obat leukemia menghilang

OBAT LEUKEMIA MENGHILANG DARI PASARAN

By ocekojiro

SAYA ADALAH SEORANG SURVIVOR LEUKEMIA, SUDAH LIMA TAHUN BERBAGI TEMPAT DENGAN KANKER GANAS INI.

LIMA TAHUN BUKANLAH WAKTU YANG SEDIKIT UNTUK HIDUP BERSAMA PENYAKIT KANKER YANG REPUTASINYA CUKUP MEMBUAT BULU KUDUK KITA MERINDING.

DAN LIMA TAHUN BUKANLAH WAKTU YANG PANJANG, MENGINGAT BETAPA PERJUANGAN UNTUK TETAP HIDUP MENJADI CERITA YANG TIDAK AKAN ADA HABISNYA WALAU SETIAP HARI DIKISAHKAN DAN DIULANG ULANG HINGGA MULUT KITA BERBUSA.

SAYA TIDAK AKAN MENCERITAKAN BAGAIMANA RASANYA MENGIDAP PENYAKIT INI, WALAUPUN SETIAP TEMAN YANG DATANG SELALU BERTANYA TENTANG RASA SAKIT YANG SAYA DERITA, JIKA SAYA KATAKAN PADA MEREKA  TIDAK SAKIT, SAYA PASTI BERBOHONG, TETAPI JIKA SAYA KATAKAN SAKIT, SAYA TAKUT DITUDING TIDAK BERSUKUR .

SELAMA LIMA TAHUN INI, SAYA SUDAH DIRAWAT SEBANYAK SEMBILAN KALI DI RUMAHSAKIT, TERUTAMA KETIKA KONDISI SAYA SANGAT BURUK, ADA TEMAN YANG BERKELAKAR, KALAU NYAWA SAYA ADA SEMBILAN SEPERTI CERITA LUCU TENTANG KUCING, DAN BERARTI INI ADALAH NYAWA TERAHIR SAYA, MENGINGAT SAYA TELAH SEMBILAN KALI ANFAL DAN DIRAWAT DI RUMAHSAKIT.

CRONIK MYLELOYD LEUKEMIA ATAU CML, ADALAH PENYAKIT YANG AKU IDAP, KEMOTERAPI ORAL AKU JALANI SELAMA LIMA TAHUN INI, ADA BEBERAPA MACAM OBAT SITOSTATIKA DALAM KEMOTERAPI YANG AKU JALANI, DIANARANYA ADALAH : MYLERAN, HYDREA, MERCAPTO PURINETOL, DAN BEBERAPA OBAT PENDUKUNG SEPERTI ATRA DAN ALLOPURINOL.

NAMUN KARENA KETERBATASAN BIAYA, AKU HANYA MENGGUNAKAN HYDREA SAJA, KARENA OBAT INI CUKUP MURAH UNTUK UKURAN OBAT SITOSTATIKA DAN COCOK DENGAN TUBUHKU. SINGKAT CERITA, AKU DAN HYDREA TIDAK BISA DIPISAHKAN.

NAMUN DALAM DUA BULAN INI HYDREA MENGHILANG DARI PASARAN DI JAKARTA, AKU MENCARI KESEMARANG DAN JOGJA JUGA TIDAK ADA, DAN KABAR TERAHIR AKU DENGAR DARI YAYASAN KANKER INDONESIA, BAHWA OBAT HYDREA 500mg  SUDAH TIDAK LAGI BEREDAR DI INDONESIA, SINGAPURA DAN MALAYSIA, DIKARENAKAN AGEN PENYALUR TUNGGALNYA DICORET DARI DAFTAR AGEN MENURUT STANDAR BRISTOL MYERS SQUIBB, USA.

SETELAH HAMPIR DUA BULAN SAYA TIDAK MENGKONSUMSI HYDREA, KONDISIKU SANGAT BURUK DENGAN HEPATOSPLENO MEGALI BERAT, ATAU PEMBENGKAKAN HATI DAN LIMPA. LEUKOSITKU MELONJAK TAJAM HINGGA HAMPIR EMPAT RATUS RIBU, PADAHAL ORANG NORMAL HANYA MEMILIKI LEUKOSIT SEPULUH RIBU SAJA. TROMBOSITKU PUN ANJLOK HINGGA SAYA HARUS TERGOLEK LEMAH DI TEMPAT TIDUR.

KINI SAYA SEDANG MENUNGGU HARI, YA… HARI DIMANA AKU TERBEBAS DARI SEGALA PENDERITAAN INI, KARENA TERIAKANKU TIDAK PERNAH MENDAPAT TANGGAPAN DARI MANAPUN TERUTAMA DEPARTEMEN KESEHATAN  ATAUPUN DISTRIBUTOR OBAT DAN APOTIK DI JAKARTA, TENTANG JALAN KELUAR PENGADAAN OBAT HYDREA DI INDONESIA, PADAHAL SAYA ADALAH SATU DARI LEBIH DARI DUA RATUS RIBU ORANG DI INDONESIA YANG MEMBUTUHKAN HYDREA.

ENTAH SUDAH BERAPA JIWA YANG MELAYANG DALAM DUA BULAN INI KARENA KETIDAK TERSEDIANYA HYDREA DI INDONESIA, DAN BERAPA LAGI TUBUH YANG MEREGANG NYAWA KARENA TUBUH MEREKA MENOLAK UNTUK DI BERI PENGGANTI OBAT HYDREA, KARENA KANDUNGAN OBAT YANG BERISI HYDROKSIUREA TIDAK ADA LAGI SELAIN HYDREA.

SAYA SANGAT SADAR, WALAUPUN OBAT HYDREA TIDAK DAPAT MENYEMBUHKAN PENYAKIT SAYA, TETAPI KARENA FUNGSI DARI KANDUNGAN HYDROKSIUREA ADALAH MENGONROL JUMLAH LEUKOSIT YANG BERLEBIH, HINGGA PALING TIDAK SELAMA MENGKONSUMSI OBAT TERSEBUT SAYA DAPAT MENJALANI KEHIDUPAN INI SELAYAKNYA ORANG NORMAL, BISA BERAKTIFITAS SENDIRI DAN TIDAK  HANYA TERGANTUNG DENGAN ORANG LAIN.mayat

SAYA JUGA SANGAT SADAR, BAHWA OBAT YANG DAPAT MENYEMBUHKAN LEUKEMIA MEMANG BELUM PERNAH ADA, DAN SAMPAI SAAT INI PUN BELUM DITEMUKAN, KALAUPUN ADA KLAIM KLAIM DARI BEBERAPA PENGOBATAN HERBAL YANG KATANYA BISA MENYEMBUHKAN LEUKEMIA PUN ITU BELUM BISA DILACAK DAN DIBUKTIKAN KEBENARANYA.

AKHIRNYA, SAYA BERDOA KEPADA ALLAH SEMOGA MENTRI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA SELAKU ORANG YANG PALING BERTANGGUNG JAWAB ATAS PENGADAAN  HYDREA DI INDONESIA, MENDAPAT AMPUNAN DARI ALLAH SWT.

WASSALAM

Artikel Terkait :
Deteksi Leukemia Mandiri ( DELIMA )
My Last Chemotherapy
Glivec vs Hydrea

“Semua Tulisan Oce Kojiro”

Comments
  1. van says:

    Hi Oce
    Saya cukup prihatin dgn kondisi yg kmu alami, tp sy sngt salut dgn semangat yg Anda miliki. di sini sya ingin berbagi aja dgn saudara Oce atopun saudara2 yg lain yg kebetulan mampir ke laman ini. sktr 7 tahun yg lalu saya pernah menangani seorg teman yg kena leukemia stadium 4 (gejalanya sama sprt yg Oce alami) dgn ramuan herbal, dan Alhamdulillah Allah telah berkemurahan menyembuhkannya tanpa obat atopun kemo. Klo saudara Oce memang mau saya akan mencoba (sya tdk berani menjanjikan apa2 krn kesembuhan adlh dari Allah) menterapi Anda murni dgn herbal, 100% murni natural tidak ada pake kemenyan, Oce ga perlu dtg berobat naik mobil mewah dan soal biaya up to you bahkan klo perlu 100% free of charge.

  2. ocekojiro says:

    hi van…
    terima kasih banyak sudah mampir bahkan bersedia membantu saya atau siapapun juga.
    sama seperti manusia normal lainnya, saya ingin sembuh, dan saya tidak ingin berhenti beriktiar mencari kesembuhan.
    namun, saya merasa ada penyakit yang harus saya sembuhkan terlebih dahulu sebelum penyakit kanker darahku.
    yaitu penyakit HATI.
    ketika sy menjadi imam solat berjamaah di masjid setempat, sy berusaha membaca surat sebaik mungkin agar mendapat pujian dari jamaah solatku, begitu ada yang memuji bacaanku yang baik aku langsung berbangga hati, padahal bacaanku masih jauh dari tartil, begitu juga ibadah2 lainnya, seperti haji, qurban, atau sodakoh. aku begitu bangga jika orang2 di kampungku memanggilku dengan sebutan bang aji atau haji, bahkan aku selalu ingin diperhatikan ketika memasukkan infak kedalam kotak amal pada setiap solat jumat.
    masih sederet penyakit hati seperti: sombong, iri, dengki, takabur,ujub,riya dll yang masih menjadi prioritas untuk aku sembuhkan terlebih dahulu.
    jika penyakit2 hati tsb sdh sembuh atau minimal berkurang, baru aku akan datang ke tempatmu.
    (tentunya) tanpa mobil mewah yaa….. he he.

  3. Sahabat Yogya says:

    Hiii Van….jika boleh tahu….treatmentnya seperti apa? Saya juga penyintas kanker, dan bukan hanya saya dan Oce yang ingin bertahan hidup lebih lama dengan penerimaan diri yang baik dan meningkatkan kualitas hidup serta menyiapkan “pertaubatan” untuk menghadapNya.
    Sejujurnya….apapun tawaran kesembuhan selalu membangkitkan semangat….namun dalam perjalanannya kerap kali di antara kami berucap “…….ini jalan Tuhan yang harus kami lalui….” tanpa ingin mengumbar kecewa.
    Please van, jika berkenan…silahkan berbagi dengan kami jalan yang kamu tahu….

  4. van says:

    Hi Oce, sy sngt menghargai keputusan Anda.
    dan untuk Sahabat Yogya salam kenal juga. Sy hanya memakai ramuan herbal, jus dan juga vitamin yang semuanya bisa kita dapatkan di sekitar rumah kita kecuali vitamin ya toko obat deh.

  5. Paula says:

    Dear Oce,
    Obat Hydrea bisa ditanyakan ke 021-3926286 Divisi Hematology RS Cipto Mangunkusumo. Semoga terbantu.

    Salam,
    Paula

  6. ocekojiro says:

    Hai Paula….
    Trimakasih atas infonya, bln oktober lalu hydrea jg sdh ada lagi di YKI dan apotik besar di mangga dua, walau dlm jumlah terbatas. Setahu sy harga di YKI adalah yg paling murah dari harga di seluruh Jkt/indo.
    Thanks.

  7. Dahlia says:

    Dear Oce,

    Ayahku juga sakit leukimia, kemarin ini pun ak dapatkan obat dari pabrik kimia farma langsung.
    Tapi minggu ini, obat tsb ditempat biasa ak beli tsb, sdh gak ada lagi.
    Katanya kalo mau ak hrs beli langsung ke Australia.
    Tapi jika baca email kamu ini, kamu bisa dapatkan di India dan kamu punya adik tinggal disana, tolong dong…pleaseeeee… ak mau beli juga…

    Please… dibantu yaa..
    dirumahku persediaan obat hanya tinggal utk 5 hari saja.

    Pleaseee…
    Tolong yah Mas..
    Semoga Allah SWT segera mengangkat penyakit ini dari muka bumi … Semoga Ayahku dan juga mas Oce segera sembuh total dari penyakit ini.. amin… amiiinnn..ya Raa
    bbal alamiin…

    Wass wr wb,
    Dahlia

  8. ocekojiro says:

    Dear Dahlia.
    Besok sore waktu india (7 Jan 2010) adik sy sdh bersiap berangkat ke Jkt jadi waktunya sangat mepet sekali, namun jika secepatnya anda tuliskan apa nama obatnya mungkin masih ada sedikit waktu, atau jika yg anda maksud Hydrea 500 mg seperti yg sy pesan, mungkin sy bisa membantu karena sy memesannya agak banyak karena ada beberapa teman yg jg menitip.
    Atau hub sy di (021) ….
    Wass

  9. ongky says:

    hi kawan

    semangat mu seperti pejuang kita,itu kamu miliki sebagai modal melewati cobaaNYA, kau pun sadar penyakit hati (fikiran) biang dari sumber penyakit ,akan kamu perbaiki itupun menjadi modal untuk melewati cobaaNYA.
    Semoga Allah SWT memberi kesembuhan pada umatNYA.
    amin

  10. Heri says:

    Salam sehat oce,
    Kalau jenis leukemia Oce benar CML, apakah sudah pernah dengar GLIVEC? GIPAP? NOA? ELGEKA? kalau belum saya informasikan sekilas ya…GLIVEC adalah obat imatinib yang merupakan tahap pengobatan leukemia CML ke 4 setelah Hydrea, Recombinant alpha interferon dan Terapi kuratif yang mampu menghilangkan kromosom philadelpia dan berpengaruh pada turunnya jumlah leukosit bahkan normal dan mengecilnya limpa yang membengkak. GIPAP (Glivec International Assistance Program) yaitu merupakan salah satu program PT. Novartis International sejak tahun 2001 dalam memberikan bantuan obat GLIVEC dengan biaya sangat ringan bahkan gratis melalui YKI Jakarta. NOA (Novartis Oncology Acces) adalah kelanjutan GIPAP yang sekarang dihentikan. Sedangkan ELGEKA adalah Komunitas dari pasien CML yang mendapatkan bantuan obat GLIVEC, saya adalah pengurus ELGEKA Bandung. Informasi lebih lengkap tentang NOA bisa menghubungi NOA Call Centre di 021-36901133. Mudah-mudahan informasi ini berguna. Blog yang saya buat belum sempurna mudah-mudahan kedepan dapat menjadi pencerahan buat pasien CML dan GIST lainnya.
    DON’T GIVE UP…You Are Not Alone…Together We Can….

  11. ocekojiro says:

    @Heri: Trims atas penjelasannya…
    Sebenarnya sejak awal sy sdh tahu obat Glivec itu ada, namun ketika akan diganti dari hydrea 500mg yang ketika itu sy konsumsi sebanyak 5-6 kapsul/hari, sy mulai berfikir biaya yg harus sy keluarkan untuk glivec yg harus sy konsumsi seumur hidup.
    Harga glivec yg sy butuhkan ketika itu ( 600-800mg /hari) ketika itu th 2004 berkisar 50-60 juta perbulan karena setiap boxnya berisi 60 butir (100mg) seharga 17juta rupiah per box.
    So… sy mencoba bertahan dg hydrea sampai sekarang karena sy tidak akan mampu membeli obat tsb.
    Oya, tentang NOA dan obat glivec gratis, sepertinya masih banyak penderita leukemia LGK yg relatif lebih muda dan lebih membutuhkan dari pada sy yang sudah berusia 43 th ini.

  12. aslkm, pasien kami ada yang bergantung pada hydre, mohon diinformasikan kemana bisa mendapatkannya lagi?..trmkhs

  13. bowo says:

    Jika ada yang membutuhkan Hydrea 500 mg bisa klik disini:

    http://hydrea.indonetwork.co.id/1749560/hydrea-500-mg.htm

  14. Yogi Maystro says:

    Ass.Wr.Wb. Saudara/Saudari ku penderita Leukimia

    Saya adalah Yogi, saya memiliki seorang istri tercinta yang bernama badriah, sudah hampir kurang lebih istri saya mengidap penyakit ganas ini….mulai saat kami masa berkenalan dulu kami baru menikah kurang lebih 7 bulan yang lalu tepatnya bulan juli 2009, pada saat itu masih sangat mudah untuk mendapatkan obat tersebut….setelah umur penikahan kami 4 bulan saya dapat informasi bahwa hydrea sudah tidak di produksi lagi….begitu sedih hati ini mendengarnya…kami sudah mencoba untuk mencari dan bertanya kemana – mana, tetapi tetap jawaban yang sama katanya hydrea sudah tidak di produksi lagi….
    dan saya putuskan hanya dengan doa, ikhtiar serta ibadah kapada Allah semoga..istri ku tercinta dapat sembuh dan terbebas dari penyakit ganas…
    Untuk Istriku tercinta dan Saudara/saudari-ku semoga kalian dapat cepat terbebas dari penyakit tersebut…
    dan saudaraku Oce teruslah bersemangat untuk mendapatkan kesembuhan…

  15. dennis says:

    Salam sejahtera Bpk H Oce

    Pada awalnya kami agak meragukan obat hydrea dari anda, karena harganya cuma 300 rb per seratus butirnya. tetapi setelah kami bawa ke beberapa apotik dan toko obat di bekasi dpt dipastikan bahwa obat hydrea dari anda asli buatan Saraai India yang juga dibawah lisensi bristol myers squib. Dan kami mohon untuk bulan depan kami diperbolehkan membeli kembali karena keterbatasan ekonomi kami.
    Terima kasih dan kami doakan agar pak Oce selalu sehat dan mendapat lindungan dari Tuhan YME. Amin.

  16. ocekojiro says:

    @yogi: Sy acungkan kedua jempol sy buat anda, karena sebelumnya anda sudah tahu bahwa calon istri anda mempunyai penyakit leukemia dan anda tetap menikahinya dan menyayanginya bahkan banyak berkorban untuknya, dlm keadaan susah obat seperti sekarang ini anda jg harus muter2 ke seluruh jakarta guna mencari hydrea buat istri anda. Sangat langka orang yang seperti anda dan semoga keiklasan anda mendapat ganjaran yg setimpal dari yang Maha Pengasih dan Penyayang.
    Kehujanan di jalan gak? pas kamu pulang, disini hujan deras banget tuh…

  17. ongky says:

    salam sehat oce

    saya ongky mempunyai orang tua laki2 yang terkena kelainan darah sudah 4 tahun yang mempunyai trombosis 1,2 juta .leukosit 40 ribu. yang lainnya dibatas normal saya bertanya kepada dokter penyakit apa? dokter ahli darahnya mengatakan kelainan darah bukan kanker. dan di beri obat hydrea sampai hari ini.dari dosis 3 x3 lantas turun dosis menjadi 2×1, setelah sekian lama kosumsi obat tersebut asam uratnya tinngi lantas diberi obat allopurinol cukup efektif menurunkan asam uratnya dan HB nya turun sejak 3 bulan ini dari 11,3- 9.5 – 8.2. diposisi saat ini dgn HB 8.2 beliau lemas dokter memberi obat feriz , namun tidak efektif .yang ingin saya tanya kepada oce obat penunjang untuk menaikan BH yang bagus apa yah dari pengalaman oce, atau saran apa dari oce terimah kasih sebelumnya

    ongky

  18. ocekojiro says:

    Dear Ongky.

    Untuk menaikkan trombosit atau HB biasanya sy dan temen2 menggunakan Sangobion 3x1untuk waktu tiga hari saja, seterusnya hanya 1×1 hari saja atau atas anjuran dokter.

    Dalam keadaan darurat pun bisa menggunakan buah bit segar yang diparut dan disaring sebanyak satu gelas dan diminum 3 kali sehari. Jika kesulitan meminumnya karena rasanya yg agak berbau langu, bisa juga dikukus dan dimakan seperti ubi rebus.

    Makan yang banyak hingga 5 kali sehari, susu, buah dan sayuran juga perlu, dan hindari kacang tanah.

