA LAGI TUBUH YANG MEREGANG NYAWA KARENA TUBUH MEREKA MENOLAK UNTUK DI BERI PENGGANTI OBAT HYDREA, KARENA KANDUNGAN OBAT YANG BERISI HYDROKSIUREA TIDAK ADA LAGI SELAIN HYDREA.

SAYA SANGAT SADAR, WALAUPUN OBAT HYDREA TIDAK DAPAT MENYEMBUHKAN PENYAKIT SAYA, TETAPI KARENA FUNGSI DARI KANDUNGAN HYDROKSIUREA ADALAH MENGONROL JUMLAH LEUKOSIT YANG BERLEBIH, HINGGA PALING TIDAK SELAMA MENGKONSUMSI OBAT TERSEBUT SAYA DAPAT MENJALANI KEHIDUPAN INI SELAYAKNYA ORANG NORMAL, BISA BERAKTIFITAS SENDIRI DAN TIDAK  HANYA TERGANTUNG DENGAN ORANG LAIN.

SAYA JUGA SANGAT SADAR, BAHWA OBAT YANG DAPAT MENYEMBUHKAN LEUKEMIA MEMANG BELUM PERNAH ADA, DAN SAMPAI SAAT INI PUN BELUM DITEMUKAN, KALAUPUN ADA KLAIM KLAIM DARI BEBERAPA PENGOBATAN HERBAL YANG KATANYA BISA MENYEMBUHKAN LEUKEMIA PUN ITU BELUM BISA DILACAK DAN DIBUKTIKAN KEBENARANYA.

AKHIRNYA, SAYA BERDOA KEPADA ALLAH SEMOGA MENTRI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA SELAKU ORANG YANG PALING BERTANGGUNG JAWAB ATAS PENGADAAN  HYDREA DI INDONESIA, MENDAPAT AMPUNAN DARI ALLAH SWT.

WASSALAM

_____________________________________________________________________________________________

Artikel Terkait :
– SICK MANAGEMENT
– HYDREA 500MG
– Hari Hari Terakhir Yang Indah

Advertisements
Comments
  1. ce.. baca 2 ayat terahir dr surat Attaubah. Sering2 baca itu, ak bantu doa dan tirakat. Smoga lekas sembuh..
    Maaf sgala kesalahanku,
    salam dr keluarga dan anak2 Djimodji..

  2. ocekojiro says:

    makasih banyak dhev….
    salam buat temen temen djimodji society cabang cilacap.
    i miss you

  3. alfatih says:

    Bro..gw harap loe tetap yakin bahwa yg memberi penyakit dan kesembuhan itu hanya Allah SWT,begitu juga kematian…jadi apapun yg terjadi loe serahkan semua pada keputusan NYA. Gw yakin keputusan NYA adalah keputusan yang terbaik buat loe….don’t give up,keep on fight.. mohon maaf lahir bathin…i miss you.

  4. ocekojiro says:

    dear al fatih.
    makasih dah berkunjung dan mengingatkanku kalau aku ngak sendiri. oya makasih kursi rodanya… it s work !!
    kelak akan dioper lg kepada orang yg membutuhkan jk ibunda sdh kuat.
    i miss u

  5. Rosyid…kita tidak dapat tahu kapan maut menjemput…..banyak orang sehat dalam sekejap tiada terhampar badai dan acsident….tapi banyak juga yang sakit tetap enjoi aja menghadapi hidup berpuluh-puluh tahun….anakku yang pertama juga terserang leukimia…baca di http://angera81.blogspot.com selamat jalan anakku….dia terlampau kecil menghadapi sakitnya (saat 2 tahun) tapi walau dia dah jalan….aku yakin dia di sana bahagia tanpa penyakit….dia tabah setabah dirimu….bukankah sakit tengah menghapus dosa-dosa yang ada??? yakinlah….

