Mensyukuri Hidup

Posted: April 12, 2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

Sejak november 2009 hingga hari ini aku belum sekalipun melakukan test darah yang mana sepanjang hampir enam tahun sebelumnya aku selalu memeriksakan darahku ke laboratorium setiap bulannya.
Tujuannya adalah untuk menentukan seberapa besar dosis obat sitostatika (kemo) yang harus aku konsumsi setiap harinya dan selain dari itu juga untuk mengetahui apakah penyakitku sudah ada perkembangan yang berarti atau belum.

Oya, kondisi tubuhku beberapa bulan ini sangat baik, itulah sebabnya kenapa aku tidak lagi mengunjungi laboratorium swasta tempat dimana aku memeriksakan darahku setiap bulannya hingga beberapa hari lalu masuk sebuah sms dari laboratorium tersebut yang mengabarkan bahwa aku mendapat potongan harga hingga 20% jika memeriksakan darah disana dengan menunjukkan sms itu. Reseh…!(Kenapa tidak dari dulu)

Aku tidak pernah tahu dengan pasti pengobatan apa yang telah mengembalikan kesehatanku hingga sesegar dan sesehat beberapa bulan ini, karena seingatku selain masih terus menjalani pengobatan sitostatika (kemoterapy) aku juga masih kerap menjalani pengobatan alternatif yang aku jalani secara serampangan atau ‘sesuka gue’, yang artinya adalah kalo lagi mau ya dijalanin, tetapi kalo lagi males ya kaga’ (gitu aja kok repot…).

Diantara pengobatan alternatif yang kerap aku jalani adalah : Melakukan Enema Kopi, Jus (termasuk jus sirsak yang paling ribet bikinnya), Jamu godok berisi temulawak dan biang kunyit, serta melakukan pernafasan.
Selain itu aku juga banyak menjalin persahabatan dengan beberapa sahabat yang ibadahnya baik dan ‘benar, hingga bisa saling mengingatkan satu sama lain. Beberapa diantaranya aku belum pernah bertemu sama sekali, dan hanya berbalas telepon, sms serta e mail.

Aku meyakini bahwa obat hanya memegang peranan sebanyak 25 persen saja, sedang 75 persen sisanya adalah perilaku kita sendiri yang menjalaninya.
Penyakitku adalah CML atau LGK, ancamannya adalah mati, dan belum pernah ada yang selamat dari CML kecuali hanya bertahan (survive), bahkan salah seorang dokerku kerap menganjurkan agar aku tidak terlalu banyak beraktifitas, tidak terlalu lelah, tidak mudah marah dan tidak berfikir yang berat berat serta tidak memikirkan orang lain atau hanya memikirkan diri sendiri. Dengan kata lain, jika rumah tetangga terbakarpun kamu jangan ambil perduli.

Aku tidak sependapat dengan dokterku terutama pada poin terakhir yaitu tidak memikirkan orang lain, justru dengan memikirkan orang lain aku bisa semakin hidup dan lebih mensyukuri hidup ini.

Wassalam

PS.
Buat Sahabat Wahyuni yg maniz… (pake jurus dasar ngerayu tingkat 1), semoga ibadah umrohnya diterima Allah Swt dan bisa kembali ketanah air berikut oleh2 nya air Zam zam dan Korma Ajwah, he he…

Tulisan Terkait :
– Semoga
– Sepotong Doa Buat Sahabat
– Hidup Yang sempit

Advertisements
Comments
  1. Eka Supriyatna says:

    Ass.
    Pak oce, apakah perutnya atau limpanya sudah tidak membesar lagi? dan apakah air zam zam dan korma juga termasuk pengobatan alternatif yang bapak lakukan?
    Terimakasih banyak dan mohon dijawab ya.

