PROGRAM NOA

KONTAK
NOVARTIS PUSAT : NVS
Contact Person : Eko Senanda
Email : Eko.senanda@novartis.com
Telp : 021 251 3251
HP : 0811859259

KONTAK
NOVARTIS CABANG : JAKARTA,BANDUNG,PALEMBANG DAN MEDAN : NVS
Contact Person : Ilham Naluri
Email : Ilham.naluri@novartis.com
Telp : 021 314 0414
HP : 08129684519

KONTAK
NOVARTIS CAB : JOGJA, SEMARANG, MALANG, SURABAYA, DENPASAR, MAKASAR : NVC
Contact Person : Rudy Hermansyah
Email : Rudy.hermansyah@novartis.com
Telp : 031 841 1268
HP : 0817734036

Siapa yang Memenuhi Syarat ?

  • Pasien-pasien yang ter-deteksi chronic myeloid leukemia (CML) dengan Philadelphia Chromosome positif pada fase kronis, fase akselerasi dan krisis blast.
  • Pasien dewasa yang mengalami gastrointestinal stromal tumor (GIST) c-Kit / cd-117 positif yang tidak dapat dibedah dan atau yang bersifat metastatis
  • Pasien-pasien dengan acute lymphoblastic leukemia (ALL) dengan Philadelphia Chromosome positif, penyakit myelodysplastic / myeoloproliferative (MDS/MPD) dengan pengaturan gen platelet-drived growth factor receptor (PDGFR), systemic mastocytosis (SM) dengan mutasi c-Kit no D816V atau mutasi c-Kit yang tidak dikenal, hypereosinophilic syndrome (HES), chronic eosinophilic leukemia (CEL), dan dermatofibrosarcoma protuberans (DFSP) yang tidak dapat dibedah, kambuhan dan atau metastatis.

TATA CARA UNTUK MENGIKUTI PROGRAM NOA BAGI PASIEN BARU

Permohonan Pasien dan Informasi Untuk Pasien

Setelah pasien diperiksa, didiagnosa dan diputuskan oleh dokter untuk memperoleh manfaat dari pengobatan dengan Imatinib mesylate (Glivec), pasien dan dokter diharuskan untuk menandatangani Formulir Pendaftaran dan Persetujuan. Dokter akan meminta pasien untuk mendaftarkan diri kepada YKI cabang Jakarta (petugas NOA) untuk mengikuti program ini.
YKI cabang Jakarta (petugas NOA) akan meminta pasien untuk melengkapi dokumen yang diperlukan untuk mengikuti program ini. Bersama dokumen yang telah pasien lengkapi, pasien selanjutnya akan menuju ke PT. Survindo untuk keperluan evaluasi finansial.
PT Survindo akan mengambil dokumen yang diperlukan dan melakukan penilaian finansial pasien. Setelah dokumen pasien selesai diserahkan, PT. Survindo akan menyerahkan kepada pasien formulir penilaian dan tanggal untuk menghubungi YKI cabang Jakarta (petugas NOA) untuk mengetahui apakah pasien memenuhi syarat atau tidak. Penilaian finansial oleh PT Survindo ini berlaku untuk jangka waktu 12 bulan. Setelah 12 bulan, pasien akan diminta untuk menjalani penilaian ulang finansial untuk mengetahui apakah sumbangan untuk obat perlu dilanjutkan dengan skema yang sama atau tidak.
Pada tanggal yang ditetapkan oleh PT. Survindo, pasien akan menghubungi YKI cabang Jakarta (NOA Call Center) atau NOA Assistant setempat atau PT. Survindo atau melalui http://www.novartis.id.com untuk mencari tahu status pemenuhan persyaratan pasien untuk program ini. YKI cabang Jakarta dan PT. Survindo akan menentukan rencana akses obat pasien dan YKI cabang Jakarta akan mengatur pengambilan pasokan Imatinib mesylate tiap kuartal.
Apabila pasien, berdasarkan hasil rekomendasi, diharuskan membeli sebagian obat, maka pasien dapat membeli pada apotik yang ditunjuk. Khusus pasien Jakarta, pembelian obat dapat dilakukan di Yayasan Kanker Indonesia cabang Jakarta.
Pada saat pasien menerima donasi, pasien dapat menghubungi Yayasan Kanker Indonesia cabang Jakarta untuk penerima obat donasinya.