  19. ongky says:

    dear oce

    terima kasih oce atad informasinya,aku coba sayan kamu thanks yah sekali lagi,cepat sembuh yah oce

  20. Evendy SInaga says:

    Saya sangat senang membaca pengalaman bapak.
    Anak saya juga lagi opname krn penyakit leukimia, setelah selesai kemoterapi dan pulang dr rumah sakit saya akan mencari OBAT HYDREA.
    Anak saya berumur 4 thn

  21. eli says:

    Buat yang nyari HYDREA ada di apotik TULIP RS DR SARDJITO YOGYAKARTA.tlp (0274) 587333 sudah tersedia

  22. lia says:

    bagaimana cara pemakaian hydrea ya? 1 hari perlu mengkomsumsi berapa kapsul?
    Terima kasih

  23. ocekojiro says:

    @Lia : Hydrea bukan obat, hydrea adalah ‘sitostatika/racun yang sangat berbahaya bagi yg mengkonsumsinya. Kami terpaksa dan menyebutnya obat hanya sebagai sugesti agar bisa hidup lebih lama.
    JADI… Jangan coba2 mengkonsumsi hydrea tanpa ada anjuran dari dokter/hematologi/internis/onkologi anda. Untuk menentukan penggunaan hydrea seorang dokter harus memiliki data penderita yg lengkap dari mulai pemeriksaan darah lengkap, hitung jenis, darah tepi, hingga BMP atau pemeriksaan sumsum tulang belakang.
    Diantara efek samping hydrea antara lain adalah rambut rontok, sariawan, mual-muntah, diare, Penekanan sumsum tulang, gangguan lambung-usus, ruam kulit, sakit kepala, disorientasi, edema paru, disuria (kesulitan berkemih atau sakit sewaktu buang air kecil), kerusakan fungsi tubular ginjal dan masih banyak lagi.

  24. Radian Ilham says:

    Salam kenal untuk ocekojiro
    “pada saat saya menemukan blog ini, komentar terakhir ditulis pada tanggal april 13, 2010 saya harap blog ini masih aktif”

    sebelumnya Patut saya ucapkan salut kepada anda yang masih memiliki semangat hidup dengan penyakit yang anda derita.

    saya mohon nasihat anda,

    Kakak saya tercinta 2 minggu yang lalu dinyatakan + terkena leukimia akut. selama 2 minggu itulah kk saya dirawat dirumah sakit. dengan kondisi yang naik turun. trombositnya terus turun dan leukositnya terus naik. setelah leuko nya di buang dengan mesin dan trombo nya di transfusi kini kondisinya sudah mulai membaik namun masih mengkonsumsi obat hydrea. dokter menyarankan untuk kemo namun kami sekeluarga kurang setuju dengan tindakan tersebut karena dokter tidak menjamin akan dapat sembuh. dan kk saya tidak mau dikemo, dan kk saya lebih memilih pulang karena sudah tidak betah dirumah sakit. dan hari ini kk saya baru saja pulang dari rumah sakit.

    saya mohon nasihat anda, apa yang harus kami lakukan? selain kemo.

    dan bagaimana cari menaikan trombo? terima kasih.

  25. ocekojiro says:

    @Radian:
    Tentang tdk mau di kemo,itu adalah keputusan anda dan keluarga, karena untuk leukemia jenis akut kemoterapinya akan sangat menyakitkan dan sangat beresiko sekali, dosis obat kemoterapi yg sangat besar akan di suntikkan/infus kedlm tubuh secara frontal untuk membunuh sel2 darah putih yg abnormal itu. Namun… jika apa yg anda ceritakan itu benar, ttg leukosit yg telah dibuang dg mesin, berarti sdh tdk ada lg kemo dlm dosis tinggi seperti yg anda takutkan itu, kecuali kemo dlm dosis kecil atau ‘penyinaran, itupun jika ada pembengkakan di kelenjar.
    Adapun jika kk anda sdh mengkonsumsi hydrea, berarti dia juga sdh menjalani kemo, karena hydrea adalah sitostatika atau salah satu obat kemoterapy.
    Dosis hydrea 500mg harus disesuaikan dg jumlah leukosit, jadi kk anda harus cek darah minimal ‘hematologi lengkap’.( HB, Trombosit, Leukosit, Hematokrit dan Eritrosit)
    jika lekosit +- 100.000 maka dosis hydrea 2/3 capsul sehari, jika lek 200.000, 4 cap/hari, dst.
    Perlu jg diperhatikan kadar asam urat, karena penggunaan hydrea akan menaikkan asam urat. (Biasanya) setiap 1 cap hydrea dibarengi dg 1 tab allopurinol 100mg, namun jika tdk ada peningkatan asam urat maka tdk usah mengkonsumsi allopurinol.

    Menaikkan hb bisa minum sangobion 1 kali sehari atau jika hb dibawah 8 boleh 3×1 itupun hanya untuk 3 hari saja, seterusnya kembali 1×1.
    Menaikkan trombosit bisa dg jus jambu biji, jus buah bit serta angkak (pilih yg disukai hingga trombosit mencapai 200rb-450rb), Makan nasi (walaupun sedikit) 5 kali sehari.
    Tetap semangat…

  26. Radian Ilham says:

    ocekojiro.

    terima kasih sbelumnya.

    saat ini kk saya perutnya selalu sakit setelah makan dan minum, apakah ini ada pengaruhnya dengan hydrea?
    lalu, dengan konsumsi hydrea dan sangobion / jus jambu secara trus mnerus untuk leuko dan trombo nya. apakah darahnya bisa stabil?
    apakah kemo bisa menjamin sembuh? dan mohon penjelasan perbedaan akut dan kronis?

    mungkin saya akan banyak bertanya kepada anda. saya ucapkan terima kasih banyak atas pengertian dan kesediaan anda tuk mnjawab.

  27. ocekojiro says:

    @radian:
    Perut (kiri atas) selalu sakit stlh mkn bukan karena hydrea, tetapi kr pembengkakan hati/limpa, jd utk bebrp minggu k dpn sebaiknya mkn bubur atau nasi yg lembut dl.
    Leukosit bisa di kontrol ! HB dan trombosit jg bisa di naikkan.
    Kondisi setiap pasien berbeda2 meskipun type penyakitnya sama, dan pengalaman pengobatan sy belum tentu bisa diterapkan dengan penanganan/pengobatan utk kk anda, jd… langkah yg paling bijak adalah tetap konsultasi dg dokter yg menangani kk anda.
    Kemoterapi bg pasien leukemia memang tdk menjamin utk sembuh, namun… selalu ada harapan dan jgn pernah putus harapan.
    Mungkin salah satu hal yg bisa membuat sy bertahan adalah bahwa sy tidak pernah menyerah…! Sy lebih miskin dari yg pernah anda bayangkan, tetapi itu bukan alasan bg sy utk tdk bisa mendapatkan obat dan konsultasi dg sahabat2 dokter sy.
    Perbedaan akut dg kronis secara garis besarnya adala jika akut itu mendadak sedang kronis pelan2 atau bertahap. lebih lengkapnya brosing sj di mbah google ttg leukemia.

  28. Radian Ilham says:

    Apakah anda sudah pernah dikemo? dan apabila leukosit anda naik lebih dari 100 rb apa yg anda lakukan. trims.

  29. ocekojiro says:

    >Raidan
    Mungkin maksud anda dikemo dlm dosis besar dg menggunakan infus, “Tidak pernah” karena tipe penyakit sy adalah kronis atau CML, jadi sy menjalankan kemoterapy oral dengan dosis menurut kebutuhan(setriap hari).
    Lekosit naik ingga 100rb bg penderita leukemia adalah hal yg biasa bahkan hingga 400rb jg masih lumrah meskipun harus SEGERA DIKONTROL hingga ada di seputaran 30-40ribu. Yg lebih berbahaya sebenarnya jika lekosit sangat sedikit sekali hingga dibawah 500 atau 100, karena infeksi kecil saja seperti pilek ataupun batuk, sudah lebih dari cukup untuk bisa mengakibatkan kematian apalagi infeksi sekelas diare atau yang disertai luka dan pendarahan.
    Oya, bnyk penderita leukemia seperti sy, yg harus bisa menentukan sendiri pengobatannya.
    Sejak september 09 sy sdh tdk pernah konsultasi dg doker sy lg, meskipun sesekali menelpon sekedar utk menjaga hubungan msh sy lakukan, intinya adalah, sy membutuhkan dokter hanya untuk secarik resep untuk dapat menebus obat, sedangkan jika sy sdh punya obatnya utk apa lagi sy datang ke dokter spesialis, meskipun sahabat2 dokter sy, bisa saja memberikan resep tanpa memungut biaya kepada sy alias gratis.
    Begitu juga dosis, pasien leukemia yg bisa survive sampau dua tahun apalagi bisa lebih, harus sdh bisa menentukan dosis yg dibutuhkan oleh tubuhnya sendiri, bahkan sejak nopember 09, sy belum pernah periksa darah di lab karena dengan meraba perut kiri atas (tepat dibawah tulang rusuk terahir) sy sudah bisa mengira2 berapa jumlah leukosit saya, meskipun tidak sama persis seperti angka2 yg dikeluarkan oleh lab tetapi hampir selalu akurat. Lumayan… bisa ngirit biaya laboratorium dan dokter spesialis setiap bulan kan ? he he…
    Oya, kalo boleh tahu dimana kamu n kkmu tinggal?

  30. Sahabat Yogya says:

    Oceee….
    Kamu HEBAT, please jangan di delete komentarku ini.Kamu boleh GR, boleh NARSIS…ha ha ha ha ayok kita menertawakan diri sendiri.

    @Raidan….
    Jangan berdiri terlalu lama dengan kecemasan dan ketakutan, dan melangkahlah dengan keyakinan yang kuat. Yang terpenting jangan meninggalkan Tuhan. Satu lagi, hidup dengan kanker butuh tim yang kuat. Tidak hanya supporter atau pasiennya saja, tapi semua harus satu tujuan.Hidup ini indah, jika kita tahu sudut mana yang akan kita maknai.

  31. Radian Ilham says:

    Saya tinggal didaerah bekasi – Pondok Gede tepatnya, sekali lagi saya ucpkan terima kasih.

    apakah ada teman anda yang menderita leukimia akut?. karena begini pak. setiap leuko kk saya mencapai 100 ribu atau 110 rb saja dokter sudah mengharuskan leukoperesis atau mengeluarkan leukositnya menggunakan mesin.

    terpikir dalam hati saya. apakah tiap 3 hari sekali kk saya harus seperti ini ketergantungan hidup dengan mesin leukoperesis. memang kemaren kemaren dia minum hydreanya sangat tidak teratur. maka dari itu saya tnya sama anda apakah leuko 100 rb sudah sangat mencemaskan dan apakah hydrea bisa membantu dia untuk menjaga leukositnya? dan bagaimana pola hidup anda dan makan anda skrg? maaf banyak tanya, jujur saja setiap jawaban anda sangat membantu saya sekeluarga. Apakah sekarang anda bekerja ? oh ya. saat ini kk saya dalam keadaan yang sangat down sekali. maukah anda bertemu dgn saya… kapan kapan ada waktu. sekiranya berkenan.

  32. ocekojiro says:

    @Sahabat:
    Sy sangat setuju. Semangat adalah kunci utama, namun masih butuh banyak dukungan seperti finansial, tim yg solid, suporter dll. Serta terimakasih telah mau ikut dalam barisan pendukung sy dlm menjalani hidup bersama kanker.

    @Radian:
    Seorang dokter yg menyarankan kemo kpd pasien leukemia, terutama pasien dewasa(35th ke atas), akan selalu menjawab ‘Tidak ada jaminan sembuh’ jika didesak oleh pasien/keluarga. Karena memang prosentase kesembuhan dari leukemia bagi orang dewasa sangat kecil sekali, hanya sekitar 3persen saja, dan selebihnya hanya bertahan hidup saja termasuk saya.
    Dan yg perlu diketahui, jika pasien ALL telah melewati masa2 kritis kemoterapy yg pertama,prosentase kesembuhannya lebih tinggi dari type leukemia lainnya.
    Bukannya mau menggurui, tetapi Justru disinilah letak ujian bagi anda dan keluarga, keiklasan mengeluarkan biaya besar tanpa ada jaminan untuk kesembuhan, keiklasan mencintai seseorang tanpa mengharap balasan cinta akan kembali, itulah dunia, semua hanya sementara.
    Beberapa bulan ini kondisi sy baik, sy tdk bekerja tetapi kegiatan sy banyak dan cukup melelahkan bahkan menurut orang sehat sekalipun. Sy tdk keberatan jika anda/kk anda ingin bertemu, namun jk ke pondok gede menggunakan sepeda motor, sy masih mikir 2 kali, soalnya sy di ciputat. ini no esia sy, 96612.
    InsyaAllah… tdk ada yg tidak mungkin di dunia ini.

  33. Sahabat Yogya says:

    @ Oce…
    Genap sudah 40 hari flare up dan rasanya hari ini saya sudah normal kembali. Sempat terlintas akan “game over” tapi alhamdulillah wis pecicilan maneh ha-ha-ha sesama pengangguran dilarang saling mendahului wkwkwkwkwkwkk kesimpulane Dokter Terbaik adalah DIRI SENDIRI hikhikhikhik.Satpam terbaik juga DIRI SENDIRI, jadi sebelum diomelin orang karena kelewatan pecicilannya, satpamnya dah pasang pentungan hik. Sorry nih ngaco, aku lagi bahagia diberi kesempatan dan kepercayaan melewati flareup terpanjang dalam hidupku.Beberapa hari terakhir basel temp ku sudah normal…meski masih harus ini itu dan protokol GT diperketat he he he, teteeep alhamdulillah

  34. Radian Ilham says:

    saya ucapkan terima kasih atas jawaban anda.

    bisa beri nomor esia anda yang lebih lengkap ke radian.ilham@gmail.com

    Hormat Saya
    Radian Ilham

  35. ocekojiro says:

    @ Sahabat.
    Jadi teringat kisahku ketika anfal atau flare up istilah kamu…
    ‘Game over’ seperti sebuah tempat yang begitu indah untuk kita datangi, padahal… jika kita benar benar telah gameover, kita tidak bisa memperbaiki diri lagi, dan bekal kita belum tentu cukup banyak untuk menempatkan jiwa jiwa kita ditempat yang mulia di sisiNya.
    Semoga… Kita masih bisa memanfaatkan kesempatan hidup ini untuk mempersiapkan bekal terbaik. Amin.

  36. Radian Ilham says:

    Oce,

    TIGA HARI YANG LALU KAKAKKU TERCINTA DIPANGGIL OLEH YANG KUASA. MOHON DOA KAWAN KAWAN SEMUA AGAR ARWAH ALMARHUMAH BISA TENANG DISISI ALLAH SWT. SEMOGA SEGALA AMAL IBADAHNYA DIDUNIA BISA DITERIMA. DAN SEGALA KESALAHANNYA DAPAT DIMAAFKAN.

    TAK LUPA SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA SAUDARA OCE YANG SUDAH IKUT MEMBANTU DALAM MENJAWAB SETIAP PERTANYAAN SAYA.

    HORMAT SAYA RADIAN ILHAM

  37. ocekojiro says:

    @Radian:
    Innalillahi wa innailaihi rojiun.

    Sesungguhnya kehidupan dan kematian ada di tangan Allah SWT.
    Kita tidak bisa mengelak dari kehendak-Nya.
    Tabahkanlah hati, ingat akan segala kebaikannya, maafkan semua kesalahannya, serta teruskan perjuangannya.
    Salam buat keluarga, dan semoga tabah dengan kepergiannya. amin.

    OCEKOJIRO

    Rasulullah SAW bersabda:

    “Dari Auf bin Malik ia berkata:
    Saya telah mendengar Rasulullah SAW (setelah selesai shalat jenazah) bersabda:
    “Ya Allah… Ampunilah dosanya,
    sayangilah dia,
    maafkanlah dia,
    sehatkanlah dia,
    muliakanlah tempat tinggalnya,
    luaskanlah kuburannya,
    mandikanlah dia dengan air es dan air embun,
    bersihkanlah dari segala kesalahan sebagaimana kain putih bersih dari kotoran,
    gantikanlah untuknya tempat tinggal yang lebih baik dari tempat tinggalnya,
    keluarga yang lebih baik dari keluarganya,
    pasangan yang lebih baik dari pasangannya
    dan peliharalah dia dari siksa kubur dan siksa neraka.”

    (HR Muslim).

  38. [...] Saya yakin banyak diantara teman penyintas kanker yang mengenalnya dengan nama beken Oce Kojiro. [...]

  39. Ana says:

    Askum,

    pcr sy mengidap leukimia(krg tw jnsna krn dy tdk mw sy tlalu tw ttg sktnya)
    udah 2x dpasang chips dpunggung,bhkan sblm pmsangan chips yg k2,smpt operasi paru2 krn menurut dokter spon paru2 ad yg bocor dkrnkn ktdkstbilan sel darah merah sbg pengangkut oksgen,

    ibunya blng,dy hdup hny dg semangat cz dktr memvnisna umur tgl 2,6th(sjak awl 2009)
    saat ini pcr sy msh blm bs jalan(krn pmsgn chips yg k2)
    dan chips yg tpasang blm bs bkrj optmal.

    Mhn doa dr kwan2 smua,smg dy bs btahan hdup lbh lm lg. .
    Amin. .
    Jika Allah mengjnkan,
    insya allah awal thn dpn kt akn mnkh.

    Wassalam.

  40. Nasroh says:

    Suami sy mantan penderita leukemia dia CML.
    seandainya kami tahu ada obat hydrea dari india yang lebih murah daripada obat dari australia, atau seandainya kami tahu bahwa dengan sebuah semangat seseorang bisa bertahan dr leukemia.
    Seandainya tiga bulan lalu saya telah menemukan blok ini.
    Selamat berjuang bung, saya sangat faham betapa penderitaan yang didapat dari penyakit ini begitu berat, karena hampir 2 th sy merawat suami yang ahirnya menyerah.
    hati2 dengan makanan yang dijual diwarung2 pinggir jalan. makan makanan rumah lebih baik dari pada beli karena kebersihannya kita tidak tahu. ini penting !

  41. ivanka says:

    Assalammu’alaikum.. pak Oce dan lainnya,

    Ayah saya juga mengidap penyakit leukimia kronik sejak akhir 2008 lalu. Sehingga beliau konsumsi obat hydrea dan allopurinol. Kondisi 1 tahun pertama masih dalam keadaan biasa2 saja.

    Namun untuk 3 bulan terakhir ini kondisinya mulai menurun. Bobot tubuhnya berkurang, kulitnya menghitam, dan seringkali lemas, sehingga selalu minta untuk dipijat.
    Saat ini beliau sedang dirawat di RSPP. hbnya turun hingga 8, dan leukonya naik hingga 91rb. Oleh dokter diberikan hydrea dg dosis 3butir, dan dilakukan transfusi darah untuk meningkatkan darah merahnya.

    Alhamdulillah sekarang hb sudah naik jadi 10. dan leuko turun jadi 69 (meskipun penurunan sangat sedikit). Namun kondisi tubuhnya masih lemas, dan panas. Kemarin dokter mengatakan kalau di tubuhnya ada sel2 leuko yg baru muncul. Sehingga dianjurkan untuk meminum obat baru yg katanya lebih ampuh untuk mematikan sel2 tsb, nama obatnya GLIVEC.
    Permasalahannya, GLIVEC itu harganya sangat mahal, Rp 275rb/ butir, dan dalam 1 hari hrs diminum 4 butir.

    Pertanyaan saya, apa dari saudara2ku disini sudah ada yg mengalami hal seperti ini?
    apakah GLIVEC tsb obat yg tepat untuk penderita leukimia?
    Berapa lama penderita harus mengkonsumsi Glivec?
    & dimana saya bisa mendapatkan Glivec dengan harga yg relatif lebih murah?
    Apa ada solusi lain utk hal ini? apa ada alternatif lain, mungkin dengan herbal?

    Maaf bila saya kebanyakan posting, karena jujur saya sangat sedih sekali melihat ayah saya yg biasa gagah menjadi seperti ini. Terima kasih sebelumnya atas bantuan kalian, mohon doa untuk ayah saya.

  42. ocekojiro says:

    >Ivanka
    Sakit pada kepala dan perut kiri atas memang sudah biasa, begitu juga nyeri pd tulang dan persendian, hingga sangat tidak nyaman sekali bagi penderitanya, namun… jangan dipijat atau diurut. Jika hanya diusap2 boleh saja namun jika dipijat akan terjadi ‘pendarahan sendi’ di bawah lapisan kulit atau pd jaringan yang ditandai dg bentol2 atau bengkak yg berwarna hitam/biru, dan biasanya akan hilang dlm beberapa hari hingga 1 minggu.
    Jika pendarahan sendinya banyak maka otomatis HB semakin turun dam jika sampai 8 harus transfusi.

