CRISIS BLAST

Posted: November 21, 2009 in Uncategorized
Tags: , , , , , , , , ,

Beberapa hari ini kondisiku seperti menurun drastis, aku juga diingatkan oleh istriku bahwa nyaris sudah tidak ada senyuman dari wajahku yang menurutnya masih gagah dan nganteng ( Ciee…)
Orang dijalan atau dimasjid hanya akan menilai keadaan kita yang tergambar ketika itu tanpa tahu apa yang sesungguhnya sedang kita alami, apalagi aku tidak banyak bercerita kepada para tetangga dilingkunganku bahwa sebenarnya aku sedang merasakan ketidaknyamanan yang amat sangat karena tidak pernah mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit (painkiller)
Ahirnya akupun berangkat ke laoratorium terdekat untuk memeriksakan darahku, dan seperti yang sudah aku perkirakan sebelumnya, hasil tes laboratoriumku sangat buruk.

Dari seberang telepon selularku, aku menangkap sedikit kecemasan dalam suara dokter internisku. Jangan jangan sudah terjadi ‘crisis blast’ ujar dokterku cemas.

Crisis blast adalah sebuah fase terahir dalam perkembangan penyakit leukemia, dimana sel sel kanker/blast sudah mencapai jumlah yang sangat banyak sekali hingga mencapai lebih dari 30 %. yang berada dalam darah, hingga kemampuan darah untuk membawa oksigen menjadi terganggu. Sedangkan organ vital seperti otak, harus selalu mendapat pasokan oksigen dalam jumlah yang cukup dan jika pasokannya terganggu, maka otak pun akan berhenti bekerja dan tamatlah aku.

Crisis blast biasanya dibarengi dengan terjadinya trombositopenia, yaitu menurunnya kadar trombosit dalam darah secara tajam, dimana akan menyebabkan pendarahan sendi, gusi, serta lambung yang hebat. Dan yang paling ditakutkan oleh dokterku adalah jika terjadi pendarahan pada otakku, dan jika itu terjadi, maka tipis kemungkinannya aku bisa melewati fase crisis blast ini.

Dokter internisku menyarankan agar aku bersedia dirawat dirumah sakit agar bisa dilakukan tindakan yang cepat untuk menurunkan leukosit yang sudah sangat banyak itu, serta cepatnya penanganan jika terjadi efek buruk dari crisis blast ini, seperti tranfusi darah, ketersedianya tabung oksigen atau perawatan pada pendarahan sendi dan gusiku.

Ahirnya aku tegaskan kepada dokterku bahwa aku masih baik baik saja, dan untuk sementara aku akan mengkonsumsi jus jambu dan jus buah bit untuk menambah trombositku, dan aku akan meminum obat kemoterapy kembali untuk menurunkan jumlah leukosit yang berlebihan itu. Karena menurut dokter inernisku itu, jika aku dirawat dirumah sakit pun aku pasti akan diberikan obat kemoterapy dalam jumlah yang sangat besar guna mengadapi fase ter genting dalam leukemia ini.

Sebelum menutup teleponku, dokterku masih sempat memberikanku semangat dan memberitahukan bahwa sebenarnya aku telah beberapa kali melewati fase crisis blast, dimana indikatornya adalah jika jumlah leukosit telah mencapai sekitar 400.000/mm darah, serta jumlah trombosit yang hanya 100.000 saja.

Terapy air putih masih akan terus aku lanjutkan, jus jambu yang uenaak… menjadi penawar lidah setelah meminum jus buah bit yang luar biasa menyiksa. Dan obat kemoterapy mulai aku konsumsi kembali pada dosis yang sangat rendah, yaitu 500mg per hari agar tubuhku tidak kaget, lalu berangsur angsur akan kunaikkan hingga 1500 mg sd 3000 mg perhari. Tak lupa obat penambah darah pun akan aku konsumsi dalam jumlah yang normal demi menaikkan HB, dan viamin C hisap 500 mg menjadi hidangan penutup yang memanjakan lidah.

Seluruh treatment diatas adalah aku sendiri yang menentukannya yang diamini oleh dokter hematologiku, mungkin karena aku tidak dirawat dirumah sakit hingga dokterku memberikan kebebasan mutlak kepadaku.
Ada sedikit kepuasan dalam sudut hatiku, karena dengan sadar aku turut menentukan setiap keputusan yang diambil oleh dokter hematologiku dalam menjalani pengobatanku. Tak lupa aku meminta kesediaannya untuk menanganiku jika kondisiku semakin memburuk atau jika aku memutuskan untuk dirawat dirumah sakit.