  2. Sahabat Yogya says:

    Oceee…aku seneng baca tulisanmu. Huuuh lega, semoga kabar baik ini terus dan terus dan kesehatanmu semakin meningkat dan terus membaik, mendampingi isteri yang setia membesarkan anak-anak.Amin.
    Terkadang jika kita menyadari lebih jauh…tanpa harus bersikap egois kita sudah tercipta untuk menjadi manusia yang egois. Aku sangat sependapat bahwa jika kita memikirkan orang lain meski sesaat, itu menjadi dua mata panah yang judulnya semangat yang yang sama tajamnya. Mati adalah wajib hukumnya bagi semua yang hidup, krenanya, makna kehidupan akan kita dapat bukan dari seberapa lamanya kita hidup, tapi seberapa pandai kita mengisi hidup ini. Semoga kita termasuk yang pandai mengisi hidup ini.
    Ngomong soal enema Oce, jika dirasa bagus mestinya jangan malas he he tapi juga jangan repot hik hik.
    Begini, tadi siang seorang sahabat yang jauh di Petung (dekat rumah Mbah Marijan) mengetuk-ngetuk pintu rumahku, mengantarkan kopi yang telah dia tumbuk kasar yang sebelumnya digoreng coklat tua nggak pakai gosong. Dengan mata berkaca-kaca dia mengatakan pada saya, “Ini khusus kubuat dengan memaanjatkan doa agar kamu selalu sehat”. Biasanya aku terharu dan menangis dengan peristiwa yang menyentuh nuraniku, tapi kali ini tidak. Aku tersenyum, padanya kumengatakan “Tuhan akan mengamini do’amu, doa kita semua! Mengapa aku ceritakan ini Oce? Karena aku meyakini bahwa dengan sedikit peduli dengan orang, ternyata Tuhan memberikan kita banyaaaaaaaak dan berlipat-lipat banyak orang yang peduli.

  3. ocekojiro says:

    >Eka : Alhamdulillah… pembengkakan limpa/perut sy sudah tidak ada sama sekali jika dilihat maupun diraba, namun jika ditekan agak kedalam di perut kiri sebelah atas, masih ada sedikit terasa sesuatu yang agak keras, namun hanya sekitar 2 persen saja, atau jika menurut bahasa yg kerap dipakai oleh ‘Hematologi ku ada di sekitar 2 derajat.
    Seagai seorang muslim sy meyakini bahwa air zamzam itu adalah obat dan mengkonsumsi kurma adalah salah satu ‘sunnah. Saya pernah meminum air zamzam yg saya niatkan sebagai obat etapi sudah lama sekali, bahkan ‘Kurma Ajwah (kurma Nabi)terahir sy makan sudah tiga tahun yang lalu (kl gak salah).

    >Sahabat : Sejujurnya banyak manfaat nyata yang sy dapatkan dari enema, yg paling nyata adalah sy tak pernah lagi mengalami gangguan susah buang air besar yg dahulu kerap mennimpaku hingga berhari2 lamanya apalagi jika sedang dirawat di RS, bisa 2 minggu gak buang air besar !
    Tetapi seperti biasa penyakit malasku kumat jika badan sedang enak, tapi yang pasti 3 hari sekali masih enema tuh, kadang lebih siih, he he…

  4. yayuk says:

    syukur alhamdulillah, saya sangat senang dan lega, mas oce semakin sehat. semoga ini merupakan jawaban dari Allah atas doa dan usaha mas oce selama ini. dan semoga suami saya yang sedang sakit juga mendapat karunia yang sama dengan mas oce. mas oce, kalau boleh saya sangat ingin ngobrol dan shering ama mas oce melalui telp. kalau mas oce berkenan tolong miscall saya di 081537638150. besar harapan saya untuk bisa ngobrol langsung dengan mas oce…

  5. ramudeng says:

    Assalamualaikum Mas,
    Saya berkunjung, piye kabare?