    GLIVEC atau GLEEVEC memang obat leukemia (CML), namun hanya untuk yang bertype: PH+ atau Philadhelpia Cromosoms. Jadi anda bisa cek di hasil BMP ayah anda jika hasilnya PH+ LGK(CML) maka obat GLIVEC memang cocok utk ayah anda, namun jika anya LGK (CML) saja, maka HYDREA juga sudah cukup.
    Dua bulan ini harga GLIVEC sudah normal berkisar Rp 210.000 untuk setiap butirnya, jika dibeli dipabriknya PT NOVARTIS (bekasi).
    Jika anda memang tidak mampu, anda bisa mengajukan permohonan untuk dapat menerima santunan Glivec gratis untuk seumur hidup di YKI SUNTER dan bisa mengajukannya di hematologi RSCM Jkt.

    Mas Ivanka, jika anda berada di RSPP, tolong kirim salam buat sahabat sy Mbak Yayuk asal DUMAI, yg sedang menunggu suaminya di lantai 6 tepatnya dikamar 629 kelas 1.
    Tolong sampaikan bahwa sy belum bisa menjenguknya karena pekerjaan yg belum bisa diwakilkan k orang lain, dan jika sore/ malam hari selalu hujan hingga sy takut masuk angin, karena sy hanya punya sepeda motor, he he…
    Terimakasih banyak dan semoga ayah anda semakin membaik dan bisa beraktifitas lagi.

    Wass.
    ocekojiro

  43. lydia dumaiyanti says:

    salam kenal utk mas oce dan mas ivan
    saya lydia salah seorang pasien CML/LGK dari RSCM yg mengkonsumsi Gleevec(melalui progaram bantuan obat)sjk oktober 2007…
    dari pemeriksaan BMP yg ke 3 pada bulan mei 2009 hasil BCR-ABL dinyatakan negatif..samapai saat ini saya masih mengkonsumsi Gleevec dgn dosis 400mg..

  44. lydia dumaiyanti says:

    Thx pa heri atas infonya..bravo utk ELGEKA Bandung
    terus jalan dan jalin kerjasama dgn ELGEKA Jakartaya..
    yg ingin bertanya ttg ELGEKA Jakarta bisa menghubungi
    Ahmad Fadjar Siata 0812824118…(Ketua ELGEKA)
    Paulus maria Bagus 08193222241..(Humas ELGEKA)
    Lydia Dumaiyanti 08128121900..08571520169..021 9122997..(Sekretaris ELGEKA)
    Kantor sekretariat ELGEKA Jakarta..Sarinah Building 11 floor jl M H Thamrin no 11 Jakarta 10350 telp.021 314654

    salam sehat..don’t give up

  45. lydia dumaiyanti says:

    bang oce…
    bergabunglah denagan kami melalui program NOA…karena Novartis menyediakan fasilitas bantuan GLEEVEC..kabar gembiranya utk pasien yg sdh resistence thd GLEEVEC dan harus mengkonsumsi TASIGNA..per bulan Juli 2010 ini akan berjalan program bantuan obat tersebut secara gratis..
    ketua ELGEKA (Ahmad Fadjar Siata) survive dgn CML selama 20 th..

  46. Radian Ilham says:

    Amin Amin Ya Robbal Alamin.

    Terima kasih bro.Keep Figting bro.

  47. budi mulyanto says:

    selamat malam pak Ocekojiro… ibu saya mengidap CML, ikut program NOA, tp sdh 2 minggu ini oleh dr suharti dinyatakan obat glivek sdh tidak direspon lagi. sblmya ibu sy minum glivek 400mg/hari. kata dokter penyakitnya dari CML sdh beralih ke AML. Sekarang ibu saya di suntik kemoterapi 4x sebulan. mohon saran2 dari saudara2 yg ada di komunitas ini.

  48. budi mulyanto says:

    dear Ocekojiro,…

    kenapa harus menghindari konsumsi kacang tanah?? soalnya ibu saya seneng dgn kacang tanah…

  49. budi mulyanto says:

    salam kenal untuk ivanka,,
    ibu saya juga sakit CML skrng beralih AML. Minum glivec 400mg/hari. Untuk mendapatkan Glivec gratis hub YKI jakarta untuk mendaftar Program NOA. Email saya budimaskarebet.7372@yahoo.co.id .Semoga cepat sembuh. untuk pengobatan herbal ibu saya juga saya berikan rebusan daun tanaman sirsat, mahkota dewa dan tapak dara.

  50. ocekojiro says:

    Dear Budi Mulyanto
    Sebenarnya kacang tanah kaya akan gizi,mineral, lemak dll. Namun pengolahan yg umum dilakukan adalah dg cara digoreng untuk membuat pecel/ gado2/ somay/ bahkan bumbu sate, pengolahan yg salah seperti itulah yg sebenarnya harus dihindari, karena akan merubah lemak tak jenuh menjadi lemak yg erbahaya bagi tubuh terutama penderita jantung, hypertensi, ahkan kanker payudara dll.
    Ada sedikit tips dari sy yg sy ambil dari ‘Gerson Therapy’, jika ingin mendapatkan kalsium tinggi buat buah hati dlm masa pertumbuhanya, pemberian susu berkalsium tinggi yg mahal harganya tidak akan efektif karena kalsium pada susu olahan tersebut tdk dapat terserap maksimal oleh tubuh, namun pemberian segenggam kacang kacangan mentah/ direbus untuk camilan, jauh lebih baik untuk memenuhi kalsium pd anak.

  51. Iman says:

    Met malam mas Oce,

    Salam kenal mas dan salut atas surviving hingga saat ini. Mohon info kemana sy bisa hubungi anda atau mkn bisa tlg diemail ke saya imanlgedi@yahoo.com.

    Saya mempunyai anak 4.5 thn (cewe) yang divonis terkena leukemia jenis AML akan tetapi detailsnya akan diberikan pada hari senin besok. Mendengar berita ini, hati saya hancur lebur seketika dan kiranya dengan bisa sharing ke anda, saya bisa banyak mendapatkan informasi seputar hal ini sekaligus membangkitkan rasa PD utk bertempur melawan penyakit ini untuk sang ananda tercinta.

    Terima kasih sebelumnya.

  52. ocekojiro says:

    @Iman
    Salam kenal juga buat mas Iman, semoga mas Iman tidak mundur satu langkahpun dalam mengusahakan kesemuhan buat ananda tersayang. Dan kami, juga para survivor leukemia ataupun kanker pada umumnya, juga pengunjung blog ini akan mendoakan ananda dari mas Iman karena kami yakin bahwa kekuatan doa juga memegang fakor dominan pada kesembuhan dari Allah. Insyaallah…
    No sy (021) .

  53. @ Mas Iman & Kang Oce, mungkin untuk dapat tempat sharing yang lebih banyak, bisa bergabung dengan CISC, bisa hubungi Mba Sri 081388802009, atau Pita Kuning untuk Kanker Anak. Di sana kita tidak sendiri…banyak teman yang support dan tetap survive.Semoga informasi ini bermanfaat.

  54. mirdah says:

    Ass., Pa’ Oce yang penuh semangat!!! Saya dr makassar, Semalam sy menemani bapak saya untuk periksa darah ke dokter. Karena beberapa bln terakhir kondisinya menurun dengan ditandai berat badan menurun, pusing, mudah cape, bahkan dia mengeluhkan terdapat pembengkakan di bawah tulang suruknya tp dia tdk merasakan sakit walaupun ditekan. Dan akhirnya dokter memvonis bahwa bapak sy menderita leukimia, setelah diperiksa darah dengan leukosit 288.000. Dan diberi resep hydrea 500mg namun ironisnya di makassar sdh 2 bulan terakhir ini tdk ada stok sm sekali. makax kami sekeluarga kebingubgan krn kami disarankan u/ membeli obat tersebut di jakarta tepatx di Apotik rs. dharmais, Namun kami tdk memiliki keluarga di jakarta.
    Setelah sy mendengar vonis dokter tersebut, air mata sy seakan mau jatuh namun sy tahan agar sy tdk memberikan kesan yg buruk pd bapak saya. Menjelaskan ke bapak sj sy belum bisa mengatakan bhwa dokter telah memvonis dirinya mengidap kanker darah, krn sy khawatir dia malahan drop mendengar berita tsb. Sy tdk tau hrs menagtakan apa ke bp sy. Olehnya itu sy sngat mengaharapkan sharing dr bp oce mengenai hal tersebut di atas. Karna kami sekeluarga snagt mengharapkan kesembuhan bp kami seperti sedia
    kala.

  55. ocekojiro says:
    Dear Mirdah
    Cepat atau lambat, ayahanda juga akan tahu dan harus menerima kenyataan bahwa dia akan hidup dengan leukemia. Tidak ada tempat untuk takut, apalagi mencoba untuk lari dari kenyataan. Setelah hasil BMP keluar dan seseorang dinyatakan menderita leukemia, maka peran anda sebagai keluarga/anak akan sangat menentukan apakah beliau dapat menjalani kehidupannya dengan baik atau sebaliknya.
    Leukemia tidak berarti mati, tetapi setiap yang bernyawa pasti mati.
    Artinya adalah dengan atau tanpa leukemia, kita semua akan mati, dan anda pasti sudah lebih mengerti dari saya tentang bekal terbaik yang akan kita bawa kelak.
    Saya tidak sedang membual atau malah menakut nakuti anda atau siapapun, tetapi leukemia buat saya adalah ‘ANUGRAH.
    Ketika saya sehat, saya sangat jauh dari Allah, semua yang dilarang saya lakukan dan semua yang diperintahkan malah saya tinggalkan, dan seandainya saya tetap sehat hingga hari ini, mungkin saya tidak pernah berubah dan kembali ke jalan yg diridhoi Allah.
    Jadi… Kabarkan dengan cara yg terbaik menurut anda dan keluarga, Insyaallah… Allah tidak akan memberikan sebuah ujian kepada hambanya diluar batas kesanggupannya.
    Mengenai Hydrea 500mg memang agak dilematis, rs dharmais, rscm dan rs2 lain dijakarta pun tidak bisa memberikan hydrea jika tanpa resep dari dokter yg berpraktek disana, jadi coba saja membeli ONLINE dengan brosing di google dengan klik hydrea, maaf sy tdk bisa memberikan linknya karena pernah mendapat warning dari WP karena memuat link untuk iklan.
    atau jika dalam 2-3 minggu masih belum mendapatkannya bisa tolong beri alamat email anda yg bisa dihubungi.
    Dan semoga ayahanda bisa cepat sembuh dan bisa beraktifitas lagi serta semakin sabar dan tawakal dalam menjalani hidup. Amin.
    Wass
  56. Ny Soeminto H.K says:

    Ass mas Oce
    Sudah beberapa hari sy eksplor website ini bahkan hampir semua artikel dan komentar sampai yang kecil kecil sudah saya baca, tetapi tidak ada sebuahpun nomor telepon mas yang utuh. sebagian nomor hilang bahkan hanya kode wilayahnya saja.
    Sebenarnya anda ini fiktif atau tidak sih ?
    Maaf ya mas, saya cuma kepingin sharing dan ngobrol banyak dengan mas Oce apakah itu terlalu berlebihan ?
    Terimakasih mas

  57. ocekojiro says:

    @ Ny Soemito
    Trimakasih banyak atas kunjungannya dan tolong buka email ya bu, sy dah kirim nomer sy disana, atau buka halaman ABOUT ME, trims
    Wass.

  58. mirdah says:

    Ass.,
    Aku ucapkan banyak terima kasih kepada bp. oce yang telah membalas tulisan sy ini, dan mudah2an setelah membaca tulisan bp diatas sy bs menjadi kuat & tabah untuk menjalani cobaan ini.
    P’ Oce aku sangat memharapkan hydrea tersebut demi kesembuhan bp. saya, makax sy sangat membutuhkan bantuan dr p’ oce yang sekaligus dapat menjadi penyemangat buat kami sekeluarga. alamat emailku : mir_dhavina@yahoo.co.id
    Semoga Allah SWT, memberikan rahmatNya kepada kita semua..Amiinnn…

  59. ory says:

    assalamu’alaikum wr wb…..
    hai mas oce.saya mempunyai pacar yg sudah menderita leukimia…..
    dy kira2 sdah 8th lebih menderita penyakit ini…..

    dan saat ni dy sedang anfal….terakhir check up hasilnya mengharuskan dy u/kemo 1 bulan sekali bahkan lebih…..bagaimana jika sudah seperti ni???
    saya baru 3 bulan mengenal dy…banyak yg saya ingin tau ttg leukimia mohon saya dibantu mas oce, u/ sharing ttg pantangan n bgmana bersikap dgn orang yg menderita penyakit ini……

    saya sangat mengharapkan bimbingan mas oce……terima kasih mas…..
    oryginale_ory@rocketmail.com

  60. Mukesh kumar meena says:

    Hello dear,
    i am mukesh, 25 years old and cml patient also from 09-2009. I am a govt. Employee in ESIC in india. I takes gleevec 400 mg daily. My department provides this medicine to me free of cost. Hydrea is available in my office and i can provide this med. To you freely. Pls send ur address and contact detail at my yahoo Id.

  61. ocekojiro says:

    Hi Mukesh.
    I am very grateful if you would send me the Hydrea drugs.
    You need to know that during these few months I get a supply of hydrea from your country (India), but recent months, so hard to get it, because the drug not only for myself but also for some of my friends who also suffering from leukemia (CML) too.
    Btw, about the letter I wrote in the ‘Asian CMLsupportgroup’ that I really seriously want to buy hydrea mainly from India, coz that cost is very cheap, and if you are willing to help me, I extend many thanks.
    Please open your email Id yahoo and thanks a lot.

    Regards
    ocekojiro

  62. hobas says:

    salut atas semangat Pak Oce..Saat ini mama sy sedang berbaring lemah menunggu transfusi darah entah yang sudah keberapa kali..sy mohon doa dari semua teman-teman utk turut mendoakan mama saya agar bisa bertahan..saat ini jg saya sdng mengurus dokumen yg diperlukan utk mendapatkan program obat gratis di NOA..mohon share ke kami bg saudaraku yg sdh pernah mengurus program ini. kira2 dokumen apa saja yang diperlukan supaya tidak bolak2 balik ngurusnya ke kota asal sy di Pekanbaru…terimakasih.

  63. ocekojiro says:

    Dear Hobas
    Langsung saja tlp atau sms ke sekretaris ELGEKA cabang Jkt yaitu Mbak Lydia di : 021-91229972.
    Beliaulah yang mengurus surat menyurat untuk program GIPAP/NOA di POLI TERATAI Rumahsakit Cipto M (RSCM), beliau juga penghubung antara pasien penerima bantuan dengan pihak Dokter dan YKI.
    Salam buat Ibunda tercinta, tetap semangat dan terus berusaha. Kami mendoakan dari sini.
    Wass

  64. pedro says:

    Hi..Mukesh..you are a lucky man from the millions cancer survivor in the world..never give up. now i need Hydrea for my mother who suffering. and she had consuming it for long time..and i hear that Hydrea fron India is cheaper than other country..i am very grateful if you share me how to get it frm your country..if you don’t mind please conctact me by email : pedrochang74@yahoo.com
    thanks alot for your helping and we pray each other.

  65. hobas says:

    thanks for quick respons nya pak Oce dan juga atas doa yg bpk panjatkan kpd TYME buat ibu saya..sesaat stlah dpt info ini langsung sy telpon ke no yg bpk kasih. dan sy sdh dpt info tentang pendaftarannya..Kami sgt membutuhkan program ini untuk kesembuhan ibunda tercinta..semangat terus pak Oce..blog bpk ini sudah menjadi inspirasi berharga bagi setiap org yg mengunjunginya..dan semoga bpk lebih bersabar lagi..dan kita saling mendoakan. amin

  66. hobas says:

    thanks for quick respons dr pak Oce juga atas doa yang dipanjatkan buat ibunda sy..sesaat stlah sy dpt info ini dr pk Oce lngsng sy contact ke nomor tsb. dan sy sdh dpt info tentang cara pendaftarannya..sungguh blog pak Oce ini mjd inspirasi bagi semua org terutama bg penderita dan keluarga penderita cancer ini..semoga pak Oce lebih bersabar lagi dan bisa saling share buat sesama yg membutuhkan..

  67. Semoga Hydrea semakin mudah didapat. Amin….Jangan pernah capek ya Kang Oce! Kalo kesel dikit-dikit, pijitan dulu…ngaso dulu…terusin lagi perjuangannya!!!

  68. Kasan says:

    Salam sejahtera,
    Setelah membaca blog ini, saya tersa sangat terbantu karena menemukan titik terang utk membantu paman saya yg menderita CML.
    Semangat hidup harus diteruskan.
    Bang Oce, keep going.

  69. Afiat says:

    Terima kasih kawan semua aku dapat banyak informasi dari blog ini. Aku mau tanya kawanku terkena leukimia akut entah LLA atau LMA aku mau tanya katanya ada yayasan leukimia yang menjamin pengobatan pasien (maklum di perusahaan kami tdk menjamin penyakit seperti ini) mohon bantuan lokasinya dan persyaratan menjadi anggotanya mohon dgn sangat kawanku semua buat mas OCE trima kasih telah memposting semoga ALLAH membalas kebaikan mas dan kawan semua YA ALLAH BERKAHILAH ILMU MEREKA SEMUA SERTA ANGKATLAH PENYAKIT INI DARI SAUDARA 2X KAMI AMIIIN
    terima kasih semua, kiranya anda semua berkenan menjawab pertanyaan saya
    salam hangat :AFIAT

  70. mas oce saya butuh motivasi agar bsa seperti mas..
    saya uda bener2 frustasi mas..

  71. ocekojiro says:
    @Sahabat
    Trims ya… ini dah kebanyakan ngasonya, he he…
    @Kasan
    Trims dah berkunjung dan semoga paman anda diberi kemudahan2 dlm dalam mencari jalan untuk kesembuhannya. Amin.
    @Afiat
    Terimakasih telah berkunjung dan turut mendoakan kami, kami yakin doa yang terucap bukan hanya membawa kebaikan bagi yang didoakannya tetapi juga membawa berkah bagi yang melakukannya. Amin.
    Tentang yayasan yg dapat membantu pasien ALL atau LMA saya kurang begitu tahu apakah memang ada atau tidak, yg saya tahu adalah bantuan obat untuk yg bertype CML/LGK. Namun secara umum, apapun type penyakitnya akan dapat dibantu jika teman anda mempunyai JAMKESMAS atau surat keterangan tidak mampu lalu mengajukannya ke rumah sakit milik pemerintah ataupun Yayasan Kanker Indonesia.

    @Mutiara
    Kenapa prustasi, apakah kamu juga menderita leukemia?

  72. neessa em says:

    saat ini,, pacarku sedang mengidap kanker ganas ini. aku takud skali, apakah aku tidak akan lama bisa hidup bersamanya,, apakah penyakit ini tidak ada obatnya? dan apakah ada 0bat yg lumayan terjangkau yg bisa menyembuhkan penyakit sang “jantung hatiku” ini?

    trimakasih,, sudah mndgar jeritan hatiku

  73. neessa em says:

    mas 0ce?? gmn caranya bisa menghibur dia smntara dia sngad pesimis untuk hidup dan itu mbuatku smakin terpuruk…. T,T

    tolong bantu aku mas…maksie

  74. linda says:

    bagaimana kondisi bapak sekarang ?

  75. pranitya says:

    mas klo bleh tau crita awalnya pertama kali hasil labnya mas untuk leukosit jumlahnya berapa yah??

  76. sakura says:

    maksih ya infonya…. cuma kayaknya stok obat obat itu masih banyak di sby….. aku biasa dapet dari rs tempat aku biasa cek up…. rasanya mash cukup aman untuk stok kedepan….

    *bole tau lebih lanjut tentang pengobatan herbal nya gal yang daun sirsat, tapak dara itu lho takarannnya gmana????

  77. lucky says:

    Assalamu’alaikum….
    mas, pacar saya juga mengidap penyakit ini. saya sangat sayang sama dia! saya takut bila suatu saat harus kehilangan dia! tmen2 semua, saya mohon do’anya utk ksembuhan pacar saya tsbt terimakasih banyak….!

