Penyebab Trombosit Tinggi dan Cara Menyikapinya

Posted: January 27, 2013 in Uncategorized
Tags: , , , ,

Ternyata,,, trombosit tinggi itu bukan monopoli leukemia (kanker darah), meskipun banyak sekali kasus tingginya trombosit dialami oleh penderita leukemia jenis CML. Namun demikian, banyak hematolog sepakat bahwa trombosit tinggi itu adalah salah satu penyakit kelainan pada darah yang bisa diderita oleh siapapun juga baik pria, wanita, anak anak bahkan orang yang sudah tua sekalipun.

Kenaikan kadar trombosit dalam darah atau biasa disebut trombositosis itu bisa di sebabkan oleh dua hal, yaitu karena sebab primer dan sekunder. Trombositosis premier adalah kenaikan kadar trombosit dalam darah terjadi dengan sendirinya tanpa adanya pemicu sama sekali, dimana dicurigai adanya kelainan pada  sumsum tulang dan DNA sebagai pemberi perintah. Sedangkan yang sekunder atau biasa disebut trombositosis sekunder disebabkan adanya penyakit lain yang menyertainya seperti infeksi akut, perdarahan, hemolisis, kanker, spelenektomi, dan penyakit sel darah seperti leukemia serta TBC kronik dan lain lain.

Terkadang, kenaikan kadar trombosit bisa sangat ekstrim terutama pada type yang sekunder dimana sebenarnya kenaikan kadar trombosit itu juga merupakan sebuah bentuk pertahanan diri yang dilakukan oleh tubuh untuk ikut melawan sel sel penyakit yang berada dalam jaringan tubuh dan darahnya dengan menciptakan sebuah iklim yang tidak disukai oleh sel sel penyerang tersebut sehingga diharapkan sel sel penyusup yang berada dalam darah tersebut akan mati dengan sendirinya dan tidak bisa menyebar pada jaringan yang lain.

Jika kita harus mewaspadai, bahwa kadar trombosit yang terlalu rendah itu bisa sangat berbahaya karena dapat menyebabkan pendarahan (trombositopenia), maka sebaliknya kita juga harus mewaspadai bahwa kadar trombosit yang terlalu tinggi juga akan sangat berbahaya karena dapat menimbulkan koagulasi atau penggumpalan penggumpalan darah pada tempat tempat yang sangat rentan terkena sumbatan sehingga bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti stroke maupun jantung koroner yang juga dapat menyebabkan kematian.

Untuk menjaga agar trombosit tidak terus membumbung tinggi  dan menyebabkan akibat yang merugikan pada tubuh, maka khusus untuk type yang primer bisa dengan cara mendonorkan darahnya secara rutin atau menjalani pengobatan bekam secara berkala. Bayangkan,,, badan menjadi sehat dan dapat pahala kebaikan pula karena memang trombosit pada pada type ini tidak mengalami perubahan sifat  sehingga tidak berbahaya bagi orang lain yang menerima donor. Selain itu peningkatan trombosit juga tidak terlalu tinggi sekali hanya berada sedikit diatas nilai normal sampai pada kisaran 800 ribuan.

bekam2
Sedangkan untuk type yang sekunder biasanya harus dibatasi dengan menggunakan obat obatan kimia, karena meskipun bisa dikurangi dengan penggunaan obat obatan herbal maupun pengobatan alternatif namun hasilnya tidak sebaik dengan menggunakan obat obatan kimia seperti agrilyn ataupun hydrea, itupun harus di ikuti dengan pemberian aspilet atau aspirin setiap harinya agar tidak terjadi penggumpalan darah terutama pada kadar trombosit yang sudah terlalu tinggi dengan kisaran 1,1 hingga 2 juta per mmk darah.

Demikian semoga bermanfaat.

Wassalam.

Tulisan terkait:

- Tips menurunkan Trombosit
- Tips Menaikkan HB.
- Tips Menurunkan LED.

