Suplemen

Posted: March 1, 2015 in Uncategorized

gambar diambil dari google

Saya yakin, dewasa ini hampir setiap kita pernah ditawari untuk membeli atau menggunakan beragam jenis obat obatan atau lebih tepatnya disebut suplemen, dengan dalih untuk menjaga kebugaran serta kesehatan tubuh bahkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang kita idap, baik penyakit penyakit ringan yang kerap kota alami sehari hari ataupun penyakit berat sekelas kanker yang membutuhkan waktu serta biaya yang besar untuk mengobatinya.

Tidak ada salahnya kita menggunakan berbagai macam suplemen terlebih lagi jika kita masih dalam pemulihan akibat penyakit yang kita derita ataupun jika kita seorang yang memang sangat membutuhkan energi harian yang tinggi untuk mencapai sebuah target seperti seorang olahragawan profesional ataupun seorang pekerja keras.

Apa hebatnya sih sebuah suplemen itu ?
Dari artinya, suplemen adalah makanan tambahan. Dan tidak ada yang istimewa dari sebuah suplemen karena isinya cuma bergam mineral serta vitamin serta zat zat pembangun sel darah serta sel tubuh manusia yang dikemas dalam sebuah media bisa berupa makanan, minuman atau semacam kapsul (pil) selayaknya obat obatan yang mudah dibawa serta di gunakan oleh para penggunanya.

Namun yang perlu kita ketahui adalah, bahwa jika tubuh kita sehat sebenarnya kita tidak membutuhkan beragam jenis suplemen tersebut karena sejatinya asupan makanan harian kita sudah lebih dari cukup untuk menunjang kebutuhan vitamin, mineral serta zat zat pembangun tubuh sehingga tidak dibutuhkan lagi asupan makanan tambahan yang disebut suplemen tersebut, kecuali seperti yang saya sebutkan diatas yaitu jika dalam pemulihan setelah sakit atau olahragawan yang membutuhkan energi berlebih untuk mencapai target tertentu.

Karena ketidak tahuan kitalah maka bisnis suplemen yang terkadang sudah menghalalkan segala cara termasuk kerap menghadirkan testimoni bohong semakin merebak saja bahkan terkadang sudah melampaui akal sehat dimana jargon jargon ‘aman’ atau ‘tanpa efek samping’ menjadi andalan utama untuk menarik minat pembeli dari berbagai kalangan.
Padahal,,, jika benar obat atau suplemen yang dijajakan itu tanpa memiliki efek samping, maka sudah jelas pula bahwa obat atau suplemen yang dijual itu tidak memiliki efek yang bisa menyembuhkan sama sekali, karena sejatinya efek penyembuhan dan efek samping adalah dua buah hal yang tidak bisa di hindari dari sebuah obat atau suplemen, sekecil apapun dampaknya.

Gilanya lagi,,, belakangan ini ada yang menjual dan mengiklankan bahwa suplemen yang dijualnya itu bukanlah obat bukan pula suplemen namun mempunyai efek yang dapat menyembuhkan seribu satu macam penyakit yang tidak bisa dibilang ringan.
Saya pikir itu hanyalah permainan kata kata belaka karena hakikatnya hanya ada obat dan suplemen apalagi dengan iming iming sebuah kesembuhan dari penyakit penyakit degeneratip sekelas kanker.
Setahu saya,,, tidak ada yang bisa menyembuhkan penyakit sekelas leukemia selain sebuah protokol pengobatan kemoterapi dan kasih sayang Tuhan.
Ataukah kapsul yang mereka jual itu berisi doa doa ?

Selain itu saya sangat tidak setuju bahkan tidak suka dengan cara jual beli yang menggunakan sistim MLM atau multi level marketing, dimana dewasa ini telah muncul juga MLM Syariah dengan dalih lebih islami dan halal.
Karena sejatinya sistem MLM ini pada awalnya merujuk pada AMWAY, yaitu sistem jual beli berjenjang yang diciptakan oleh kaum yahudi untuk melokalisir serta memberikan keuntungan penjualan sebuah produk pada kelompok mereka sendiri (keluarga sedarah dan sekeyakinan).

Sistim ini memang sangat menguntungkan untuk pedagang namun kebalikanya sangat merugikan bagi konsumen karena titik berat sistim ini berada pada keuntungan berjenjang yang didapat oleh para penjual disetip lininya.
Semakin tinggi level sipenjual maka semakin besar keuntungan yang didapat karena setiap tingkatan level dibawahnya memberikan sedikit keuntungan padanya. Dan karena semakin besar keuntungan yang didapat oleh pedagang,,, maka kita akan tahu dengan sebenarnya bahwa harga produk yang dijual itu sebenarnya sangat murah sekali sehingga barang yang dijual tersebut tidak layak untuk dikonsumsi oleh orang yang sehat sekalipun terlebih oleh orang sakit yang berniat menjadikan suplemen tersebut sebagai obat untuk kesembuhan penyakitnya.
Alih alih ingin sembuh malah masuk dalam perangkap manisnya kata kata dusta para pendekar pendekar MLM yang dengan terang terangan membawa kesaksian kesaksian bohong disekeliling kita.

Lebih parah lagi terkadang mereka juga sampai menjual ayat ayat suci sebagai dalih, bahkan nama Rosulullah kerap dibawa bawa dengan sebutan pengobatan ala nabi padahal tidak ada sedikitpun pengobatan yang diiklankan itu memiliki hubungan langsung dengan nabi, baik dari jenis pengobatan sampai bahan serta alat alatnya.

Nabi yang sudah lama tiada masih saja dihubung hubungkan dan dikait kaitkan seolah olah pengobatan yang diiklankan menjadi pengobatan yang berorientasi pada akherat dan syurga adalah satu satunya balasan bagi penggunanya meskipun pada kenyataanya tidak sedikitpun si sakit memiliki amal perbuatan yang baik, bahkan mungkin sebaliknya kerap berbuat zholim pada Tuhanya demgan cara berdusta atau mempersekutukanya dengan mahluk.

Wassalam.

 

PS.
Sepenggal tulisan ini aku persembahkan untuk sahabat  Dheana Dian, yang sedang sedikit galau dimana ia sangat ingin mengetahui kabarku saat ini apakah aku masih hidup ataukah mungkin aku sudah mati, karena sudah lebih dari 10 hari ini aku tidak membuat tulisan ataupun menjawab komentar dari para pembaca.

Artikel Terkait :

– FORUM LEUKEMIA.
– BUKU TAMU.
– MENEPI.

“Semua Tulisan Oce Kojiro”

Comments
  1. Dheana Dian says:

    Makasih mas Oce sedikit kerinduan akan sharing yg berguna sudah terobati,saya sangat setuju dengan apa yg mas Oce tuliskan,bahkan tentang menunggu kasih sayang Tuhan.ituah juga yg sedang kita semua tunggu Semangat terus mas,seperti tulisan2 mas Oce yg juga menyemangati saya…

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s