Waspadai turunnya kadar gula darah bagi penderita Leukemia

Posted: July 14, 2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

Turunnya kadar gula dalam darah bagi penderita leukemia sangat sering sekali terjadi, apalagi jika si pasien leukemia tersebut sedang mengalami lonjakan kadar LEUKOSIT yang sangat banyak hingga lebih dari 100.000/mm darah.
Adapun sebabnya masih belum bisa diketahui hingga kini, namun secara kasat mata kita dapat memperkirakan sebabnya yang mungkin karena adanya pembengkakan organ hati dan limpa (hepatospleno megali) hingga si penderita merasa sangat mual dan sangat tidak nyaman di bagian perut dan tidak bisa menelan sesuatu (Makanan/minuman) hingga setelah beberapa hari kadar gula dalam darahnya akan turun dengan drastis.

Turunnya kadar gula dalam darah hingga mencapai 50 mgdl akan sangat berbahaya sekali bagi siapapun, apalagi bagi penderita leukemia. Bahkan jika kadar gula dalam darah turun hingga dibawah 30 mgdl, maka siapapun dapat mengalami KOMA atau bahkan dapat menyebabkan meninggal dunia.

tehSelama saya hidup dengan Leukemia, saya sudah beberapa kali mengalami hal seperti itu, mungkin sudah lebih dari LIMA kali, dan biasanya terjadi ketika adanya lonjakan leukosit (darah putih) yang luar biasa banyaknya /crisis blast, atau ketika banyaknya kombinasi obat yang saya konsumsi ketika itu, hingga dapat mengganggu fungsi hati dalam proses pembentukan gula darah.

Ciri cirinya adalah : ketika tiba tiba si penderita merasa sangat lapar sekali, hingga gemetar dan keluar keringat dingin yang disertai dengan jantung yang berdebar debar dan rasa gelisah yang amat sangat, serta pusing pada kepala sampai seperti berputar putar.

Jika terjadi gejala seperti diatas, baik siang atau malam hari maka hal yang perlu dilakukan oleh penderita adalah :

1- Jangan panik dan tetaplah tenang.
2- Tidurlah tanpa bantal dan dengan posisi kaki lebih tinggi sedikit dari tubuh (kaki diganjal bantal)
3- Matikan lampu dan pejamkan mata.
4- Minumlah satu gelas  TEH MANIS hangat atau jika dalam 15 menit belum ada perubahan bisa di tetesi larutan gula kental/madu dibawah lidah.
5- Jika masih belum ada perubahan juga, segera dibawa kedokter untuk disuntik GLUKOSA.

Demikian dan semoga bermanfaat.

Wassalam.

PS:

– Untuk menghindari terjadinya penurunan kadar gula dalam darah bagi survivor leukemia, yaitu dengan tetap mengontrol kadar leukosit agar tidak terlalu tinggi dan tetap menjaga asupan karbohidrat, vitamin dan mineral harian, meskipun sedang terjadi pembengkakan organ hati dan limpa.

– Tetap konsultasi rutin dengan dokter anda dan periksa darah lengkap minimal satu bulan sekali.

Advertisements
Comments
  1. Gini dong…bago-bagi resep, jangan males nulis tapi kumat terus ha ha ha…kalo minum madu gimana Kang Oce? Membantu nggak? Gw miara tawon tuh di belakang rumah ha ha ha ha

  2. yayuk says:

    he..he.. mbak ani benar sekali. mas oce lagi males nulis, sibuk bisnis terus ha..ha..padahal fansnya pada nunggu tulisannya, ayo dong mas oce…..semangat!!!

  3. ocekojiro says:

    @Sahabat
    Tawon yg item besar ituuu ? Itu mah cari penyakit ha ha …
    Piara lebah aja mbak…

    @Yayuk
    Mumpung disini… Sebenernya kita2 mengarapkan mbak Yayuk untuk mau berbagi cerita tentang semangat, kegigihan dan perjuangan mbak dalam mengusahakan kesembuhan bagi suami tercinta. Sy yakin, banyak pelajaran berharga yang dapat kami ambil dari pengalaman mbak terlebih lagi semangat yang tak kunjung surut dari mbak dan keluarga hingga berkali2 harus bolak balik Jakarta – Dumai tanpa kenal lelah.

    Tadinya kepingin nawarin bikinin blog gratisan untuk berbagi, tapi kalau inget Kang Nana adalah seorang pakar IT di PERTAMINA sana, pasti mbak dan kang Nana sudah lebih pengalaman membuat media semacam blog bahkan yg lebih canggih sekalipun…
    Ditunggu tulisan2 nya ya mbak !

