Nasi liwet

Posted: December 30, 2009 in Uncategorized
Tags: , ,

Beberapa minggu ini aku seperti meloncat kedalam kehidupanku yang sangat nyata seperti beberapa tahun lalu ketika aku masih sehat.
Tubuhku serasa segar, sehat dan begitu bersemangat hingga tak terasa satu minggu lebih aku tinggal dirumah kedua orang tuaku dimana aku dahulu dibesarkan.
Hampir sepanjang hari aku berada dikamar ibuku yang kini tergeletak karena lumpuh separuh badannya akibat strok enam bulan yang lalu.
Kondisi ibuku kini sangat memprihatinkan, kurus, pucat dan hampir hampir tak lagi bisa melihat karena menderita penyakit diabetes lebih dari 16 tahun. Sepanjang hari hanya merintih dan meratapi kesedihannya karena dari ke delapan orang anak anaknya serta belasan cucunya, tidak ada seorangpun yang tinggal bersamanya dirumah besar yang memiliki lebih dari sepuluh kamar itu. Sebagian besar kamar terutama dilantai atas telah bertahun tahun dibiarkan kosong tak berpenghuni, hingga akupun bergidik ketika masuk kekamar kamar tempat kami tinggal didalamnya dulu.

Kedua orang tuaku yang kini sudah nenek nenek dan kakek kakek ini kini hanya ditemani oleh dua orang suster dan seorang supir serta seorang tukang kebun dirumah dengan halaman yang luas dengan berbagai macam pepohonan yang rindang.
Aku sebenarnya ingin sekali tinggal bersama ibuku, namun kedua anakku tidak ada yang mau ikut, karena takut tinggal dirumah besar orang tuaku itu bahkan jika kekamar mandipun anak anakku begitu takut hingga harus selalu minta ditemenin (gawat !)

Namun aku berjanji kepada ibuku, bahwa aku akan sering berkunjung dan menginap dirumah ibuku jika kondisiku sudah memungkinkan seperti sekarang ini. Insya Allah…

Beberapa hari ini aku sangat menghayati, betapa nikmatnya dan bersukurnya hidup menjadi orang yang sehat, aku tidak menyia nyiakan kesempatan ini, hingga aku banyak mengunjungi beberapa sahabat dan kerabatku dengan motor matik kesayanganku. Bahkan telah tiga malam berturut turut aku begadang hingga dini hari bersama teman teman di sekretariat MAPALA STACIA di kampusku dulu.

Sudah menjadi suatu tradisi bagi kami para senior pecinta alam, untuk meramaikan sekretariat dan membantu adik adik yang masih aktif, jika hendak mengadakan sebuah kegiatan. Seperti even kejuaraan panjat dinding berskala nasional kali ini, yang akan dilaksanakan pada tanggal 7,8 dan 9 January 2010.

Entah sudah berapa tahun aku absen untuk sekedar bercengkrama didepan api unggun yang kami buat sekalian untuk memasak nasi liwet yang kemudian kita makan bersama sama dengan lauk pauk seadanya yang digelar diatas daun pisang di depan saung di bawah bintang bintang.
Kesan seperti berada didaerah pegunungan begitu kental karena masih banyaknya pepohonan di areal kampusku, bahkan dari muka sekretariat aku bisa menatap langsung daerah yang hampir setahun lalu terkena bencana terparah karena jebolnya Situ Gintung, daerah tersebut kini hanya berisi tumbuhan liar dan masih dibiarkan terbengkalai hingga kini, karena sebagian besar penduduknya telah di relokasi ketempat lain.