” Semua Tulisan Oce Kojiro “

About these ads
Comments
  1. sulastri says:

    bang oce emang bisaya donor trombosit saja padahal orang tersebut cml seperti suami saya karena trombositnya cenderung tinggi tapi masih bisa diatasi dengan mahkota dewa sih. dan alhamdulillah hb nya juga sudah baik kemarin diatas 12

  2. Devi says:

    Dear Mas Oce,
    Sudah 8 bln ini trombosit sy tinggi dan kata dokter sy penderita trombositosis primer karena trombosit sy yang tertinggi mencapai 1982000 karena kt dokter klo trombosit sekunder maximal 900000 tdk sampai jutaan. Sblmnya trombosit sy mencapai 1362000 dan dktr hematologi meresepkan trombo reductin 2×1, hidroxy urea medac 1×1 dan clopidogrel 1×1. memang trombosit bs turun tp krn harga trombo reductin yg mahal sy menghentikannya. Kemudian dktr meresepkan hidroxy urea medac 3×1 dan aspilet 2×1 dan dlm wkt 3 minggu trombosit yg semula 1982000 turun menjadi 1118000.
    Yang ingin sy tanyakn :
    1. sebenarnya sampai nilai berapa org dikatakan tombositosis primer dan sekunder?
    2. apakah dengan donor darah/bekam bnr-bnr bs menurunkan trombosit?
    3. jika sy donor darah itu donor darah biasa ? dan apakah tidak bahaya utk org yg menerima donor darah sy?
    4. atau apakah bisa donor trombosit saja ato dibuang lewat donor darah?

  3. ocekojiro says:

    @Sulastri
    Untuk type primer,,, boleh mendonorkan darahnya, namun jika sudah terbukti bahwa kenaikan trombosit itu diakibatkan penyakit yg menyertai seperti leukemia,,, maka sebaiknya jangan mendonorkan darah.

    @Devi
    Sebenarnya saya tidak terlalu memahami faktor penyebab trombosit tinggi ini, namun dari perbincangan saya dengan salah seorang sahabat dokterku dan juga seorang praktisi bekam,,, bahwa trombositosis primer justru tidak terlampau tinggi sedangkan jika ada penyakit yang menyertai malah bisa tinggi karena sebagai bentuk pertahanan diri (Tolong koreksi jika pendapat ini salah).
    Terkadang,,, karena kuatnya fisik seseorang atau pertahanan dirinya, penyakit yang menyertai kenaikan trombosit atau leukosit belum terlihat jelas atau nampak kepermukaan hingga berbulan bulan lamanya dan sebenarnya ketika itu sedang ada peperangan dahsyat dalam tubuhnya yang mana pada kemudian hari akan terlihat dengan jelas jika penyakit yang memenagkan pertempuran tersebut,,, maka akan jelas terlihat penyakit apa yang kita derita, sedangkan jika pertahanan tubuh kita yang menang maka juga akan jelas terlihat yang ditandai dengan sehatnya tubuh kita dan normalnya kembali hasil2 lab yang kemarin kita takutkan itu.
    Donor trombosit saja sepertinya tidak bisa sedangkan berbekam sepertinya cara yang masuk akal dengan resistensi yang minim.
    Semoga kita semua dalam lindunganNya, amin.
    Salam.

  4. Devi says:

    Mas Oce,
    Terima kasih masukannya. 6 bln kemarin wkt trombosit sy tinggi sy tdk bgitu lemas tp stlh sy terserang flu selama 1 bln kondisi sy srg lemas, kaki pegal2 rasanya njarem2 pd persendian pdhl trombosit skrg sdh turun jadi 597.000 dan skrng flu sdh sembuh. Kata dokter emg klo ada kelainan darah srg krasa gitu. Skrng kulit dan kuku sy jadi hitam karena efek dr hidroxy, apakah semua itu benar ?

  5. Devi says:

    Mas Oce,
    Oia kt dktr hematologi penyebab trombositosis bs dr bahan kimia yg dihirup krn kebetulan sy bekerja di perusahaan mebel tapi jarak ruangan sy dan ruang finishing kira2 ada 200 m. dan dktr menyarankan sy utk resign. lalu sy konsul ke dktr hematologi laen kt nya bahan kimia bkn faktor penyebabnya. Klo menurut Mas Oce gimana, apakah memang ada kasus spt sy ?

  6. ocekojiro says:

    @Devi
    Betul,,, itu karena efek hydroxyurea.