Oya, hubunganku dengan dokter internisku ini sudah seperti teman atau sahabat saja, pada tengah malam sekalipun jika aku membutuhkan nasehat kedokteran ataupun resep obat, dia akan segera membantu.

Ahh… Sepertinya ini waktu yang tepat untuk berdoa dan menangis, walaupun aku harus menunggu kedua permata hatiku terlelap dalam tidurnya, dan membiarkan istriku tercinta beristirahat guna menghimpun tenaga untuk berjuang kembali esok hari.
Menurut seorang sahabat, menangis itu dapat mendetoksifikasi jiwa dan juga raga, atau… ini hanya sekedar alasanku saja agar tidak dibilang cenggeng.

Wassalam.

PS.
Hasil tes hematologi tgl 21 nop 2009.
– Leukosit : 323.000
– Trombosit : 112.000
– HB : 9.8
– Eritrosit : 3.08
– Hematokrit : 36.1

Artikel Terkait :
– My Last Chemotherapy
– Mensyukuri Hidup
– Nasi Liwet

Advertisements
Comments
  1. penuai says:

    Wahhhhh ini cerita benaran atau…?????
    Semangat yachhh bro….jangan menyerah…….
    Mantab bro……blognya bagus..

    DONWLOAD E-BOOK AKHIR ZAMAN
    http://www.penuai.wordpress.com

  2. Sahabat Yogya says:

    Oce………please, TIDAK ADA YANG TIDAK MUNGKIN jika Tuhan berkehendak. MINTA lah sama Allah. MINTA. Do’aku menyertai……..Insya Allah.

  3. Kakaakin says:

    Seseorang pernah berkata kepadaku, ia sebelumnya menderita leukimia, kemudian ia mengamalkan meminum susu kuda liar dan alhamdulillah bisa sembuh.
    Kini di rumahku omku juga menanam benalu yang katanya bisa menyembuhkan kanker. Wallahu a’lam…
    Oiya, oce pernah nyoba pengobatan alami apa aja?
    Maaf ya, kalo belom sempat explore blog ini…

  4. ocekojiro says:

    @penuai: Semua yg sy tulis di blog ini adalah benar, dan merupakan rangkayan jurnal pengobatanku. Memang ada yg sy besar2 kan seperti; Iktikaf tdk selalu sy lakukan tiap bulan, jg solat jamaah dan mengumandangkn azan dan mengantar jemput puteriku hanya sekali2 sj jika sy sedang fit.
    Dokter Ludin Gultom SpPd adalah dokter rs tebet dan Fatmawati, Dr Rebecca Angka adalah doker YKI, dan keduanya berbeda akidah dgn sy, namun mereka adalah sahabat2 terbaik sy.

    @Sahabat: Sy masih baik2 saja, hanya butuh istirahat beberapa hari, InsyaAllah….

    @Kakaakin: Setiap sy periksa lab, selalu disertakan hitung jenis (terutama jika ada yg keluar dr batas normal), Apa fungsi hitung jenis ini bagi dokter/praktisi kesehatan ?
    Trims.
    Oya, susu kuda liar sy sepertinya cocok, tetapi karena asam sekali, lambung sy jadi selalu bermasalah jika meminumnya.

  5. rurue says:

    oceeeeee…… jangan penah kamu menyerah yaaaaahhhh…. aku sampe sedih banget baca semua tulisan kamu…
    Ya Allah, berikanlah yang terbaik untuk temanku ini… AMIIIIN… jangan penah putus bedoa dan keep spirit untuk terapi yah…

  6. ajikinai says:

    Semoga lekas sembuh sob…
    Jangan lupa tuk selalu tersenyum lebar…
    Denger musik blues juga bagus…hehehe

  7. kakaakin says:

    Hehe… maafkan atas keterbatasanku… 🙂
    Insya Allah… yang kutau hitung jenis itu ‘kan merupakan pemeriksaan terhadap komponen dalam darah.
    Pada hitung jenis leukosit (sel darah putih), komponen leukosit ada beberapa jenis:neutropil, limfosit, monosit, eosinofil, basofil. Pada leukimia, salah satu atau beberapa jenis sel darah putih itu mengalami kelainan, yaitu jumlah dan bentuk yang abnormal.
    Jadi, dari hitung jenis, bisa diketahui bagaimana kemajuan pengobatan dan tentu saja juga bisa diketahui bagaimana perkembangan penyakit.