  6. judi2010 says:

    my bro…thank dah berkunjung ke blog saya..tersentak saya ketika anda “memaksa” saya mampir ke Blog anda…sungguh sudah sering saya menemukan penderita penyakit ini…memang terkesan menyeramkan..tapi my bro…janganlah berputus asa…teruslah berusaha sembuh, bagaimanapun jalannya…my bro..berusaha untuk sembuh itu jalannya bisa dari mana saja…bisa melalui dokter atau pengobatan alternatif…semoga bro tidak skeptis dengan pengobatan Alternatif..karena dokterpun sebenarnya adalah salah satu alternatif juga dari sebuah pengobatan …karena kesembuhan itu datangnya dari Allah…alternatit jalan kesembuhannnya bisa melaui dokter ataupun jalur non dokter..tapi Allah lah sumber penyembuhnya.

    http://www.nursyifa.net/pengobatan/info_penyakit/leukemia.html

    atau anda bisa berkunjung ke Graha SBD CNI untuk berkosultasi secara langsung dengan ketua ikatan dokterter indonesia Porf. Dr. darwin karyadi . Kosultasinya nya gratis…setahu saya pemberian suplemen secara kontinue juga cukup membantu penyembuhan penyakit lekuimia…

  7. ocekojiro says:

    dear ida munawaroh.
    demi Allah sedikitpun sy tdk pernah terbersit untuk mengingatkan mbak kepada buah hati tercinta…….
    sy todong mbak membaca blog sy, karena sy begitu terkesan dg tulisan mbak ttg wanita tua yg bisa membawa kita masuk sorga…. itu saja mbak.
    sekarang ibunda sy sd tua dan lumpuh pula karena stroke, sy begitu iri … ketika membaca kutipan tulisan mbak… ini kesempatan saya untuk meraih seluruh cita cita sy…..
    wass

  8. Itulah gunanya kita bersama….saling berbagi…agar beban hidup terasa ringan….saya juga tak merasa terbawa dalah kesedihan….kenangan yang saya milikipun menjadi kenangan yang sangat berharga saya tidak meratapinya….saya juga ingin Rasyid membaca agar tidak merasa sendiri banyak yang mendukungmu….sampai kapanpun….Ibu Ridho dalam keadaan sakit sampaikan sungkem pada beliau…..dan betapa bangganya beliau punya anak sebaik dirimu…dalam keaadaan sakit kau masih sempatkan menggapai tiket surga….betapa banyaknya pintu itu tersedia untukmu jika kau ikhlas dalam menjalaninya….selamat adikku…

  9. ocekojiro says:

    dear judi 2010.
    tulisan sy yg berjudul terapy alternatif, tidak serta merta membuat saya alergi dengan yg namanya alternatif, sy sependapat dg anda bahwa masih banyak terapy alternatif yg baik, dalam arti tidak menyimpang dr ajaran islam yg sesungguhnya.
    bahkan terapy nur syifa, telah saya dengar reputasinya sejak lima tahun lalu, sebagai terapis yg layak dikunjungi oleh muslim yg tdk ingin terjebak dlm perangkap syaiton atau setan dalam iktiar mencari kesembuhan.
    dan maaf ya… sy tidak berkunjung ke nur syifa karena sy malu dan rendah diri, karena yang datang ke sana rata2 pake mobil mewah semua… bahkan dari luar negeri.
    he he he….

  10. ocekojiro says:

    dear ida.
    aku memang sdh keluar dari goa persembunyianku, tetapi… aku masih menggunakan topeng seorang legenda samurai kuno yaitu kojiro, aku masih belum setegar seperti apa yang aku ungkapkan pada tulisan2ku, jd mohon lain kali tidak menuliskan jati diriku yg sebenarnya ya mbak… maaf ya.
    wass