    Begini,,, Penyebab trombosit tinggi itu ada dalam tubuh kamu sendiri karena tubuh kamu sebenarnya sedang mencoba bertahan pada batas maksimalnya, adapun pemicunya bisa dari mana saja termasuk dari bahan kimia yg selalu kamu hirup.
    Keyakinan saya kamu akan bisa kembali normal (sehat) jika kamu bisa menghindari mencium dan menghisap paparan bahan kimia yg selama ini kamu dapatkan. Apasalahnya resign jika untuk mendapatkan kehidupan baru yang lebih sehat dan mungkin malah lebih menjanjikan keberkahan dari Allah swt.
    Salam.

  7. bunda titi' says:

    sy jg penderita trombosisi tinggi,kmrn dah turun jd 800,tp kmrn cek lg jd 1.009.000. Sy bingung klo saran dktr sy mkn n minum alami aja, tp sy disarankan sm saudara pakai herbalife. Bs gak ya di tunjang sm herbalife?

  8. bunda titi' says:

    o iya sy klo mo bekam tp tekanan darah sy rendah. Gmn ya?alternatifnya?

  9. anto says:

    slamat siang…
    sudah sejak bulan juli 2012 saya menderita pembengkakan limpa, saya sudah kosumsi temulawak dari bulan agustus 2012, tapi pembengkakan limpa belum kunjung kempes…apa yang harus saya lakukan, mohon saran nya trima kasih.

  10. ocekojiro says:

    @Bunda Titi
    Maaf,,, saya tidak tahu apakah trombosit tinggi bisa diturunkan dg herbalife.
    Jika tekanan darah anda selalu rendah sebaiknya jangan berbekam.

    @Anto
    Anda pengguna tetap hydrea atau glivec ?
    Dan menurut anda seberapa besar pembengkakan perut anda jika nilai pembengkakan terkecil kita beri angka 1 sedang pembengkakan terbesar ada pada angka 10 ?

  11. Wiwid says:

    Mas Oce, seandainya trombosit tinggi karena leukemia, apakah selain menggunakan hidrea, melalui bekam juga bisa menurunkan trombosit.? Oh ya saya sudah mencoba teh makota dewa untuk menurunkan trombosit, tetapi kenapa ya setelah minum makota dewa saya terus diare, tetapi begitu komsumsi teh makota dewa saya hentikan, diare saya juga berhenti dengan sendirinya

  12. ocekojiro says:

    @Wiwid
    Jika sudah jelas leukemia,,,, bekam sebaiknya jangan dilakukan !
    Kalau begitu anda harus hentikan penggunaan makotadewa dimana kemungkinan besar anda memang tidak cocok menggunakan herbal tsb.

  13. Cusin says:

    gmn cara menurunkan trombosit Mas? sy sdh 2 tahun trombosit sllu tinggi.puncaknya pada bulan desember 2012 trombosit sy mencapai 1.571.000 padahal normalnya 150 s.d 450 ribu.mksh

  14. ocekojiro says:

    @Cusin
    Jika sudah setinggi itu harus dengan agrilin, hydrea atau lainnya sedangkan makotadewa hanya sebagai pembantu saja.

  15. Mia says:

    asalamualaikum wr wb,mas Oce,nama saya Mia,suami saya survivor LGK sejak Mei 2012
    Alhamdulillah sampai sekarang kami masih bertahan dan terus berusaha (# ‘_ ‘)9
    Mas Oce saya mw tanya mengenai pengobatan kanker melalui metode ECVT (dari Edwar Technology),,Mohon informasinya ,
    Jazakumullah Khairat

  16. namhin says:

    mungkin tidak,anak di bwh umr 2 thn trombositnya di atas 1juta? bgmn cra mngatasiny? mohon ptnjuk.trmksh…

  17. sid ozzan says:

    penyebabnya bermuara pada pencernaan, klau pencernaan kita baik dengan konsumsi nutrisi yang baik semua bisa teratasi dengan baik

  18. abdul hamid says:

    assalamualaikum
    mau berbagi pengalaman dan meminta saran kepada teman2 sekalian.
    ibu sy menderita trombosit tinggi. dengan dokter diberi obat cytrodox 500mg dan hasil trombositnya normal sekitar 350-400,akan tetapi membuat gatal2 di seluruh badan. pernah tidak minum obat tersebut selama 2 minggu,gatal2nya hilang tetapi kepala menjadi pusing sekali dan badan terasa lemas,lalu periksa lab dan trombositnya tinggi mencapai 800. kemudian disarankan konsumsi agrylin,namun badan terasa nyilu dan cekot2. apakah ada rekomendasi obat lainnya yg bisa menurunkan trombosit tetapi tidak ad efeknya? mohon sarannya,terima kasih.

