Tips Mengatasi Rasa Sakit dan Kesemutan.

Posted: September 23, 2014 in Uncategorized
Tags: , , ,

Selain rasa sakit pada otot dan persendian, seorang penyintas leukemia ataupun mereka yang sedang menjalani perawatan dengan obat obatan kimia tertentu kerap merasakan kebas seperti kesemutan pada tangan dan kaki, bahkan terkadang sampai menjalar pada punggung hingga kepala.

bb8Hal tersebut sebenarnya normal karena penggunaan obat obatan yang di konsumsi setiap hari otomatis juga membuat meningkatnya kadar asam urat dalam darah serta devisiasi vitamin B.

Vitamin B umumnya kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi sehari hari namun karena faktor daya serap yang rendah akibat penggunaan obat obatan kimia dan sitostatika serta efek obat yang menekan sistem imunitas tubuh maka kebutuhan vitamin ini meningkat cukup tinggi sehingga dibutuhkan penambahan vitamin B harian dengan dosis yang cukup banyak.

Perlu juga kita ketahui bahwa vitamin B sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meregenerasi sel serta yang utama sebagai imunitas tubuh dimana pada penggunaan obat sitostatika, imunitas penggunanya ditekan sampai batas yang maksimal, sehingga kebutuhan vitamin B menjadi berkali kali lipat dari sebelumnya. Rasa kebas dan kesemutan merupakan hal yang biasa bahkan pada level tertentu kekurangan vitamin B ini bisa sampai sangat menyakitkan karena saraf tepi kehilangan sel sel pembungkusnya yang sejatinya terbuat dari vitamin B6.

kb2Indikasi yang paling terlihat untuk mengetahui bahwa kita sudah membutuhkan tambahan vitamin B adalah ketika kita sering merasakan sakit atau kesemutan ketika duduk terlalu lama atau ketika terhambatnya darah mengalir pada bagian tertentu di tubuh kita, dimana asupan vitamin B yang dibawa oleh darah terhambat mengaliri beberapa bagian tubuh dan saraf, karna aliran darah yang terjepit atau biasa disebut dengan saraf terjepit.

Untuk mengatasi rasa kesemutan sampai rasa sakit yang menjalar hingga dipermukaan kulit tersebut sebenarnya mudah saja, yaitu dengan pemberian vitamin B1, B6 dan B12, atau dengan pemberian obat obatan neurotropik dengan merek yang spesifik seperti neurobion yang dapat kita beli dengan bebas di apotek atau toko toko obat disekitar tempat tinggal kita.

Demikian sedikit tips ini saya beritahukan agar kita semestinya faham pada hal yang cukup mendasar ini, agar bisa menangani sendiri gejala gejala tersebut diatas tanpa harus selalu bergantung kepada dokter hematolog (K HOM) yang tentunya membutuhkan waktu dan biaya untuk sekedar meminta nasehat atau konsultasi.

Demikian semoga bermanfaat.

Wassalam.

Tulisan Terkait :

– FORUM LEUKEMIA.
– PENGHANCUR BATU EMPEDU.
– BUKU TAMU.

“Semua Tulisan Oce Kojiro”

Comments
  1. gustaman says:

    Trimakasih banyak tips nya sangat bermanfaat mas, moga” kakak saya mau membaca biar gak dikit” dokter !
    Biarpun pake bjjs tetep aja perlu biaya buat taksi jg ngantrinya di rs sekarang dah amit” banyak banget dari subuh sudah hrs datang orang sakit na

  2. Imam Sudradjat says:

    Izin share, Say sdh merasakan kebas di jari tangan. mdah2an bermanfaat..Amin. Tks

  3. agus says:

    Terimakasih infonya, cuman dulunya saaya pakai neurobion , enak badan dibuatnya tapiskrg ni kalo saya konsumsi neurobion saya jaadi sariawan……

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s