Cara Menggunakan Tasigna

Posted: December 23, 2014 in Uncategorized
Tags: , ,

tsg1

Jika kita sudah sangat faham dengan cara penggunaan obat glivec yang harus dalam kondisi perut terisi penuh, maka penggunaan tasigna adalah sebaliknya yaitu ketika perut sedang kosong.

Tidak sampai disitu seorang pengguna tasigna pun harus menahan diri dahulu selama 1-2 jam untuk tidak memakan dan meminum apapun semenjak obat masuk kedalam tubuhnya, dengan tujuan semua kandungan obat akan terserap sempurna dan masuk kedalam aliran darah. Dan setelah kandungan dalam obat sudah masuk kedalam aliran darah atau setelah sekitar 2 jam maka sang penyintas leukemia diharapkan untuk segera memakan sesuatu agar lambungnya tidak kosong terlalu lama sehingga bisa menyebabkan masalah masalah kesehatan yang baru.

tsg3Makan dan berpuasa selama 2 jam sebelum mengkonsumsi tasigna pun ada maksudnya, yaitu agar bagian yang kosong dari makanan hanya lambungnya saja sedangkan usus halus dan usus besar tetap berisi makanan sehingga kandungan nilotinib yang dapat menghancurkan gula dalam darah penggunanya tidak sampai menjadikan pemakainya menjadi kekurangan kadar gula dalam darahnya yang dalam jangka panjang bisa memicu penyakit yang baru yaitu diabetes yang juga bukan penyakit ringan karena dampaknya yang luar biasa terhadap organ organ tubuh manusia.

Nah untuk itu, sebagai penyintas leukemia yang kebetulan sudah menggunakan obat tasigna ini, maka sebaiknya sedini mungkin memperhatikan dan mentaati aturan penggunaan obat yang ternyata lebih keras 80% dari glivec ini karena jika tidak maka sia sia saja menggunakan obat yang sangat mahal tersebut karena hanya akan terbuang segala kandunganya dan tentunya penggunanya tidak mendapatkan efek yang diinginkan yaitu   kesembuhan.

Selain cara penggunaanya yang sedikit tidak lumrah atau nyeleneh, tasigna juga memiliki karakteristik yang unik untuk sebuah obat sitostatika yaitu efeknya yang sangat tidak bersahabat dengan kadar trombosit dalam darah. Dan seharusnya sejak awal dokter yang merekomendasikan obat tersebut kepada pasienya sudah menimbang dan mengukur tingkat (kadar) trombosit dalam darah pasienya. Jika pada keseharianya kadar trombosit berada pada level yang tinggi atau berlebih maka bisa dipastikan penyintas tersebut akan cocok untuk menggunakan tasigna. Namun jika pada kesehariannya kadar trombositnya selalu minim bahkan kurang,,, maka sudah jelas pasien itu tidak akan cocok dengan penggunaan tasigna, persis seperti aku yang saat ini kadar trombosit dalam darahku yang selalu kurang bahkan harus ditambah secara berkala karena berada dalam hitungan yang minim untuk mengikat darah yaitu 14-19 ribu. sehingga terus terusan terjadi pendarahan pada gigi dan gusi, bibir serta mulut bagian dalam bahkan kerap juga pada hidung, karena masih cukup banyak kekuranganya untuk sampai pada hitungan normal yang berada dalam kisaran 150-450 ribu.

tsg4Selain itu, salah satu efek samping pada penggunaan obat yang harganya lebih dari 1,5 juta dalam satu hari itu adalah banyak menumbuhkan bentol bentol merah kehitaman pada kulit atau biasa aku sebut  bruntusan dan meskipun tidak gatal ataupun sakit namun terkadang bruntusan bisa melanda seluruh tubuh sehingga cukup mengganggu juga terutama dari segi penampilan. Namun sebenarnya efek bruntusan tersebut bisa di minimalisir dengan banyak banyak mengkonsumsi air putih pada setiap harinya serta mengurangi asupan garam pada makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari hari.

Demikian semoga bermanfaat.

Wassalam.

Artikel Terkait :

– Obat Leukemia Menghilang
– BUKU TAMU.
– MENEPI.

“Semua Tulisan Oce Kojiro”

Advertisements
Comments
  1. cici says:

    om oce .. anak saya kata dr. sudah tidak bisa disembuhkan .. kankernya sudah berkembang cepat . dani

  2. sukmawati says:

    Mas oce smkn hari semakn mengkonsumsi glivec saya mrsa kan mual yg dahsyat hingga smpai saat tdur pun saya masih mesa mual

    Mas oce apa dgn memakan glivec akan menekan pertumbuhan sel darah putih
    apa pengobatan dgn air kencing yg mas oce lakukan msih d lakuka jika mengalami blast

  3. ocekojiro says:

    @sukmawati.
    mual memang salah satu efek samping yg paling sering ditemui oleh pengguna glivec namun efek itu temporer dan akan segera berkurang seiring penggunaan obt yg semakin lama.
    ya,,, dengan glivec srl darah putih bisa ditekan dan dikontrol bahkan termasuk sel blast yg menjadi biang onar penyakit ini.
    pengobatan dg menggunakan air seni sudah tegas sy katakan tidak bijak dan tidak terbukti bisa menyembuhkan.

  4. kurnia says:

    mas oce, saya konsumsi glivec sejak 24 nov 2014…salah satu efek yg tidak bisa saya tahan adalah nyeri tulang dan urat yg kadang2 kejang. dokter memberi saya obat meloxicam namun tidak ada perubahan. ada kah solusi dari mas oce ttg nyeri tulang saya? makasih

  5. ocekojiro says:

    @kurnia.
    Hmm,,, jika sampai hari ini tgl 30desember, berarti baru satu bulan lebih dikit km mengkonsumsi glvc. Sy yakin dlm bbrp minggu kedepan km akan sudah merasa nyaman karena leukosit bahkan sel blast penyebab nyeri tulang itu semakin berkurang karena penggunaan glivec. Begitu pula efek mual akan sedikit berkurang seiring penggunaan glivec yg semakin lama. Insyaallah,,,!

  6. kurnia says:

    owh begitu y mas….3 hari ini saya merintih terus dan tidak bisa tidur. dokter hematologi saya tanya cuma diam aja. saya bisa tidur krn minum obat penenang buat orang gila yg di beri kakak ipar karena ini sampai2 saya berpikir untk tidak lg minum glivec. namun ibu ku melarang dan sebagai anak aku menurut beliau.sekarang bertambah yaqin tetap menggunakan glivec setelah penjelasan mas oce. makasih mas .

    semoga Allah membalas penjelasan mas dgn banyak kebaikan

  7. priyanto says:

    Bung oce kakak sy hr ini meninggal dunia dan masih ada sisa obat tasigna 200mg sebnyk 110 kapsul. Sy bermaksud mau memberikan siapa saja yg membutuhkan silahkan krm alamat ke email sy. Trm ksh.

  8. sukmawati says:

    Sdh dari oktober 2014 hingga februari 2015 saya tdk menggunakan glivec

    Hal ini menyebabkan perut saya membengkak khusus ny limfa dan hati
    bahkan ke 2 kaki saya pun membengkak hingga saya tdk dpt Bekerja

    Apakah glivec it harus dan wajib d kosumsi

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s