Sembuh Dari Leukemia Berkat Kerang

Posted: September 28, 2014 in Uncategorized
Tags: , , ,

Sahabatku yang satu ini bernama Mutia dan berdomisili di sekitar kota Makasar sulawesi selatan.

Sekilas tidak ada yang istimewa dari sahabatku yang tinggal di pedesaan ini karena dia hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa dengan tiga orang putra putri yang sehat seperti layaknya ibu ibu rumah tangga lainya di negri ini. Namun siapa sangka dia juga mantan seorang penyintas leukemia (CML) yang telah sembuh dari penyakitnya.

Apa istimewanya sih sembuh dari leukemia ?

Sekilas memang sembuh dari sebuah penyakit sekelas kanker darah ini biasa saja karena memang sudah banyak yang bisa sembuh meskipun mayoritas mereka yang sembuh adalah mereka yang mengidap leukemia dengan tipe ALL maupun AML. Itupun harus melalui sebuah proses pengobatan medik yang panjang dan melelahkan serta dipenuhi dengan deraian air mata.

Dan kenyataanya, sembuh dari leukemia dengan tipe CML bisa dibilang hampir mustahil kecuali mereka yang sudah menjalani transplantasi sumsum tulang belakang, itupun hanya bisa di hitung dengan sebelah jari tangan saja karena fasilitas dan dokter di negri ini belum cukup mahir dan teruji untuk menjalankan prosedur yang biayanya mencapai lebih dari satu milyar rupiah itu.

k1Usut punya usut,,, ternyata sahabatku yang berusia 36 tahun ini kerap mengkonsumsi sejenis kerang ketika dia harus menghentikan konsumsi obat harianya dikarenakan dia hamil. Demi menyelamatkan bayi yang dikandungnya iapun rela menghentikan sementara pengobatan leukemia yang didapatnya melalui program jamkesmas yang pada saat itu sudah menggunakan sitostatika jenis nilotinib atau biasa disebut  tasigna.

Dan atas anjuran neneknya yang sudah sepuh iapun mengganti pengobatan medisnya itu dengan mengkonsumsi sejenis kerang kecil atau lebih tepat disebut keong rawa sebanyak dua genggam untuk setiap beberapa hari sekali sampai dia melahirkan bayi yang dikandungnya itu.

k2Ajaibnya,,, selama ia mengandung dan mengkonsumsi kerang yang didapat dari rawa rawa dari sekitar kampungnya itu, hitungan darah sahabatku itu selalu baik setiap bulanya bahkan dia bisa melahirkan bayinya secara normal seperti ketika ia melahirkan anak pertama dan keduanya. Dan setelah melahirkan dengan hanya dibantu oleh seorang bidan desa di kampungnya, iapun melakukan cek darah rutin atas anjuran dokter hematolog yang merawatnya dan hasilnya pun sangat mencengangkan dokter bergelar K HOM itu karena semua hitungan darahnya normal, sama persis seperti sepanjang sembilan bulan ia mengandung.

Bahkan jika di hitung sampai saat tulisan ini saya buat yaitu setelah hampir 3 tahun, dia baik baik saja karena anak yang di lahirkanya itu sudah berusia sekitar 2 tahun dan sudah bisa bermain bersama teman teman sebayanya. Dan sahabatku itu belum juga kembali memulai pengobatanya karena hasil cek darahnya selalu baik baik saja setiap bulanya.

Sejatinya,,, untuk mengetahui apakah seseorang itu benar benar telah sembuh dari leukemia memang harus di buktikan dengan tes BMP atau uji sumsum tulang belakang. Namun karena faktor biaya dan tentunya yang terberat adalah trauma yang mendalam bagi mereka yang sudah pernah merasakan sebuah mimpi buruk yang bernama BMP, hal itulah yang membuat sahabatku itu dengan tegas menolak untuk melakukanya lagi meskipun sudah banyak yang menganjurkanya termasuk dokter hematolognya karena penasaran melihat kondisinya yang terus membaik, bahkan jika dilihat secara klinis maupun laboratoris.

Saya terus berdoa semoga sahabatku ini bisa tetap sehat sehingga bisa menegakkan rumor atau kabar burung yang selama ini sering kita dengar dari orang orang tua dan leluhur kita bahwa : Leukemia memang bisa disembuhkan hanya dengan mengkonsumsi sejenis kerang atau keong yang banyak hidup di rawa rawa berlumpur di negri ini.

Di pulau Sulawesi, kerang ini umum disebut dengan  bia bia, jika di pulau Jawa dan Bali kita mengenal kerang ini dengan sebutan  tutut, atau jika di pulau Sumatera dengan sebutan  keong nenek. Wallahu a’lam.

Ada yang sudah mencoba ?

Wassalam.

Artikel Terkait :

– Obat Leukemia Menghilang
– BUKU TAMU.
– MENEPI.

“Semua Tulisan Oce Kojiro”

Comments
  1. gustaman says:

    Masaknya gemana mas ?

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s