Merawat dan Mengobati Anemia Aplastik

Posted: July 11, 2014 in Uncategorized
Tags: , , ,

Anemia aplastik adalah salah satu penyakit kelainan darah yang bisa menyerang siapapun juga baik laki laki maupun perempuan dan pada usia berapapun juga termasuk bayi.

Dan yang membedakan penyakit ini dengan anemia pada umumnya adalah pada anemia biasa tubuh hanya kekurangan sel darah merah saja namun pada anemia aplastik, tubuh bukan hanya kekurangan sel darah merah saja melainkan juga sel darah putih dan sel trombosit darah yang salah satu fungsinya adalah sebagai perekat berbagai komponen darah.

Dan celakanya,,, kondisi ini tidak berhenti pada sebatas darah kekurangan sel sel penyusunnya saja melainkan lebih jauh kekeringan terjadi pada sumsum tulang belakang yang gagal membentuk sel sel penyusun darah yang ditandai dengan defisiasi massa sumsum tulang belakang (Kopong).

Gejala yang sering dirasakan pada mereka yang mengidap penyakit ini tidak jauh berbeda pada penyakit darah pada umumnya yaitu pucat, mudah lelah, lesu bahkan kerap terjadi infeksi baik infeksi infeksi kecil maupun besar yang diakibatkan karena sedikitnya jumlah sel darah putih sebagai alat pertahanan tubuh utama. Selain itu juga kerap terjadi pendarahan pendarahan baik dari hidung dan gusi ataupun sekedar timbulnya bintik bintik di kulit yang diakibatkan darah kekurangan trombosit (Trombositopenia).

Penyebab penyakit ini umumnya juga belum diketahui secara pasti namun ada beberapa hal yang dicurigai menjadi penyebabnya yaitu paparan bahan kimia seperti benzen, arsen juga insektisida / pestisida dan beberapa jenis virus serta paparan radiasi radio aktiv yang juga ditengarai sebagai penyebabnya.

Pada prakteknya merawat anemia aplastik hampir sama dengan perawatan penyakit penyakit darah pada umumnya dimana penyintasnya dijaga agar tidak terlalu banyak melakukan aktifitas berat serta mencegah tubuh mengalami berbagai benturan yang dapat menyebabkan pendarahan baik pendarahan dalam jaringan tubuh maupun pendarahan terbuka. Dan untuk pengobatanya biasanya juga hanya mengikuti gejala yang menyertainya seperti tranfusi darah jika kadar HB sudah sangat rendah begitu juga tranfusi trombosit bahkan menjalani leukogen atau penambahan sel sel darah putih sebagai agen pertahanan tubuh.

Pemberian suplemen seperti berbagai mineral, protein dan vitamin dosis tinggi kerap dilakukan karena memang bahan bahan itulah sejatinya pembentuk utama sumsum tulang belakang sebagai pabrik yang memproduksi darah dalam tubuh manusia. Namun kondisi sedikitnya sel sel darah merah dan trombosit yang berada dalam keping darah membuat berbagai suplemen dan makanan kaya gizi yang kita berikan pada penderita anemia apalstik ini seperti sia sia saja dan lebih banyak yang terbuang  karena memang tidak bisa terserap dengan efektip.

Dan satu hal yang sering luput dari perhatian kita bahwa tidak berfungsi maksimalnya organ hati lah penyebab sebenarnya yang membuat sumsum tulang belakang menjadi kering dan kosong sehingga tubuh menderita apa yang kita sebut sebagai anemia apalastik ini.


temulawakKunci
dari penyembuhan anemia aplastik ini ada pada berfungsinya kembali organ hati yang salah satu tugasnya  adalah mengontrol seluruh metabolisma dalam tubuh, memilah mana zat zat yang dibutuhkan oleh tubuh dan membuang sampah sampah atau kelebihan zat zat pembangun darah dan tubuh (protein, mineral dan berbagai vitamin) dimana jika zat zat tersebut terus menumpuk dalam organ hati maka tentunya hanya akan menjadi racun yang sangat berbahaya dan  justru malah akan bertolak belakang dengan apa yang akan kita capai.