Kenikmatan sehat yang aku rasakan sekarang ini hampir saja membiusku karena beberapa kali aku terlambat dalam menunaikan sholat berjamaah karena sedang dlm perjalanan ataupun jauhnya jarak dari masjid atau mushollah dari tempat yg aku kunjungi. Dan bahkan,,, akupun mulai berani memikirkan untuk ikut pergi memancing selama dua hari bersama teman temanku di kepulauan seribu pada saat pergantian tahun besok, he he…

Oya, kondisiku yang semakin membaik ini sepertinya buah dari terapy detoksifikasi hati yang aku jalankan. Walaupun obat sitostatika masih harus terus aku konsumsi, namun aku juga harus membuang sisa sisa residu dari obat obatan dan bahan bahan kimia dan racun racun yang semakin menumpuk dalam tubuhku, yang selama lebih dari lima tahun ini aku konsumsi terus menerus. Caranya adalah dengan melakukan ENEMA KOPI sehari dua kali yang telah aku jalankan secara rutin sejak hampir satu bulan yang lalu.

Dan mohon maaf buat para sahabat yang mengunjungi dan menulis komentar di blog ini yang belum sempat aku tanggapi atau balas kunjungi, karena aku begitu menikmati kehidupan nyata ini, dan mencoba mengejar segala apa yang aku tinggalkan selama beberapa tahun ini. Sepertinya aku begitu takut jika waktu yang begitu singgkat ini segera berahir.

Wassalam.

PS’
– Trimakasih buat Sahabat jogja (Aniroh) dan Bpk Omri, yang telah mengajarkan ‘ENEMA KOPI’ serta pola hidup sehat dengan GERSONS THERAPY.
– @Siti nuryani : Dlm waktu dekat aku dan Al Fatih pasti nyampe ke tempatmu, berhubung Al Fatih masih lumpuh, maka perlu sedikit rencana yg matang utk bs ketempatmu, he he…

Artikel Terkait :
– SICK MANAGEMENT
– Obat Leukemia Menghilang
– Hari Hari Terakhir Yang Indah

Comments
  1. ramudeng says:

    ciee…. da balik lagi, kiraiin….:mrgreen:
    Oh ya, slamet ya mas buat puisinya dapet tali asih dari Pak Dhe.
    PESEN NASI LIWET BANG, NDAK PAKE ENCES !!!

  2. Alhamdulillah….Bapak dah baikan. Saya suka semangatnya. Keluarga juga pasti senang. Oh, iya, saya pernah dengar istilah detokfikasi yang Bapak bilang di atas. Benar sekali, terlalu banyak racun di dalam tubuh kita, yang berasal dari bahan kimia yang kita konsumsi dari obat-obatan atau makanan. Semoga kesehatan Bapak dan nenek terus mengalami kemajuan.

    Selama napas masih berhembus dan mengalir dari hidung, berbuatlah kebaikan.

    Nenek-kakek sendiri….Kok saya merasa sedih ya….Masa tua mereka tidak berada di tengah-tengah keluarga😥
    Pak, buatlah mereka tersenyum dan hari hari Bapak indah😀

  3. ocekojiro says:

    @Ramudeng: Kirain apaa…?
    Ntar ta datengin baru tau rasa kamu, ha ha…

    @Meliana: Jika sy sedang sakit dan berada di sana, ibuku malah selalu kerepotan, seperti dia masih sehat saja, ya… kepinginnya mau terus membantu dan merawat sy, tetapi malah uring uringan sendiri.
    Tetapi jika sy bisa terus sehat, sy akan sering datang dan menginap disana. InsyaAllah…

  4. Yes !! Oce yang semangat sudah kembali.
    Tetap semangat.

  5. Yella Ojrak says:

    waaaaah, senengnyaaaaa… SELAMAT MENIKMATI! Ayo ke naik ke Bromo, Ce!

  6. ocekojiro says:

    @Hartono: Trims atas informasi dr Tan Shot yen yaa…

    @Yella: Waahhh… kayaknya masih harus tau diri dulu ah, yg ringan ringan dulu aja deh, daripada ngerepotin kamu nanti disana he he…

  7. peri01 says:

    salam kenal dikunjungan pertama mas🙂

  8. ImUmPh says:

    Wah… mank bener sehat itu mahal mas.
    Selamat hidup seehat!