  19. ocekojiro says:

    @Mia
    Sekitar ahir 2011 saya banyak berdiskusi dengan salah seorang sahabat LGK yg menjalani terapi seperti yg anda tanyakan diatas dg menggunakan baju yg dibuat khusus untuk membunuh sel sel kanker.
    Sebenarnya secara halus saya hendak memberitahukan kepada sahabatku itu bahwa sel sel kanker pada umumnya (kanker hati/otak,paru/payudara/serviks dll) itu berbeda dengan sel-sel kanker darah,,, jika sel sel kanker pada umumnya dapat memperbanyak diri (dg cepat) dengan membelah diri atau dg berbagai cara, dan fisiknya jelas terlihat bahkan hidup dg ikut memakan protein dan lemak tubuh dengan ciri yg umum adalah pembengkakan pada jaringan, tetapi tidak dengan sel sel leukemia yang keberadaanya akibat salah perintah dari sumsum tulang belakang atau DNA seseorang. Untuk menghancurkan sel sel leukemia sebenarnya tidak terlalu sulit, namun yg sulit adalah memutus perintah agar tubuh tidak terus memproduksi sel sel yg ‘cacat dan ‘ganas tersebut.

    Awalnya sy tidak ingin memupuskan harapan dan keyakinan sahabatku itu bahwa dg baju tersebut dia bisa sembuh,,, namun ketika dia memilih menghentikan meminum obat (hydrea) dan menjadikan baju tersebut satu satunya pengobatan yg dia jalani maka sayapun dengan tegas mengatakan bahwa baju yg dia gunakan itu adalah ‘sampah yang tidak ada manfaatnya untuk penderita leukemia. Sahabatku itu marah dan tidak mau lagi aku hubungi bahkan untuk sekedar membalas sms sampai pada awal maret 2012 suaminya mengabarkanku bahwa sahabatku itu meninggal dunia karena crisisblast dan pembengkakan limpa.

    @Namhin
    Kalau bicara mungkin,,, sepertinya mungkin saja, namun untuk mengatasinya sebaiknya tanya sama ahlinya saja.

    @Sid Ozzan
    Sepertinya saya kenal neeh dengan mas Sid Ozzan ini,,, Sahabat lamaku yang juga adik kelasku ketika masih sama sama mondok di PP Darunnajah dan kini kabarnya dia sudah menjadi seorang yg ahli dalam ilmu kanuragan dan kesehatan.

    Kalau boleh,,, berikan kami pencerahan dan penjelasan tentang statemen anda diatas bahwa “penyebab segala penyakit itu bermuara pada pencernaan, jika pencernaan kita baik dengan konsumsi nutrisi yang baik semua bisa teratasi dengan baik”.
    Apa maksudnya sob ?
    Trims.

    @Abdul Hamid
    Oke,,, ditunggu neeh saran dari teman teman yg pernah mengalami kasus yg serupa.
    Salam.

  20. Cusin says:

    Mas Oce, apa yang harus sy lakukan? sy cek ke Lab.rutin setiap bulan.Tetapi trombosit sy masih belum normal.3 bulan terakhir (maret 476 ribu, april 531 ribu dan bulan mei 1.322.000) Terima kasih.

  21. Raniyuniarti says:

    Bayi 8 bln dah kena penyakit ni?
    Padahal hanya ASI ja yg d k0nsumsi na. . M0h0n penjelasan

  22. Lucy says:

    kalau obat herbal itu bisa mencegah naiknya trombosit tidak ? Kalau teh mahkota dewa itu juga bisa tidak ? Mohon petunjuk
    Terimakasih

  23. Reny says:

    salam kenal mas Oce…
    Suami saya adalah penderita trombositosis sekunder. Ini akibat pengangkatan limpa pd tahun 2008. 2 tahun belakangan selalu transfusi darah utk menaikkan HB ny setiap 1,5 bulan. Dokter mencurigai ke arah leukemia karena ditemukan sel muda pada hasil lab nya.hasil lab nya trombosit 1,5 Juta, leukosit 50 ribu. Dirujuk untuk BMP tapi suami saya takut sampe saat ini. apa ada pemeriksaan lain selain BMP utk memastikan apakah suami saya terkena leukemia? mohon infonya mas… saya ingin sharing krn bingung apa yng harus kami lakukan saat ini. makasih