  78. deny says:

    Mas… skarang istri saya tergolek di rumah sakit krna penyakit ini.. dimana saya bisa dapatkan herbal utk penyakit ini

  79. tha says:

    hii van,
    sy pnya pcar sama mengidap pnyakit dengan oce,, sy boleh gg dengan cara pengobatan apa yg temen van jalani sehingga terbebas dari pnyakit itu..
    van sy sngat btuh informasi dari km.. smoga pcar sy yg mngidap pnykit itu bisa cpet smbuh…
    sy mhon balesn ny dri km…
    sblum.a trimakasih…

  80. Rini Wahyuni says:

    Saya punya tetangga,tepatnya anak tetangga saya umur 9 tahun yang mengidap Leukemia jenis CML,kalau bisa saya mau minta resep pengobatan herbalnya,soalnya posisi kami berada di luar Jawa (Sambas, Kalbar).Kondisinya sekarang sangat lemah, dia tidak bisa bangun dari tempat tidur, tubuhnya sangat kurus dengan perut yang membesar karena limpanya yang membengkak.Dokter menyarankan untuk dikemo, karena keterbatasan dana dan waktu yang tidak bisa ditentukan keluarganya menolak untuk dikemo.Terima Kasih.

  81. ocekojiro says:

    @ Rini Wahyun
    Sy pernah berada dlm kondisi seperti itu dan rasanya sangat luar biasa…
    Jd jika anda cukup perduli, tolong kabarkan pd keluarganya bahwa kemo pd pasien CML tidak seberat kemoterapy pd umumnya, tetapi hanya dg menggunakan dosis kecil yg setiap hari dikonsumsi tergantung kondisi pasien.
    Dan jika memang tidak mampu, ada program NOA yg bisa mengcover obat glivec dg gratis dg mengajukannya ke Rs pemerintah di daerah anda.
    Adapun pengobatan alternatif ataupun herbal bisa dilakukan sambil jalan.
    Trims.

  82. ratna says:

    Para pembaca yang budiman saya jg merasakan hal yg sama dengan teman2..kbetulan saya punya stock hydrea 500mg 5 box masih seal, jika ada yg berminat untuk membeli mohon SMS ke no sy 08788481700…trimakasih, smoga dapat membantu teman2,

  83. pyx says:

    assalamu’alaikum….
    saya ingin berdo’a pda smua orang yg terkena penykt ini agar mreka smua dpt smbuh dri penyakit ini.. krn org terksh sya mengidap penykt ini,, sya tdak mau kehilangan dia krna penyakit ini..

  84. Yudha says:

    paman saya kna leukimia mnurut dokter krena pngaruh radiasi apakah bnar ? kalo bnar apa yang cocok obat untuk pman saya trims atas doax

  85. Yudha says:

    maksud saya trims atas jawabanx

  86. ocekojiro says:
    @Pyx
    Terimaksih atas doa dan dukungannya. Dan banyak hikmah dibalik penyakit ini diantaranya kita menjadi lebih perduli terhadap sesama bahkan orang lain yg kita tidak kenal sekalipun.
    @Yudha
    Tentang peyebab leukemia sampai saat ini belum diketahui dg pasti, hanya saja ada beberapa yg dicurigai menjadi penyebabnya dan salah satunya adalah paparan radiasi.
    Adapun obat yg cocok untuk leukemia itu tergantung type atau jenis leukemianya dan itu bisa dikonsultasikan dg dokter yg merawat paman anda, karena saya bukan seorang dokter melainkan hanya seorang ‘pesakitan yg mencoba bertahan dengan segala keterbatasan saya.
    Dan untuk pengobatan alternatif saya juga tidak bisa menganjurkan anda untuk menjalani salah satu dari ribuan jenis pengobatan trsadisionil yg marak di negri ini, karena sampai hari ini sy BELUM PERNAH menemukan ada seseorang yg sembuh dari leukemia dengan hanya menjalani pengobatan alternatif saja.
    Sampaikan salam saya buat paman anda dan tetap semangat.
  87. Rachmat Mardjuki says:

    Salam buat Mas Oce.
    Semoga semuanya dapat melewati hari2 yang sulit, seperti yang sudah kami alami setahun yang lalu. Karena istri saya terkena kanker GIST dengan pengobatan glivec yang akhirnya tidak terbeli dan kami berikan herbal. Alhamdulillah saat ini dalam kondisi yg sehat ( hasil lab ) walaupun kalau berjalan harus mengunakan alat bantu.

  88. bryanz says:

    hy……… kk q bryan q juga sma skkit CML sperti kk
    q si msih baru ssekitar 4 bulanan yg lalu awlx q gk merahakan apa2 tp hanya q sering demam dan nyeri di tulang q tp setelah q membaca cerita kaka q jd lmyan tegar

  89. tootoo says:

    mas oce..sy sdh 6 bln lbh menemani istri bertarung dg AML sy mohon sm mas oce unt memberikan nmr tlp biar sy bisa nelpon mas oce,sy perlu shring,mskn info dll unt pertarungan ini.trmksh..sy tunggu nmr tlp nya,salam kenal wsslmkum…

  90. PIPIT says:

    Mas oce….
    salam kenal dari saya…
    Saat ini saya sedang berjuang demi putri saya yg baru berumur 4 thn…
    Anakku hani terkena leukimia All L3…..dan sedang menjalani kemo….
    Saya yakin….Allah sedang sayang sama kita mas…..
    Jangan pernah menyerah ya mas oce…..

  91. andy says:

    hi Van,

    boleh tau nomor contact anda? saya ingin konsultasi berkaitan dengan leukemia pacar saya. thanks.

  92. salam mas oce,
    saya sangat terharu membaca cerita survive anda dengan penyakit satu ini. saya sendiri memliki cewek yg saya sayangi, dia mengidap leukimia stadium 2. bbrp waktu lalu, staminanya drop. dan perlu mengonsumsi obat lagi. kalo boleh tau mas oce, ada ga solusi selain obat hydrea atau kemo, yang bisa menjaga staminanya. namanya nina.

    terima kasih.

  93. ilham says:

    hi mas oce..
    saya punya teman…dia mengidap Leukimia…
    sayasangat sedih melihat keadaannya
    semoga dia baik baik saja..

  94. DIDI says:

    mas saya turut prihatin atas penyakit yang mas derita.semoga mas bisa sembuh amiin…ibu saya juga sama kaya mas dar january 2008 ibu di vonis leukemia,sampe sekarang alhamdulillah masih bisa kumpul bareng keluarga,ya tapi itulah kalo lagi datang sakitnya kasihan..oya mas ibu masih mengkonsumsi hydrea beli di bandung,obatnya masih ada kok

  95. Yuliani says:

    hai semua…..salam kenal ya, nama saya Yuliani, umur saya 25 thn

  96. Yuliani says:

    hai semua…..salam kenal ya, nama saya Yuliani, umur saya 25 thn, saya di Diagnosa Dokter di January 2010 terkena Penyakit Leukimia Kronik, dari Januari sd Akhir Dec 2010 hidup saya masih dalam kondisi tenang karena masih ada obat yg dapat saya konsumsi yaitu IMATIB, obat yg kabarnya di stok dari India, sekarang sudah kosong, saya sangat ketakutan sekali sekarang ini karena sudah tidak ada lagi obat yg bisa saya konsumsi, hasil cek darah terakhir Lekosit saya mencapai 90.400 & trombosit saya 800 ribu lebih.
    Setiap x saya konsultasi dengan dokter selalu saya disuruh untuk mengajukan obat ke Yayasan Kanker Indonesia di Sunter, tapi dengan membawa hasil test darah BCL ABR.

    @ Didi : Boleh Minta no hp kamu untuk bertanya mengenai obat hydrea?
    Mohon info nya Di. Thx

  97. Yuliani says:

    Dear Mas Oce,

    Mas obat hydrea itu beda ya dengan imatib?atau skr penamaannya saja yg berbeda?

    Skr mas Oce mengkonsumsi obat apa?

    Mohon info ya.

    Thx

  98. Yuliani says:

    Mas Oce boleh infonya mengenai jalan keluar penyakit saya? atau ada info yg dpt membantu saya menyembuhkan penyakit saya Mas, mohon email ke alamat email saya yuliani_oktaria@yahoo.com plissss mas, serta minta No tlp mas Oce.

    Makasih mas.

  99. Ichan says:

    Hi,
    saya juga mengidap leukemia (cml) dan sekarang minum gleevec dan alhamdullilah sekarang sehat. bagi penderita leukemia klo g mampu ikut program obat gratis atau ke YKI disunter jakarta

  100. Ephie says:

    Siang mas oce, sy ephie dr papua,suami sy terdiaknosa cml sejak 25 jan 2011,krn dipapua gak bs ditanganin akhirnya di evak ke jkt. Skrg suami rwt jln di RSPAD, tiap hr suami sy minum hydrea 6 tablet dr rmh skt tp sdh 2 minggu ini obatnya tdk ada di gdg rspad, klu beli sendiri kmi gak sanggup sedangkan minta bantuan dr yki hrs ada hsl bmp,sdh hampir 2 bln hsl bmp suami blm bs diketahui, mohon petunjuk mas,apa emang sgt lmnya hsl bmp diketahui?

  101. Ephie says:

    Siang mas, slm kenal sy evi dr papua, suami sy terdiaknosa cml sjk 25 jan 2011,krn pengobatannya tdk bs ditangani, jd di evak ke RSPAD jkt, awalnya dpt hydrea dr RSPAD Tp 2 mg tdk dpt bntuan obat,untuk beli sendiri kmi tdk mampu krn tiap hr 6 btr hydrea yg hrs dimnm, sdgkan untuk mendptkan bantuan dr yki hrs ada rujukan dr dharmais untuk hsl bmp, 2 bln sjk di bmp smp skrg tdk ada hslx, apkh memang sgt lmnya nunggu hsl bmp?

  102. dwi says:

    hai sobat,
    ayah saya umur 55 dinyatakan kena pre leukemia hb nya selalu <10 bahkan 2 kali mencapai 3 terakhir berobat dan di transfusi darah hb 11.8 leokesit 22.000 dan trombosit 39 obat apakah yang tepat dibeikan untuk menjaga hb tidak turun dan lekosit tidak naik trombosit naik
    thanks

  103. didi says:

    mba yul aku di ciamis tiap bulan ibu di kirim hydrea sama kakak saya,ssekarang ibu lagi kambuh sakitnya,akupun pening banget harus gimana lagi….mba yuliani ini nmorku 087881559362

  104. yuliani says:

    Dear All,

    Hari ini tanggal 6 Mei 2011 saya telah mendapatkan obat dari YKI, setelah saya berobat ke RSCM & bertemu dng Ibu Lidya (sesuai info dari Mas Oce Pastinya, buat mas Oce Thx a lot ^_^ ), Ibu lidya sangat baik sekali, dy seperti malaikat yg Tuhan turunkan untuk saya, Tidak susah mengurus ke YKI untuk mendapatkan obat.

    Bagi teman-teman yg penasaran bisa hubungi saya ke no. 021 51216585 untuk tanya-tanya.

  105. Andri says:

    Mas Oce,
    Anak saya 2th 4 bl penderita ALL L1. Apakah bisa sembuh total? Tidak perlu mengkonsumsi obat lagi?

  106. ocekojiro says:
    @Ephie.
    Maaf baru jawab sekarang…
    Seharusnya hasil BMP sudah keluar paling lama 4-5 hari saja, jadi sebaiknya anda tanyakan kepada dokter atau rs tempat suami anda dirawat.
    Saat ini NOA (Novartis Oncology Access) telah dibuka di 14 titik di Indonesia, 6 untuk leukemia kronik dan 8 untuk kanker saluran cerna. Pusat NOA sudah tersedia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, RS Kanker Dharmais, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, RS Kariadi Semarang, RS Sardjito Yogyakarta dan RS Soetomo Surabaya. Sedang pusat NOA untuk kanker saluran cerna sudah dibuka di RSCM Jakarta, RS kanker Dharmais, RSHS, RS Kariadi, RS Sardjito, RS Soetomo, RS Sanglah Denpasar, dan RS Wahidin Makassar
    Salam buat suami anda dan tetap semangat…!
    @Dwi
    Pre leukemia (MDS) dejalanya memang sangat berat terutama rendahnya hb dan trombosit. Percayakan saja pada doter yg menangani ayah anda, karena kalaupun tahu, saya tidak akan berani memn\berikan saran obat yg harus diberikan agar tidak terus transfusi.
    @Yuliani
    Selamat yaa,,, telah bisa mendapatkan obat dari YKI, dan semoga dengan tersedianya obat kamu bisa tenang dan bisa menjalani hidup dengan lebih baik. Dan aku mendoakan kamu semoga kamu bisa sembuh dari penyakit ini.
    Salam buat mami dan keluarga dirumah.
    @Andri
    Jika anda membawanya ketempat yang tepat (RSCM/Darmais/dll) maka kesempatan untuk sembuh total dan bebas dari mengkonsumsi obat sangat terbuka lebar. Karena meskipun ketika kemoterapy pasien ALL terlihat lebih menderita dari pasien CML, namun jika telah melewati tahapan kemoterapy yg pertama dengan baik, maka peluang kesembuhannya sangat tinggi bahkan lebih dari 60%.
    Tetap iktiar dan tak lupa meminta pada Dzat yang maha penyembuh agar buah hati anda diberikan kesembuhan.
  107. Andri says:

    Dear Mas Oce,

    Lega saya mendengar keterangan dari mas Oce di atas. Masih ada harapan agar anak saya bisa sembuh. Mas Oce, bisa mengirim no telp mas Oce via Surel: andrikastra@yahoo.com.
    Terima kasih mas.

  108. ocekojiro says:

    Bisa mas,,, Oya ini ada sahabat yg puteranya semakin membaik serta sudah normal semua hasil labnya ketika memasuki pd bulan ke 9 pengobatannya pada juli tahun lalu. Meskipun untuk bisa dikatakan ‘remisi complete (SEMBUH) masih harus menunggu beberapa tahun dulu.

    http://www.harisemutapi.blogspot.com/

  109. test blasts are fun…

    This is my test blast…

  110. Nunung says:

    Assalamualaikum Mas Oce…
    Salam kenal..

    Saya Nunung dari Medan, setelah saya menemukan blog ini rasanya berdebar jantung ini melihat ketabahan mas oce yang begitu sempurna menurut saya…..
    dan dengan blog ini mas Oce bisa membantu sesama

    saya mempunyai abang tercinta usia 32 th, tgl 13 mei’11 di vonis dokter mengidap leukemia mielomonositik akut dan dokter menyarankan untuk di kemoterapi … tapi keluarga kurang setuju dengan kemo tersebut dan keluarga memutuskan untuk pulang, kami memang menyembunyikan penyakit tersebut kepada abang kami …..
    niatnya kita berobatkan melalui herbal atau apalah yang bisa menyembunyikan.
    tapi belum ada kemajuan
    dan saat ini kondisi dia lagi down, dan berbaring dirumah dan bila makan / minum selalu muntah dan mengeluhkan tulangnya terasa ngilu, dan kemaren tgl 7 – Juni’ 11 periksa darah dan hasilnya abang kami terkena DBD dan Typus !!

    Mas Oce saya memohon sarannya ……

    Wassalam
    saya tunggu balasan mas Oce

  111. ocekojiro says:

    Jika typus sy mungkin agak yakin karena ada pemeriksaan lab untuk itu, namun jika DBD sy kurang yakin karena indikatornya adalah rendahnya trombosit sedangkan penyakit abang kamu adalah AML dimana leukosit kerap menekan trombosit hingga jumlah trombosit menjadi sedikit. Jadi sepertinya rendahnya trombosit karena tidak terkontrolnya leukosit karena anda menolak kemo.
    Jika anda meminta saran saya, sebaiknya bawa segera ke rumah sakit untuk pertolongan pertama guna menaikkan trombosit atau menyembuhkan typusnya dan jika benar dbd.
    Setelah kondisi agak membaik segera ikuti saran dokter untuk kemoterapi karena setahu saya hanya kemo lah pengobatan terbaik untuk leukemia jenis apapun.
    Tentang mahalnya biaya, bukan alasan untuk menghindari kemo, karena konon ada jamkesmas/kin bagi yang tidak mampu.
    Oya, sebaiknya juga jangan menyembunyikan penyakit itu depada abang kamu, karena AML bukan penyakit ecek ecek, sy yakin dengan cara yg paling baik menurut anda, dia pasti bisa menerima penyakitnya dan semoga bisa memperbaiki amal ibadahnya didunia terlepas sembuh atau tidak penyakitnya.
    Wass.

  112. Nunung says:

    Sangat teriama kasih mas Oce cepat membalas

    Begini mas Oce, Abang saya waktu di rmh sakit kurang lebih selama tiga minggu,
    memang kami orang awam yg kurang paham betul gimana yang namanya dikemoterapi, menurut keterangan dokter kemoterapi hanya menekan penyakitnya untuk sembuh tidak bisa menjamin. Dan dokter bilang kalau penyakit abang kami ini sangat cepat !!
    Memang waktu kami meminta untuk pulang, kata dokter kami harus berpikir panjang, nanti klo di rumah gimana perawatannya.
    dan dokter sampai bilang kalo abang kami tidak berumur panjang tapi hanya Tuhan yang menentukan kt dokter.

    Dan menurut informasi yg saya dapat kalo di kemo rasanya sangat sakit, kami keluarga sangat tidak tega, toh…(fikir kami tidak bisa sembuh) jadi kami memutuskan untuk membawa pulang !! sambil berobat jalan.

    dokter juga menyarankan kalo abang kami untuk mengkonsumsi ramuan jamu (buat sendiri) herbal atau keladi tikus, atau buah merah dr papua.

    dan setiap harinya abang kami minum jus buah bid, obat herbal, dan makanan2 yang menurut informasi bisa menyembuhkan kami berikan.

    sebenarnya keinginan untuk memberi tahu tentang penyakit abang kami ada, tapi takut kalo abang kami tau takut down. tapi kami akan memberi tahunya secara pelan-pelan.

    kami tidak tahu yang kami lakukan baik atau tidak …
    tapi kami berusaha untuk yg terbaik.

    Terima kasih banyak mas, atas sarannya
    karna itu sangat berharga..
    WAssalam
    (Maaf kalo terlalu panjang)

  113. ocekojiro says:

    @Nunung
    Kemo untuk Aml memang sangat berat, dan biasanya kondisi pasien harus baik dulu baru dihantam kemo hingga sangat menyedihkan, lalu setelah kembali membaik akan dihantam kemo lagi dan diulang hingga beberapa sesi.
    Dan keputusan menghindari kemo yg berat dan mahal itu adalah keputusan anda dan keluarga. Sebenarnya ada fakta yg belum diutarakan dokter anda bahwa kesembuhan untuk AML lebih tinggi dari type CML(seperti tipe saya) itupun jika pasien bisa terus bertahan hingga kemo yang ke enam atau bahkan lebih. namun sekali lagi itu pilihan anda. Dan meskipun pilihan anda seperti itu anda juga harus tetap mengusahakan kesembuhan buat abang anda.
    Untuk saat ini prioritas pertama adalah menaikkan trombosit dan HB, yaitu dengan meneruskan minum buah bit dan jus jambu merah lalu boleh ditambah minum sangobion 1×1 setiap hari. Untuk demamnya buatlah perasan dari parutan biang kunyit yg agak kental lalu diminumkan 4 sampai 5 kali sehari sebanyak setengah gelas kecil.
    Jika demam dan trombositnya sudah cukup baik, baru anda fokus untuk menurunkan leukosit yg terlalu banyak itu.
    Salam buat abang anda dan tetap semangat.
    Wass.

  114. Nunung says:

    LIMA HARI YANG LALU ABANG KAMI TERCINTA TELAH DI PANGGIL OLEH YANG MAHA KUASA.
    Mohon do’a dari teman-teman semoga amal ibadah abangku di terima disisiNya.AMin…ya rabal alamin.
    Mas Oce jangan pernah menyerah untuk selalu berjuang ya……
    Wassalam…

  115. ocekojiro says:

    @ Nunung

    Innalillahi wa inna ilaihi rojiuun….