  9. semoga ibunya bisa cepat baikan yah Pak…
    cuma bisa berdoa..

  10. selamat tahun baru 2010
    willingness to do more!!

  11. Sahabat Yogya says:

    Oce……kamu luar biasa! Aku masih inget nunggu Mba Eva di gerbang Bandara Adi Sucipto untuk mengirim buku itu….. Kamu hebatttt!!!! Luar biasa! Aku pikir kamu tidak sudi membacanya. Aku menangis…..(detoks nih…he he he) SELAMAT TAHUN BARU Oce…..aku yakin kamu akan lebih baik. Ingat !!! Jangan berlebihan, kamu masih dalam pemulihan!!! Ini healing process. Jangan segan kontak jika drop. Pak Omri bisa dikontak kapan saja. So….kabar baik dariku, ini hari ke 3 protokolku naik. Dalam sehari aku Enema 5 kali, tapi alhamdulillah….hasilnya sangat bagus. Hanya….waktuku habis untuk urusan GT. 5 enema dan 13 gelas jus. Ini pilihanku dan aku meyakini aku akan berhasil dengan kualitas hidup yang lebih baik.
    Oce…ibumu juga bisa melakukan GT, lihat Bab yang membahas untuk Non Kanker. Dalam beberapa hari ini aku selalu meyakini bahwa aku, atau temanku bahkan saudaraku….No news is good news!!!

  12. Selamat Tahun Baru 2010!!

  13. Haris says:

    Akhirnya muncul juga dia.. Terimakasih atas kunjungannya di blogku, sory tulisanku acakadut. Turut seneng atas kondisi kesehatanmu bang Oce, turut prihatin + berdoa buat ayah ibumu.. semoga Allah senentiasa menjaga mereka.. Hiks, jadi ingat ibu bapakku juga nih.., ibuku juga sudah 3 thn stroke, sudah tdk bisa bicara, tapi alhamdulillah masih bisa berjalan, sholat dll. Ingin juga rasanya selalu menemaninya, mengurusnya.., tapi belum bisa. Untungnya 7 org kakak kandungku masih di dekatnya…

  14. ocekojiro says:

    @Peri: Salam kenal juga…

    @Imumph: Trims atas doanya.

    @Alfaro: Trims atas doanya n sukses buat ‘GO GREEN’ nya.

  15. ocekojiro says:

    @Sahabat: Haii… Kangennya aku .
    Satu bulan lalu aku k rumah bpk Omri di cinere, kami banyak berdiskusi ttg GT dan beberapa hal termasuk ENEMA, Beliau memberikan buku GT yg asli kepd sy, sedangkan buku yg dari kamu dia perintahkan utk sy berikan kpd adik ipar sy yg menderita HEPATITIS dan ketika itu ikut menemaniku dan berdiskisi dg beliau disana, jadi… melayang deh buku dari kamu, maaf yaa… (besok2 sy tukar kembali deh, sy janji ).
    Oya, kenapa protokolnya harus naik ? apa ada sesuatu yg baru dg kanker yg mengerayangimu dg biadab ?
    Oya (lagi), Walau dengan (banyak) memaksa, aku telah berhasil mengajak Siti Nuryani untuk berENEMA KOPI setiap malam, he he…

    @Kelly: Selamat th baru juga non, semoga th ini bisa lebih baik ya…

    @Haris: Terimakasih atas doa doa nya, salam buat keluarga dirumah terutama buat Rifan yang sedang berjuang dg leukemia.
    Oya, tgl 9 jan besok adik sy yg di india akan pulang sekalian membawa titipan obat saya utk sekitar 8 bulan kedepan. Kalau anda masih kesulitan mendpt obat kemo, mungkin di sana ada, itupun khusus oral, karena Obat kemo cair/ampul butuh penanganan yg khusus dlm pengemasan dan pengiriman.
    Atau hub sy di (021) 96612884
    Trims.

