Tips Meredakan Pendarahan Hidung

Posted: April 11, 2012 in Uncategorized
Tags: , , ,

Pendarahan pada hidung ( Nose Bleeding) adalah salah satu pendarahan yang biasa dialami oleh penyintas leukemia, dan biasanya terjadi ketika kondisi tubuh sedang drop dimana kadar trombosit dalam darah menurun secara signifikan sehingga darah kehilangan kemampuannya untuk menggumpal.

Terjadinya pendarahan, biasanya disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah yang terdapat pada hidung bagian dalam yang memang relatif rapuh baik dari benturan maupun perbedaan tekanan serta suhu udara yang berubah.  Ada perbedaan yang sangat menyolok antara pendarahan pada orang biasa dengan para penyintas leukemia, yaitu jika pada orang biasa kerap terjadi karena adanya benturan ataupun sebab yang jelas, sedangkan pada penyintas leukemia lebih sering terjadi karena tidak ada penyebab sama sekali yang tampak atau kita rasakan.

mmSecara kasat mata memang pendarahan hidung pada penyintas leukemia seperti tidak ada penyebabnya sama sekali, namun sebenarnya selain pecahnya pembuluh darah pada hidung bagian dalam yang paling utama adalah hilangnya kemampuan pembekuan darah yang diakibatkan oleh kelainan darah ataupun berkurangnya kadar trombosit dalam darah sehingga darah terus menetes keluar dari pembuluh darah yang pecah tersebut, bahkan bisa terjadi hingga berhari hari jika tidak ditangani dengan serius. Jika hal itu terjadi pada kita para penyintas leukemia sebaiknya kita memang harus sesegera mungkin untuk mendapatkan perawatan oleh dokter di rumah sakit terdekat.

Namun jika anda mempunyai ‘trauma terhadap rumah sakit, juga memiliki keterbatasan biaya untuk membayar ongkos dokter dan rumah sakit seperti saya, maka silahkan mengikuti beberapa langkah pengobatan yang pernah dua kali terjadi pada saya, yaitu :

1- Tetap tenang dan bernafaslah melalui mulut dengan tarikan tarikan nafas panjang agar kita tidak panik.

2- Duduk dalam posisi condong kemuka agar darah tidak tertelan dan dapat keluar melalui hidung dan jatuh ketanah / wadah.

3- Minumlah satu butir Vitamin K dengan dosis 10 mg   dengan bantuan satu gelas air putih dan tunggu sekitar 7-10 menit.

4- Setelah menunggu sekitar 10 menit, tekanlah cuping hidung dengan jari telunjuk dan jempol selama 10-15 menit.

5- Setelah 15 menit menekan, anda bisa melepaskan tekanan pada hidung namun tetaplah untuk sementara bernafas melalui mulut dan jangan membersihkan lubang hidung hingga satu jam lamanya.

6- Jika darah masih juga menetes tambahkan dosis vitamin K sebanyak 10 mg lagi dan ulangi langkah penekanan diatas.

7- Bersihkan dan selesai.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan difahami dalam penggunaan vitami K , yaitu darah akan menjadi lebih kental dan secara otomatis organ  jantung akan berdetak lebih keras dan kita akan merasakan sensasi sedikit lelah bahkan terkadang sampai sakit kepala. Jadi,,,  janganlah panik dan tetaplah tenang karena dalam dua – tiga jam darah akan kembali normal karena kelebihan vitamin K dalam darah akan segera terbuang melalui urine, dan penggunaan 10-20 mg vitamin K masih dalam batas yang wajar jika dalam keadaan darurat seperti ini, karena dosis pemberian vitamin K pada orang dewasa yang mengalami pendarahan terbuka karena kecelakaan atau sebab yang lainnya bisa mencapai lebih dari 120mg per hari.

Demikian semoga bermanfaat.

Tulisan Terkait :
– Tips menaikkan HB
– Tips Menurunkan LED
– Tips Menurunkan Trombosit

Comments
  1. Lucy says:

    Salam kenal mas
    Dimana kita bs beli vit k ? Dan apakah hrs pakai resep dokter?

    Terima kasih

  2. Miss martya says:

    :”( itu yg d alamin my boyfriends skrg lg d rmh sakit 2 hari, minta doa nya yah temand2,thx

  3. ocekojiro says:

    @Lucy
    Salam kenal juga mbak,,, vitamin K dapat dengan bebas dibeli di apotik dan toko obat serta banyak corak ragamnya dari yang kuning kecil ukuran 2mg sampai yang dalam kemasan ‘ampul untuk injeksi. Mintalah yg tablet dalam kemasan blister dg kandungan 10mg sebanyak 1-2 butir saja harganyapun murah paling cuma 1000-2000 rupiah saja perbutirnya.

    @Miss Martya
    Semoga beliau cepat membaik,,, salam.

  4. gurusatap says:

    Mas Oce, waktu SMA dulu, saya pernah tibatiba keluar darah dari hidung saat macul di sawah. Kemudian jauh setelah itu (5 tahun lebih kayaknya) terulang lagi saat saya mau jum’atan di semarang. Apakah hal ini karena panas dalam saja ya?

    Salam.

  5. ocekojiro says:

    @Gurusatap
    Tenang aja mas prof,,, ternyata dari sekian banyak mimisan itu yg bener2 karena leukemia itu cuma 1%, sedangkan 99% sisanya disebabkan pendarahan biasa baik itu karena akibat benturan, panas dalam dll, maupun terlalu keras bekerja karena macul disawah hehe….

  6. Rose says:

    Aku punya bawaan alergi hiks.. vit K yg paling aman untuk org yg sensitif biasanya apa yah? merknya? Help..

  7. shella says:

    halo mas salam knal, mas kalo tips untuk menghentikan gusi berdarah gmn ya pd penderita leukemia?help pliss
    (maaf loh kalo rada out of topic)

  8. ocekojiro says:

    @Rose
    Yang paling aman menurut sy adalah yg memiliki dosis paling rendah yaitu 2mg, tidak ada mereknya alias generik punya berbentuk bulat kecil berwarna kuning.

    @Shella
    Sampai saat ini saya masih mengalami pendarahan gusi bahkan dalam satu hari bisa sampai lebih dari sepuluh kali, baik ketika gosok gigi, makan, minum sampai wudhu atau ketika cuma sekedar meludah. Jadi,,, untuk yg ini saya tunda dahulu tips nya sampai sy bisa menemukan formulasi yg tepat untuk menanganinya.
    Atau kalau kamu punya pengalaman boleh juga share disini.
    Thanks ya…

  9. Terima kasih banyak…

  10. rara says:

    mas oce, salam kenal.
    adik temen saya kena leukemia juga (ALL) dulu pernah dia mimisan ampe nangis jerit2 katanya sakit. mas oce bisa bantu? itu kenapa ya? terus kalau kasus kaya gini tips diatas juga bisa dipakaikah? thks mas oce..

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s