  6. akhirudin says:

    Assalaamu’alaikum mas oce,
    Saya adalah orang tua dari seorang anak berumur 3 tahun pengidap ALL yang baru menjalani kemo dalam 6 minggu terakhir ini, membaca tulisan mas oce di blog ini betul-betul meberikan suasana hati yang beraneka ragam pada diri saya… ada kekhawatiran.. ada semangat… ada kesedihan… dan berjuta perasaan lain…

  7. ocekojiro says:

    @ramudeng: Uaaapik nduuk…

    @Akhiruddin: Tidak ada seorangpun didunia ini yang menginginkan hidup bersama kanker ditubuhnya, termasuk saya…
    Awalnya sy hanya ingin menumpahkan segala rasa yang ada dlm kepala sy agar tidak terus meratapi nasib dlm kesedihan dan penyesalan yang bisa membuat sy putus asa dan mengambil jalan yang dimurkai oleh Allah. Lalu timbul juga ide untuk menjaring doa doa dari siapapun yg mengunjungi blog ini. Dan kemudian jadilah blog ini seperti apa adanya, mohon maaf jika banyak tulisan yg tidak diedit dengan baik hingga menimbulkan berjuta rasa, terutama kesedihan dan kekhawatiran. ketika sy tergeletak sy ingin dihibur… ketika ‘sehat’ ingin juga menghibur meskipun baru sebatas niat.
    Semoga anda sekeluarga tetap iklas dalam menghadapi cobaan ini, dan ‘sikecil yg baru berumur tiga tahun pun bisa melewati tahapan demi tahapan dlm pengobatannya dan kelak menjadi anak yang berguna bagi Agama,Nusa dan Bangsa. InsyaAllah…

  8. wendra says:

    bersyukur dan bersyukur semua adalah nikmatNYA, hidup kan jadi sederhana bila kita berpikir sederhana

  9. Dah lama nggak maen kesini….Alhamdulillah Bapak sudah baikan….

  10. Octane says:

    Bersyukur lebih sehat daripada menggerutu hehehe

  11. Octane says:

    Syukur itu lebi nikmat…

  12. Dana says:

    Ass… Pak,adik sy dikatakan terkena leukemia,perut kirinya bengkak mengeras…jumlah leukositnya 442rb pak… Tp adik sy msh bs beraktifitas.mohon saran nya. Sudah 2minggu bengkaknya…

  13. ocekojiro says:

    @Dana
    Dari ciri2nya, sepertinya type penyakit adik anda adalah CML/LGK.
    Sebaiknya secepatnya mengkonsultasikan ke dokter ahli darah/penyakit dalam untuk sesegera mungkin mendapatkan kepastian jenis penyakitnya dan juga penangananya, karena dalam 1-3 minggu lagi adik anda akan mengalami masalah SERIUS jika tidak mendapatkan perawatran.
    INI SERIUS MAS …!

  14. arief kristiyanto says:

    alhamdulillah..
    obat paling mujarab adalah bersyukur dan tawaqal mas,
    dan sampean punya keduanya.
    amiin
    smgd…smgd…!!
    : )

  15. Dana says:

    Sy sudah konsultasi ke dokter spesialis,
    Adik sy sudah mulai konsumsi obat dari 2hari yg lalu. Mgkn ada saran lain kalau ada sy mengharapkannya…

  16. Dana says:

    Oiya,mas oce,kalau mas tdk kbratan,sy ingin berbincang2 dgn mas walau skdr lwt telp.ini nomer sy 085643325440

  17. ocekojiro says:

    @Dana
    Ok, nanti aku tlp jika ada waktu
    oya jika benar penyakitnya CML/LGK dan anda ingin mendapatkan obat gratis, Langsung saja tlp atau sms ke sekretaris ELGEKA cabang Jkt yaitu Mbak Lydia di : 021-91229972.
    Beliaulah yang mengurus surat menyurat untuk program GIPAP/NOA di POLI TERATAI Rumahsakit Cipto M (RSCM), beliau juga penghubung antara pasien penerima bantuan dengan pihak Dokter dan YKI.
    Atau bergabung di http://health.groups.yahoo.com/group/INALGKSupportGroup/messages
    untuk bergabung dengan komunitas LGK jika ingi ada yang ditanyakan seputar penyakit atau obat.
    Semoga adik anda segera membaik ya. Wass

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s