Tips Mengatasi Keringat Malam

Posted: July 26, 2012 in Uncategorized
Tags: , , ,

Hampir sama dengan keringat pada umumnya, keringat malam adalah hasil dari aktifitas tubuh yang bekerja membakar karbohidrat dan lemak lalu merubahnya menjadi energi gerak dengan mengaktifkan beberapa organ tubuh untuk bekerja menjalankan fungsinya. Atau dengan kata lain adalah sebuah hasil akhir dari sebuah aktivitas yang dilakukan oleh tubuh manusia, baik dilakukan secara sadar maupun diluar kesadaran.

Ketika seseorang sedang tidur tidak semua organ vital dalam tubuhnya ikut tidur bahkan ada beberapa organ yang sejatinya justru malah bekerja maksimal ketika tubuh sedang tidur, salah satunya adalah organ hati dan sistem kekebalan tubuh (Imunitas) yang berpusat didalam sumsum tulang belakang.

Jadi,,, jika kita mendapati kerap ada keringat yang berlebihan ketika tidur pada malam hari sementara cuaca dan kondisi ruang tidak mengalami perubahan yang ekstrim, maka sangat perlu diwaspadai bahwa kita sedang diintai oleh sebuah penyakit berat seperti tuberklosis maupun penyakit berat lainnya sekelas kanker, karena keringat malam itu adalah indikator bahwa sistem kekebalan tubuh kita sedang bekerja maksimal meskipun kita sedang tidur pulas.

Karena keringat malam itu adalah hasil dari aktifitas tubuh, maka keringat malam tidak bisa diatasi begitu saja tanpa mencari sumber masalahnya dan menyembuhkannya. jika masalahnya adalah leukemia seperti yang saya idap, maka secepatnya dilakukan pengobatan dengan benar agar penyakit tidak terus memburuk yang ditandai dengan terus menurunnya berat badan dan kondisi tubuh semakin jatuh karena sel sel leukemia sudah semakin menguasai tubuh dan membuat tubuh semakin lemah dan rentan, sehingga serangan infeksi sekecil apapun akan dapat menjadi sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian.

Keringat malam juga indikator yang kuat bahwa tubuh sedang melawan infeksi yang berkepanjangan seperti pada kasus TBC yang mana selain letaknya yang sulit dijangkau karena berada didalam jaringan paru, virus tersebut juga sangat sulit dihancurkan sehingga butuh pengobatan jangka panjang dengan menggunakan antibiotik atau dengan menggunakan kunyit jika penderita memilih pengobatan herbal.

Ada keterkaitan yang erat antara keringat malam dengan berat badan, karena seseorang yang kerap mengalami keringat malam akan cenderung selalu kurang berat badannya karena energinya akan selalu habis terpakai meskipun dia sedang tidur sehingga tidak ada yang bisa disimpan sebagai lemak atau penyusun  jaringan tubuh dan tulang yang dapat digunakan pada waktu yang dibutuhkan.

Demikian semoga bermanfaat.

Wassalam.

Artikel Terkait :

- Tips Menaikkan HB.
- Tips Mengelola Muntah.
- Tips Meredakan Pendarahan Hidung.

About these ads

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s