Mulai Meragukan Kredibilitas Dokter Hematolog ku

Posted: January 15, 2015 in Uncategorized

Hmm,,, kali ini aku mulai meragukan kredibilitas dokter hematologiku yang selama ini begitu aku hormati karena dialah dokter yang pernah melakukan prosedur BMP pada diriku pada pertengahan tahun 2004. Ya,,, cukup lama juga karena pada ahirnya aku bersedia dilakukan pemeriksaan sumsum tulang belakang ketika itu karena sebenarnya aku sudah didiagnosa menderita leukemia pada pertengahan 2003.

Ketika masuk IGD pada tanggal 15 Januari 2015 atau kemarin malam, dokter yang bertugas kaget dg kadar trombositku yang cuma 9 ribu saja dan dokter tersebut mewanti wanti utk menyiapkan sekitar 40 orang pendonor agar ketersediaan darah untuk ku bisa tercukupi karena biasanya untuk menaikkan kadar trombosit yang serendah itu untuk sampai pada hitungan yang aman akan membutuhkan cukup banyak teombosit karena pada kenyataanya setiap kantong trombosit hanya berisi sekitar 50-70 ml saja.

Namun setelah dokter hematologku dihubungi ia pun memberikan perintah yang justru bertolak belakang dengan apa yang selama ini aku ketahui tentang hitung hitungan darah. Dan trombosit yg telah di pesan sebantak 10 kantong oleh istriku pada tahap awal ini malah di cancel oleh dokter hematologku itu dg alasan akan memprioritaskan pada tindakan untuk menghentikan pendarahan yang terjadi pada gusi dan gigiku dengan antibiotika tingkat tinggi dan transamin cair serta vitamin K.

Transamin cair ditambah vitamin K serta antibiotika dosis tinggi sudah sejak siang disuntikkan padaku namun sampai tengah malam ini pendarahan masih saja terus terjadi sedang tramfusi trombosit tidak jadi dilakukan. Aku sempat  protes pada dokter hematologku ketika dia konsul kebangsalku siang tadi namun dengan tegas dokterku mengatakan bahwa pendarahan pada gusiku bukan di karenakan kadar trombosit yang rendah melainkan karena ada infeksi pada mulut atau tepatnya pada gigi dan gusiku.

Karena menurut dokter hematologku itu jika pendarahan ini disebabkan oleh kadar trombosit yg rendah maka seharusnya air kencingku serta BAB ku juga berwarna merah atau berdarah, sehingga tidak memprioritaskan pada penambahan trombosit melalui tranfusi karena menurutnya sia sia saja dan akan habis lagi jika masalah dalam darahku masih belum tuntas.

Runyamnya lagi,,, perawat dan dokter ruang tidak menanggapi laporanku bahwa pendarahan pada gusiku semakin besar dan mengganggu malahan memberikan dosis transamin dan vitamin K tambahan pada pukul 24,00 atau tepat tengah malam. Padahal,,, aku begitu benci dengan pemberian transamin terlebih lagi vitamin K karena efeknya yang membuat darah menjadi kental dan tentunya menyebabkan rasa sakit spontan pada kepalaku.

Yah,,, beginilah nasib seorang pasien pengguna BPJS kelas 2 yang harus berada di dalam kamar perawatan kelas 3 karena (katanya) keterbatasan ruangan. 20150115_140819

Mudah mudahan saja aku bisa tetap kuat dan selalu dalam lindungan Allah swt dan bisa melewati saat saat yang genting ini terlebih lagi ada salah seorang sahabatku yang cantik dari komunitas FORUM LEUKEMIA yang pagi pagi sudah nongol dan menemaniku sepanjang siang di bangsalku dengan kebawelanya yang khas yang bisa membuat hariku menjadi lebih berwarna.

Wassalam.

Oce Kojiro.

Artikel Terkait :

– Obat Leukemia Menghilang
– BUKU TAMU.
– MENEPI.

“Semua Tulisan Oce Kojiro”

Comments
  1. Murni says:

    Dear Pak,
    Semoga segera menemukan hematolog yg lbh sesuai kebutuhan dan semoga hari hari bpk lbh berwarna lg…

  2. Yoan says:

    Allah tidak akan membiarkan kita yang berserah padaNya.
    Tetap semangat dan berdoa Mas Oce.

  3. Thank Youu so much bang Ocee …^^ fotoku ikutan masuk blognya yg sudah menduniaa🙂

    Semoga bang Oce selalu dalam lindungan dan rahmat Allah swt …dan diberikan kesehatan dan kecukupan rezeki dari Allah…dan TROMBOSIT naiiik …. Aamiin3 YRA…

    Tetap semangaatt yaa … jgn pernah sekalipun berputus asa dalam mencari dan medapatkan yg terbaik utk kebaikan & kesehatan diri bang Oce .. ^^
    Tetap baik hati dan rendah hati .. smoga makin banyak do’a dan berkah utk bang Oce ..

    Aamiin…..

  4. Retnoindrayatil says:

    Laahaula wallaquwwata illabiilah…

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s