  8. Joanne says:

    Hai Oce,

    Salam kenal. Nama saya Joanne, saya mantan penderita Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL), dan sudah pernah dirawat di rumah sakit di Tokyo sejak awal tahun kemarin (chemo)…satu bentuk Leukemia lain yang agresif dan berkembangnya sangat cepat dalam hitungan hari.
    Saya remain Complete Remission hingga July ’09 kemarin , lalu saya relapse (kambuh). Saya ditawarin dokter Jepang untuk transplantasi bone marrow, tapi setelah bergumul dalam doa, saya tolak. Toh, kemoterapi sebenarnya sama sekali tidak menyembuhkan, hanya memperpanjang penderitaan pasien kanker, dan untuk saya waktu itu, diberitahu hanya 1-2% kans untuk total cure,dan untuk ALL masih belum ada obat terobosan baru.

    Sejak itu, saya serahkan penyakit saya kepada Tuhan, dan saya hentikan semua intake obat chemo oral yang saya bawa dari jepang. Lalu, saya mendadak diberikan 6 bungkus obat tradisional China dari salah seorang teman bapak saya, yang dimana resep obatnya merupakan warisan dari seorang narapidana (dokter) yang akan ditembak mati pemerintah China puluhan tahun yang lalu.
    Disana dikatakan, resep obat tersebut diramu untuk 6 jenis kanker/tumor, termasuk kanker darah yang saya dan kamu alami. Dan resep tersebut tidak untuk diberikan kepada orang yang mencari keuntungan, tetapi untuk menolong sesama yang benar membutuhkan.

    Lewat obat itu, tahun 2004, seorang istri Pendeta yang sudah disuruh pulang oleh hematologi-onkologistnya krn Leukemianya sudah tidak bisa diobati lagi setelah dichemo, mengalami kesembuhan yang bikin heran.
    Sembari berdoa minta pertolongan Tuhan dan minum obat ramuan itu, setelah habis 6 bungkus, istri Pendeta itu baik sampe skrg tahun 2009. Untuk leukemia acute, kalau dalam 5 tahun terus complete remission, secara medis bisa dibilang sudah sembuh.

    Saya sendiri sudah minum obat itu dan sampai sekarang keadaan saya baik tanpa kemo, dan tenaga badan sudah seperti normal waktu saya belum sakit tempo hari.
    Tapi yang penting, kita mesti yakin yang sembuhkan bukan obat, obat apapun itu cuma sarana…tapi iman kita sama Tuhanlah yang menyelamatkan kita.

    Jadi, kalau Oce minat mau coba, silakan email ke saya, saya dengan senang hati akan berbagi resep dengan Oce, dan Oce bisa beli sendiri ke toko obat China dengan bawa resep itu.Harga sebungkusnya juga gak mahal. Saya beli biasanya seharga Rp 30 ribu an, untuk sehari (satu bungkusnya mesti dimasak 2 kali dalam sehari).

    Berjuanglah, kita tidak ditinggal sendiri. Tuhan selalu menyertai kita dan Dia ada di dalam kita. Tuhan memberkati !

    Salam,

    Joanne

  9. Sahabat Yogya says:

    Dear Oce,

    Rasanya sepi nggak baca komentarmu, nggak lihat ada emailmu. Tapi aku selalu menyertakanmu dalam do’aku. Yakinlah Oce…….Tuhan menyayangimu, menyayangi kita semua.

  10. ocekojiro says:

    @Joanne: Selamat ya Joanne, kamu da sembuh dan tetap jaga pola hidup agar tdk datang lagi.
    Makasih dah singgah dan mau berbagi resep, kl blh tahu 6 jenis kanker itu apa saja ?
    Trims.

    @Sahabat: Makasih banyak atas kiriman bukunya dan doanya.