Sumber : NOVARTIS INDONESIA.
______________________________________________________________________________________________

Artikel Terkait :
– Obat Leukemia Menghilang
– FORUM LEUKEMIA
– HYDREA 500MG

Comments
  1. donny says:

    terima kasih pak ocekojiro, sungguh sangat membantu sekali informasi nya

  2. Ade Cici says:

    Gmana solusinya ya????? sy sudah mengikuti program dari NOA, berkas udah masuk ke NOA tapi gk ada kabar……….Kata dari RSHS Bandung Katanya kalau udah memenuhi persyaratan katannya di tlp dri NOA ya…….tpi Sampai sekarang gk ada kabar sudah hampir 5 bulan …..penyakit ayah saya semakin parah….g mana solusinya ?

  3. Ade Cici says:

    Bagi teman-teman solusinya gimana ayah saya punya penyakit leukimia di fonis terkena CML,,,,,,,,
    Sy merasa putus asa dengan penyekit ini bapak saya semakin konidi perutnya/limpanya membesar …..
    Teman-teman cara cepat untuk mendapatkan obat GLIVEC dari NOA g mana Ya?…….soalnya ikutan Program NOA……

  4. ocekojiro says:

    @Ade Cici
    Untuk sementara,,, jangan terlalu berharap banyak dari program ini, karena dua bulan belakangan ini tidak ada pasokan obat sama sekali untuk jakarta apalagi daerah. Jadi,,, jika masih bisa mendapatkan hydrea atau cytrodrox atau hydroxyurea medac ya sebaiknya itu dulu yg terus dikonsumsi karena jika tidak mengkonsumsi apa apa akan semakin tidak terkontrol penyakitnya.
    Tetap semangat.

  5. ongky says:

    dear mas oce

    koq Glivec bisa kosong yah ?, saya jadi teringat pada saat waktu itu hydrea sulit didapat saya sampai keliling jakarta dan sekitarnya hanya mendapatkan 2 -5 butir mencari obat penyambung hidup/nyawa orang tua saya,sampai sampai obat hampir expaire jg saya beli ,sampai saat ini pun tetap setia mengkomsumsi hydroxyurea untuk orang tua saya.

    saya salut kpd mas one pada waktu hydrea kosong beliau memasukan hydrea dr india untuk membantu sesama seperjuangan untuk menyambung hidup

    semoga Glivec cepat beredar lagi,jangan spt kasus hydrea waktu itu.

    salam

  6. diah krisnowati says:

    untuk leukemia lymphocytic kronis ga bisa ya?? mohon bantuannya.
    suami saya yg menderita penyakit ini,, kami tidak punya biaya untuk berobat.

  7. inilah kendala untuk kita semua.. minimnya informasi, minimnya biaya…tapi kita harus tetap hidup,tetap bertahan..duhai insan yg merasa miliki hati nurani dengar dan lihatlah kami yg butuh solusi tuk ttp bertahan hadapi ujian sakit ini.dan tolong buka hati karna apa yg kami alami bukan mustahil menimpa diri mu dan orang orang yg kamu sayang !!!!!!

  8. P' Jo says:

    Saya setuju apa yg disampaikan mas kojiro, jangan terlalu berharap untuk mendapatkan obat glivec secara gratis di bumi indonesia, prosedur cukup panjang dan berbelit2, Mengapa pemerintah tidak turun tangan untuk membuat/menunjuk salah satu Farmasi memproduksi obat sejenis glivec/hydrea atau apapun namanya dengan harga murah, sehingga Masyarakat yg menderita penyakit Leukimia dengan mudah mendapatkan obat di apotik2 dng harga terjangkau.
    Sebagai perbandingan untuk harga glivec di india berkisar – 30.000/butir Generic 15.000/butir
    ditanah air Indonesia glivec – 225.000/butir. coba kita bandingkan harga obat di kedua negara tsb sungguh amat fantastis…Mengapa di Negaraku sungguh amat sulit mendapatkan obat yg murah….., mari sama2 kita doakan agar melalui forum ini pemerintah terbuka pintu hatinya…