Jika kesehatan dan berfungsinya kembali organ hati adalah kunci penyembuhan dari penyakit ini,,, maka TEMULAWAK ( curcuma xanthorriza ) adalah kunci pemulihan dari organ hati. Dengan meminum rebusan temulawak dua sampai tiga kali dalam sehari diharapkan dalam beberapa minggu sampai beberapa bulan organ hati bisa kembali menjalankan fungsinya dengan baik. Dan efeknya adalah daya serap tubuh akan berbagai vitamin, mineral dan zat zat gizi lainya yang kita masukkan kedalam tubuh melalui makanan dan minuman akan terserap sempurna dan diharapkan produksi sel sel pembentuk darah didalam sumsum tulang belakang kembali normal. Dan sebetulnya makanan yang biasa dan umum kita konsumsi sehari hari sudah cukup untuk membangun dan memproduksi berbagai sel pembangun darah kita selama organ hati kita berfungsi dengan baik.

hepatomegaliJadi,,, kunci utamanya bukan pada berbagai suplemen dan obat obatan yang banyak di iklankan di berbagai media sosial dan elektronik baik obat obatan herbal maupun obat kimia, karena seberapa pun mahal dan banyaknya bahan bahan tersebut justru hanya akan meracuni tubuh, bila organ hati tidak kita utamakan untuk diperbaiki terlebih dahulu.

Demikian semoga bermanfaat.

Wassalam.

Tulisan Terkait :

– Tips Menaikkan HB.
– Tips Meredakan Pendarahan Hidung.
– Mengolah TEMULAWAK sebagai obat.

-Semua Tulisan Oce Kojiro.

Advertisements
Comments
  1. rizki says:

    Assalamu’alaikum wr wb..perkenalkan saya rizki..saya penderita anemia aplastik sudah hampir 1 tahun..waktu awal obat yang di pakai medixon,neural sandimun,dan folavit..tapi karena efek di tubuh bener2 ndak enak saya hentikan pengobatan yang sudah saya jalani kurang lebih 2 bulan lebih dan beralih ke pengobatan herbal selama 10 bulan ini. alhamdulillah stabil dibadan lebih enteng dan hobi olahraga masih bisa dilakukan walau ndak bisa memaksakan. hitungan darah juga normal kecuali trombosit antara 35-40 tp tetap stabil..cuma karena demam tinggi sampai harus tranfusi tb n leukogen karena leukositnya rendah juga. dan akhirrnya harus bertemu lagi dengan folavit dan neoral sandimun yang harganya selangit…untuk jangka panjang bagaimana ya obat2an ini di tubuh? lalu dokter saya juga memberikan solusi lain yaitu ATG,menurut njenengan bagaimana?

  2. ocekojiro says:

    @rizki.
    hmm,,, sy pikir dokter km sdh benar karena sepeeti yg sy bilang pd tulisan diatas bahwa pengobatan pd anemia ini terbatas hy pd meredakan gejalanya saja itupun msh tergolong sulit karena kurangnya komponen sumsumtulang belakang yg menjadi sumber masalah itu tetap tdk tersentuh.
    Jadi memang selain menhalani pengobatan medik sebaiknya km juga menjalani pengobatan herbal. Meskipun cenderung lama dan menahun,,, namun dengan pengobatan herbal ini dapat sedikit menyelesaikan masalah karena sy py teman yg anemia apastik dimana sumsum tulang belakangnya sdh kering dan beberapa rs d jakarta sdh bisa dibilang menyerah. Dengan pengobatan herbal (yg terukur dan terpercaya) kini dia sdh bisa bekerja kembali sepeeti sedia kala dan praktis bisa dikatakan bugar dan sehat.
    jika kamu tertarik terhadap info ttg pengobatan herbal tersebut,,, silahkan hubungi sy via whatsapp pd no yg ada d halaman “about me tersebut. Trimakasih.
    Salam.

  3. poppy nirmalasari says:

    Assalamuaiqum Wr.Wb. maaf mau tanya apakah utk SGPT dan SGOT yg agak tinggi,bisa jg digunakan temu lawak utk menurunkannya? Terima kasih

  4. poppy nirmalasari says:

    koreksi : Assalamu’alaiqum Wr.Wb.

  5. ocekojiro says:

    @Poppy Nirmalasari

    Walaikumsalam Wr Wb.
    Ya,,, temulawak adalah agen hepar protektor yang terbaik untuk menurunkan kadar sgot sgpt dalam darah sehingga kerap kita jumpai dokter memberikan resep obat semacam curmax, curcuma ataupun cursil dll pada pasien yang fungsi hatinya terganggu.
    dan konon,,, untuk mengobati penyakit gangguan organ hati ini harus menggunakan obat berbahan dasar herbal dan sejatinya terbuat dari temulawak.
    Wallahu a’lam.

  6. poppy nirmalasari says:

    Terima kasih/dzazakumullah khoeron katsiro utk blsan/jawabannya,semoga kita semua sll mendapat petunjuk Nya dan sll berada dalam lindungan Allah swt,amin yra.

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s