    Saya turut berbela sungkawa yang sedalam dalamnya dan semoga beliau ditempatkan bersama orang orang yang sholeh diakhirat sana…. Amin.
    Dan buat keluarganya yang selama ini telah berusaha maksimal diberikan ketabahan dan kesabaran serta ditingkatkan derajatnya lebih tinggi lagi, amin.

  116. Nunung says:

    AMIN YA RABBAL ALAMIN….
    SEMOGA ALLAH MENDENGARNYA….
    DAN MENGABULKANNYA.

  117. lina says:

    pagi…sy lina saat ini sy mempunyai kekasih yg mengidap leukimia stdium 2,tp saat ini dia sedang mnjalani meditasi & mnm air rebusan daun sirsak sbg cara pengobatannya , yg ingin sy tanyakan apakah cara itu efektif utk menyembuhkannya ? jujur aja y mas…saya sangat mencintainya & setiap saat selalu berdoa utk kesembuhannya..jk tdk kbratan mohon mengirimkan no tlp mas oce ke email saya….. Terima kasih banyak mas oce

    GBU

  118. ocekojiro says:

    @Lina
    Tidak semua type leukemia menggunakan indikator “stadium. Dan setahu saya penyebutan kata stadium oleh dokter dalam leukemia mengindikasikan seberapa banyak SEL SEL BLAST yang ada dalam sumsum tulangbelakang pasien.
    Stadium yg umum dipakai hanya sampai 4, atau bisa juga ditambahkan A atau B dibelakangnya.
    Jika stadium 2 artinya masih banyak kesempatan untuk sembuh, sebelum sel2 blast menguasai tubuh anda dan menjadikannya sangat lemah hingga tidak bisa berbuat apa apa, jadi selagi masih bisa beraktivitas,,, segera temui dokter yang merawatnya dan jalankan apa yang disarankan dokter anda.
    Meditasi dan rebusan sirsak saja menurut saya masih belum cukup, meskipun rebusan daun sirsak bisa menueunkan kadar leukosit dalam darah.

  119. mas..tman sy jg mengidap leukimia. dan kini kondisinya sudah membaik dengan jus kulit manggis yg dikonsumsi hari..semoga lekas smbuh

  120. usman says:

    salam oce…..
    saya salut dengan anda dan terima kasih udah buat blog sehingga kami bisa banyak tau dari anda tentang leukemia…
    sodara saya terkena leukemia (baru diagnosa awal dari hasil tes lab) tes apalagi yang harus sodara saya jalani guna menentukan type leukemianya? kemudian saya bertemu dengan penderita leukemia yang sdh positif katanya dia dapet obat gratis selama 11 bulan dengan membeli satu bulan dari suatu yayasan….mungkin oce bisa bantu saya untuk informasi itu..karena sodara saya orang yang gak mampu…terima kasih dan do’a untuk mu

  121. ocekojiro says:

    @ Putu M

    Trimakasih informasinya, tapi sy sudah bisa ngebayangin pasti pahit sekali rasanya yaa,,, hehe

    @ Usman

    Pagi ini saya sudah terbitkan sebuah halaman baru pada blog gratisan ini dengan judul : PROGRAM NOA.
    Jangan takut,,, apa yang tertulis disana hanya gambaran umum dimana PRAKTEK untuk mendapatkan obat gratis sebenarnya lebih mudah dan simpel sekali. Bahkan ada sahabat yg hanya 2 kali datang mengurus (termasuk periksa dokter di RSCM) lalu sudah bisa mendapatkan obat (Glivec) tanpa harus menunggu kartu jamkesmas dibuat terlebih dahulu. Dan jika sudah terdaftar,,, untuk bulan2 selanjutnya tidak perlu mengurus lagi hanya tinggal mengajukan resep saja dan menunggu obat.

  122. nwank says:

    nwank says:
    july 30,2011 at:410 pm

    saya bangga sama p’oce kojiro
    ada pacar saya mngidap penyakit leukimia stadium 4..dia sudah minum obat dari luar negri tapi tak kunjung sembuh juga,dia kena penyakitnya dari kelas 6SD sampai skrg dia sudah kelas 3 SMP..
    tapi kondisinya baik koq skrg,tapi kadang kalau dia tidak makan pasti malamnya perutnya nyeri d kiri d bawah tulang rusuk terakhir..
    segala macam obat sudah d coba tapi tak kunjung sembuh..
    banyak saya dapat kabardari internet macam obat herbal seperti:sarang semut,jus kulit maggis,rebusan daun sirsak dan tahitian noni juice..
    saya binggung mau beri obat herbal yang mana takut nya nanti penyakit nya tambah parah.dia juga sudah d larang minum obat karna kalau minum pasti dia muntah muntah.
    dia d vonis tggl 1 bulan lagi hidup nya sejak tgl 18 yang lalu..
    mohon infonya(jawaban)seceoat nya yaa pak oce kojiro..
    orang tua nya sudah tidak sanggup lagi membiayai anak nya itu(pasrah).tapi dia sudah berjuang untuk anak nya selama 4 tahun..

  123. nwank says:

    jgnn lama donk.hehehe

  124. ocekojiro says:

    @Nwank

    Dari lamanya penyakit yg diderita, besar kemungkinan type leukemianya adalah CML. Dan jika yg memberi stadium dan vonis bahwa hidupnya tinggal 1 bln lagi adalah dokter yg merawatnya, berarti kondisinya sekarang telah sampai pada fase ‘blast crisis.
    Namun saya sangat tidak setuju dengan pernyataan dokter yg seperti itu, karena saya telah berkali2 sampai pada fase crisis blast namun tetap hidup hingga sekarang.
    Hubungi secepatnya pengurus NOA yg terdapat pada halaman : ” PROGRAM NOA ” pada blog ini untuk mendapat bantuan obat gratis jika memang keluarga sudah tidak mampu.
    Saya berkeyakinan bahwa,,, kita bisa merubah takdir kita sendiri.

    Oya, saya sarankan jika dalam kondisi seperti ini tidak usah mengkonsumsi obat2an herbal terutama yg dijual melalui MLM (http://ocekojiro.wordpress.com/2010/05/05/pendekar-pendekar-mlm/ ), karena disamping harganya mahal juga tidak ada manfaatnya, bahkan terkadang malah bisa menjadi kontra indikasi dengan obat sitostatika yg sedang dikonsumsi atau malah mengganggu pencernaan pasien dan semakin memperberat kondisi fisik yg sedang turun itu.

  125. Wulan says:

    Assalamualaikum wr. wb..

    Salam kenal mas Oce. Mau curhat sedikit, hari ini saya baru mendapat kabar bahwa keponakan saya yg berumur 1 thn 2 bulan didiagnosa menderita leukemia oleh dokter. Sebelumnya keponakan saya juga mengalami kebocoran dijantungnya sebesar 4mm. Kalo boleh tau apakah obat yg diberikan pada penderita leukemia dewasa sama seperti pada anak2? Terus terang kami sekeluarga sangat awam dengan penyakit ini.

  126. reehays says:

    ocekojiro : apa petanda awak mula-mula menghidap penyakit ini?? saya ingin sangat tahu kerana saya disahkan menghidap penyakit yang sama tetapi saya masih kurang percaya.

  127. a woman says:

    I love the way you illustrated your post above. You are a blog master!

  128. ocekojiro says:

    @Wulan

    Salam kenal juga mbak wulan.
    Umumnya jenis obat sitostatika yg digunakan sama seperti 6MP atau mercaptopurine maupun kombinasi Myleran MTX, VCR dll, hanya dosisnya saja yg dibedakan menurut berat badan dan usia anak. Namun ada juga yg sering digunakan untuk anak2 namun tidak digunakan orang dewasa seperti dexa.

    @Rehay

    Sy pikir siapapun tidak akan percaya begitu saja jika menerima vonis leukemia,,, namun yg sangat diperlukan oleh setiap pasien yg benar2 mengidap penyakit ini adalah “Penerimaan diri”.
    Kita tidak akan bisa terus lari menghindar,,, sebaliknya kita harus hadapi dengan jantan atau kita ajak berdamai dengan berbagi tubuh ini dan sama sama dapat menjalani hidup.
    Sel sel kanker (blast) juga hidup, dan ciptaan tuhan juga seperti kita, jadi apasalahnya kita berbagi tempat ditubuh yg cuma ‘titipan ini.
    Dengan atau tanpa leukemia kita tetap akan mati,,, dan hidup manusia itu tidak diukur dari panjang pendeknya usia seseorang, namun seberapa besar manfaat yg dapat kita berikan pada orang lain.

  129. Miss martya says:

    Assalamualaikum wr. wb..
    salam kenal mas oce. . .saya bangga sekali melihat k gigihan mas oce, , ,
    melawan leukimia, ,pacar saya 3 bln ini mengidap leukimia, ,walaupum dy gak ngaku tp saya tau dari obat nya, , ,dy suka konsumsi gilvec dan berbgai obat herbal, , ,sebelum dy d vonis leukimia dy sering sekali mrasa lemas dan suka pinsan, ,dignosa pertama anemia dan sempat typus,,dan akhir2 ini mas dy srg pinsan dan tiba2 gag sadar diri, , ,apakah sudah parah krn dy hrs transplantasi mnrt dkter???
    bwt semuaa yg d titip kan leukimia oleh tuhan tetap semangat yah, ,saya hanyaa berbagaii ceritaa dsnii byk sekali org d luar sana yg mengidap leukimia, ,leukimia bkn lah akhir
    semoga semua yg d titipkan tuhan menjaddi qt lebih baik dan menghargai hidup :)

  130. selvi says:

    Ass. lam kenal mas. nama saya selvi, saya punya tunangan hampir 10 bln tunangan saya mengalami penyakit leukimia, awal ditemukan penyakit leukimia dia mengalami leukimia stadium awal. berbagai pengobatan sudah dilakukan dari mulai pencangkokan sumsum tulang belakang sampai pengobatan herbal, memang jika sudah selesai pengobatan sakit leukimia itu berkali2 sembuh namun berkali2 kambuh juga, tepatnya awal bulan september kemarin setelah dokter menyatakan dia sembuh dan untuk memastikan dia sembuh total dia selama 3 bln tidak boleh terluka, justru tunangan saya malah kecelakaan dan kakinya patah. akibat kecelakaan itu tunangan saya sakit leukimianya kambuh lagi. dan dokter menyarankan dia untuk dibawa kesingapura menjalani kemoterapi. tapi setelah menjalani kemo terapi tersebut yang ada bukan sembuh melainkan pendarahan dari hidungnya semakin menjadi2. akhirnya dokter yg menanganinya membawa dia ke arab saudi untuk pengobatan herbal namun belum juga di obati dia udah anfal karna kekurangan darah. kebetulan tunangan saya darahnya termasuk darah langka yaitu AB-.
    Akhirnya tunangan saya dibawa pulang kembali ke indonesia dan sudah 7 kantong labu darah yg di donorkan kedia sampai hari ini dia tidak sadarkan diri juga. bahkan sekarang juga sedang mencari darah lagi untuk dia. saya bingung mas, apa yg harus saya lakukan. karna tunangan saya dan saya tempat tinggalnya berjauhan dia di kaltim & saya di jawa barat.
    saya takut kehilangan dia mas, karna 4 bln lagi kami akan menikah.
    pengobatan apa lagi mas yg harus dilakukan tunangan saya agar dia sembuh???

  131. ocekojiro says:

    @Selvi

    Turut prihatin dengan kondisi tunangan kamu,,, sy tidak bisa berkomentar apa apa kecuali turut mendoakan beliau karena hanya itulah yg bisa sy lakukan.
    Semoga Allah memberikan yang terbaik baginya, amin.

  132. Lien says:

    Mas Oce,
    Pernah ga berhenti minum hydrea? Kalo pernah… berapa lama?
    Kalo awalnya 500mg sehari, trus kalo berhenti apakah akan resisten juga? sehingga dosisnya harus dinaikkan?
    Soalnya sejak minum hydrea sering sekali kena gangguan lambung dan usus.
    Apakah ini termasuk efek samping obat sitostatika?

  133. ocekojiro says:
    @Lien
    Sy sering sekali berhenti minum hydrea terutama pada tahun2 pertama dimana sy kerap berpikir untuk mengirit irit biaya dengan cara mengurangi minum obat, dan akibatnya dua kali mengalami blastcrisis pd th 2005 dan 2006. dan yg terlama sy berhenti mengkonsumsi hydrea hingga hampir selama 2 bulan pada oktober 2009 dimana sy mencoba terapi air putih namun tidak berhasil.
    Kita umpamakan sel sel leukemia itu adalah sebuah pohon benalu yg menumpang pd sebuah pohon inang, jika benalu itu dibiarkan semakin besar bahkan beranak pinak disetiap cabang pohon inang tsb, maka cepat atau lambat pohon inang itu akan dikuasai sepenuhnya oleh pohon benalu tsb hingga mati.
    Penggunaan hydrea pada cml diibaratkan untuk menghambat perkembangan dan pertumbuhan benalu agar tidak semakin besar dan kuat yang jika sudah kuat akan menguasai tubuh dan berbuat semaunya atau biasa disebut crisis blast.
    Betul,,, hydrea itu termasuk obat keras, jadi diminum harus setelah makan dan banyak banyak minum air putih.
  134. Ratu says:

    Salam kenal
    Semoga teman’ di sini dan di luar sana yg sdg mendapat ujian penyakit ini bisa segera pulih dan tetap semangat…
    Saya sangat tergetar hatinya saat mas Oce menuliskan kata” bahwa dengan atau tanpa leukumia kita akan mati… dan kematian itu pasti datang, dan tak seorangpun bisa menebaknya..
    mas Oce, smg Allah memberikan keberkahan hidup yg lebih untuk mas dan keluarga, begitu juga dengan teman” yg lain…
    wassalam

  135. Herry Setiawan says:

    Salam kenal Mas Oce.

    Saya mendapat kabar obat Glivec kini juga sudah tidak ada di Yayasan Kanker Indonesia karena Max Foundation telah mengundurkan diri dari pembiayaan pembuatan obat yang bekerjasama dengan Novartis. Dampaknya saat ini beberapa penderita Leukimia telah terbebas dari penyakitnya. Sayangnya pemerintah belum merespon atas kelangkaan obat Leukimia. Jika dibiarkan berarti pemerintah bisa dituding melakukan genosida sistemik jika tak segera mengambil tindakan menyediakan obat Leukimia Glivec. Bahkan kerabat saya yang baru membeli obat di YKI di Jakarta, Selasa (8/11) hanya dijatah untuk seminggu saja. Mohon penjelasan.

  136. Herry Setiawan says:

    Sorry alamat email salah

  137. Mas Herry Setiawan,

    Selasa, 8-11-11 dan Rabu, 9-11-11 saya juga berada di YKI Jakarta untuk mengambil ‘Jatah’ Glivec dan mengantar beberapa teman2 pasien CML dari Jabar. Bukan membeli mas.

    Kalau kerabatnya mas Herry masuk ke dalam program NOA ataupun GIPAP (dulu bekerja sama dengan Max Foundation) setahu saya tidak membeli tetapi mendapatkan secara gratis. Kecuali memang ada kewajiban bagi pasien sesuai plan yang diterima yang belum diselesaikan.

    Jadi rasanya, informasinya agak membingungkan saya mas. CMIIW

    Juga mengenai kabar obat glivec tidak ada di YKI Jakarta, setahu saya sebelum ada pembagian ‘cuma-cuma’ glivec komersil ke pasien NOA dan GIPAP saat ini, stok glivec d YKI rasanya ada. Karena saya sempat membeli beberapa tablet di YKI pada tanggal 19 Oktober 2011 dengan harga @Rp. 206.000. Dan kalau tidak salah dengar (CMIIW), saat itu (diinfokan ke saya tgl 12/10/2011, bila saya membeli lebih dari 10 tablet (atau minimal 1 box = 60 tablet) harga nya bisa di-‘diskon’ jadi @Rp. 155.000.

    Dan betul mas, karena glivec yang sedang dibagikan saat ini (mulai kmrn 7-11-11 sd 10-11-11) merupakan glivec komersil (untuk umum) yang diberikan cuma-cuma ke pasien NOA dan GIPAP sambil menunggu glivec donasi yang sedang dalam perjalanan dari Bassel ke Indonesia, Novartis memberikan bantuan kurang lebih minimal 320 box * 60 tablet untuk pasien NOA dan GIPAP.

    Glivec diberikan ke pasien sesuai dosis masing-masing dimana masing-masing mendapat ‘jatah’ untuk 7 hari. Pertimbangannya, agar semua pasien dapat kebagian atau pemerataan (wallhualam).

    Contoh, karena dosis saya adalah 4 x 100mg per hari, maka saya mendapatkan ‘jatah’ 28 tablet tanpa dipungut biaya. Dan saya lihat, ada pasien yang dosis nya 6 x 100mg dan 8 x 100mg maka mereka mendapatkan 42 tablet dan 56 tablet tanpa dipungut biaya.

    Wallahualam

  138. ocekojiro says:

    @Ratu
    Trimakasih atas doanya.

    @Herri setiawan

    Kenyataannya memang tdk semua pasien mendapat kesulitan obat dari YKI, bahkan ada pasien yg tergabung pada program gipap yg telah lama dihapuskan masih saja bisa mendapatkan santunan gratis untuk seumur hidup hingga saat ini.
    Dan jika tidak memiliki jamkesmas serta hendak mendaftar program noa saat ini, maka anda akan disuruh bayar dahulu selama 2-3 bulan baru selanjutnya akan dapat gratis selama 1 tahun.

    Tgl 6 Nopember yg lalu, saya bersama seorang sahabat leukemia mengunjungi ibu Yuni yang orang tuanya menderita CML juga, ceritanya lebih menyayat hati,,, sekitar bulan oktober beliau berkali kali menelepon yki untuk mendapatkan glivec namu jawabannya selalu tidak ada hingga beliau membeli diluar seharga 35 juta rupiah untuk 120 butir glivec.

  139. Mas Oce dan kawans,

    Skema yang di rilis dan dibagikan oleh YKI DKI kepada pasien termasuk saya (8-11-11) bunyinya tidak seperti itu mas. ‘Aturan’ yang diberlakukan adalah bagi pemilik Kartu Jamkesmas (bagi pasien baru dan perpanjangan NOA) per 1 November 2011 s.d 29 Februari 2012 diminta untuk cost sharing yaitu membeli 2 minggu x dosis selanjutnya selama (12 bulan x 4 minggu) – (2 minggu) diberikan glivec donasi. Sedangkan bagi yang non-Jamkesmas diminta membeli 4 minggu x dosis dan sisanya (12 bulan x 4 minggu) – (4 minggu) diberikan glivec donasi. Dan terakhir saya dapat info, bisa dicicil dalam 6 bulan. Wallahualam. Untuk 1 Maret 2012, semoga menjadi lebih ringan. Aamiin.

    Dua skema itu tidak berlaku bagi yang memiliki ASKES. Karena bagi yang memiliki ASKES, 2 bulan akan dibelikan oleh ASKES, dan sisanya pasien akan diberikan glivec donasi.

    Saya berdoa mudah-mudah donasi glivec ini bisa seumur hidup (seperti yang ditulis mas oce) :-)
    Walaupun memang, ‘kontrak’ glivec donasi ini adalah per-tahun. Saya sudah mau setahun, insyaallah bulan Januari 2012 sudah harus melakukan perpanjangan untuk mendapatkan glivec donasi ini. Karena hmmm … gak kebayang kalau saya harus ‘keluar’ uang kurang lebih 24,7 juta per bulan hehehhe…. Alhamdulillah saya sangat-sangat bersyukur kepada Allah mendapatkan bantuan dari produsen glivec ini.

    Mudah-mudahan pemerintah bisa segera ‘turun tangan’ agar pasien CML mendapatkan keringanan biaya untuk mendapatkan obat ini, karena saya pun merasa ‘keberatan’ dengan biaya sebesar itu, walaupun harus dicicil dalam 6 bulan, dan

    Hanya kepada Allah lah kita berserah diri dan berlindung. Obat hanyalah perantara saja. Insyaallah, jika Allah berkendak semuanya dimudahkan dan dilancarkan segara pengobatan untuk kita semua pasien CML, tidak ada yang mustahil, Semoga. Aamiin.