  24. ocekojiro says:

    @Reny
    Sepertinya memang leukemia (LGK) dan keyakinan sy ini didasari oleh tingginya trombosit dan leukosit serta banyaknya sel sel leukosit yang muda. Jika tidak mau BMP bisa perikasa BCR-ABL saja untuk memastikannya dan bila positip (+) anda juga bisa menggunakan obat glivec melalui santuanan NOA.
    Salam kenal juga…

  25. yaya says:

    thanx infonya….. sodara ada yg terkena masalah dg lekosit dan trombosit yang tinggi. meski bnyk2 browsing n baca2 info. thanx anyway….

  26. mie says:

    slmt ptg..saya dari malaysia, ingin bertanya kepada oce..,saya menghidap penyakit thrombosis ..pada awalnya 1600000 meningkat 1886000. apa langkah mengatasi dan rawatannya. boleh ka saya donor darah saya? terima kasih

  27. kuzma says:

    Assalamu’alaikum bang oce,,, sekitar setahun lalu leukosit anak saya tinggi sekali, sampai 6 bln berikutnya cek darah lagi leukositnya 987000 mm, trombositnya 570000. Hari ini sy cek lagi darah anak sya, ternyata leukosit nya turun menjadi 7600 mm, sedangkan trombositnya menjadi 371000. Yang ingin saya tanyakan adalah apakah anak saya terkena leukemia? Mohon jawaban nya, terima kasih. Wassalam

  28. ocekojiro says:

    @Mie
    Sebaiknya jangan didonorkan darah anda,,, mungkin berbekam (hijamah) secara berkala bisa membantu menurunkan kadar trombosit anda itupun jika HB anda dalam kondisi normal.

    @Kuzma
    Leukosit 987.000 dan trombosit 570.000 itu tinggi sekali,,, dan bisa dibilang hampir mustahil terutama leukositnya.
    JIka hari ini leukosit dan trombosit dalam batasan normal,,, kemungkinan hasil yang dahulu terdapat kesalahan dalam menghitungnya.

  29. kuzma says:

    Oo begitu yah bang oce, syukur alhamdulillah klo memang anaku ga kenapa2. Trima kasih yah bang oce

  30. bang oce, ponakanku kemarin kena penyakit ITP. kadar trombositnya turun sangat rendah. transfusi darah tiap hari. perawatan di RS. lalu kami beri suplemen bernama tr*nsfer f*ctor. dalam 3 hari kondisi normal/membaik dan diijinkan pulang. sementara konsumsi suplemen itu kami lanjutkan. sekitar 4-5 hari sesudah boleh pulang, trombosit naik sampai 900.000 lebih hampir 1.000.000. boleh dijelaskan kira2 apa yg sedang terjadi? terima kasih.

  31. iezma says:

    om oce tahun 2010 sy didiagnosa trombosial esencisiti trombosit sy 1.400.000 4 bln pertama sy rutin mnm hydrea dan cardioaspirin tp saat ini saya jarang minum.. dan kmrn sy cek trombosit sy 600.000 sy bru menikah 2 minggu dan berencana hamil.. yg ingin sy tanyakan apakah berbengaruh khamilan dengan jumlah trombosit karena dokter kandungan bilang sy sebaiknya tdk hamil dl.

  32. wahyu says:

    Asalamualaikum..sya mau tnya bos?? Saya ikut tes brigadir polisi,,tapi gugur d kesehatan k 2,krana katanya dokter itu trombosit saya 13000,maksimal 12000.apa benar bos,segitu maksimalnya dan ktanya sya hrus minum vitamin.menurut bos vitamin apa ya cocok?? Maksih sebelumnya.

  33. devin says:

    kponakan sya masih kecil, kemarin d rawat di pusdik tidak tanggung, trus di rawat di rsud, obt yg cocok buat kponakan saya apa ya mas oce?

  34. devin says:

    obt untk ank kecil yg kena trombosit tinggi apa bang oce?

