Cara Makan Yang Baik

Posted: August 30, 2014 in Uncategorized
Tags: , ,

Belakangan ini mata kita terbuka dengan apa yang diungkapkan oleh Hiromi Shinya tentang keajaiban enzim, yang menurutnya bahwa setiap suap makanan yang masuk kedalam tubuh kita seharusnya dihancurkan terlebih dahulu oleh gigi kita dengan minimal 30 kali kunyahan karena disamping makanan tersebut akan lebih halus juga yang terpenting sudah tercampur sempurna dengan air ludah yang ternyata adalah enzim pencernaan yang sangat berguna untuk memproses serta meningkatkan daya serap tubuh terhadap makanan yang kita konsumsi tersebut.

Sebaik apapun makanan yang kita masak dan hidangkan tidak akan berpengaruh besar terhadap kesehatan kita jika cara makan kita masih seperti orang yang kelaparan, yang hanya mengunyah sekedarnya dan langsung menelan makanan tersebut. Atau sebaliknya makanan berkualitas baik dengan predikat organik bebas pestisida maupun makanan tertentu yang menghindari protein hewani untuk para vegetarian, tetap tidak ada gunanya jika cara makan kita tidak diperbaiki terlebih dahulu apalagi dengan niat untuk mengobati penyakit penyakit degeneratip yang kita idap.

s1Ketahuilah bahwa tubuh begitu banyak membutuhkan energi hanya untuk sekedar menghancurkan serta memproses makanan agar menjadi lebih mudah untuk diambil segala nutrisi dan kandungan yang ada pada makanan tersebut, dimana salah satunya dengan memproduksi asam lambung dan cairan empedu dalam jumlah besar agar makanan hancur menjadi pasta dan kemudian nutrisinya bisa lebih mudah diserap oleh usus halus guna di distribusikan ke seluruh tubuh.

Padahal,,, untuk memproduksi beberapa jenis enzim tersebut diatas, tubuh harus mengeluarkan simpanan berharganya yang terdapat pada organ hati sehingga organ hati otomatis menjadi lebih letih karena harus kembali bekerja ekstra keras untuk kembali mengumpulkan simpananya yang telah terpakai tadi.

Suka ataupun tidak,,, ada masanya ketika organ hati menjadi letih sehingga ahirnya sampai pada titik dimana organ hati menjadi jenuh karena terus dipaksa bekerja tanpa henti. Contoh kecilnya adalah ketika konsumsi gula harian yang berlebihan baik dari bahan pemanis maupun makanan ber karbohidrat tinggi yang setiap hari kita konsumsi. Ketika sensor yang terdapat pada organ hati menjadi letih karena setiap saat dipaksa untuk terus menghasikan insulin dalam jumlah besar guna merubah lemak dan kalori menjadi energi, maka sering kita jumpai organ hati menjadi jenuh dan tidak sanggup lagi untuk memproduksi  insulin  dan sudah bisa ditebak, maka terjadilah kelebihan gula dalam darah dan dalam jangka panjang akan menyebabkan masalah kesehatan yang pelik atau yang umum disebut dengan Diabetes mellitus type 2 yang bukan karena faktor keturunan.

Sama persis ketika organ hati menjadi letih karena dipaksa terus menerus menghasilkan enzime pencernaan dalam jumlah besar dan ahirnya muak dan mogok menghasilkan enzim, maka tubuhlah yang menjadi korban karena tanpa bantuan dari enzim pencernaan, kandungan protein, vitamin dan mineral dalam makanan tidak dapat diserap oleh tubuh sehingga segala zat yang baik yang terdapat pada makanan akan terbuang sia sia dan dampaknya produksi darah tidak kunjung meningkat dan tubuh menjadi kurus karena kekurangan gizi.

rrJadi,,, makanan itu tidaklah melulu diukur dari jenis makananya, melainkan juga dari caranya, yang juga sejalan dengan apa yang di ajarkan serta di contohkan oleh Rosullullah SAW pada ratusan tahun yang lalu yaitu dengan mengunyah makanan hingga halus sebelum menelanya. Kemudian yang juga penting adalah makanlah dengan tangan (tidak menggunakan sendok) dan menjilati jari jemari dari sisa sisa makanan setelah selesai makan, karena meskipun terkesan jorok rupanya penelitian para ilmuwan membuktikan bahwa ada enzime yang dapat membantu pencernaan pada jari tangan manusia dimana salah satu fungsinya adalah untuk lebih mempercepat proses penghancuran makanan didalam perut.

Demikian sedikit penjelasan saya tentang cara makan yang baik, adapun tentang makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi oleh seorang penyintas leukemia sudah saya jelaskan dalam tulisan yang berjudul  Mitos Seputar Makanan yang dapat anda lihat DISINI.

Wassalam.

PS. Sepenggal tulisan ini saya dedikasikan untuk sahabat Murni di kota Medan, semoga tidak takut lagi untuk makan yang enak enak, karena meskipun kita sakit bukan berarti kita tidak boleh menikmati hidup yang singkat ini.

Artikel Terkait :

– Obat Leukemia Menghilang
– Glivec vs Hydrea
– ABOUT ME.

“Semua Tulisan Oce Kojiro”

Advertisements
Comments
  1. Murni says:

    Dear Pak Oce,
    Makasih byk Pak, sy akan berusaha maksimal utk mengunyah lbh lama, mmg dulu parah utk mengunyah, cepat… tp skrg mendingan dan akan berusaha maksimal kunyah utk 30 kali. Untuk mknan enak, sy jg lg brrusaha cr org yg pintar masak.

  2. dewikamal says:

    Enak bener tuh bakakak ayamnya……..

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s