TEMULAWAK

Posted: August 1, 2011 in Uncategorized
Tags: , , ,

Umbi umbian yang masuk dalam golongan bumbu dapur dan jamu jamuan ini selain berfungsi sebagai penambah nafsu makan juga dikenal dapat menyembuhkan penyakit kuning serta kelainan pada organ hati dan limpa.

Diantara beberapa jamu jamuan yang masih saya konsumsi hingga hari ini adalah ya temulawak ini,,, terutama saya gunakan ketika organ hati dan organ limpa saya membesar karena jumlah leukosit ( Darah putih ) yang kelewat banyak, atau jika saya terserang sembelit dimana saya susah untuk buang air besar.

Konon,,, temulawak harus dimasak terkebih dahulu sebelum dikonsumsi sebagai obat, dan caranya sangat mudah sekali yaitu hanya dengan dikupas, dicuci lalu diiris tipis tipis dan kemudian direbus dengan air putih hingga mendidih tanpa menambahkan bahan bahan lain seperti gula, garam maupun asam jawa.


____________________________________________________________________________________________________

Artikel Terkait :
– Kunyit
– Daun Randu
– Benalu Sirsak

Advertisements
Comments
  1. antopurwanto says:

    memang di negeri kita ini banyak sekali karunia dari Allah swt, termasuk tanaman2 yang memiliki khasiat, tidak sedikit yang sudah dikomersilkan, tetapi masih banyak yang belum dikenal umum

    semoga tetap sehat, semangat dan bahagia selalu

  2. Irda says:

    Carax gimana nich untuk membuatx? apa air rebusanx dari 3 gelas menjadi 1 gelas atau hanya sampai mendidih aja air rebusanx? mohon penjelasanx…terima kasih..

  3. ocekojiro says:

    Airnya hanya sampai mendidih saja, dan dalam sekali merebus bisa untuk satu sampai dua hari atau untuk beberapa kali minum namun sebaiknya sebelum diminum dipanaskan lagi.
    Oya, pada gambar kanan bawah terlihat seperti air teh saja, itu karena sy menggambil gambarnya setelah hari ke dua dimana air rebusan temulawak itu sudah habis dan saya tambahkan air lagi dan merebusnya lagi dan hasilnya tidak kental karena saripatinya sudah hampir habis.

  4. irda says:

    mas oce…, alhamdulillah ayah sy sdh 2 hari ini meminum rebusan temulawak. Perutnya yang membesar memang belum kelihatan berarti penurunanx tapi keluhan mengenai tdk bisa tidur yg sdh selama 2 bulan ini yg dia rasakan sdh ada perubahan. semalam dia sdh dpt tidur walaupun hanya 4 jam sj, yg biasax dia tdk bisa tidur kalo nda minum obat tidur. trs air senix memang warna putih yah mas? krn selama dia meminum rebusan temulawak ini air senix berubah atau memang seperti itu krn sampah2 leukositx sdh keluar bersama air senix? mohon penjelasanx…

  5. ocekojiro says:

    @Irda
    Syukur deeh kalau begitu…
    Begini, kamu perhatikan deh jika sudah lebih dari dua hari mengkonsumsi temilawak 3-4 kali sehari, biasanya feses akan menjadi lunak dan dapat buang air secara normal setiap hari(Pagi). Buang airnya pun bisa tuntas sehingga sampah2 yg seharusnya dibuang benar2 bisa terbuang semua dan tidak kembali terserap masuk kedalam tubuh serta meracuni sistem metabolisma dalam darah dan organ hati.
    Air seni menjadi putih itu indikasi bahwa sampah2 sudah bisa terbuang maksimal melalui feses. Teruskan saja sampai limpanya normal dan jangan lupa untuk banyak mengkonsumsi air putih karena penggunaan temulawak dalam jangka panjang akan memperberat kerja organ ginjal, dan segera kurangi dosis jika mulai terasa pegal pada pinggang bagian belakang.

  6. irda says:

    bisa nanya lagi yah mas…???
    emang keluhan leukemia itu susah tidur yah mas? trs cara mengatasix gmn tanpa harus mengkomsumsi obat tidur? krna takutx sih nantix akan jadi ketergantungan….

