Gelas Kaca

Posted: February 17, 2012 in Uncategorized
Tags: , , , ,

Tidak banyak yang mengetahui bahwa tubuh seorang penyintas leukemia (CML) meskipun tampak seperti orang sehat pada umumnya, namun sebenarnya bagaikan sebuah gelas kaca yang sangat rapuh.

Bagaimana tidak, jangankan mendapat benturan keras pada salah satu bagian tubuh dan anggota badan, duduk terlalu lama saja sudah bisa membuat paha dan bokong dipenuhi oleh lebam lebam biru kehitaman karena terjadinya pendarahan dalam jaringan tubuh atau dibawah kulit yang diakibatkan karena pecahnya pembuluh darah yang lemah secara tiba tiba.

Tidak sampai disitu, lebam biru kehitaman itu adalah sel sel darah yang mati yang harus dibuang keluar oleh tubuh sehingga tubuh kita harus kembali bekerja ekstra keras untuk membuang sampah sampah tersebut agar tidak mengganggu metabolisma dalam darah serta suplai makanan dan oksigen keseluruh tubuh. Dan otomatis, tubuh penderita mudah sekali merasa lelah dan capek apalagi jika digabungkan dengan aktifitas harian yang masih cukup tinggi seperti keharusan bekerja dan mencari penghidupan untuk menghidupi seluruh keluarga.

Konon,,, mudah pecahnya pembuluh darah pada penyintas CML itu diakibatkan karena adanya kelainan bawaan dari arteri dan vena serta kelainan pada struktur penyusun darah itu sendiri, dimana kadar trombosit bisa sangat tinggi ataupun bisa sangat rendah.
Nah, untuk menghindari terjadinya pendarahan yang tidak kita inginkan itu, sebaiknya harus kita jaga agar kadar trombosit dalam darah kita berada pada kisaran yang normal dan yang terpenting adalah bahwa kita para penyintas CML harus sadar diri dan lapang dada untuk menerima kenyataan bahwa tubuh kita tidak sekuat dan setangguh orang lain dan untuk itu kita harus menyesuaikan segala aktifitas harian kita dengan kondisi fisik yang kita miliki saat ini, baik itu pekerjaan, olah raga, ibadah dan yang lain sebagainya.

Dan salah satu kunci kenapa saya masih bisa bertahan selama hampir delapan tahun ini dengan segala keterbatasan yang saya miliki ini adalah karena dengan penuh keberanian saya sudah bisa menerima keadaan saya saat ini sebagai ‘pesakitan,  yang mana saya harus menyesuaikan segala aktifitas harian saya dengan kondisi tubuh saya saat ini, meskipun sebelum saya menderita penyakit ini saya adalah seorang pekerja keras juga seorang petarung yang  memiliki hobby olah raga bela diri serta naik turun gunung.

Tidak mudah memang untuk bisa menerima kenyataan seperti ini, namun,,, hidup harus terus berjalan dan segala sesuatu itu pasti ada hikmahnya apalagi hidup itu bukan cuma didunia ini saja melainkan ada kehidupan lain yang lebih menjanjikan serta penuh keabadian diakherat sana yang hanya dapat kita raih dengan sedikit pengorbanan di dunia ini.

Wassalam.

PS.
Sepenggal tulisan ini aku persembahkan buat sahabat Husda, semoga hari hari kedepan bisa dijalankan dengan lebih baik lagi dan penuh kesabaran serta keiklasan, amin.

Tulisan Terkait :
– Tips Menurunkan Trombosit
– Tips Menaikkan Trombosit
– Tips Menaikkan HB

“Semua Tulisan Oce Kojiro”

Advertisements
Comments
  1. Gunawan says:

    Subhanallah. Allah tidak tidur, dan Allah Maha Adil. Ujian dapat menjadikan kita jauh lebih bijak, lebih taqwa, lebih sabar, tidak sombong, menjadikan kita manusia dengan jiwa yang lebih baik. InsyaAllah.

  2. dea says:

    aslmkm.mas ada pantangan makanan ga sih u pndrta leukemia..?klo sering mkn makanan pdas brpngaruh ga?

  3. ocekojiro says:

    @Gunawan
    Gusti ora sare…

    @Dea
    Umumnya tidak ada pantangan makanan buat penyintas leukemia termasuk pedas, jika sudah terbiasa makan makanan pedas tidak apa apa serlama tidak berlebihan.

  4. dea says:

    o gitu ya mas.oh ya pernah dngar edwar technologi blm?kalo blm searching d google jg bs.pemiliknya pak warsito.beliau lulusan S3 jepang yg mengembangkan alat pnelitian pmbunuh sel kanker,dan sdh terbukti efektif u kanker otak dan payudara.tgl 2 jan 2012 sy dan suami k lab beliau d daerah modernland cikokol.sy sdh ukur badan u dibuatkan baju krn alatnya disisipkan d baju tp sampai skarg blm jd.katanya ada komponen yg g ada dan sdang menunggu impor dr cina.

