MDS atau Pre Leukemia

Posted: July 10, 2014 in Uncategorized
Tags: , , ,

Salah satu penyakit kelainan darah yang kerap menghinggapi orang dewasa adalah MDS (Mielodisplasia Syndrome) atau biasa disebut pre leukemia karena mayoritas penyakit ini pada kemudian hari akan berkembang menjadi leukemia akut (AML).

MDS merupakan kumpulan kelainan dari sel punca darah (stem cell) yang ditandai dengan terganggunya pendewasaan sel sel penyusun darah, juga terganggunya pertumbuhan jaringan baru sel sel darah manusia.

Ciri yang paling menonjol pada penderita MDS ini ialah pembentukan sel darah yang tidak efektip serta terganggunya pendewasaan sel sel baru sehingga mengakibatkan penderitanya mengalami anemia, trombositopenia bahkan leukopenia, sehingga menyebabkan penderitanya menjadi lesu, lemah, rentan terhadap infeksi dan yang paling sering adalah mengalami bintik bintik hitam dikulit bahkan sampai pendarahan baik pendarahan sendi maupun pendarahan terbuka melalui gusi dan hidung (mimisan) yang terjadi karena kurangnya kadar trombosit dalam darah sehingga darah kehilangan kemampuanya untuk menggumpal.

mm

Ciri umum yang bisa ditemukan pada MDS ini adalah turunya kadar HB atau trombosit atau bahkan leukosit serta eritrosit yang terkadang jauh melampaui jumlah normalnya. Namun untuk lebih memastikan seseorang terkena MDS atau bukan haruslah melalui pemeriksaan sumsum tulang belakang (BMP), dimana pada pemeriksaan ini dapat diketahui kelainan kelainan bentuk sel serta perubahan perubahan pada eritrosit dan neutrophil.

Adapun pengobatan pada MDS ini umumnya hanya sebatas mengatasi gejala gejala yang timbul saja seperti tranfusi darah jika kadar hb anjlog, juga tranfusi trombosit jika kadarnya juga turun. Namun pada tingkat lanjut pengobatan bisa dengan menggunakan sitostatika jenis Dacogen, Lenalidomide oral atau Hydroxyurea (Hydrea).

Sayangnya,,, ‘setali tiga uang’ dengan obat obatan untuk leukemia pada umumnya, obat obatan untuk MDS ini juga terhitung sangat mahal dinegri tercinta ini, padahal di India sudah banyak beredar versi generiknya yang harganya hanya 10% dari harga yang beredar disini. Dan pemerintah RI belum tergerak untuk ikut memproduksi obat obatan tersebut atau paling tidak ikut menjual / mengedarkan versi generiknya guna meringankan rakyat yang membutuhkannya.

Menjaga pola hidup sehat dengan memperbaiki pola makan serta tidak terlalu banyak melakukan aktifitas aktifitas yang berat konon dapat menyembuhkan penyakit ini atau minimal menjaga penyakit ini agar tidak berkembang menjadi leukemia akut yang sangat menakutkan itu.

Demikian semoga bermanfaat.

Wassalam.

Tulisan Terkait :

– Tips Menaikkan HB.
– Tips Meredakan Pendarahan Hidung.
– Tips Meredakan Diare.

– Semua Tulisan Oce Kojiro.

Comments
  1. suryadi says:

    saya sudah 5 kali transfusi darah??diagnosa sementaranya MDS.trs apa yg harus saya lakukan??

  2. dewikamal says:

    Mas aku share ya. thanks

  3. sur ningrat says:

    ok mksh

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s