Kiat Menghindari Tranfusi Darah

Posted: January 13, 2011 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

Mayoritas pasien leukemia yg sedang menjalani pengobatan kemoterapi ataupun pengobatan alternatif, kerap dihantui dengan menurunnya kadar Hb dengan cepat.
Penurunan Hb ini bisa disebabkan oleh dampak meningkatnya sel sel darah putih (Leukosit) yang secara otomatis menekan pertumbuhan sel sel darah merah. Atau bisa juga disebabkan oleh efek samping obat obatan sitostatika (kemo) yang digunakan. Karena selain membunuh sel sel kanker (Blast) obat kemo secara otomatis juga membunuh sel sel darah merah yang masih sehat.

20131105_060555Kenyataan seperti itulah yang membuat pasien leukemia harus menjalani pemeriksaan darah minimal satu bulan sekali, bahkan untuk type tertentu bisa satu minggu sekali.
Bagi pasien yang tergolong mampu, pemeriksaan darah dan konsultasi dokter bukanlah masalah yang berarti, namun bagi pasien yang tidak mampu (seperti saya) maka harus kerap memutar otak dan bertindak sedikit jeli, dimana sudah seharusnya bahwa sebagai pengelola tubuh ini, kita adalah orang yang paling tahu akan kondisi tubuh kita sendiri sebelum dokter atau orang lain.

Banyak hal yang bisa dijadikan indikator awal sebelum kondisi fisik kita jatuh tanpa terkontrol hingga bisa menyebabkan kita membutuhkan pertolongan dan perawatan dokter dirumah sakit yang semakin lama semakin mahal saja biaya yang harus dikeluarkan.
Indikator yang saya maksud disini adalah gejala awal pertanda menurunnya kadar Hb, yang jika tidak kita tanggulangi sedini mungkin, maka kelak kita harus membayar mahal jika harus menjalani tranfusi darah yang biayanya tidak sedikit,  serta sulitnya mencari darah yang cocok untuk tubuh kita di ‘musim bencana’ seperti akhir akhir ini.

Hal hal yang bisa dijadikan indikator  itu adalah :

1- Jika kita merasa lesu dan lemah yang lebih dari pada hari kemarin, apalagi dibarengi dengan pandangan mata yang berkunang kunang. Itu adalah gejala awal dan utama menurunnya kadar Hb.

2- Jika kita kerap merasakan HALUSINASI yang ditandai dengan perasaan cemas dan gelisah seperti ada yang memanggil atau mengajak ngobrol tetapi sebenarnya tidak ada siapa siapa.

3- Perhatikan kelopak mata bagian bawah dengan cara sedikit menekan kebawah dengan jari telunjuk untuk melihat apakah kelopak bagian dalam berwarna kemerahan atau putih pucat.

4- Perhatikan kuku kuku jari tangan anda sendiri, apakah berwarna kemerahan ataukah putih pucat.

5- Perhatikan dengan seksama perubahan  warna telapak tangan anda dengan cara mengepalkan tangan anda kuat kuat lalu melepas kepalan dengan cepat.  Jika warna putihnya agak sedikit lama bergantinya dengan warna merahnya, maka besar kemungkinan kadar Hb anda sedang merosot.

wpid-20131030_203815.jpgJika ada salah satu atau beberapa indikator diatas pada diri kita, itu menunjukkan Hb kita sedang merosot, maka secepatnya kita harus periksa darah (Hematologi Lengkap), tanpa harus menunggu perintah dokter ataupun  kondisi tubuh yang bertambah buruk, karena dengan turunnya kadar Hb, secara otomatis pasokan oksigen menuju otak menjadi berkurang dan akan mengakibatkan berbagai masalah kesehatan serta kesadaran yang menurun.

Dan jika anda (Survivor leukemia) mendapati Hb berada dibawah angka 6, maka anda harus segera mendapatkan pertolongan pertama berupa tranfusi darah di Rs. Namun jika masih berkisar pada angka 7-8, maka cukup dengan meminum obat sangobion sebanyak 3 x 1 untuk satu hari saja, kemudian diteruskan dengan dosis 1 x 1 hingga kondisi membaik dan hendaknya mempertahankan dengan meminum obat itu setiap 2-3 hari sekali guna menjaga agar produksi sel darah merah terus berlangsung baik.
Selain meminum obat penambah darah,  bisa juga dibantu dengan meminum jus jambu merah ataupun jus buah bit dan tentunya banyak makan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup.

Demikian semoga bermanfaat.

Wassalam.

Artikel Terkait :

– KELINCI PERCOBAAN
– My Secret Therapy
– SICK MANAGEMENT

Comments
  1. Kakaakin says:

    Kuning telor bebek dicampur madu, katanya lumayan bisa membantu meningkatkan kadar Hb…
    Wallahua’lam…🙂

  2. mrpall says:

    hadoohhh klo bisa jangan dah tranfusi darah…..
    salammm mas

  3. Kakaakin says:

    Ikutan ngontes di blogku yuk🙂

    Bila Sahabat memiliki pengalaman berkesan yang berkaitan dengan masalah kesehatan, silakan ikuti Kontes Aku Ingin Sehat, hanya di Try2bcoolnsmart.

  4. fitr4y says:

    dah lama gak mampir ..

    salam mas🙂

  5. Waduh mas, saya tersentuh meliat blog ini. Kalau ada yang mau coba ada terapi bagus Mas untuk Leukimia dll. Liat aja di transferfactorformula.wordpress.com.
    Moga manfaat yaa🙂
    Semangat Kawan-kawan, harapan itu masih ada

  6. thanxs infonya pa oce…

  7. ibnu says:

    Bener gak nh?

  8. rizal says:

    terima kasih banyak info nya

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s