  16. Kakaakin says:

    Alhamdulillah, jika keadaanmu membaik…
    Tetep semangat ya…
    Dan semangatmu untuk mengunjungi ortu-lah yang membuat beliau juga bersemangat tuk hidup…🙂

  17. haris says:

    @Oce; terimakasih atas informasi & penawarannya, semoga sih ke depan tidak ada kesulitan lagi… fyi tgl 11 Jan Rifan masuk protokol lagi, doain ya… semoga ada keajaiban dr Allah…. shg tidak perlu didera protokol yg sgt panjang & melelahkan itu…

  18. Qinhuangdao Welcomes You!

  19. ocekojiro says:

    @Haris: Tetap semangat mas, karena kita yakin bahwa Allah akan memberi yang terbaik buat kita.

    @Qinhuangdao: WOW… great blog…
    Amazing places in amazing country.
    ( in my dream ) i wanna go there before i.m dead
    but, can you serve me by ‘HALAL’ food ? coz i’m a moslem.

  20. Assalamu’alaikum,
    Alhamdulillah bila sekarang sudah mulai membaik, tetap semangat dan tawakal ya Pak…

  21. Sahabat Yogya says:

    @ Oceeee………
    Aku nongol lagi nih….akhirnya internetku online juga huhhhhh…tapi masih lemoooooot banget. Antena terpasang juga! Tentang buku, ke mana pun perginya itu buku, semoga bermanfaat! Amin……
    Protokolku yang naik, artinya aku masih dipercaya untuk mendetoksifikasi tubuh lebih hebat he-he-he…..tapi SEGER lho, hanya saja waktuku habis buat nungging di kamar mandi he he he….
    Aku menyarankan kamu pakai suplemen kapsul livernya deh he-he-he….coba tanya Pak Omri.
    So….jangan kebanyakan main….konsentrasi di proses penyembuhan dulu.

  22. yayuk says:

    saya sangat tertarik dengan detok hati. suami saya sirosis, mohon info tentang enema kopi atau detok hati. saya sangat membutuhkannya…

  23. ocekojiro says:

    @Yayuk: Mohon maaf atas keterbatasan saya…
    ENEMA KOPI adalah terapi alternatif untuk mengeluarkan racun2, baik berupa sisa obat2an yg telah menumpuk selama bertahun2 ataupun zat2 kimia yang masuk melalui makanan dan minuman dan menumpuk di dlm organ hati hingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk sirosis hati.
    Caranya adalah dg memasukkan cairan kopi kedalam kolon / usus besar melalui anus, mendiamkannya sebentar lalu mengeluarkannya lagi bersama seluruh kotoran yang berada dlm kolon.
    Banyak hal yg sangat perlu diperhatikan dlm menjalankan enema kopi, untuk lebih jelasnya anda bisa e mail Bpk Omri di : omri@cbn.net.id
    Atau tlp beliau di (021) 7547400
    Karena beliau adalah ahlinya dan seorang penggagas sebuah komunitas kecil yang bernama GT(Gerson Therapy) and Health, dimana banyak membicarakan berbagai masalah kesehatan.
    Jangan ragu untuk ertanya kpd beliau karena beliau sangat suka sekali membantu orang yang ingin hidup lebih berkualitas dan sehat.

  24. yayuk says:

    terima kasih banyak, bapak begitu cepat merespon pertanyaan saya. saya memang sedang gundah karena suami saya sedang sakit keras. semoga saya diberi kekuatan dan kemudahan untuk dapat menjalani semua ini. dan saya mendoakan semoga bapak kian hari kian sehat…amiin

  25. nelsan says:

    salam kenal mas…..aku terharu…salam buat ibu juga…ibu memang penyempurna hidup….smoga slalu dalam lindunganNYA…amin

Komentar Anda :