  7. ocekojiro says:

    @Irda
    Justru kebalikannya,,, keluhan leukemia itu lesu, letih, gampang capek dan maunya tidur terus.
    Saya pernah mengalami susah tidur seperti itu selama berminggu minggu bahkan tidur hanya 1-2 jam saja selama sehari semalam itupun jika diakumulasikan atau tidurnya sebentar2.
    Sebabnya yg sy yakini ketika itu adalah banyaknya residu obat obatan kimia yang menumpuk dalam organ hati yang tidak bisa dibuang oleh sistem pembuangan alami tubuh sehingga darah yang dipenuhi racun2 kimia itu meracuni syaraf2 yg terdapat pd otak dan berakibat kita tidak bisa tidur. Dan ketika itu sy juga tidak bisa buang air besar selama lebih dari satu minggu sehingga memperparah kondisi saya karena racun2 yg seharusnya terbuang melalui veses (Tinja) justru terserap kembali kedalam sistim metabolisma dalam darah dimana sumber penyerapannya melalui usus besar yg memiliki daya serap yg sangat bagus dimana kandungan veses yg tertahan disana diserap kembali dan menjadikan veses semakin mengeras dan sulit dikeluarkan.
    Cara mengatasinya dg mengkonsumsi temulawak dimana selain untuk menambah nafsu makan juga ikut membersihkan organ hati dari racun2 residu obat2an kimia yg menumpuk disana juga dapat melunakkan veses dan buang air bisa tuntas dan maksimal setiap hari.
    Jika ingi lebih cepat memperlancar dan membersihkan organ hati dari sampah2 obat2an yg kita konsumsi bisa kamu baca pada halaman : “enema kopi” pada blog ini.

  8. Irda says:

    makasih mas oce atas penjelasanx…!!!!

  9. herry pramuja says:

    Mas untuk anak usia 3 tahun bs nggak di terapin penggunaan temulawak ini dan ada lagi nggak obat tradisional lain selain air rebusan temulawak untuk menggobati pembenggkakan limpa?terima kasih di tunggu jawabannya!

  10. ocekojiro says:

    @Herry Pramuja
    Kalau menurut saya sih boleh boleh saja,,, hanya saja dosisnya yang saya tidak tahu berapa banyak dan berapa kali sehari ?
    Jadi untuk pastinya silahkan anda bertanya dengan ahlinya yaitu orang yg telah memiliki pendidikan tentang obat obatan herbal atau biasa disebut HERBALIS dan tentunya anda juga harus tahu bahwa tidak semua herbalis itu memiliki kepedulian yg tinggi kepada pasiennya ataukah cuma sekedar jualan obat.
    Oya, kalau obat tradisional yg lain untuk meredakan pembengkakan limpa saya tidak tahu.

  11. ari setiawan says:

    Mau tanya nih pembengkakan limfa itu emng udh pasti leukimia??

  12. ocekojiro says:

    @Ari Setiawan
    Pembengkakan limfa tidak dimonopoli oleh penderita leukemia saja,,, banyak penyakit lainnya yang juga memicu pembengkakan limfa seprti malaria, anemia aplastik dan lain lain.
    Hebatnya,,, apapun penyakitnya, pembengkakan limfa dapat diatasi dengan rebusan temulawak ini dengan minum secara rutin.

  13. FiR@N says:

    Ass,,,bang maaf bang kalau temulawak sma dngan kunyitkah???maaf

  14. Rabiatul Adawiyah says:

    Mas Oce, ± 2,5 bulan (hingga sekarang) sy alami pembengkakkan limpa krn leukosit dan trombosit sy tinggi sampai jutaan. Selama ini sy konsumsi produk herbal namun hasilnya tidak mengurangi pembengkakkan tsb.
    Dengan ini sy mau nanya (red konsultasi teman-teman di atas), apakah dampak yg terjadi kalau terlalu banyak mengkonsumsi rebusan temulawak ? Bahkan dipermukaan kulit sy sering lebam (warna biru pada kulit dgn ukuran ± sebesar jempol kaki), kenapa demikian ?

  15. ocekojiro says:

    @Firan
    Temulawak berbeda dg biang kunyit,,, temulawak lebih besar.

    @Rabiatul Adawiah
    Penggunaan temulawak secara intensif memang tidak disarankan dalam waktu lama dan berlebihan karena meskipun berbahan herbal namun kerja ginjal akan menjadi lebih berat.
    Sebenarnya penggunaan temulawak yg sangat nyata sekali itu adalah untuk meregenerasi dan mengobati sel sel organ hati yg rusak sehingga organ hati bisa menjalankan fungsinya dg baik yang diantaranya juga otomatis akan mengatasi pembengkakan limpa.
    Namun terkadang tidak seimbangnya antara kenaikan dan pembengkakan limpa dg penggunaan temulawak yg hanya bisa menurunkan pembengkakan secara perlahan membuat perut semakin membesar.
    Jadi naikkan saja dosis hydreanya untuk beberapa waktu sampai leukosit dan trombositnya mendekati normal atau konsultasikan ke dokter anda jika anda pengguna glivec.
    Lebam2 dikulit dan sekujur tubuh kamu juga sebuah indikasi bahwa telah terjadi trombosis,,, jadi sebaiknya dikonsultasikan untuk segera menurunkan kadar trombosit anda agar tidak terjadi penggumpalan diorgan2 fital seperti jantung.