  11. kiki_meiriansyah says:

    mas, coba konsumsi SPIRULINA + RG+ GL (Produk DXN),Suami saya leukimia CML dengan Leukosit 426.000, TETAPI trombosit nya 388.000, suami bisa bertahan dan daya tubuh nya tetap bagus walaupun limpa nya juga membengkak,karena mengkonsumsi itu.
    selamat mencoba ,mas

  12. Ryan says:

    setelah membaca blog ini saya yakin…semua peruangan tidak pernha ada yang sia-sia..calon istri saya adalah penderita leukimia.say juga belum banyak tahu pasti ttg penyakit leukimia secara universal.saat ini kami masih berobat kemo di Rs.mont elizabeth di s`pore.buat teman2 yang ada disini mungkin bisa membantu saya untuk meberikan solusi yang benar2 saya butuhkan.untuk joanne kalau boleh saya juga ingin tahu apa nama obat cina itu.boleh kalua bisa di kirim email ke saya.di thanx2nero@yahoo.com. saya sangat berterima kasih sekali…ternyata saya tidak pernha berjuang ataaupun merasakan cobaan ini semua…terima kasih semuanya saya mohon bantuannya…terima kasih sekali jika ada dr beberapa teman2 mau mengirim email ke saya mengenai obat,terapi,dll ke pada saya. terima kasih

  13. icha says:

    saya punya saudara sepupu baru diagnosa mengidap penyakit leukimia skrg masih terbaring lemah perutnya membuncit, dan dia mempunyai 5 org anak, saya percaya sekali obat china dan saya sedang mencarinya setelah membaca cerita once dan membaca salah satu balasan untuk once ada yg menawarkan obat china. saya ingin tahu kalau boleh dan saya tidak akan menjual belikan obat itu saya hanya ingin menolong sepupu saya dimana saya bisa hubungi sodari joanne, ataupun yg lain yg tahu obat tradisonal. dan kami terbatas biaya.terima kasih sebelumnya terima kasih please email me @ikanitem@yahoo.com

  14. ocekojiro says:

    @Icha: Saran saya sebaiknya sepupu anda dikonsultasikan ke dokter ‘penyakit dalam / darah, Agar pembengkakan perutnya bisa ditanggulangi.
    Jika belum pernah menjalani serangkaian pemeriksaan darah dan sumsum tulang (BMP) sebaiknya segera dilakukan utk menentukan jenis leukemia yg diidap dan dapat dengan segera ditangani dengan cepat agar bisa beraktifitas seperti biasa.
    Sambil jalan, silahkan kamu jalani pengobatan alternatif yg kamu yakini atau pengobatan tiongkok yang Joanne tawarkan.
    Alamat joanne beserta no teleponnya sy kirimkan ke e-mail anda (jalur pribadi)

    Tetap semangat dan trimakasih.

  15. Haris says:

    Dear Ibu Joanne,
    Selamat ya, Ibu sudah sembuh. Kalau boleh saya juga minta resepnya. bisa dikirim ke imel saya abdul.haris@cimbniaga.co.id. Anak saya umur 3,4 tahun juga menderita penyakit Leukemia ALL. Saat ini sih kondisinya sudah dinyatakan remisi (blm permanen), sudah menjalani kemo selama 6 bulan, dan masih harus terus kontrol & kemo secara berkala sampai 2 lagi.

    Selama ini selain pengobatan rumah sakit, saya juga menggunakan obat alternatif (serbuk sari + madu klanceng), juga keladi tikus. Alhamdulillah kelihatannya bisa mengurangi efek samping kemo (dilihat dari tanda2 klinisnya).

    Sekali lagi jika berkenan saya minta resepnya. Tks

  16. ocekojiro says:

    Dear Haris
    Mohon maaf… Ibu Joantine sentosa / joanne telah meninggal dunia tgl 2 pebruari lalu.
    Menurut ayahnya, kondisinya selama meminum obat tradisional cina yang diceritakannya sudah amat bagus, namun dia bertemu dengan seorang pendakwah yang sangat mempengaruhinya dan menyuruhnya untuk percaya 100% kepada Tuhan Jesus dan meninggalkan seluruh pengobatan yang dia jalani, termasuk periksa darah dan kemoterapi bahkan memutus hubungan dengan dokternya, dan itu sangat disesali oleh ayahnya.

    Jika masih mau resep obat tsb bisa minta sama ayahnya di nomer 021-6520707 dan akan dikirim melalui faksimili.
    Oya, obat tersebut (menurutnya) bekerja baik utk menyembuhkan kanker hati, kolon, payudara, servik, rahim dan leukemia.