  11. Siti Nuryani says:

    Dear oce
    Membaca tulisanmu mengingatkan aku dengan diriku sendiri yang sudah menderita penyakit breast cancer selama 5 tahun. Kita kadang tidak tahu apa rencana tuhan terhadap hambanya yang pasti aq tahu dan aq yakini seyakin yakinnya bahwa jika kita ihklas menerima apapun rencana tuhan terhadap diri kita event itu dia ngasih penyakit dan kita pun berkhusnu dzon (baik sangka) terhadapNYa maka kita akan diangkat derajatnya dan balasannya Jannah. Jadi aq yang juga sedang menunggu jemputanNya hanya mengharapkan janji tersebut…..karena rombongan dikeluargaku yang kena penyakit cancer tinggal aq sendiri yang tersisa, tante dan 2 orang sepupuku dah duluan dijemput. Aq paham sekali bagaimana kalo penyakit tersebut sedang ngajak kita becanda woh rasanya……tidak terbayangkan. 2 tahun yang lalu aq sempet drop banget krn ibundaku yang sangat memperhatikanku, memanjakanku dan menyayangiku telah mendahuluiku (semoga Allah selalu Memberkahi Almarhumah). Tapi dengan segala motivasi dan dukungan dari keluarga dan temen2 akhirnya aq bangkit lagi dan mulai bersemangat lagi…….Hanya dengan ini aq bisa berbagi Okay Oce don’t give up yah tuhan selalu mendengar doa hamba2nya yang teraniaya, doaku selalu menyertaimu kita sama2 berdoa yah….

  12. annamarie says:

    tetap semangat oce. semoga pengadaan hydrea dan/atau substitusinya segera muncul untukmu dan teman-teman survivor leukemia lainnya. kita doakan bu menkes dan pihak-pihak yang berkompeten. ingat, suami bu menkes, bp supari, menghadap ilahi bulan maret 2009 lalu karena leukemia.

  13. Nur kolik says:

    Saya dpt hydrea di RS MEDISTRA jaksel dan di RSCM infonya ada juga, klo yg herbal bgm? pernah ada yg coba? keladi tikus katanya bagus.

  14. ocekojiro says:

    dear siti nuryani (kekem)
    terimakasih atas doa dan dukunganmu.
    padahal kondisi kamu sendiri lebih sakit dan menghawatirkan ketimbang aku…
    seperti baru kemarin ya, kita sama2 aktif di pencinta alam kampus kita, naik gunung… susur goa… panjat tebing dll
    sekarang sama2 tergeletak tak berdaya. he he he…

  15. ocekojiro says:

    hi…nur kolik
    hydrea sudah mulai beredar kembali di jkt, makasih dukunganya yaa
    oya, sy dah coba keladi tikus dan beberapa herbal lainnya dari karyasari pd cabe selama 6 bulan, karena tdk ada perubahan ahirnya sy hentikan, mungkin belum cocok atau kurang lama yaa…?

  16. Nayala says:

    bung Oce, salam

    Selain di RSCM, Hydrea sudah bisa diperoleh kembali di RS Dharmais Slipi 5681570 (minta disambungkan ke Instalasi Farmasi). Saya juga dapati di MMC kuningan, tapi hanya boleh dalam jumlah sedikit. Kabarnya bb RS besar di Jakarta sekarang sudah punya stok walau dalam jumlah terbatas. Sebagai LAST RESOURCE, Hydrea juga bisa didapatkan di pusat toko obat di blok M dan jl Pramuka jakarta (musti cari2, tdk sembarang toko ada — produksi Turki atau India, harga jauh lebih murah daripada apotik. Tapi HATI-HATI karena TIDAK TERJAMIN seperti obat ex apotik resmi. Periksa produk dan kemasan dengan seksama.

  17. ocekojiro says:

    hi nayala
    trimakasih atas info nya…
    beberapa minggu lalu sy dpt hydrea produksi india, harganya
    cuma sepertiganya sj. secara fisik sama persis, tapi kemasanya berbeda yaitu per strip berisi 10 capsul. sedang yg umum adalah perbotol berisi 100 caps. mudah2 an tdk ada masalah.
    thanks.