    Sekedar sharing informasi yang saya tahu.Wallahualam, CMIIW.

  140. ocekojiro says:

    @Adrian R

    Trims tambahan info yg lebih jelas karena memang sy dapatkan ifo itu meskipun langsung dari dr yatie yg mana dia adalah kepala bagian santunan yki namun hanya sepotong sepotong dari beberapa sms nya dimana sy jg tidak faham ttg plan A, plan B, C dll, serta dari curhat temen2 yg lebih dari satu bulan ini absen minum glivec dan menjajagi atau lebih tepatnya mengorek keterangan dari sy apakah tidak terlalu berbahaya untuk sementara beralih ke HYDREA.
    Banyak juga yg merasa binggung karena selalu dicekoki jargon2 oleh dokter maupun beberapa milis dan forum bahwa hanya glivec sajalah yg layak dikonsumsi sedangkan hydrea sangat berbahaya, hingga sy yg pengguna hydrea dan selalu melihat sisi baiknya obat itu (karena sy jg berharap sembuh) maka nomor saya kebanjiran penelpon.

    oya, ttg pasien yg mendapatkan obat untuk seumur hidup itu memang sy dapatkan dari yki, karena ketika sy tanya dg menyebutkan nama orangnya, mereka menjawab bahwa mereka itu pasien gipap yg mendapat obat gratis dan kontraknya untuk seumur hidup, meskipun sy lihat mereka tidak miskin bahkan cenderung mampu laah,,, dan yang miskin beneran malah dibatasi. Kok aneh ya ?

  141. toro says:

    Assalamualaikum mas Oce dan kawan2..

    saya mau sharing dan tanya.. Cewe saya umur 19 tahun mengidap leukimia stadium 2.. barusan beberapa ahri kemaren terdeteksi dan sekarang sedang diobati dengan kemo dan obat2an di rumah sakit.. Tapi saya tidak tahu apa itu leukimia akut ato leukimia kronis.. karena dia bilang leukositnya tinggi banget dan saya pacaran jarak jauh ( dia bandung – saya solo) sehingga jadi jarang kontak..

    Mas Oce dulu waktu awal terdeteksi pengobatannya melalui apa? apa lewat kemo + obat2an ato obat2an aja? lalu kira2 obat apa yg cocok? glivec atau hydrea??

    Kira2 stadium 2 itu parah ga mas? dan sebelumnya dia pernah kecelakaan dan limpanya di operasi.. apa gara2 limpa yang di operasi itu berpengaruh munculnya leukimia itu? soalnya dulu sebelum kecelakaan ga pernah se parah ini.. dan berdasar artikel yg aku baca, efek dari leukimia juga ke limpa..

    Lalu gimana caranya biar dapet obat gratis ke YKI? trus apa artinya NOA, GIPAP, CML?? maap saya awam ttg ini..

    Saya mohon bantuannya mas Oce dan kawan2… Saya khawatir banget.. Sebelumnya saya juga pernah kehilangan pacar saya (sepupu pacar saya skrg) dulu kena kanker otak.. Dan saya tidak ingin kehilangan org yg saya sayangin lagi.. Terimakasih mas.. Semoga ALLAH memberi kesembuhan mas Oce dan teman2 smua.. AMIN…

    Wassalam…

  142. Assalammualaiakum mas Toro,

    Saya salah satu pasien CML di Bandung. Kalau boleh tahu, pacar nya mas Toro di rawat di Rumah sakit mana ya ? Dan kalau boleh tahu juga dokter yang merawatnya siapa ?

    Informasi mengenai pertanyaan2 mas Toro bisa ditanyakan ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam Hematologi-Onkologi Medik. Atau kalau mau baca-baca bisa di search juga di internet. Semisal di

    http://www.totalkesehatanandacom/cmleukemia1.html

    atau lainnya. Masih banyak.

    Mengenai NOA silahkan hubungi
    YKI DKI Jakarta di no : 0216509144
    Atau bu Lydia Dumaiyanti (Himpunan Masyarakat Peduli ELGEKA)

    Wallahualam

  143. ocekojiro says:

    @Toro
    Saya coba jawab meskipun terkesan saya sok tahu karena saya bukan dokter, hehe…
    Pada umumnya pasien CML hanya menjalani pengobatan melalui sitostatika (kemo) yang dikonsumsi rutin secara oral, termasuk saya juga begitu.
    Limpa penderita leukema pada umumnya memang kerap membesar dan itu bukan diakibatkan karena kecelakaan, bahkan untuk kasus kasus tertentu limpa pasien bisa saja diangkat (operasi) hingga banyak penderita cml yg hidup tanpa limpa.

    CML itu salah satu type leukemia, sedangkan NOA adalah Novartis Onkologi Acces yaitu program santunan obat yang (awalnya) diperuntukkan bagi pasien MISKIN melalui YKI cabang DKI. Dan GIPAP adalah program santunan obat glivec yang pertama, dan yang sudah digantikan dengan program NOA yang saat ini berjalan.
    Oya, apakah pacar kamu itu namanya Iren ( Adiknya Irma) yg mahasiswi fakultas kedokteran itu? jika betul, sampaikan salam dari saya dan tetap semangat.

  144. moch alfatih says:

    buat andrian
    kau ini tak tahu atau pura pura tak tahu kalau ibu lidia itu ular berkepala dua. tak tau bagaimana yki mau mempekerjakan orang macam dia. padahal diorang juga pasien yang juga dapat obat gratis tetapi selalu mempersulit pasien lainnya dan harus selalu merengek rengek dan mengemis seolah obat itu miliknya sendiri.
    kalau dengan pasien kaya diorang selalu baik karena selalu menerima amplop juga bingkisan dan hadiah hadiah tapi kalau sama pasien miskin judesnya minta ampun dibuatnya pasien mengemis sama diorang. abang iparku diaceh sana juga penerima bantuan obat tetapi selalu didahulukan teman temannya jakarta dulu sedangkan daerah disurunya menunggu. diorang juga jahat luarbiasa karena ada pasen jakarta yang ketahuan pake obat penat yang dari india dilaporkan diorang ke yki lalu pasen itu disetop obatnya sampai sekarang. sama saja membunuh. diorang dan temantemanya yang masuk kelompok organisasi perduli lekimia juga selalu mengharuskan pasen membayar sekian ribu buat yang mendapat bantuan obat, macam preman terminal saja tu organisasi lgk padahal diorang juga sakit kok tegateganya mengambil keuntungan dari orang sakit. bikin malu orag islam saja diorang pake kerudung macam siti aisah istri nabi tapi kelakuan bejat.
    abangiparku itu bencinya luar bisas tetapi apaboleh buat diorang yang mengendalikan obat dan yki itu tak pernah tahu.

  145. moch alfatih says:

    biarlah diorang terima akibatnya dosadosanya itu mengambil keuntungan dari orang sakit macam lintah darat.

  146. Dear abang Moch. Alfatih :-)

    Saya tidak dalam rangka untuk membela siapa pun. Saya berusaha semaksimal mungkin menuliskan sesuatu di blog nya mas oce ini, berdasarkan apa yang saya tahu (fakta). Bukan ‘katanya’, beberapa berdasarkan ‘release-release’ resmi yang saya dapatkan dari YKI (seperti bbrapa komentar saya mengenai harga obat, aturan NOA dlsb)

    Seingat saya, Bu Lydia Dumaiyanti tidak bekerja untuk YKI. CMIIW

    Dan sepanjang pengetahuan saya, selama ini saya (saya bukan orang kaya :-) ) tidak pernah ada ‘masalah’ dengan beliau. Dan sepanjang pengetahuan saya, beberapa teman pasien ‘miskin’ di Bandung dibantu untuk pengurusan obat donasi ini. Wallahualam.

    Saya kok malah bingung ya. Memangnya bu Lydia itu siapa ya ? Kok bisa MENGENDALIKAN obat?.

    Sepanjang pengetahuan saya, yang mengendalikan obat bukan beliau. Mohon di cek kembali.
    Sepengetahuan saya, beliau membantu teman-teman pasien yang hendak mengajukan permohonan obat donasi ini dengan memberikan informasi-informasi apa saja yang perlu dipersiapkan. Kalaupun beliau, membantu teman-teman pasien untuk mengambilkan obat nya, tentunya beliau telah diberikan Surat Kuasa oleh Pasien untuk mengambilnya. Karena sengingat saya beliau adalah pengurus di perhimpunan elgeka jakarta. Wallahualam.

    Keputusan pemberian obat donasi, sepengetahuan saya sepenuhnya ada di YKI Jakarta. Saya sendiri, dibantu oleh beliau mengenai hal ini. Dan beliau tidak meminta ‘balas jasa’ ataupun uang ataupun barang untuk bantuan nya itu. Dan beliau menjelaskan nya juga denga baik-baik. Wallahualam. CMIIW

    Mengenai iuran dari pasien, rasanya bang Moch. Alfatih perlu detail menanyakan hal ini.
    Seperti wajarnya sebuah organisasi, tentunya memerlukan ‘biaya’.

    Seingat saya, iuran ini memang ada. Tetapi pertanggujawaban mengenai uang ini ‘lari nya’ kemana, saya mendapatkan penjelasannya. Memang ‘kesannya’ adalah wajib, tetapi saya melihat teman-teman pasien ‘miskin’ tidak dipaksa untuk membayar. CMIIW.

    Jadi menurut saya mungkin disini ada mis komunikasi. Wallahualam.

    Bang Moch. Alfatih,
    Sepengetahuan saya pula, sepanjang pasien dan atau perwakilan pasien (keluarga) yang diberikan surat kuasa dan stok obat tersedia di YKI Jakarta, tentu pasien bisa mengambil obat tersebut ke YKI DKI Jakarta.

    Kalau memang pasien nya di Aceh, kenapa tidak meminta keluarga dan atau perwakilan keluarga untuk mengambil Obat nya ?. Tentu ada syaratnya bukan ?.

    Pernah suatu hari saya ke YKI Jakarta, bertemu dengan salah satu keluarga pasien yang mengambilkan obat nya untuk saudara nya yang berada di Kalimantan (kalau tidak salah pasien nya di Pontianak), dan saya lihat beliau mendapatkan obat nya itu dari YKI. Dan saya bertemu beliau beberapa kali (yang mengambil obat domisili di Jakarta). Menurut beliau, Kenapa diwakilkan karena biaya transportasi nya besar (Pontianak-Jakarta-Pontianak). Dan menurut saya itu sangat wajar dan logis bukan ?

    Mohon maaf, Wallahualam.

  147. sunae says:

    kak kalau kakak mau beli obat lagi q juga pesan ya kak,. tolong kirim no tlp/email kakak ke emailku q pendeita lcm sudah 3 thun dan 2 bulan ini tidak minum obat karna stok obat gak ada
    ini alamatku
    tanjung sekar Rt 02/01 kec.pucak wangi kab.pati prov.jateng(semarang)
    085876303062 ini no tlp ku. trimakasih tolong dibntu';
    saya ingin hidup berikan saya harapan agar saya tetap semangat

  148. ocekojiro says:

    @Moh Alfatih
    Apakah maksud anda obat VEENAT ? kalau boleh tahu siapa nama pasien tsb dan jika ada sekalian no teleponnya, karena jika tidak benar anda berarti telah melontarkan tuduhan yg tak berdasar namun jika benar ada pasien santunan yg dikeluarkan gara2 mengkonsumsi obat veenat maka itu harus dilaporkan dan itu adalah kejahatan dan aib yang sangat besar.

    @Sunae
    Subhanallah,,, 2 bulan tidak minum obat?
    Apa masalahnya mbak? dan anda mengkonsumsi hydrea atau glivec?

    @All
    Mohon maaf,,, kondisi sy beberapa hari belakangan ini agak buruk, jadi komentar yg masuk harus sy moderasi agar jika terjadi sesuatu terhadap saya (jika sy meninggal dunia), maka tidak akan ada lagi komentar yg bisa masuk ke blog ini agar blog ini masih bisa dibaca dg tanpa ada beban dan kesedihan terutama dari anak dan istri sy yg kerap juga membuka2 blog ini,

  149. lydia ulyd says:

    @ Moch Alfatih

    mohon maaf jika saya harus mengomentari pendapat anda ttg saya

    1. saya bukanlah karyawan yang bekerja pada YKI cabang Propinsi DKI,tetapi saya salah satu pengurus organisasi pasien CML&GIST yang anda sebut sebagai lintah darat

    2. saya bukanlah pemegang kebijakan mengenai obat santuan Glivec melalui program GIPAP/NOA..saya hanya membantu memberikan informasi kepada pasien calon penerima donasi

    3.maaf..kalau boleh tau siapakah nama abang ipar anda dan berasal dari rumah sakit mana?,jika memang abang ipar merasa dipersulit oleh saya,silakan hub saya langsung (pastinya anda dan abang ipar tau no hp saya)

    4. tuduhan yg anda lontarkan amat sangat menyakitkan..saya tidak pernah meminta imbalan apapun dari pasien,kalaupun ada bbrp pasien daerah yg memberi uang kpd saya itu untuk biaya tranportasi pengambilan obat dan biaya tiki dan asuransi obat ke alamat pasien

    5. saya tidak pernah melaporkan pasien yg mengkonsumsi veenat apalagi sampai distop program donasinya..(silakan anda cek lsg ke YKI cabang Propinsi DKI)

    Akhir kata…saya memohon maaf atas ucapan dan tingkah laku saya yang telah melukai perasaan abang ipar anda..DEMI ALLAH DEMI RASULLULLAH saya tidak pernah melakukan hal2 yang telah anda tuduhkan kepada saya

    wassalam

  150. sunae says:

    saya kurang tau masalahnya apa, kalau katanya sih gara gara airway bill nya tidak mencantumkan tulisan: qq yayasan kanker indonesia DKI jakarta, kalua saya pikir sih itu gak masuk akal mohon maaf sebelumnya ya bagi yang merasa ” masak cuma mengambil bolpoin dan menggoyangkan bolpoinnya untuk menulis kalimat qq yayasan kanker indonesia DKI jakarta saja gak mampu sampai sampai mengorbankan banyak nyawa gara gara obat gak keluar dari bea cukai padahal obat sudah di indonesia, pasien lcm yang dekat sama saya selama 2 bulan ini sudah meninggal 2 orang yaitu mbak prihatin desa tlogosari semarang dan mas tri aji jln kanguru 1 semarang. dulu sanya mengkonsumsi hidrea terus dapat bantuan obat glivec tapi kemaren sanya nyari obat hidrea sudah gak ada di pasaran/apotek katanya sudah tidak dijual lagi,.

  151. sunae says:

    teruntuk khusus mas oce semangat mas saya saja tetap semangat…. walau kadang terlintas pikiran seperti mas,. tapi saya tetap berjuang,. semangat ya mas,. salam silaturahmi to family mas oce

  152. toro says:

    maaf mas sebelumnya.. komentar yang tadi belum selesai ga sengaja ke kirim.. saya kirim ulang yang ini ya mas.. yang tadi di hapus saya.. :)

  153. toro says:

    Assalamualaikum..

    Terimakasih sekali buat mas Andrian dan mas Oce atas informasi2nya.. :)
    Alhamdulillah pacar saya sudah dapat kiriman obat dari saudaranya di malaysia..

    @mas Oce
    Bukan kok mas.. Pacar saya namanya Tania.. Sekedar sharing, pacar saya itu orang arab. Karena dia orang arab, mereka punya tradisi memakai tato tangan Hyena yang biasanya dipakai perempuan arab ketika ada acara pernikahan dan sebagainya.. Dan di dalam Hyena itu terdapat bahan kimia bernama Benzena (kalo ga salah) yang dapat memicu kanker terutama leukimia.. Di berbagai negara2 timur tengah, penderita leukimia sebagian besar dikarenakan oleh Hyena tersebut.. Dan kemungkinan pacar saya juga terkena gara2 itu..

    Btw mas Oce tetap semangat ya.. Pasti Allah selalu memberi jalan terbaik dan balasan atas kebaikan mas Oce.. Terus terang saya bersyukur sekali dapat menemukan blog ini dan mengetahui kisah2 dari teman2 penderita CML walaupun saya bukan penderita CML.. Btw mas, Misalkan pacar saya konsumsi obat kimia (hydrea), dibarengin konsumsi obat herbal boleh ga ya? lalu mas Oce pernah ga punya teman pasien CML yang sembuh total? Misalkan ada, melalui pengobatan apakah?

    Terimakasih.. Wassalamualaikum..

  154. Fitria says:

    Assm, Om Oce….

    Tdk ada salahnya mencoba kapsul daun sirsak.

    Manfaat daun sirsak mampu menghambat hingga membunuh sel-sel tubuh yang mengalami pertumbuhan tidak normal (sel kanker). Senyawa ini memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan pengobatan kanker saat ini, antara lain membunuh kanker secara efektif dan aman, tanpa menyebabkan rasa mual dan muntah serta tanpa kehilangan berat badan maupun kerontokan rambut dalam jumlah besar

    Daun sirsak diketahui mengandung zat annonaceous acetogenins yang mampu 10.000 kali lebih kuat membunuh sel-sel kanker daripada zat adriamycin, yang biasa dipakai dalam pengobatan kemoterapi. Zat acetogenins dapat membunuh aneka jenis kanker, seperti kanker usus, tiroid, prostat, paru-paru, payudara, dan pankreas bahkan penyakit ambeien tanpa merusak atau mengganggu sel-sel tubuh yang sehat. Manfaat daun sirsak telah diteliti di Laboratorium Health Sciences Institute, Amerika Serikat di bawah pengawasan the National Cancer Institute, Amerika Serikat.

    Ndak ada salahnya kok klo dicoba……

    Semua penyakit pasti ada obatnya, kita sebagai manusia hanya bisa berikhtiar dan berusaha, dan Tuhan lah yang menentukan. (amin)

    Selamat mencoba.

  155. bowo says:

    bapak saya mengkonsumsi glivek sudah 5-6 th.pakai program gipap.gratis karena pakai askeskin.selama 5-6 th tdk ada masalah dg leukimia bapak saya.(leukimia bpk saya jenis leokosit tinggi,)yang akan saya tanyakan sama rekan2 semua…
    1- apakah benar,obat gliveg hanya efektif sekitar 5 th saja.?
    2.mengapa setelah mengkonsumsi gliveg sekitar 5 th.HB bapak saya drop terus seiring dg adanya BLAST(sampai drop 3,8 hb nya.dalam 2 bulan ini sudah 4 kali masuk RS untuk tranfusi)
    3.sampai kapan akan drop terus?apakag ada obat selain gliveg? sekarang sudah mengkonsumsi keladi tikus.tp kurang efektif.buktinya ,tetap drop jdg HB nya

    sekarang mengkonsumsi gliveg hanya 1 butir sehari karena leokosit nya tdk terlalu tinngi lagi,hasil terakhir lab(tgl 25 /12/11 HB 4,5..Leokosit 6,1..trombosit 18rb)
    sekarang posisi bpk saya sedang dirumahsakit ,untuk menjalani tranfusi

    nb: bagi teman2 diwilayah semarang.yg akan memperoleh Gliveg secara gratis dr program NOA hub.ibu haidi:085640831132…semoga bermanfaat
    terima kasih

  156. mamed says:

    yth. bp Oce.

    Saya baru pertama ini mencari informasi mengenai leukemia karena salah satu siswa istri saya 2 hari yang lalu di nyatakan menderita leukemia, tapi belum diketahui jenisnya karena hasil tes darah belum keluar. Siswa tersebut di rawat di PKU Gombong, Jateng & tes darahnya di lakukan di Purwokerto. dia adalah anak yatim dari kluarga yang kurang mampu, jadi kami terpanggil untuk membantunya. kami minta saran dari bapak Oce, langkah2 apa yang dapat kami tempuh untuk membantu Anak tersebut. terima kasih.

