Tips Meredakan Diare

Posted: June 30, 2012 in Uncategorized
Tags: , , ,

Bagi penyintas leukemia, diare adalah salah satu momok yang juga paling ditakuti, karena hampir 30% penderita leukemia meninggal dunia ketika terserang diare. Diare yang umum terjadi biasanya disebabkan karena adanya inveksi bakteri maupun inveksi virus pada lambung dan saluran cerna sehingga penderitanya terus terusan buang air besar dan perut terasa sakit atau tidak nyaman.

Penyebab diare biasanya juga tidak jauh jauh dari faktor kebersihan makanan yang masuk ketubuh kita baik itu makanan yang mengandung bahan bahan pengawet dan penyedap rasa secara berlebihan maupun  makanan yang sudah busuk atau tidak layak lagi untuk dimakan, meskipun ada juga beberapa penyebab lain seperti alergi terhadap makanan tertentu ataupun stress.

kunyitDiare bukan hanya menyebabkan penderitanya dapat berkali kali buang air besar, tetapi lebih dari itu cairan elektrolit yang berada dalam jaringan tubuh pun akan ikut terbuang dengan cara merembes keluar dari dinding usus besar dan terbuang bersama veses yang mempunyai ciri khas sangat encer, berbusa atau berlendir karena adanya inveksi bakteri.Terkadang diare juga diiringi dengan muntah, demam dan lesu sehingga penderita leukemia yang pada dasarnya kondisi tubuhnya sudah lemah akan menjadi semakin melemah karena mengakibatkan dehidrasi yang disebabkan cairan tubuh seperti kalium dan natrium banyak yang terbuang.

Nah untuk menyembuhkan diare sebenarnya gampang gampang susah, artinya adalah sangat mudah jika kita segera menyadari dan melakukan pencegahan dan pengobatan ketika diare baru sebatas gejala, namun akan sangat sulit sekali jika diare sudah berkembang menjadi diare berat.

Pengobatan untuk diare yang baru sebatas gejala bisa di tanggulangi hanya dengan meminum perasan kunyit sebanyak beberapa kali sehari. Ini dimaksudkan agar penggunaan obat obatan kimia termasuk penggunaan antibiotik yang bisa memperberat kerja organ hati dan ginjal dapat kita hindari, karena beberapa organ vital penderita leukemia yang telah atau sedang menjalani pengobatan kemoterapy sudah semakin menurun fungsinya akibat penggunaan obat sitostatika (kemo) dalam jangka panjang. Dan untuk membuatnya bisa dilihat DISINI.

Sedangkan jika diare sudah berkembang menjadi diare berat, maka penggunaan obat obatan yang mengandung antibiotik dan anti virus sepertinya dengan terpaksa juga harus diberikan, dimana tujuannya untuk membantu penggunaan kunyit yang meskipun dipercaya sejak zaman nenek moyang sebagai agen antibiotik alami yang ramah terhadap beberapa fungsi organ vital dalam tubuh manusia, namun daya kerjanya tidak seefektif obat obatan kimia.

Kemudian untuk menggantikan banyaknya cairan tubuh yang hilang kita harus banyak minum air putih ataupun air yang banyak mengandung elektrolit, dan untuk menghilangkan rasa mual dan sakitnya bisa juga dengan meminum teh tubruk pahit beberapa kali sehari yang dibuat agak kental.

Demikian semoga bermanfaat.

Wassalam.

Tulisan Terkait:

– Tips Menaikkan HB.
– Tips Bertahan Dari Leukemia.
– Tips Menurunkan LED.

Comments
  1. husda says:

    ass..mas mau nanya..sebenarnya sy bukan diare tp maaf (BAB) awalnya berwarna hitam dan hari ini berdarah ,darahnya kental..apa berbahaya tu mas..kbtulan dokter sy ke luar kota..sy g tw lg mau konsul sm siapa kecuali dg mas oce…mhon penjelasannya mas..trims

  2. ocekojiro says:

    @Husda
    Jika bab berwarna hitam dan lengket berarti ada pendarahan didalam saluran pencernaan begitu juga dengan darah yg mengental, tepatnya lokasi pendarahan bisa dimana saja tetapi yg paling sering berada dlm lambung atau organ hati dan tidak bisa diketahui dg pasti kecuali dengan menggunakan endoskopy atau kolonoskopy. sedangkan jika bab mengerluarkan darah segar berartiu ada pendarahan diujung/luar anus yg disebabkan karena gesekan feses yg keras dg dubur atau biasa pada seseorang dg keluhan ambeien.
    Segala jenis pendarahan itu berbahaya dan harus ditanggulangi dengan cepat agar tidak merembet pada hal yg lain.

  3. husda says:

    klo sy minum aja dl perasan biang kunyit ..g pp kn mas ?mnjelang dokternya plg..makanannya harus bubur mas?

  4. ocekojiro says:

    Ya betul,,, untuk antisipasi jika pendarahan berada dilambung, minum kunyitnya sebelum makan bubur.

  5. sulastri says:

    maaf bang oce ikut nimbrung …………
    atau mungkin pendarahan itu disebabkn oleh trobosit yang terlalu tinggi mbak husda karena kemarin juga suami saya mengalami pendarahan yang kentalkeluar tetapi lewat hidung. dan darahnya itu kental dan berwarna pekat setelah sy leb trombosit 1 jt 800 an

  6. ocekojiro says:

    Betul juga sih,,, jika BAB berbentuk kotoran yg berwarna hitam memang kemungkinan bisa bersumber dari mana saja termasuk dari mulut atau hidung yang tertelan tanpa kita sadari,,, namun jika bentuknya darah yang kental, itu jelas berasal dari saluran cerna bagian dalam atau kolon dan jika berupa darah segar yg masih encer berarti dari ujung saluran pembuangan atau anus.

  7. husda says:

    ya mas btul yg mas bilang..sy kmrin mnglmi luka di lmbung..akhrnya sy lgsng di opname diRS ..transfusi darah 4 kantong krn hb 4,9..skrng alhamdulillah dah bertenaga kmbli..mksi ya mas saran2nya..mdh2n mas sklrga sllu dbr kshtn..amin

  8. vica says:

    Anak sy usianya 13th. Dia menderita leukemia jenis aml. Sy mau tanya sebenarnya makanan apa sj yg blh dikonsumsi oleh anak sy? Dan bagaimana cr sy untuk menaikkan berat bb? Sy mohon jawabannya?

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s