  9. Vina Agustine says:

    Dear mas Oce dan kawan2..
    Ibu saya baru saja divonis CML sebulan yang lalu, oleh Prof Iman di bandung. Beliau menyarankan mengikuti program NOA.
    Singkat cerita, ibu saya dapat bantuan obat Glivec gratis untuk 2 minggu (glivec 100 mg, 4 butir sehari), namun untuk kedepannya belum tau. Krn belum ada kepastian dengan NOA. (ada kemungkinan harus menunggu sekian bulan, bisa 2-3 bulan).
    Saya mau tanya, jika sambil menunggu kepastian NOA Ibu saya berhenti konsumsi Glivec apa yang akan terjadi? Saya takut akan jadi resisten.
    Sedangkan kalau harus beli sendiri kami tidak mampu.

  10. ocekojiro says:

    @Vina Agustine

    Memang tidak bisa dipastikan 100% akan resisten,,, tetapi jika tetap dilakukan juga resikonya terlalu besar bahkan teramat besar dan tidak sebanding dengan manfaatnya.
    Jika tetap ingin beralih ke glivec,,, sebaiknya dipastikan dahulu ketersediaan obatnya untuk beberapa tahun kedepan, dan sementara memastikan kepastian obatnya sebaiknya pakai hydrea saja dahulu.

  11. vina agustine says:

    Mas Oce, trims sarannya. Tapi jika seseorang yg sudah mengkonsumsi Glivec lalu ingin beralih ke Hydrea tidak bisa langsung pindah ya. (saya lihat di Tips beralih Glivec ke Hydrea, harus puasa tanpa obat selama 8 minggu).
    Btw Mas Oce, kalau mau beli obat ke India maksimal beli berapa banyak yg diijinkan imigrasi atau bea cukai? Untuk pemakaian sendiri bukan untuk jual.
    Terima kasih.

  12. fenny says:

    Halo mas oce, papa saya divonis sakit lekemia dia dirawat d singapura truss skrg di hongkong dia divonisnya cmml, itu Sama dengan cml kah? Dokter big katanya tadinya Lamb at skrg jadi yg cepat, stiap bulan dia disuntik seperti obat kemo selama 1 minggu tapi tidak seperti kemo2 yg keras yg bkin RAmbut rontok dsb.. dia mengkonsumsi obat hydroxyurea juga,nah yg kami pusingkan jumlah trombosit Yang terus turun jadi 1 minggu 2x ditranfusi, trombositnya di kisaran 18,20,30 maka selalu ditransfusi, papi saya inginn skali konsultasi dengan mas oce bisa? Kami sudah bingung belom masalah biaya Yang bukan main. papi saya umur 63, sudah Cobaa 1 hari 1 gelas bit,makann sayurr ubi jalar, tapi tetap GA naik2 trombositnya, kalau boleh tau nomor HP mas oce berapa? Via message saja says add di Facebook dengan NAma siapa? Terimakasih sebelumnya.

  13. vina agustine says:

    @fenny : hi fenny, boleh donk tlg add fb aku. Kita ngobrol2, ibu ku jg CML. Mau tanya2.
    My fb : vina.agustine@yahoo.com, nama vina agustine.
    Thanks.

  14. vina agustine says:

    @mas Oce : mas, katanya di program NOA ada pilihan pakai Tasigna ya. Betul itu mas?
    Saya lihat di internet & kata org sih tasigna lebih bagus dari glivec, tp tasigna harga nya lebih mahal. Tapi kalau dicover oleh NOA kan ga terlalu masalah krn diberikan gratis.
    Gmn mnrt mas oce?
    (Sudah seminggu lebih ibu saya tdk konsumsi obat 😦 menurut dokter katanya sih gpp sambil menunggu noa)
    Trims mas oce.