  157. santi says:

    assalamua’alaikum semuanya,saya terkesan dan salut sama semua yang postin disini,terutama mas once dengan kegigihan dan motivasinya dalam melawan penyakit yang sedang dihadapai,saya doakan semoga kita semua bisa mengambil rahmatNYA di balik semua ini,sekedar info buat semuanya, saya ada kenal therapis beliau ustad juga,ini say kasih alamat dan no telpnya.
    nama :H.Yanuardi,Lc,MPd.I (independent product consultan)
    Residence:Jl.Bulak tengah IV No 18 rt 04/07 kav Bulak klender,JAK-TIM
    email : Yanuardi2001@yahoo.com
    Semoga bermanfaat.
    oh ya ini telp saya 08128669262/santi

  158. Shendy says:

    Apa kah Penyakit leukemia stadium 4 dapat sembuh ?
    dan saya btuh saran tuk menurunkan stadium saya bagaimana?
    mohon bantuan nya kaka” semua

  159. ocekojiro says:

    @Fitria
    Terimakasih telah ikut berbagi disini.

    @Bowo
    Maaf baru sy jawab karena sy agak lupa tengok halaman ini.
    – Memang pada awalnya glivec dibuat agar pasien mampu bertahan dalam jangka waktu 5-6 tahun saja, meskipun pada praktekknya ternyata banyak yg bisa bertahan lebih dari itu, terutama pasien di amerika dan eropa yang mana glivec telah ada lebih dari 10 tahun disana dan di indonesia baru ada pada ahir th 2004.
    – Kemingkinan besar ayah anda sudah resisten dari glivec dan telah memasuki fase crisisblast dan berubah type dari CML menjadi AML.
    – Sampai kapan drop terus? sampai kadar sel blast dalam darahnya bisa ditangani atau minimal kembali pada kisaran 3-4 persen.

    @Msamed
    Mungkin untuk sementara pemeriksaan dijalankan dahulu sampai selesai atau sampai pada pemeriksaan BMP. kemudian jika hasilnya LGK maka bisa mengajukan bantuan ke YKI untuk bantuan obat, sedangkan jika selain type itu paling hanya mengharapkan dari jamkesmas atau jamkesda.

    @Shendy
    Saya pikir kita sepakat, bahwa semua penyakit itu ada obatnya.

  160. ardysolo says:

    siang pak oce seminggu yang lalu saya dapat kabar bahwa sepupu saya di dignosa Leukemia, pertama pemeriksaan di salah satu RS di Solo kemudian di rujuk ke RS sarjito jogja,
    di RS Sarjito dokter mendiagnosa gejala Leukemia, dan diharuskan untuk kemo dengan biaya 150jt-200jt selali kemo, untuk uang sebanyak itu keluarga kami tidak mampu.

    apakah untuk biaya kemo emang sebesar itu, apakah masih bisa di sembuhkan ?

  161. arhura says:

    salam kenal bang… sy jg di vonis penderita CML… but kmaren sempat leukonya 4ribu,,, wkt gak minum obat sebulan jd 24rb,, beratq 80 kilo agak obeistas,, padahal dulu udah stadium 4 ampe 200 ribu lebih.. n kolaps,, tapi Alhamdulillah dah ada kemajuan pesat… apa ada kesempatan ane utk lolos tes kesehatan jd karyawan ya bang?? krn kmren abis di jegal ma orang kantor jadi di keluarin dr tmpat kerja…. trims,,,
    from: Arthura..

  162. ocekojiro says:

    @Ardysolo
    Kemoterapi untuk leukemia biyayanya memang mahal, namun sebelum menjalani proses BMP dan menentukan apa type leukemiannya sepertinya tidak bijak jika dokter langsung memberikan rincian biayanya.

    @Arhura
    Salam kenal juga
    Bukannya sy mau ngajarin anda untuk menyembunyikan penyakit anda agar bisa diterima menjadi PNS, tetapi siapapun sepertinya mempunyai hak yang sama selama kamu seorang warga negara Indonesia.
    Coba deh kamu rutin minum obat, jangan pake bolong bolong seperti kamu kemaren bolong selama sebukan, pasti hasilnya semua normal,,, apalagi yg kamu konsumsi adalah glivec.

  163. Yuliani says:

    SeManGaTtttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    ^_^

  164. Lukman says:

    hai Van..
    Anakku yang kedua Juga kena leukemia sejak tahun 2008..udah menjalani kemoterpi di Singapura, Malaysia dan terakhir di dharmais Jakarta..tapi Alhamdulillah saat ini kondisinya baik..mudah-mudahan sembuh (mohon doanya)..karena kami memakai protokol pengobatan dari Malaysia..selain itu anakku minum susu kuda liar..udah pernah nyoba nggak? terus ada salah satu pasien yang udah di BMP di RS fatmawati hasilnya emang positif leukemia tapi setelah minum susu kuda liar, dari hasil beberapa kali BMP alhamdulillah hasilnya negatif..

  165. irfan says:

    bang oce. saya irfan. Ibu saya juga sedang mengalami penyakit leukemia..!!
    saya khawatir dengan kondisi beliau. Saya mau tau obat herbal untuk mengobati penyakit tersebut itu seperti apa..??

  166. arthura99 says:

    ass…….. bang,,,
    ane kagak minum glivec atuh bang,,,,
    ane minum hydrea,,,, cz kalo glivec gak sanggup atuh bang,,,

  167. arthura99 says:

    tapi yang ane minum hydrea bang,,, bukan glivec,, apa ada bedanya?

  168. ocekojiro says:

    @Yuliani
    Ok,,, cantik.

    @Lukman
    Saya pernah mencoba susukuda liar dan sepertinya produk tersebut olahan dari susu kuda yang difermentasikan dengan cara tertentu hingga menjadi ‘asam (Tolong koreksi jika saya salah).
    Buat saya sangat tidak cocok dan sangat tidak bersahabat terhadap lambung saya yg ada masalah ‘gasisis kronis (maag) karena rasanya yg sangat asam sehingga sudah sangat mirip dengan rasa cuka.

    @Irfan
    Sampai saat ini saya juga masih mencari obat herbal apa yang bisa menyembuhkan, sebab jika menurut dokter sudah tidak ada obatnya, jikalau adapun kita hanya sekedar untuk bertahan hidup saja seperti glivec dll.

    @Arthura99
    Sejak hampir 8 tahun yg lalu pun saya hanya mengkonsumsi hydrea,,, padahal dokter pernah berkali kali menganjurkan sy untuk beralih ke glivec pada program NOA, lalu dokter juga mengatakan jika dengan hydrea saya paling hanya bisa bertahan selama 3 tahun saja. Dan ternyata perkiraan dokter saya itu telah terbantahkan karena yg menentukan usia seseorang adalah Allah, pemilik sesungguhnya setiap jiwa.

  169. adit says:

    dear mas oce

    saya mempunyai seorang pacar yg menderita leukimia
    akan tetapi dia menderita leukemia ini sudah sangat lama dan baru terdeteksi oleh dokter ternyata tulang sumsum pacar saya sudah hancur masi kah ada harapan??

  170. ocekojiro says:

    Harapan?
    Selama hayat masih dikandung badan, sy pikir tidak ada salahnya jika kita tidak berhenti berharap…

  171. tanti says:

    Pak Oce,

    Salam kenal. Teman saya mengidap leukemia baru terdeteksi sebulan belakangan ini. Dengan keawaman dan keterbatasan biaya..apa yg harus kami lakukan? Dimana kami bisa dapatkan hydrea dan berapa harganya juga bagaimana aturan dosisnya. Mohon sarannya. terimakasih banyak.

  172. ocekojiro says:

    @Tanty
    Salam kenal juga…
    Sebelum bicara hydrea, dosis serta harga dan santunannya bagi mereka yg tidak mampu sebaiknya memang diperjelas dahulu apa type leukemianya dan itu baru bisa diperoleh setelah menjalani serangkayan tes darah sampai BMP.
    Jadi,,, saran saya selesaikan dahulu pemeriksaan hingga tuntas atau jika memang sudah itu malah lebih mudah bagi kami untuk menjelaskannya.
    Salam.

  173. Renda Tirta Arafura says:

    Jngn prnah menyerah bwt jlni hdup ini,,,Kita slalu ada bwt klian,,,,Ttap smangat,,,Tuhan Maha Pendengar,,,,

  174. shofiyah says:

    assalamualaikum
    saya mempunyai adik yang beberapa hari lalu di vonis oleh dokter menderita Leukemia, umurnya sekitar 18 tahun, sudah mengikuti UAN SMA.
    keadaannya sekarang sedang kritis terbaring di ICU dengan peralatan selang terpasang melalui hidungnya tembus ke bagian lambungnya untuk mengeluarkan gas-gas yang sulit keluar melalui duburnya..
    Ayah saya sangat kebingungan, ingin mencarikan adik saya obat herbal, tapi bingun juga kalau kondisinya begini, karena tentu obat itu harus masuk lewat oral, sementara, adik saya ini akan muntah kalau ada yang masuk lewat oralnya.

    InsyaAllah Kami akan selalu berdo’a, dan ikhtiar…
    tapi kira-kira, pengobatan apa yang bisa dilakukan jika kondisinya sudah seperti ini?

    dan Adakah asosiasi atau lembaga yang membantu secara materi dan spirit yang adik saya bisa dimasukkan ke dalamnya, karena orang tua kami biasa hidup dengan kesederhanaan, dan tidak punya banyak dana…
    mohon nasehat dan jawabannya
    trimakasih sebelumnya

  175. Moza says:

    Hallo,

    ibu saya penderita CML dan sudah hampir 4 tahun ini, beliau saat pertama kali minum myleran, kemudian tambah dosis menjadi glivec, dan saat ini akan diganti dengan tasigna, melalui yayasan kanker novartis jakarta, semua obat ditanggung oleh yayasan.

  176. Mega says:

    Sore kak,,,
    Kmaren tgl 11 Juni 12 om aku d vonis dokter kena Leukemia,,,,
    Resep dokter mnghruskan pkek obat Hydrea,,,
    D Surabaya obat itu msi ada tp persediaan hnya dri Rmh sakit,,, d apotik2 suda g ada,,,
    klw kkak mau aq bisa bntu sebisa q,,,,

  177. nanda says:

    sebenar nya obat itu ada saya suda beberapa orang bisa sembuh dengan obat yang saya buat

  178. nanda says:

    sakit itu orang nya transpusi darah atau cuci darah apa benar begitu,kalau benar itu ada
    obat nya dengan ramuan saya sendiri

  179. vhieastrella says:

    assalamualaikum wr.wb

    saya vhie,saya memiliki kekasih, dia bru berumur 16 tahun. dia terkena leukimia stadium akhir,penyakitnya baru terdiagnosa beberapa bulan yang lalu,setiap hari dia mimisan,terkadang dia pernah mimisan hampir 10 kali dalam sehari,saya sangat sedih mendengarnya setiap dia kesakitan,,dia sudah melakukan pengobatan kemana-mana,kemo,obat2n,dn lainnya dia juga pernah sampai ke singapore,,
    dokter memvonis umurnya hanya tinggal beberapa beberapa minggu lagi,namun dokter menyarankan untuk melakukan operasi,tapi dia sudah lelah menjalani ini semua,dia hanya berdoa dan saya selaku kekasihnya,hanya bisa selalu ada untuknya,menjaga,berdoa untuknya dan selalu memberikan motivasi agar dia bisa menjalani ini semua,dan saya sudah berjanji padanya akan selalu menemaninya sampai waktu memanggilnya.
    saya meminta saran,apa yang harus saya,keluarga,dn kekasih saya lakukan untuk kesembuhannya?

    terima kasih
    wassalamualaikum wr.wb

  180. leukimia says:

    @vhieastrella : assalamu’alaikum wr wb
    nasib kita sama, saya juga punya cewe berumur 20 th, juga menderita hal yang sama dg cowo km. saya juga sangat berharap dya sembuh. sekarang yg bisa saya lakukan tidak jauh beda dengan anda. tidak henti-hentinya berharap. begitu banyak pengobatan yg sudah dilakukan, tapi belum ada perubahan. barusan saya baca-baca deherba.com katanya ada obat buat kanker darah, tidak ada salahnyakan kita buat mencobanya.

  181. zalfa16 says:

    asalamualaikum mas…saya pribadi ikut prihatin dengan keadaan mas.
    setiap penyakit pasti ada obatnya….maaf kalau anda seorang muslim coba ikuti sunah nabi dengan cara bekam ( hijamah )…dan lakukan sholat taubat dan sholat malam ( tahajud )…insya allah akan sembuh…

  182. sunae says:

    salam sehat dan met ramadhan mas oce,.
    Allah Azza Wa Jalla mempertemukan kembali kita semua dengan bulan yang kita rindukan “Ramadhan” dan memberkahi kehidupan kita dibulan-bulan ini untuk berjumpa di bulan suci Ramadhan dan Dengan segenap kesiapan ruhiyah,fikriyah,jasadiyah,maliyah untuk mengarungi kehidupan dibulan-bulan berikutnya.

    Semoga allah bisa mempertemukan kita semua disalah satu malamNYa yang paling mulia yaitu malam lailatul qodar,.

    harapan kami semua “ya allah turnkanlah dan tunjukkanlah obat yg tidak menyalahi aturanmu untuk kami semua dam berikanlah kesembuhan untuk kami./ Amin”

    Semoga kita semua diberikan kesehatan dan dilapangkan rizki yang barokah,
    Aamiin Ya Rabbal’alamin
    TETAP SEMANGAT DAN TERUSLAH BERKARYA,.

  183. wiwid warno says:

    Assalamualaikum
    salam hormat dan salam kenal pak oce…perkenalkan nama saya wiwid prasetya,melihat artikel anda ini sangat amat membantu saya dalam menangani dan melihat perkembangan pada ayah saya..ayah saya sekitar 5 bulanan ini mengalami penyakit seperti anda…pernah dirawat RSPP jkt sekitar 2 minggu..dan akhirnya dirawat jalan dipalembang,karena kami berasal dari palembang…cuma akhir2 ini kondisi beliau sempat drop (itu dari pemikira saya,HB10 leukosit 205rb dan trombosit 50rb) trnyata saya melihat artikel2 ttg penyakit ini hitung2an diatas bisa lebih turun lagi…

    jikalau berkenan pak..saya bermohon untuk meminta nomor yang bisa saya hubungin,sedikit banyak saya banyak belajar dari bapak untuk menangani permasalahan yang timbul oleh penyakit ini…sekali lagi artikel bapak sangat amat membantu sekali..salam kenal sahabat dari palembang

    wiwid prasetya

  184. ocekojiro says:

    @Shofiyah
    Walaikum salam WrWb
    Kami turut prihatin dengan kondisi adik anda dan semoga dengan perawatan dokter di Rs bisa membuatnya semakin membaik, amin.
    Adapun tentang yayasan yg bisa membanyu penderita yg kurang mampu sepertinya belum ada kecuali untuk yg bertype CML itupun hanya mencover obat saja.

    @Mega
    Terimakasih atas kesediaannya untuk membantu mencarikan obat, mudah2an mereka yg kesulitan mendapat obat bisa mengontak anda terutama wilayah Surabaya.

    @Vhiastrella
    Sepertinya kita sepakat bahwa tidak ada kata terlambat,,, selama masih hidup, harapan itu selalu ada.

    @Zalfa16
    Jika hijamah (bekam) sepertinya sangat tidak cocok untuk penderita leukemia jenis apapun, karena jangankan dilukai dan dikop dengan tabung kedap udara,,, tubuh penyintas leukemia itu sangat rapuh sekali, baru terbentur sedikit saja sudah bisa terjadi pendarahan sendi atau lebam lebam hitam m,embiru.
    Beberapa sahabat ahli bekam yg sy kenal juga sangat tidak menyarankan penyintas leukemia untuk ber bekam.
    Sholat taubat n tahajjud saya setuju.

    @Sunae
    Terimakasih banyak atas support doanya dan semoga kita semua diberikan kemudahan dan kesembuhan, amin.

    @Wiwid Warno
    Salam kenal juga mas Wiwid,,, dan turut prihatin dengan kondisi ayah anda.
    Dan semoga beliau segera membaik,,, salam buat keluarga di Palembang.

  185. risa yang selalu ingin tau...!!! says:

    cepet sembuh yach
    terus berharap
    terus berjuang
    jangan menyerah
    allah gk akn ngasik cobaan di luar batas kemampuan hambanya
    semangat

  186. denny says:

    buat mas van dan lainnya yg punya cara tentang mengobati leukimia.. mohon hubungi saya.. tolong e-mail saya di pelehcommunity@yahoo.co.id….. tolong bantuannya..

  187. soerya says:

    assalamualaikum..
    semangat terus mas once…
    saya punya pacar yang memiliki ciri2 atau leukimia…,dia sering sekali mimisan tanpa sebab.
    kadang badan sangat tidak bertenaga, tulang belakang terasa sakit atau panas. kepala sering sakit.
    sering hilang kesadaran secara tiba-tiba. muncul lebam2 dikulit seperti terbentur.
    apakah itu ciri-ciri leukimia mas? dan dia minum obat terus setiap hari biasanya diminum sebelum tidur. Masalhnya klo saya tanya ga pernah mau jawab.
    tp apapun yang derita pacar saya, saya akan dampingi dia sampe akhir mas..

    terima kasih mas, semangat terus pantang menyerah..

  188. nay says:

    apa jus buah manggis & daun sirsak bisa menyembuhkan penyakit itu?

  189. Mas Oce smoga lekas sembuh ya,,, sudah lama gg ada berkomentar lg,, :)
    jgn pernah putus asa,,, keep fighting ^_^

  190. HERY says:

    SALAM KENAL MAS OCE….setelah saya membaca sebagian artikel anda.saya berkesimpulan anda salah seorang makluk tuhan yg paling iklas dn paling bersyukur..saya sangat terilhami dan rersadar bahwa apa yg anda katakan tuhan tidak akan memberikan apa yg kita mau tapi tuhan akan memberikan apa yg kita butuh…kebetulan putri saya satu2nya umur 2 th 8 blan didiagnosa dokter kena leukimia(LLA) setelah di BMP di RSCM..kejadiannya kira2 1bulan yg lalu.dokter menyaran kan untuk dikemoterpi dan sudah dikasih protokolnya.tetapi setelah saya dan istri tahajud,berdoa dn mencari informasi mengenai kemo saya dan istri sepakat untuk tidak dikemo.halhamdulilah skr keadaan fisik luar putri saya baik2 aja..dan saya sekarang hanya memberilkan obat2 an herbal dan berharap semoga tuhan memberikan keajaiban untuk kesembuhan putri kami..LA HAWLA WALAKUATA ILAHBILAH

  191. ocekojiro says:

    @Risa
    Terimakasih banya atas doa dan perhatiannya.
    Salam.

    @Soerya
    Secara umum itu memang gejala dan ciri leukemia tetapi kita tidak berhak untuk menebak nebak apalagi beliau sangat tertutup dan tidak ingin siapapun tahu termasuk anda.

    @Nay
    Sepertinya jika HANYA mengandalkan jus manggis dan sirsak saja belum cukup kuat untuk menyembuhkan leukemia.

    @Eka Damayanti
    Alhamdulillah saya masih baik baik saja dan terimakasih banyak atas perhatian dan doanya.
    Salam.

    @Hery
    Salam kenal juga mas Hery,,, dari mana anda tahu kalau sy seorang yg iklas dan bersyukur?
    Saya sama seperti manusia kebanyakan mas,,, saya mengeluh, saya menangis bahkan kerap saya marah padahal hanya menemukan hal hal yang sepele.

    Sukur deh ananda semakin membaik,,, semoga terus membaik dan anda sekeluarga selalu dalam lindunganNya karena pada dasarnya kita hanya menjalankan apa yang menjadi bagian kita sedangkan urusan sembuh atau ajal itu hanya milik Allah semata.
    Tetap berprasangka baik kepada Allah dan tetap semangat.
    Salam.

  192. teddyboban says:

    salam kenal mas , kemarin anak saya usia 5 masuk rs karena pusing2 dan sakit di prut sebelah kanan, kurang lebih sudah 4 hari saya cek darah umum hb 328.000 , leukosit 22500, tes darah lengkap belum , sedang diusahakan ddengan antibiotik sampai dengan selasa ,baru jika leukosit tidak turun akan di tes darah ke 2 , apakah 22500 leukosit bia turun ke 9000 10000 jika memang ada infeksi yang mas dan terhindar dr leukemia ? terimakasih mas

  193. S.basri says:

    maaf pa udah mencoba pengobatan alternatif blm?