    @Icha: Tolong tanyakan pada dokter sepupu kamu, jika untuk mengatasi pembengkakan perut/hati sepupu kamu membutuhkan obat MERCAPTO PURINETOL , Saya punya sekitar 100 tablet kalau kamu mau sy berikan cuma cuma.
    Maaf sy baru baca e mail ttg joan di japri.
    Trims

  17. Desy says:

    Dear Oce,
    Keponakan saya berusia 3 tahun di diagnosa ALL type B, bolehkah saya mendapatkan alamat joanne dan kontak telponnya? Saya akan membelikan untuk keponakan saya tersebut. Mohon bantuan untuk email ke dsti91@yahoo.com
    Terima kasih bantuannya.
    Salam, Desy

  18. Desy says:

    Dear Haris,
    Keponakan saya, 3tahun menderita leukimia ALL type B, Saya mohon bantuan untuk obat alternatif serbuk sari+madu klanceng yang disebutkan diatas, dimana kami bisa mendapatkannya?
    Kami sedang dalam persiapan menjalani pengobatan untuk keponakan kami di RSUP Sardjito Yogyakarta.
    Terima Kasih,
    Desy

  19. fito says:

    Ass..adek sy agri umur 18thun, divonis leukimia ALL 7bulan lalu saat itu kadar leukosity 410.000, saat ini adek sy dlm prwatan diRS Panti Rapih Yogyakarta krna kndisi drop lagi, adek sy sdah mcoba bbrapa alternatif tp kndsi adek sy blm mmbaik, sy mhon info ttag obat china yg alm. ibu joane knsumsi.. ato obat altrnatif lainy..mhon di email ke fito.ardina@gmail.com.. trims, smga Allah SWT memberikan kesembuhan u/ para pnderita leukimia. amien

  20. fito says:

    trimakasih pak oce atas info.y

  21. nur achmad says:

    salut buat ketegaran mas…. sy tau gimana beratnya cobaan itu dan sy sempet kehilangan orang yg sangat sangat sy cintai febrianti 11thn agustus 2009 lalu menderita leukimia dikarenakan keterbatasan biaya, sayang saat itu belum menemukan blog ini… sy hanya bisa mendoakan semoga semua yg menderita penyakit tsb khususnya diberi kesembuhan oleh Allah…. amin amin ya robal alamin

  22. […] menemui sahabat yang satu ini kurang lebih tujuh bulan yang lalu  juga dalam kondisi crisis blast. Istilah awamnya menjelang ajal. Bahasa bijaknya para ahli medis “Memang begitu […]

  23. andrian says:

    dear joanne,

    saya baru saja membaca reply dari blog mas oce…
    baru-baru ini teman saya diharuskan untuk menjalani serangkaian kemo karena menderita leukimia crisis blast.
    beberapa hari yang lalu dia sudah sempat keluar dari rumah sakit setelah 2 bulan opname. namun hari ini dia sempat kolaps dan wajib opname.
    menurut dokter yang merawat, ada kemungkinan pendarahan otak yang hasilnya baru dapat diketahui besok.
    mohon referensi obat yang dimaksud agar saya bisa membantu teman saya… karena obat-obatan yang selama ini dia konsumsi terlalu mahal hingga diatas 100 rb setiap harinya.

  24. PIPIT says:

    Mas Oce..salam kenal…
    Saat ini putri saya Hani umur 4 thn sedang menjalani kemo di Rs.Harapan Kita…dia terkena Leukimia All L3.
    Mas…Mohon Doanya ya…dan sy mau tahu obat keladi tikus itu bentuknya sprt apa…
    karna anak sy msh kecil..dan sulit sekali kalau mau memberi di obat…terima kasih

  25. yuke yuliani says:

    mau tanya mas,saat ini mas sudah sembuh?
    kebetulan pacar saya juga leukimia..

  26. Jessica says:

    hay. saya boleh minta contact nya ga ya?
    saya mau bertanya” juga. kebetulan papa saya terkena leukimia.
    saya mau tau perkembangannya bagaimana.

    terimakasih.

  27. romy chan says:

    Yth : Ocekojiro
    Semoga anda sdh sembuh ! adik ipar perempuan saya juga kena leukimia, kini %blastnya 21, tp trombositnya 353.000. hemoglobinnya 7.8, hematokriknya 25, eritrositnya 2.7, RDW-CV nya 14.7, NRBC 1.7%, basofilnya 0.00%, eosinofil 0.00%, neutrofil 29.0%, limfosit 43%, monosit 7.00%.sdh rawat di rs cikini, dirujuk utk dikemo, tp ipar sy msh coba mkn obat sinshe. Pertanyaan saya, apkh penyakit semacam ini tdk bs disembuhkan? Kl bs, hrs ke dr mana? atau ada pengobatan alternatif ? Terimakasih

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s