  35. nita says:

    tmn ku trombositnya sangat tinggi mencapai 2.000.000, menurut dokter mengidap trombositosis primer dan harus konsumsi obat seumur hidup. disarankan minum thromboreductin tapi harga nya sangat mahal, jadi saat ini mengkonsumsi hydrea, trombosit turun menjadi 500.000 dalam 2 bln. tapi menurut dokter jika mengkonsumsi hydrea dlm jangka pnjang dikhawatirkan penyakit nya dapat berubah menjadi leukimia. disarankan minum tromboreductin tp harga nya mahal sekali. adakah yang berhasil menurunkan trombosit tanpa obat2an kimia / dengan obat herbal? mohon sharing nya ttg penyakit kelainan darah trombosit tinggi ini.

  36. nita says:

    cara buat seduhan teh buah mahkota dewa nya gimana ya? ada takaran nya gak? apakah boleh minum teh tsb selagi masih mengkonsunsi hydrea / obat semacamnya?
    mohon sharing nya.. makasih

  37. ocekojiro says:

    @Nita.
    Betul,,, mmg sebaiknya menggunakan tromboreduction atau sejenis “AGRYLIN, karena penggunaan hydrea otomatis juga akan menurunkan leukosit karena sebenernya fungsi utama dari hydrea adalah untuk mengontrol leukosit. Untuk orang yg kadar leukositnya cukup maksimal mmg tidak terlalu berpengaruh karena penggunaan hydrea untuk trombositosis ini tdk terlalu byk atau hanya satu atau dua kapsul sehari, namun perlu juga diperhatikan jk leukositnya terlalu rendah,,, maka ia akan mudah sekali terkena radang atau inveksi karena pertahanan tubuhnya lemah sekali dan semakin melemah seiring semakin lama penggunaan hydrea.

    Membuat teh makota dewa mudah saja,,, ambil sejumput irisan makota dewa kering atau sekitar 7-10 lembar dan masukkan kedalam gelas/cangkir lalu seduh dg air mendidih. Biarkan hingga dingin dan siap dikonsumsi. Sehari dua atau tiga kali.

  38. nita says:

    makasih mas oce…
    maaf untuk mahkota dewa yang diambil buah atau daun nya? perlu dikeringkan/dijemur di bawah sinar matahari gak?

  39. ocekojiro says:

    Makota dewa yang digunakan adalah daging buahnya yang sebelumnya sudah diiris tipis tipis dan dikeringkan. Perlu juga diperhatikan karena banyak pengolahan atau industri rumah tangga yang mengolah buah ini dengan sekedarnya saja,,, biji dari buah ini konon beracun dan belum pernah ada yang mencoba meneliti kandungan yang ada didalamnya. Sebaiknya diperhatikan jangan sampai biji buah makota dewa ini terolah dan masuk kedalam teh yang kita seduh untuk pengobatan. Sangat tidak benar persepsi masyarakat tentang obat obatan herbal yang katanya tanpa efek samping dan bisa digunakan oleh anak anak selalipun bahkan dengan takaran yang kira kira saja. Alih alih ingin sehat malah mendapat celaka.

  40. nita says:

    iya saya sependapat, umumnya obat herbal dikonsumsi karena baik untuk kesehatan, akan tetapi belum diketahui secara spesifik manfaat utama dari obat herbal tsb, malahan diasumsikan dapat mengobati segala macam penyakit. siapa yang tahu andaikata herbal tsb bertentangan dgn penyakit yg diderita seseorang?

  41. adewi says:

    mas oce.. mau nanya, bgm mengatasi trombosit tinggi pada anak usia 15 bln,, mohon sarannya, trimakasih

  42. ocekojiro says:

    @Adewi

    Menurut saya untuk mengatasi trombosit tinggi pada bayi sekalipun sama saja dengan pada orang dewasa baik jika menggunakan obat herbal maupun obat obatan kimia (medis).
    Namun yang membedakanya dan sangat harus diperhatikan adalah DOSISNYA. Dan saya tidak faham sama sekali dan sebaiknya harus konsultasi dengan ahlinya yang lebih mengerti yaitu seorang dokter atau herbalis jika menggunakan pengobatan alternatip (herbal)

  43. min mw nanya kalau umur anak usia 4 tahun trombosit nya sampai 800 itu mksudnya ap?

  44. erna says:

    Slmt sore mz,,.mau tnya keponakan saya umur 9bln..trombosit nya 488.000 cmm, kadar hemoglobin nya 10,2.. Itu brbahaya tidak ya?? Bagaimna cara mengatasi?? Trima ksih

  45. rini says:

    salam mas,,anak saya umur 2,8 tahun,,trombositnya 740,,kira2 berbahaya tidak

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s