  15. ocekojiro says:

    @Fenny
    Sebenarnya beda, tetapi beda2 tipis laah,,,, karena pada cmml masalahnya sedikit lebih banyak daripada cml biasa.
    Ya itu,,, salah satu perbedaannya adalah pada cmml untuk sampai pada fase fase akhir (krisis blast) atau beralih ke akut akan lebih cepat daripada cml biasa meskipoun untuk penanganannya masih mengandalkan keyakinan hematolog dalam menentukan treatment.
    Tetap yakin bahwa meskipun sudah sampai pada fase yang sangat ditakutkan itu namun semoga bisa bertahan dan lolos dari fase ini seperti yang pernah saya lewati.
    Mungkin bisa kasih masukan pada hematolog yg merawat ayah anda untuk memberikan kombinasi 6mp dan myleran serta hydrea dan tidak perlu kemoterapy infuse seperti penanganan pada AML karena mengingat usia yang sudah cukup sepuh.

    @Vina
    Betul,,, ada pilihan kemudahan penggunaan glivec dan tasigna.
    Namun menurut saya,,, obat obatan tersebut sangat keras sekali dan organ hati serta organ ginjal manusia tidak didisain sedemikian kuat untuk terus menerus menerima dosis obat obatan tersebut selama bertahun tahun.
    Sejujurnya,,, (boleh anda cari ! ) tidak ada seorang pun pasien pengguna tasigna yang masih tetap hidup setelah satu tahun menggunakan obat tersebut, bahkan akhir2 ini saya sudah banyak melihat pereka yang baru 1-3 bulan menggunakan obat tersebut meregang nyawa dg rasa sakit yg luar biasa hebatnya.
    Jadi,,, pikirkan baik baik dan konsultasikan pada pemilik hidup yang sesungguhnya sebelum mengambil program gratis namun sangat mematikan itu.

    Maaf, jika saya terlalu emosi,,, jika boleh kasih saran, saya sarankan bahwa hydrea lebih aman dan murah serta dapat juga kita dapatkan dengan gratis jika kita ajukan santunan ke YKI pusat di Jl Samratulangi Menteng atau jika kita punya teman di asia tengah dan India bisa dapat obat dari sana yang lebih bagus serta lebih murah.

  16. fenny says:

    @mas oce : 6mp sma myleran sy belom pernah denger, disuntik nya pake ara c setau saya sama kalau naik leukosit d suntik Sama obat juga aq lupa namanya,kalau memakai obat herbal masih bisa gak yah mas oce? Seperti manggiss yg sy dgar Ada Yang sembuh juga.
    @VIna : OK aq add yah biar kit a bisa tukar pikiran =)

  17. ocekojiro says:

    6mp dan myleran itu obat oral yang fungsinya untuk mengontrol sel sel blast, dan biasanya diberikan jika sudah memasuki fase crisisblast, atau jika sel sel blast sudah terlalu tinggi.

  18. tatik says:

    salam kenal

  19. tatik says:

    mau tanya mas oce, yg dimaksud program NOA itu apa? tgl 7 maret 2013 kemarin suami sy divonis AML dan sudah menjalani proses kemo , skrg masi di RS masi diobservasi..

  20. ocekojiro says:

    @Tatik

    NOA adalah singkatan dari Novartis oncology access,,, yaitu bantuan pembiayaan obat untuk pasien yang positip CML (LGK), maksudnya agar penderita leukemia jenis ini dapat terus mengkonsumsi obat meskipun pasien tersebut tergolong tidak mampu.

  21. Indra says:

    malam mas oce,
    saya mau tanya, ibu saya memerlukan obat Glivec karena divonis kanker GIST, apakah mas pernah memakai fasilitas KJS (Kartu Jakarta Sehat) untuk mendapatkan obat Glivec tersebut ?
    Saya ingin mengikuti program NOA tersebut, akan tetapi akan memakan proses cukup lama, sedangkan ibu saya sangat memerlukan obat tersebut, dalam waktu dekat ini.
    Mohon dibantu mas Terima kasih..

  22. sukma says:

    p’JO wuah perbandingan harga glivec d india dan indonesia jauh berbeda
    setiap bulan dpt d pastikan 34 juta 1 bulan utk pengambilan atau pembelian glivec d indonesia
    sdgkn d india sgtlah murah

    oh negeriku kenapa begini

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s