  18. Nayala says:

    Bung Oce,
    Saya juga dapat Hydrea produksi perusahaan India (Fresenius Kabi Oncology Limited). Namanya bukan Hydrea, tapi HYDAB 500mg, Hydroxyurea Capsules USP. Kabarnya nama HYDAB juga dipakai untuk pasar Filipina. Kemasan blister (strip) warna perak berisi 10 kapsul. Harga per blister di India tertera dalam kemasan Rs 152 (sekitar Rp. 31.000), sudah termasuk pajak. Tapi warna kapsul berbeda, yaitu belang ungu dan hitam (kalau produksi Brystol-Myers Squibb Indonesia Tbk warnanya belang pink dan abu2-kebiruan).

  19. ocekojiro says:

    hi nayala,
    anda sakit apa hingga membutuhkan hydrea?
    (sejujurnya) sy ingin sekali memiliki teman yang mempunyai kesamaan penyakit dengan sy, namun keinginan itu sudah sy buang jauh2, semenjak(terakhir) dua taun lalu, ketika teman keenam(terakhir) sy meninggal, padahal sebelumnya kami saling ejek dan saling tuding lewat sms tentang siapa yang akan mati terlebih dahulu.
    dokter sy kemudian memberikan dua buah nama lengkap dg no ponselnya, namun sy tdk pernah menghubungi kedua orang tsb karena takut kehilangan lagi.
    (bagaimana?) siapa yang lebih dahulu diantara kita…?
    he he

  20. Ny.Didi Suryadi says:

    Sahabat,
    kebetulan saya bekerja di perusahaan suplemen obart2an, jadi saya sangat mengerti dengan menghilangnya produk2 penting ini. Saya juga sangat prihatin dengan keadaan anda. Supaya anda ketahui bahwa menghilangnya produk2 suplemen di Indonesia adalaha adanya kebijakan yg tidak transparan (alias semau gue) dari Kepala badan Pengawas Obat dan Makanan yg saat ini menjabat. Mereka menyebutnya sedang ada evaluasi beberapa produk suplemen…sayangnya yg dimaksud dengan evaluasi belum ada kejelasannya dalam hal kriteria atau apapun juga…semua berlangsung sepihak. evaluasi yg tidak ada ujung pangkalnya ini mengakibatkan penghentian proses perdagangan karena dilarangnya impor suplemen sampai batas yg tidak pernah kita ketahui , bisa jadi suplemen tersebut saat ini sedang ada di gudang Bea Cukai namun karena izin import tidak bisa diberikan oleh badan POM maka suplemen tersebut tidak bisa keluar.

  21. Wyyy says:

    oce sabar,aq orang yg persis nasibnya ma kamu, aq pengin dpt hydrea yg murah itu jga donk…aq hrus beli dmana?? kmu gak sendiri koq,kisahmu persis buangeet ma aq

  22. bagas says:

    mas, emang gak dapat Glivec (Imatinib) yg dari Yayasan Kanker Indonesia?
    atau program itu sudah tidak ada?

  23. teguh says:

    sobat, ayah kandugan hb nya tinggi 18 sudah 3 bulan berobat di salah satu rumah sakit jkt, dan dokter memberikan obat hydrea, sampai saat ini belum dokter masih mengkonsumsi , tapi belum begitu signufikan penurunannya, emeng susah mendapat kan obat tsb, tapi kemarin kakak saya bisa dapat di apotik daerah melawai.

  24. Totok says:

    Sebagai informasi, Hydrea berisi Hydroxyurea. Sekarang ada obat dengan nama Cytodrox, buatan CIPLA, Ltd dan diimport oleh PT Combipar Bandung. Cyrodrox ini adalah juga berisi Hydroxyurea 500 mg. Harga eceran per biji adalah Rp. 10,270.00 Yang saya tahu, obat ini ada di hampir semua rumah sakit besar yang bisa menangani Kanker. Kalo di Semarang ada di Rumah Sakit Telogorejo.
    Demikian, semoga membantu.

  25. mirdah says:

    apa sich perbedaan antara hydrea dgn cytodrox? khasiatx sama nda dgn hydrea?