  16. rahmahzen says:

    Untul sekali rebus bera[a banyak rimpang temulawak yang diperlukan mas. Mohon Jawabannya

  17. neno surisman says:

    mas kalo untuk penderita leukimia yang usianya baru 21 thn berapa x seharikah mengkonsumsi rebusan temulawaknya

  18. ocekojiro says:

    @Rahmahzen.
    Sekali rebus kira2 satu rimpang saja jika ukurannya besar atau dua jika ukurannya sedang seperti pada gambar diatas.

    @Neno Surisman.
    Sama seperti penggunaan pada orang dewasa dua atau tiga kali dalam sehari sampai pembengkakan limpanya teratasi, jika organ limpa sudah mengecil sebaiknya penggunaan temulawak dihentikan.

  19. neno surisman says:

    kenapa harus d hentikan, terus untuk penyembuhan penyakit leukimianya menggunakan obat apa?

  20. ocekojiro says:

    Temulawak memang memiliki banyak manfaat seperti untuk mengatasi pembengkakan limpa, meregenerasi organ hati sampai menambah nafsu makan dll, namun penggunaannya sebaiknya jangan berlebihan karena jika berlebihan penggunaan temulawak yang tidak terukur bisa mengakibatkan kerusakan organ ginjal,,, alih alih ingin keluar dari sebuah masalah, malah dapat masalah lain yang tidak kalah hebatnya.
    Yang perlu digaris bawahi adalah bahwa leukemia tidak bisa disembuhkan hanya dengan penggunaan temulawak, dan penggunaan temulawak pada penyintas leukemia adalah sebatas untuk mengatasi pembengkakan limpa dan menambah nafsu makan serta mempermudah BAB.

  21. neno surisman says:

    trs bgaimna cranya agar penderita leukimia bisa sembuh total, apakah ada obat lain mas?

  22. ocekojiro says:

    @Neno
    Wah,,, saya belum tahu mbak, jika sy tahu mungkin saya sudah sembuh,,, hehe

  23. neno surisman says:

    mas mau tanya, rebusan temulawaknya baiknya d mnum selagi hangat apa dingin, mohon penjelasannya

  24. Vina says:

    mas oce, kemarin saya sempat baca di artikel. katanya buah mengkudu juga bisa mengobati leukimia. itu benar didak y?
    Boleh minta nomor HPnya? tolong dikirim ke email saya
    Salam

  25. lya says:

    pagi.. mas klau pembengkakan limpa dan hati akibat transfusi dkrna penderita thalasemia apa cocok juga mengkonsumsi air rebusan temulawak ? trims buat info’y…

  26. adjat basarah says:

    Alhamdulillah sangat menarik, bisa coba browsing untuk rebusan lengkuas untuk limpa …

  27. ardy says:

    mas ardy mau tanya nie
    .adik saya baru lima bulan belakang nie sampai sekarang ,setiap bula tambah transfusi darah,penyebab hemoglobin@ (HB)rendah..
    sehingga sekarang adik saya susah tidur,dan penyebab kakinya membengkak. dan menahan sakit.saya tidak tau penyebab@ apa..??
    apakah gara gara transfusi darah selama nie saya tidk tahu..
    klau di cek sama dokter adik saya kenak thalasemia ringan,karena baru baru sakit,,sekarang dia berusia 15 thun..
    apakah dengan rebusan temulawak nie bisa mencegah mass…
    tolong balas mas ya..?
    mkasih

  28. ocekojiro says:

    @ardy
    Mohon maaf,,, saya tidak tahu apakah temulawak dapat membantu/meredakan pembengkakan hati dan limpa yg dikarenakan talasemia, meskipun kita tahu bahwa temulawak dipercaya dpt meregenerasi sel sel hati yg rusak.
    Namun saya yakin,,, susah tidurnya dan pembengkakanya bukan diakibatkan efek dari tranfusi karena justru tranfusilah yg menyelamatkan hidupnya akibat rebdahnya kadar hb dalam darahnya yg selalu berkurang kareba talasemia.

  29. Alimliu Liu says:

    mas selama dua minggu in say konsumsi temulawak rebusan tida pakai aturan tapi yg saya rasakan sekarang bagian pingang saya sakit kalau agak lama duduk ny mhon jawab ny mas

  30. 13purnama says:

    Mas saya tanya donk

    pacar saya 2 taun sudah kena leukemia.
    Tadi dpt hasil trakhir leukositnya turun 3273
    dokternya kaget leukosit bisa turun drastis tapi minggu2 ini pacar saya srg muntah darah katanya sih pembengkakan organ tubuh di dalam sudah 20% kata dokter..
    Saya jdi bingung mw gmna leukosit dia turun saya seneng
    tapi gmna supaya organnya balik normal
    paru2nya bengkak juga, ginjal, limfa,, dan g tw lgi kira2 apa smua itu bisa diobati pake temulawak
    terimakasih mas mohon jawabannya

  31. alpatih says:

    mas… gimana saya juga terkenah limpah bengkak/keras yang cukup lama hampir 30 th. sampe sekarang

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s