  5. husda says:

    subhanallah ..buat sy mas tulisan itu?..apa ada husda lain..sy yg kegeeran ne..klo pun itu benar..sy haturkan trimakasih banyak ..krn mas telah sudi menganggap sy jd sahabat mas oce..saya sangat bahagia sekali punya sahabat seperti mas..trimakasih banyak ya mas

  6. ocekojiro says:
    @Dea
    Wah sy belum pernah denger edwar tecnologi maupun pak Warsito dan tidak ingin mempengaruhi kamu tentang sebuah pengobatan alternatif. Namun sy akan memberitahukan sebuah fakta bahwa sel sel kanker dalam leukemia itu berbeda dg sel pada kanker2 yg lain seperti kanker payudara ataupun otak dll yang bisa memperbanyak diri dalam jaringan tubuh. Sel sel kanker pada leukemia itu biasa disebut dg sel blast dan sel tersebut bisa dengan mudah dihancurkan dg pegnggunaan obat sitostatika (kemo), namun yg menjadi masalah adalah pemicunya dimana ada perintah dari sumsum tulang kepada tubuh untuk terus memproduksi leukosit sebanyak2nya dimana sel yg diproduksi tersebut cacat dan berubah menjadi ganas. Jika alat yg kamu pesen itu bisa menyentuh akar masalahnya yaitu bisa merubah perintah yg terpatri dalam DNA untuk tidak lagi memerintahkan tubuh memproduksi leukosit cacat serta dg jumlah yg berkali kali lipat itu, kemungkinan alat itu memang bisa diandalkan, namun jika hanya untuk membunuh sel sel kankernya saja,,, sy pikir percuma. Namun sekali lagi silahkan saja anda beriktiar menurut keyakinan anda dan sy berharap anda juga mau berbagi tentang usaha anda itu apalagi jika apa yg anda usahakan itu telah membuahkan hasil yg nyata berupa kesembuhan.
    @Husda
    Sebaliknya justru saya yang harus berterimakasih kepada kamu karena kamu sudah bersedia berbagi melalui beberapa pertanyaan dan secara tidak langsung memberitahukan kondisi kamu dimana dari situlah ide untuk menulis tulisan dengan tema ini tergambar dalam otakku yg tidak seberapa cerdas ini. Jujur saja,,, sy bukan penulis beneran, jadi tidak mudah menuliskan apa yg ada dalam otak kedalam sebuah tulisan. Salam.
  7. abi_gilang says:

    Seorang “pesakitan” yang berjiwa kuat malah akan memberikan banyak kesehatan untuk jiwa-jiwa lainnya…..tetap berbagi Sobat karena berbagi itu indah!!!

  8. ysalma says:

    Semangat berbaginya mas Oce, justru jauh lebih sehat dari mereka yang sehat..

  9. dea says:

    mas oce sy sulit klo posting kata2 trlalu bnyak.g jadi2.sy sms mas oce nympe ga k no esia yg mas publish d blog ini

  10. ocekojiro says:

    @Abi-Gilang
    Saya masih belajar untuk menjadi kuat,,, dan levelnya masih dibawah akang.

    @ysalma
    Semoga kita semua sehat, dan selalu dalam lindungan Allah SWT, amin.

    @Dea
    Awalnya sy juga sulit untuk menulis dan sampai hari ini sy masih belajar untuk menulis dan berkomentar. Mohon maaf, dua hari kemarin sy bersama beberapa sahabat terbaik sy main ke Bandung dan no esia tdk sy bawa, insyaalah besok2 dah bisa sy balas sms meskipun kadang balasnya suka telat, heheh….

  11. ojik says:

    mas saya ojik, saya mau tanya? ada penderita CML gol darahnya AB tapi dia hanya bisa menerima AB saja, padahal kan AB resipien universal????

  12. ocekojiro says:

    @Ojik
    Maaf,,, saya tidak faham tentang golongan darah yang cocok untuk tranfusi.

  13. Ara says:

    Almarhumah Ibu saya dulu penderita leukimia dan ginjal (keterangan dari dokter, ginjal ibu ukurannya mengecil) , apakah penyakit ini bisa menurun ke kami anaknya? karena yang saya dengar dan baca, leukimia adalah penyakit yang bisa menurun ke anak. Saya juga sering searching tentang gejala2 nya dan ada beberapa gejala yang saya temukan di diri saya, seperti berat badan yang semakin lama semakin menurun, sering pusing dll…

    tolong bantu jawab ya mas oce..

  14. ocekojiro says:

    @Ara
    Tidak perlu takut dan cemas yang berlebihan,,, karena kecemasan yg berlebih akan sesuatu bisa juga berakibat pada kejadian yg ditakutkannya itu, karena pada dasarnya semua manusia punya bakat untuk terkena penyakit ini ataupun penyaki kanker pada umumnya.
    Namun langkah antisipasi anda sudah betul terutama tentang kesadaran anda dalam memperhatikan kesehatan dan kebugaran tubuh anda sendiri, karena siapa lagi yang lebih perduli tentang diri kamu kecuali diri kamu sendiri.
    Datang saja ke laboratorium darah swasta dan minta di periksa darah ‘Hematologi Lengkap yang mana pemeriksaan itu masih tahapan pemeriksaan yg paling umum dan paling murah cuma sekitar 60-70 ribu rupiah saja.

  15. petot says:

    salam kenal..
    ikut bergabung yaa..
    akhir2 ini pacar saya terkena gejala leukemia..
    dia sudah putus asa seolah-olah umurnya tidak lama lagi..
    mohon bantuannya agar bisa kuat menghadapinya seperti anda,,
    terima kasih ^_^

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s