Tips Merubah Dosis Hydrea

Posted: June 22, 2012 in Uncategorized
Tags: , , ,

Meskipun hydrea dituding sebagai obat ‘gagal dan tidak layak lagi digunakan bagi penderita CML namun ternyata pengguna obat tersebut masih sangat banyak sekali, bahkan sampai saat ini di benua Asia dan Afrika obat ini masih terus diproduksi dan masih digunakan sebagai obat utama yang telah menyelamatkan banyak nyawa.

Sejak awal dibuat pada puluhan tahun yang lalu, dosis obat hydrea tidak pernah berubah yaitu 500mg, karena konon mayoritas pengguna obat ini adalah orang dewasa maka dosis yang lebih rendah dari 500mg tidak pernah dibuat.

 Beberapa pasien CML anak anak yang saya kenal masih berusia sangat muda, ada yang baru berusia 6 tahun, 8 tahun bahkan ada yang berusia dua tahun yang tentunya dosis obatnya tidak sebanyak dosis orang dewasa yang dalam sekali minum bisa satu atau dua kapsul berisi 500mg.

Untuk itu beberapa orang sahabat kerap membawa obat hydrea yg mereka miliki ke apotik terdekat untuk dikemas ulang menjadi dosis yang kita inginkan seperti 200mg atau 250mg. Biayanya sebenarnya tidak mahal hanya berkisar 25 ribu rupiah untuk setiap sepuluh butir hydrea yang dikemas ulang menjadi 20 butir.

Suatu hari aku begitu penasaran dan ingin mengetahui tentang bagaimana cara yang mudah untuk merubah dosis hydrea karena isi kapsul obat ini tidak berbentuk bubuk yang bisa dituang dan dipisahkan sesuai dengan ukuran yang kita inginkan, melainkan seperti kapas yang menggumpal.
Dan setelah meminta  satu butir obat dari salah seorang sahabatku yang baru saja pulang dari sebuah apotik untuk merubah dosis hydrea miliknya, akupun membongkar kapsul obat tersebut dihadapan sahabatku itu.

IMG0632APersis seperti dugaanku selama ini, bahwa pihak apotik hanya memencet kapsul hydrea dengan jari tangan sehingga kapsul itu menjadi sedikit gepeng lalu mengguntingnya menjadi dua bagian yang sama besar, setelah itu tinggal dimasukkan setiap bagian kapsul yang sudah digunting itu kedalam cangkang kapsul kosong yang telah dipersiapkan tanpa harus membuang cangkang aslinya agar isi obat tidak berantakan kemana mana.

Maka,,,  jadilah dua butir kapsul hydrea dengan dosis 250mg.

Menurutku, selama kita bisa menjaga sterilitas berbagai alat yang kita gunakan seperti gunting kecil, sarung tangan karet dan wadah obat, sepertinya sah sah saja kita merubah sendiri dosis kandungan hydrea tanpa harus membawanya ke apotik dan menambah pengeluaran rutin kita.

Demikian semoga bermanfaat.

Wassalam.

Tulisan Terkait:
– HYDREA 500MG.
– Forum Leukemia.
– Hydroxyurea Medac.

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s