  4. @Kang Oce
    Giiih demennya nyuruh orang, tulis dong bagaimana Mba Harni berlinang-linang darah dan air mata ngadepin suaminya yang ngeyel bandel plus rewel ha h ah aha ha ha sopo tho suamine? wakakakakak

    @Yayuk
    Iya dooong nulis ya di blog aku ada OUR STORY….awas kalo nggak! btw, jangan nulisin cicak, kata kang oce ganti BUaya ha ha hah a

  5. fitr4y says:

    semoga tetap semangat kang oce,, biar bisa bagi info buat kt2

  6. sitinuryani says:

    mmmhhhmmmm……..begitu yah, di suntik glukosa sakit ngk yah…..akhir2 ini sering ngefly jd lupa…he he he

  7. mirdah says:

    Tq p’ oce atas tipsx yang sangat ngebantu…,
    oh iya mau nanya jg nich. Apa tips buat bp sy yang susah baanget tidurx? paling sehari cuma 2 jam aja tidurx itupun cuma akumulasi selama 24 jam..
    Apa pengaruh obat hydrea ato emank gitu yg dirasakan pengidap leukimia??

  8. ocekojiroo says:

    Alhamdulillah… Sahabat Siti Nuryani ahirnya nongol juga.
    Semoga kondisinya semakin pulih dan hatinya juga semakin riang, soalnya ada yang mau pulang dari arab he he… (kaga pake’ berenang yaa…)

    @Mirdah
    Saya pernah berbulan bulan mengalami hal seperti itu pada tahun tahun pertama saya mengidap leukemia. Sebabnya adalah fungsi hati dan fungsi ginjal yang menurun (bisa salah satu atau keduanya), karena penggunaan obat sitostatika seperti hydrea dan sejenisnya yang kadang kala juga harus dicekoki berbagai macam obat pendukung seperti obat penghilang rasa sakit/painkiller, obat lambung dan berbagai jenis vitamin, hingga darah dipenuhi oleh berbagai macam zat yang tidak isa disingkirkan oleh ginjal dan menyebakan otak menderita keracunan hingga tidak bisa tidur nonstop 24 jam setiap harinya meskipun sudah sangat lelah sekali.
    Untuk darurat, kurangi penggunaan obat obatan pendukung seperti vitamin dan penghilang rasa sakit serta antibiotik yang diberikan jangka panjang, dan dengan BANYAK BANYAK mengkonsumsi air putih setiap harinya, itupun jika fungsi ginjalnya tidak bocor/sulit berkemih (buang air kecil).
    Periksa SGOT,SGPT juga UREUM dan CREATIN dan konsultasikan ke dokter anda untuk mendapatkan penanganan fungsi2 hati dan ginjal dengan segera agar tidak bertambah parah.
    Jika Ayahanda masih cukup kuat, bisa di bantu dengan ‘enema kopi’, dan bisa anda baca pada halaman samping, namun untuk kasus seperti ayah anda (sama seperti kasus saya) penggunaan kopi nya hanya sedikit saja.

    Btw, Sy bukan dokter tetapi sebaliknya saya adalah ‘pesakitan’, jadi, sebaiknya anda bertanya ke dokter anda karena pengalaman saya tidak serta merta cocok untuk diteraqpkan pada semua orang (CML). Juga jangan bertanya tentang ‘enema kopi’ pada dokter ya… nanti saya yg malah diomelin, he he he…

  9. antopurwanto says:

    betul mas,
    semakin banyak tulisan2 untuk berbagi insya Allah bisa membawa manfaat buat para pembaca dan pasien/keluarganya…

  10. antopurwanto says:

    apa kabar mas?
    semoga tetap Oke ya…
    kalau dipikir2, selama 6 tahun pasti sudah banyak pengalamannya yang bisa dimuat dalam tulisan lho…
    kita tunggu resep2 dan sharing berikutnya.
    salam

  11. Iya nihhh…banyakin bagi resepnya dong, termasuk resep malas enema! ha ha ha ha malas minum jus, malas semuanya, apalagi kalo lagi berasa sehat, minumnya blue wine wakakakakak

  12. Akhirnya saya tahu… 🙂

  13. Kakaakin says:

    wah, baru tahu hal ini… 😀
    Memang yang mengalaminya sendirilah yang paling mengerti 🙂

  14. […] Waspadai turunnya kadar gula darah bagi penderita Leukemia […]

  15. […] hal yang bisa dijadikan indikator awal sebelum kondisi fisik kita jatuh tanpa terkontrol hingga bisa menyebabkan kita membutuhkan […]

  16. Agus Aow says:

    Mas oce, anak saya seorang penderita ALL umu 6 tahun 10 bulan, sekarang masih menjalani kemotherapi, cuman sekarang kondisinya lg kurang bagus, kepalanya sering pusing dan perutnya mual… kira kira menurut pengalaman mas oce itu disebabkan oleh apa? posisi kami di pontianak dan kami menjalani kemo di Dharmais. makasih sebelumnya…

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s