  194. Muhtar says:

    Semoga Sakit adalah penghilang dosa dan di beri ketabahan. Amien

  195. tatik says:

    asslkm mas once

  196. geis says:

    Tetap Semangat !!

  197. Asep Taryana says:

    Salam kenal Mas Oce …
    Saya benar2 terobati setelah baca statement2 Mas Oce yang jempolan. Hari ini saya sdh menguras air mata krn putri saya usia 22bln setelah hasil BMP dinyatakan mengidap ALL, utk itu mulai hari ini juga saya membuka lembaran baru utk berjuangmengatasi penyakit tsb, tapi jujur … benar2 saya dilema krn banyak pandangan yang berbeda saran Kemo, Herbal dan Orchi jg alternatif lain yang kesemua cara tersebut sangat mahal. Mohon do’a dan kalau ada mohon saran dari teman2 senasib di blog ini, sebaiknya dgn cara apa saya harus lakukan ?

  198. Asep Taryana says:

    @Mas Hary yang putrinya dinyatakan ALL … Subhanallah, kebesaran Allah telah dibuktikan, mudah2an seterusnya sehat yaaa …. btw bisa berbagi ? saya butuh support kalau bisa contact by phone no HP saya 0817 220 779 / 0812 4554 3030, saya sangat butuh masukan krn kondisi dokter sdh menganjurkan Kemo pada hari Senin / dua hari dari sekarang

  199. ocekojiro says:

    @Teddy Boban
    Jika memang naiknya leukosit dikarenakan adanya infeksi, maka ketika infeksi itu sudah bisa diatasi dengan antibiotik maka leukosit dengan sendirinya akan turun pada batasan normal.

    @Muhtar
    Sepertinya kita sepakat bahwa sakit itu akan mengugurkan dosa dosa jika kita iklas menerimanya dan tentunya berusaha menjalani pengobatan.

    @Tatik & Geis
    Walaikum salam Wr Wb.
    Terimakasih banyak atas doa dan dukungannya.

    @Asep Taryana
    Salam kenal juga mas Asep,,, apapun jalan dan langkah yang anda ambil untuk kesembuhan puteri anda,,, saya yakin tidak ada sedikitpun yang sia sia dimata Allah SWT.
    Salam.

  200. Angga Putra says:

    Selamat Malam Mas, beberapa jam yang lalu saya browsing tentang Leukosit dan BMP, hingga akhirnya saya tertuju pada blog mas oce…
    Begini Mas, saya mohon saran jika hasil cek lab DL sbb :
    Leukosit 123.5
    Hemoglobin 11.1
    apakah harus wajib untuk BMP…?
    Terimakasih, sangat saya tunggu petunjuknya…

  201. ocekojiro says:

    @Angga Putera
    Sepertinya memang harus BMP,,, namun tidak bijak juga jika saya langsung menyarankan hal itu karena suka ataupun tidak yang namanya manusia bisa saja khilaf dan melakukan kesalahan, apalagi pada hasil lab diatas hanya ada HB dan leukosit saja. Perlu diketahui juga bahwa hasil darah yg lain seperti hematokrit meskipun tidak spesifik mengindikasikan penyakit tertentu namun kenaikan dan penurunannya akan selalu sejalan dengan HB, begitu juga hitungan darah yg lainnya seperti LED, trombosit dan eritrosit.

    Cobadeh periksa ‘darah tepi dahulu,,, mudah2an ini cuma sementara saja atau mungkin kesalahan kecil yg dibuat pegawai laboratorium yg juga cuma manusia biasa.

  202. wiwid says:

    Ass wr wb.
    Mas oce mohon pencerahan, sekiranya mas oce tahu tentang Tagsina, sebetulnya tagsina itu obat jenis apa? Sudah 1 tahun 2 bulan, saya mengkonsumsi cytodrox. hasil lab bulan april trombosit, leukosit dan HB normal semua, tapi bulan mei ini leukosit saya naik jadi 123 ribu, trombosit 1355 ribu dan hb 11, oleh dokter dosis cytrodox dinaikkan 1 hari 4 butir. ditunggu perkembangannya 1 minggu lagi saya disarankan cek lab, apabila tidak ada perkembangan yang baik akan dialihkan ke tagsina.Apa tagsina itu sejenis glevec ? Soalnya kalau sejenis glevec saya takut mengkonsumsinya setelah saya baca tulisan-tulisan mas tentang efek dari glevec.

  203. ocekojiro says:

    @Wiwid
    Tasigna itu eyangnya glivec,,,
    Saya bukannya mau menakut nakuti,,, tetapi jelas dokter anda rada ngawur jika langsung menganjurkan menggunakan tasigna, karena seharusnya jika pada penggunaan glivec tidak mempan barulah dianjurkan menggunakan obat yg dosisnya lebih gila lagi yaitu tasigna, meskipun konon jenisnya bukan imatinib melainkan dasatinib. Apapun namanya tetap saja obat keras !
    Jika HB masih sebelas koma,,, leukosit cuma 123 ribu dan trombosit 1,3 juta itu masih encer untuk ditanggulangi dg cytodrox ataupun hydrea,,, naikkan saja dosis sedikit untuk 1-2 minggu kemudian periksa lab,,, beres.
    Saya punya banyak teman yg menyesal menggunakan glivec bahkan mayoritas sudah ‘berpulang dan satu diantaranya baru beberapa bulan ini padahal dia sudah 3 tahun menggunakan hydrea manis manis saja namun ketika beralih ke glivec baru 3 bulan langsung crisisblast dan tamat. Ini nyata !

  204. mari says:

    bang oce kenalkan saya mari … kakak saya terkena CML ……. saat ini hb.y 6.4 leukosit 12rb … saya mw tanya klo minum sangobion bisa bareng hydrea ato tunggu jeda 2-3jam dlu …. besok sih niat.y mw tranfusi darah tp krn hari ini tanngal merah jd blum bisa buat rujukan … .. krena saya dan kluarga org yg g punya kami cuma bs pke jamkesmas

  205. fahri says:

    yang butuh hydrea 500 mg, bisa hubungin saya, stok terbatas. tidak untuk diperjual belikan. hanya membantu tuk kemanusiaan. krna hydrea yg ada bulan depan (juli 2013) udh exp.

  206. sidiq says:

    Membaca tulisan anda mengingatkan aku pd bapak q yang ku sayang, tak tega q melihat kondisi bapak dg bermacam” komplikasinya, beliau tetap berusaha ceria walaupun saya tahu bahwa belia merasa kesakitan,, sdh 4th lbh bpk menderita cml dan slma itu pula, q tak henti”nya membesarkan hati bpk untuk tak henti”nya menjalaninya dg sabar, ikhlas, dan sllu mendekat pada اَللّهُ. Sbg anak slain berusaha mengobatkannya, untuk baktiku pd beliau q jg berusaha jd anaknya yg soleh agar bsk tak terputus pahala bagi beliau kelak, ​آمِّينَ يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّن..
    Skrng hidroxy urea atau hidrea tersedia dg nama cytodrox

  207. Rushmytha says:

    Ass. Wr. Wb.
    Salam Kenal Mas Oce & Mohon Pengarahannya, Istri saya mengalami leukimia dan saya kurang tau ttg penyakit ini, selama ini saya mengobati dengan sirsak saja, dan gk tau harus berbuat apalagi, mohon pengarahannya dan terima kasih banyak sebelumnya…..

  208. ocekojiro says:

    @Mary
    Sebaiknya diberikan jeda satu atau dua jam.

    @Sidiq
    Terimakasih banyak atas sharingnya.
    Salam.

    @Rushmyta
    Darimana anda bisa menyimpulkan istri anda terkena leukemia ?
    Kalau memang sudah pernah melakukan serangkayan pemeriksaan darah, apakah sudah sampai BMP ?
    Mohon maaf,,, pertanyaan anda saya jawab dengan pertanyaan, mengingat itu cukup penting untuk mengetahui kondisi serta pengobatannya untuk kemudian hari.
    Tetap semangat.

  209. wiwid says:

    Assalamu’alaikum wr wb.
    Mas Oce, Kamis kemarin saya cek darah lagi, hasilnya alhamdulillah leukosit 9 ribu , trombosit masih 990 ribu, hb dah normal 13 ribu. Saya tidak jadi disarankan untuk beralih ke tagsina karena menurut dokter, citodrox masih respon untuk saya. Dokter hanya masih menambahi agrilin karena trombosit saya masih tinggi.Dua hari sekali saya disarankan minum agrilin 1 butir.Terimakasih mas Oce penjelasannya tentang tagina yang ternyata eyangnya glevec.Oh ya mas oce kalau aspilet itu apakah fungsinya sama dengan agrilin ?

  210. ocekojiro says:

    @Wiwid

    Sukur deeh kalo begitu,,, yang penting bagi pengguna hydrea adalah mengontrol leukosit jangan sampai terlalu rendah atau terlalu tinggi, jika sudah terlalu rendah seperti hasil diatas yaitu 9 ribu,,, maka hydrea harus disetop sementara atau jika belum bisa mengira ngira berapa pergerakannya boleh minum paling tidak satu butir sehari. Namun jika leukosit ada diangka 40 ribuan atau lebih,,, dosis bisa dinaikkan, begitu kira kira.
    Agrilin obat untuk mengontrol trombosit yg terlalu banyak sedangkan aspilet atau aspirin atau merek lainnya hanya sekedar obat untuk menjaga dari ‘trombosis atau penggumpalan darah yang disebabkan banyaknya kadar trombosit dalam darah.

  211. melly says:

    Assalamu’alaikum mas pak oce.. saya memiliki keponakan yg berumur 4 th. Baru seminggu ini terdeteksi leukimia. Untuk stadium brp kita tdk tahu, krn org tua ybs tidak beserdia di tes sumsum tulangnya. Sedangkan kondisinya saat ini perut membesar dan keras punggung sdh hitam2. Pertanyaanya apakah untuk mngtahui stadium dan jenis Ca hiatus melalui biopsi sumsum ? Mohon balasanya.. terima kasih.

    Melly,

  212. ocekojiro says:

    @Melly

    Walaikumsalam WrWb.
    Betul sekali,,, untuk mengetahui jenis dan fase (staduim) memang harus melalui BMP. Jadi,,, tolong diberi pengertian kepada orang tuanya bahwa meskipun dokter sudah bisa memastikan leukemia namun masih ada kesempatan untuk sembuh jika mengetahui dengan tepat typenya, apalagi penderitanya masih kanak kanak.

  213. agus says:

    mf..saya sangat tertarik akan semua pengalaman & sekaligus buat pembelajaran kami, sbab kekasih saya juga mengalami sakit yg sama dg sobat sobit semua, makasih bila saya di perkenankan utk salam perkenalan & persahabatan,

  214. agus says:

    Terima kasih buat mas ocekojiro bilamana kami diperkenankan share sama sahabat semua..

  215. ocekojiro says:

    @Agus
    Silahkan di share disini mas agus jika anda punya pengalaman yg bisa dibagi bagi.
    Trims.

  216. Devi says:

    mas oce saya Devi umur 23 thn dan saya juga mengidap leukimia pada saat usia saya 22 thn, saya mau bertanya makanan dan minuman ap saja yang harus saya hindari?
    saya sempet mau menyerah dan ingin pasrah saja tapi saya lihat keluarga saya begitu ingin saya sembuh dan sehat jadinya saya tetap berusaha agar dapat sembuh dengan mengkonsumsi obat hydrea dan herbal.. tapi sering sekali saya merasa lelah dan jenuh dengan obat yang harus tiap hari saya konsumsi :(
    dan saya juga sering merasa kesal karena tidak dapat beraktifitas seperti teman yang lainnya dan makan pun harus milih”.. oleh karena itu saya ingin tau makanan ap yang harus saya hindari ato makanan ap yang harus saya konsumsi agar tetap sehat?

  217. pixie says:

    Saya mau sharing pengalaman saya yang kena Accute Myleod Leukemia (AML) pada 2009, Sekaligus menginformasikan beberapa herbal yang dapat membantu kondisi anda,

    Sewaktu awal saya mau di kemoterapi, sy diinformasikan oleh kenalan saya, yg kakaknya pernah sembuh dari leukemia dengan menggunakan herbal.
    Untuk menurunkan leukosit : meniran diambil utuh dg akar,daun, batang, ditumbuk kemudian diperas airnya & direbus dengan susu kambing
    Karena saya sudah terlanjur di kemo, maka saya tidak mencoba herbal tersebut diatas, karna kemo sudah menekan leukositnya sampai rendah sekali. Setelah kemo 2x, saya menantikan leukosit saya naik ke level yang aman, sehingga bisa memulai transplan stem cell. Setelah menunggu sekian hari & tidak ada perubahan, sy mencoba browse di internet & menemukan bahwa meniran bisa meningkatkan leukosit. Awalnya saya ragu karena sebelumnya diberitahukan bisa menurunkan leukosit, tetapi akhirnya saya coba juga setelah membaca berbagai sumber di internet mengklarifikasi data tersebut. Saya mengikuti resep awal diatas, tetapi sy menggunakan bubuk meniran & bubuk susu kambing, masing2 1-2sdm & direbus sebentar.
    Ternyata tidak lama kemudian leukosit saya benar2 naik, sehingga bisa dilanjutkan dengan transplan.

    Beberapa hari yang lalu, saya menginformasikan herbal tersebut ke 1 orang dicurigai kemungkinan leukimia, karna leukosit yg naik& kdg turun & hb & trombositnya turun terus. Baru2 ini saya contact, stelah coba meniran, leukositnya menjadi lebih stabil.

    Perlu diketahui juga, meniran+ susu kambing juga bagus untuk liver. Pernah ada 1 orang yang livernya sudah parah & sudah sekarat, pulih setelah minum meniran+susu kambing. Sewaktu saya masuk ke rs ut transplan, dokter sempat berkomentar kalau liver saya kuat sekali, sehingga saya membutuhkan dosis imun supressan yg lebih tinggi, karena liver saya banyak membuang racun tersebut dr tubuh saya.

    Terapi lain yang saya lakukan untuk menaikan leukosit saya adalah dengan mengunakan castor oil pack. Mungkin anda sekalian juga bisa mempertimbangkan terapi ini, karena banyak orang yg telah merasakan manfaatnya & terapi ini bisa ut mengobati berbagai jenis penyakit. Buat yg telah menjalani kemo &merasa badan masih lemah sekali, tidak ada tenaga, bisa mencoba oil pulling. Untuk info lebih lanjut bisa baca di http://www.earthclinic.com

    Semoga informasi tersebut diatas bisa membantu

  218. apri says:

    salam semangat mas oce,.
    saya mau bercerita dan bertanya, pacar saya di vonis leukimia tapi dia bilang cuma leukimia ringan, dia sudah mengkonsumsi obat dari dokter selama 5 bulan namun saya kurang tau obat apa yang diberikan. belum lama dia mengalami batuk berdarah dan mimisan kemudian merasakan kelelahan yang sangat. saya memang tidak begitu mengerti tentang leukimia, saya mau bertanya sebenarnya leukimia ringan itu masuk ke dalam jenis leukimia yang mana dan bagaimana penanganannya..serta seberapa besar peluang kesembuhan untuk orang yang menderita leukimia ringan..usianya masih dua puluhan..
    terima kasih mas oce..tetap semangat..

  219. puji susilo says:

    Selamat siang
    kang oce

    saya di bekasi

    sepupu saya barusan saja di vonis terjankit penyakit super serius ini ,,,

    yaitu leukimia akut..

    selama hampir 3 mgg masih di rumah sakit
    kondsisnya mengenaskan
    sampai matanya sudah merah tangan dan kakinya biru dan bercak bercak item

    kami dari keluarga yang menengah kebawah bahkan kin lebih ga punya lagi

    tapi berkat dudkungan dari kantor tempat sepupu sya bekerja dia bisa di rawat di RS. FATMA wati

    jaksel

    yang biayanya lumayan mahal..

    tapi akhir 2 mggu ini kin dari kantor sudah sedikit menyerah untuk biayai sepupu saya sehingga kami berencana memindahkan nya ke rumah sakit yang bisa menggunakan KARTU JAKARTA SEHAT

    rencanaya di RS. Darmais

    apakah yang harus kami lakukan ,,

    kami mau coba pake obat herbal dari ektrak manggis ..

    bagaimana menurut kang oce ?
    terimakasih

  220. pagi bang oce, semua manusia ingin hidup normal, tapi semua orang mempunyai takdirnya masing-masing.
    tetap bersyukur bang, abang tidak sendiri.
    “aku tidak peduli atas keadaan susah / senangku, karena aku tak tau manakah diantara keduanya itu yang lebih baik bagiku” (-Umar Bin Khattab-)

  221. Ahmad Ansyah says:

    Semoga bermanfaat yaa infonya

  222. Agung Pradnyana says:

    Selamat pagi para sahabat yg hebat,
    Perkenalkan sy agung, mahasiswa keperawatan. Sebelumnya sy benar2 salut dengan perjuangan teman2 untuk tetap berjuang dan tetap bersemangat. Sy ingin mengadakan suatu penelitian mengenai pengalaman keluarga merawat anggota klg dgn leukemia. Mohon informasinya dmna sya bisa bertemu dngn keluarga kalian. Apakah ada rumah singga untuk penderita leukemia beserta keluarganya disaat menjalankan perawatan ? Terimakasih

  223. desi ariyati says:

    .

  224. kembangi says:

    saya seorg kristen telah membaca keluhan2 sy coba unk bergabung kalu diterima. coba minum yg namanya buahMerah hacil tanaman Papua Bisa menyembuhkn H.I,V> dan leukimia satu botol 375 ribu Minum sampai 4 botol dan setelah lumanyan minum lagi gentong mas unk menambah enerji berdoa minta ampun dosa2 sebelumnya dan jgn membenci agama lain pasrahkn pd Tuhan dan bermura bermura hati supaya Tuhan mengabulkn dn menyembuhkan penyakitmu << ANDRYIANSAH SDAH MATI HIDUP KEMBALi asalam allaikum saja ibu JOSE

  225. nuryadin says:

    LEUKEMIA menular/tdk?…nuhun…

  226. anto kurnianto says:

    yg tbah dlm menghdapi cobaan yg allah brkan kpd kita,bkan brarti krna sya tdk mengdap pnykit tsb.Na udzubillah…. tp pcr sya yg menderita pnykit leukimia udh hmpir 6 tahun dgN perjuangan yg sngt kras dan menghbskan biaya yg tdk sdkit smpai harta semuanya hbs

  227. Org yang terkena penyakit leukimia tidak bolh memakan makanan apa saja yah dok?

  228. uus says:

    mas oce, tolong bantu saya minta nomor teleponnya sampean yg bisa saya hubungi. saya mohon segera bantuanya.terima kasih

  229. mohhamadyausman says:

    bang oce tlg…saya dan kelurga sangat bingung dan terpukul…adik saya di vonis leukemia….dan hanya bisa bertahan selama dua bulan.sekarang masih terbaring di rs sanglah denpasar…tlg minta infirmasinya di mana bisa mendapatkan hidrea di denpasar.tlg mas.

  230. ocekojiro says:

    @Uus dan Mohammad Yausman.
    0812 83094416

  231. irfan says:

    bagaimana mas kondisi kesehatan mas sekarang? saya juga penderita leukimia dan baru diketahui akhir-akhir ini. memang benar bahwa hydrea sudah tidak ada, tapi untungnya ada obat penggantinya yaitu “Cytodrox” (hydroxurea 500) .. saya dapat di bandung tepatnya di apotik waringin jl. klenteng no.2 A.

    saya sendiri memiliki leukosit sekitar 200rb, dan selalu mengantuk kalau beraktifitas hehe
    saya ingin berbagi pengalaman dengan mas lewat email ya mas

    irfanimovick@gmail.com

    terima kasih

  232. warda says:

    dear kak oce
    salam kenal dulu sebelumnya,,,
    kak teman saya ada yg difonis oleh dokter terkena gejala laukimia.
    apakah dia bisa sembuh kalau hanya gejala saja.,,
    lalu obatnya apa ya kalau boleh tau,,,…???
    thanks kakak

  233. Adinda Rahmah says:

    dear mas oce
    saya salut sama perjuangan mas, saya belum mau komentar apa2 krn saya sedang menunggu vonis mas. doakan saya ya…

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s