Tips Mengatasi Pembengkakan Limpa

Posted: January 20, 2012 in Uncategorized
Tags: , , , ,

Mayoritas penderita leukemia dengan type apapun akan selalu disertai dengan pembengkakan limpa atau biasa disebut dengan istilah ‘Hepatospleno megali. Besarannya pun bisa beragam dari yang cuma beberapa sentimeter saja hingga beberapa kali lipat dari ukuran limpa yang normal. Jika pembengkakannya sudah sedemikian besar dikawatirkan limpa itu bisa pecah karena sebab yang sangat sepele seperti akibat batuk yang berkepanjangan ataupun akibat benturan ringan maupun berat, hingga kerap banyak kita temui penderita leukemia yang meninggal dunia karena pecahnya organ limpa ini.

Ada beberapa pendapat hematologi tentang sebab pembengkakan limpa ini, diantaranya adalah : – Organ hati dan limpa dipaksa untuk bekerja ekstra keras untuk memproduksi leukosit hingga terjadi pembengkakan. – Organ hati dan limpa menampung sel sel leukosit muda yang teramat banyak hingga terjadi penumpukan dan pembengkakan. – Dan lain lain.

Biasanya pembengkakan limpa akan berangsur angsur kembali kepada bentuk dan ukuran normalnya jika kadar leukosit dalam darah telah dapat dikontrol hingga batas normal. Namun banyak juga penderita leukemia terutama pada type AML dan CML yang pembengkakan limpa nya tidak kunjung pulih meskipun kadar leukosit dalam darahnya sudah sampai batas normal. Hal itu desebabkan adanya PENUMPUKAN dan SUMBATAN pada organ hati dan limpa dimana sistem pembuangan sampah sampah dari leukosit yang telah dilumpuhkan itu tidak bekerja dengan baik akibat menurunnya fungsi organ hati.

b6Untuk memperbaiki fungsi hati serta membuka sumbatan pada organ hati dan mengeluarkan sampah dari leukosit yang telah di lumpuhkan dan menumpuk pada organ limpa tersebut maka yang paling cocok adalah dengan menggunakan air rebusan temulawak sebanyak 3-4 kali sehari dan diatur jaraknya paling tidak selama satu jam baik sebelum ataupun sesudah menggunakan obat sitostatika. Adapun cara membuatnya dapat dilihat DISINI.

Bukan hanya sekedar  omong kosong, karena selama hampir delapan tahun saya hidup dengan leukemia, sudah berkali kali saya mengalami pembengkakan limpa, bahkan saya pernah mengalami pembengkakan limpa yang sangat ekstrim hingga perut saya membuncit seperti orang hamil 6 bulan. Meskipun leukosit dalam darah sudah bisa dikontrol dengan hydrea, namun pembengkakan limpa tidak kunjung mengecil hingga saya akhirnya meminum rebusan temulawak sebanyak 3-4 kali sehari dan Alhamdulillah,,, dalam satu sampai dua minggu pembengkakannya sudah dapat teratasi dan perut saya kembali normal.

Demikian semoga bermanfaat.

Salam.

PS. Sepenggal tulisan ini saya persembahkan kepada ‘sahabat Vaiez’ (Mutiara Citra). Dan saya doakan semoga kondisinya semakin membaik, amin.

Tulisan Terkait : – Deteksi Leukemia Mandiri – Menghitung Leukosit tanpa ke Laboratorium – Kiat menghindari Tranfusi

“Semua Tulisan Oce Kojiro”

Comments
  1. camelia says:

    Trimakasih.

  2. abi4kuwok says:

    Salam…
    Mas, lam kenal sblumnya.., sy hasbi dr padang.
    Yang sakit istri saya, kondisiny saat ini trbaring lemah di rs m. jamil Padang. dsini kita trkendala dgn dokter ahli yg mnangani. sdh lebih dr 2minggu kita dsini, hanya dtangani oleh asisten dokter tsb (krn doketr ahliny Prof. dr Nuzirwan Acang sdg umroh). pngobatan yg dilakukn pun hanya mlakukan terapi utk mnjaga kondisi pasien, dilakukan transfusi jika hb dan trombosit turun (hingga saat ini sdh 45 kantong trombsit yg masuk, dan 8 kantong darah merah tipe WRC), diberikn obat2 minum dan obat suntik, obat utk mmacu trmbosit, antibiotik, utk ginjal, juga utk perut yang skr ini mmbesar spt orang hamil dan utk lain2 yg sy tidak tahu.
    dari hsl tes darah trakhir tgl 8/3, posisi hb 7,7.trombost 12rb, leukosit 1,2 (semua parameter dibawah normal).
    Alhamdulillah dokter ahli darahny sdh datang dan sdh masuk hr ini. katany senin depan tgl 12/3 akan dilakukan BMP, dan tdk usah dilakukn transfusi trombosit lg kalau posisi trombosit sdh diatas 10rb.
    Mungkinkah perut istri sy yang mmbesar trsebut akibat pembengkakan limpa? (padahal leukositny dbawah normal).
    Trima ksh sblmny atas jawabnny mas, smoga sharing dr mas bs mnambh pengetahuan ttg penyakit yg diderita sitri sy saat ini, dan bisa mmbantu dlm proses penyembuhannya…