  26. lot says:

    komposisi Cytrodox 500mg sama dengan Hydrea 500mg sama2 mengandung Hydroxyurea 500mg, jadi khasiatnya sama Cytrodox sama denga Hydrea (ini menurut dokter anak saya) diproduksi Benar oleh CIPLA Goa India, tapi hari ini tanggal 11 Okt 2010 saya beli di Apotik RS. Dharmais 1 Cap harganya Rp. 8.603,- gak sampe Rp. 10.000,- … begitu semoga bisa ngebantu..yang lain..

  27. Yasmin says:

    @Lot:
    Informasi anda sangat bermanfaat dan jika itu benar maka informasi ini harus disosialisasikan kepada para pasien CML dan juga dokter 2 yang menanganinya dimanapun berada.
    Trimakasih.

  28. Hartono Setiono says:

    Sdh dapat obatnya? Kalau mau bisa beli bahan bakunya di China. Harganya relatif murah $50 / Kg

  29. ocekojiro says:

    @ Hartono Setiono

    Berbagai hal sudah kami jalani demi mendapatkan obat ini buat saya pribadi dan beberapa sahabat, dari cari yg gratisan, beli yg murah di India sampai mengais sisa sisa obat dari sahabat yang ‘pulang’ mendahului kami.
    Satu hal yang belum pernah terpikirkan sebelumnya adalah membuat sendiri obat ini. Jujur saja, saya sangat tertarik dengan ide ‘brilian’ ini, dan jika anda bisa membantu atau siapapun juga yg mengetahui cara2 pembuatannya bisa menghubungi sy.
    Trims.

  30. saracens says:

    Dah bisa ditebak, pasti bung kojiro mau mengambil tantangan ini karena bukan Oce kojiro namanya jika tidak bernyali.
    Buat Hartono, mahasiswa, pengusaha, apoteker atau yang biasa bikin obat atau siapapun juga yang ingin mendatangkan manfaat bagi orang lain terutama bagi penderita leukeimia silahkan bergabung !
    Ane daftar boss……!!

  31. Trie says:

    Maaf mengganggu, turut prihatin atas kondisi Anda. Kebetulan saya menjual obat herbal dari Papua yaitu Sarang Semut yang insya Allah berkhasiat untuk penyakit berat & ringan antara lain leukimia. Ada testimoninya dari bbrp orang yang terbantu setelah mengkonsumsi Sarang Semut ini. Jika berkenan bisa kunjungi blog saya.
    Terima kasih.

  32. ruswanto sukamto says:

    Saudaruku, bpk membuka internet untuk mengetahui apa itu leukimia dan secara tidak sengaja terbuka ceritera leukimia yang anda derita. leukimia secara medis belum ada obatnya atau belum ditemukan. Seandianya Ocekojiro mau mencoba, bpk punya ikan hiu botol yang mempunyai khasiat yang luar biasa, beberapa orang yang menggunakan minyak ikan ini mengatakan telah sebagian telah merasakan khasiatnya dan sebagian telah sembuh. Beberapa orang telah sembuh dari pembengkak pada payudara (kanker patudara), sembuh karena alergi sinar matahari, dan yang bapak dan istri alami adalah keluarnya daging tumbuh di telapak kaki (mata ikan). Bapak sudah mengkonsumsi minyak ikan hiu botol ini selama 3 tahun, karena bapak menderita diabetes.
    Bila Ocekojiro mau mencoba akan saya kirim.

  33. putri says:

    assalamualaikum, sebelumnya saya mohon maaf apabila ada kesalahan dari apa yang saya tulis..
    ayah saya juga mengidap penyakit cml dua tahun belakangan ini.
    setahu saya, dahulu beliau meminum obat yg sama dengan bapak, yaitu hydrea. yang kemudian diganti obat untuj menahan laju perkembangan leukosit dengan nama obat glivec.
    sampai saat ini beliau masih mengkonsumsi obat tersebut. untuk informasi biasanya beliau berobat di rumah sakit rscm kencana jakarta.
    tetapi saya kurang tahu benar bagaimana informasinya pada saat pergantian obat tersebut karena biasanya ibunda saya yg menemani beliau berobat.
    semoga dapay membantu, dan semoga allah memberikan kesehatan dan berkah kepada kita semua. aamin 🙂

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s