  3. Oranje says:

    Ass.salam kenal mas Oce.
    saya mau tanya mas.kami baru nikah n istri saya CML 1th.
    yang saya pengen tanyakan apakah ada atau mas pernah mendengar seorang wanita penderita cml seperti istri saya,hamil sampai melahirkan mas??

    karena saran dokter tidak boleh hamil
    sebelum saya ucapkan trimakasih byk buat mas oce

  4. NOVI says:

    THANKS INFONYA

  5. ita says:

    salam kenal….
    saya ita
    sebelumnya makasih infonya. saya mautanya apakah orang yg trombositnya kisaran 40.000 itu pasti leukimia?krn ibu saya sudah hampir 2th ini tfrombositnya rendah ditambah lever dan pembengkakan limfa.
    di tunggu jawabannya ya. makasih….

  6. ocekojiro says:

    @Ita
    Untuk orang yang trombositnya di KISARAN 40.000 itu memang bukan selalu leukemia,,, tetapi itu sudah menunjukkan dengan pasti bahwa ada sesuatu dalam tubuh dan darahnya yang tidak normal. Sebaiknya diperiksakan kedokter penyakit dalam atau hematologi karena kemungkinan besar ibu anda terkena anemia atau penyakit2 kelainan darah lainnya.

  7. M.shodick says:

    maaf mungkin bs di jelaskan tentang obat hydrea yg bs mengecilkan limpa?
    dan apa benar talasemia tdk bs di sembuhkan olah medis?

  8. ocekojiro says:

    @M. Shodik
    Saya tidak tahu persisnya bagaimana cara kerja kandungan obat hydrea bisa mengecilkan limpa,,, namun saya berani pastikan bahwa pembengkakan organ limpa dapat dikendalikan dengan penggunaan hydrea.
    Dan maaf,,, saya tidak faham sama sekali apakah talasemia bisa atau tidak disembuhkan dengan pengobatan medis.

  9. assalamu’alaikum
    saya aziz
    mau tanya mas ayah saya kadar leukositnya udah nyampe 175.000 apa masih ada obat alami untuk menurunkanya
    limpanya jga membesar
    terima kasih

  10. ocekojiro says:

    @Aziz Theintresysejati

    Walaikumsalam WrWb.
    Untuk leukosit setinggi itu obat obatan herbal manapun tidak ada yg sanggup untuk menurunkannya karena penurunan dengan herbal bisa dikatakan sedikit sekali namin penambahannya karena penyakit yg ayah anda idap sepertinya jauh lebih besar.

    Jadi,,, periksakanlah dengan tuntas penyakit yg diderita ayah anda atau jika memang sudah positip CML bisa dengan obat hydrea.

  11. eddi says:

    salam kenal, suyamtoeddi@,

    saya punya adik yang mengalami pemebekakan limpa sudah 1 bulan ini Maret 2014,
    minta saran apa obatnya, kalau ada bisa dibeli dimana,

    terima kasih

  12. agung says:

    makasih infonya mas

  13. suyatman says:

    Ass Pak Ocekorijo,

    Saya mengidap pembengakan limpa, saya sudah mencoba obat-obat tradisional lainnya, penah berobat ke jeng anna juga tapi sakit saya masih belum sembuh.
    Apakah dengan mengkonsumsi rebusan temulawak 3-4 sehari itu menyembuhkan dan sekali minum harus berapa banyak. dahulu pengalaman Bpk berapa lama ya mengkonsumsinya?
    saya akan tekunin minum temulawak, semoga hasilnya bagus.

    Wasalam,

    Aman

  14. poppy nirmalasari says:

    Assalamualaiqum Wr.Wb.Terima kasih sdh mau berbagi pengalaman yg tentunnya akan sangat berguna /bermanfaat bg pembaca,smg Allah swt sll memberikan kemudahan dlm menghadapi dan mengatasi ujianNya,amin yra

Komentar Anda :

