Tips Menaikkan HB

Posted: January 23, 2012 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

Anjloknya HB dalam darah penderita leukemia adalah momok yang sangat ditakuti oleh para penyintasnya. 20131105_060555Hampir semua type leukemia terutama pada fase fase lanjut akan mengalami penurunan kadar HB bahkan pada fase fase awal untuk type akut pun gejala menurunnya HB kerap menjadi hal yang biasa terjadi seiring meningkatnya sel sel leukosit (blast) yang karena keganasannya memakan sel sel darah merah yang masih baik, sehingga penderita leukemia sering dikait kaitkan dengan istilah TRANFUSI DARAH yang dalam masarakat awam (seperti saya) kadang salah menyebutkannnya, hingga berubah menjadi CUCI DARAH.

darahPerlu juga diketahui bahwa HB itu singkatan dari HEMAGLOBIN yaitu molekul yang berada dalam sel darah merah yang salah satu fungsinya adalah untuk membawa oksigen guna di distribusikan keseluruh tubuh. Warna merah pada darah serta kualitas darah manusia dapat ditentukan oleh HB ini. Penurunan HB pada manusia bisa terjadi karena banyak hal, diantaranya karena penyakit ginjal, dan pemberian cairan intra-vena (infus) yang berlebihan. Selain itu dapat pula disebabkan oleh obat-obatan tertentu seperti antibiotika, aspirin, antineoplastik, indometasin (antiradang) dan lain lain.

Pada penderita leukemia, penurunan HB yang sangat signifikan terjadi karena adanya keganasan pada sel sel darah putih yang merusak sel sel darah merah yang masih sehat hingga jumlahnya menurun dan otomatis darah tidak lagi bisa menjalankan fungsi utamanya membawa dan mendistribusikan oksigen keseluruh tubuh terutama ke otak. kemudian bisa diperparah juga dengan penggunaan obat obatan sitostatika (kemoterapy) yang diberikan untuk menekan dan menghancurkan si biang onar yaitu sel sel darah putih yang sudah berubah menjadi ganas itu, karena selain membunuh sel darah putih obat obatan sitostatika juga secara otomatis akan merusak sel sel darah merah yang masih relatif baik. Terkadang,,, saya juga tidak habis fikir mengapa pengobatan bodoh cara kemoterapy ini masih saja dilakukan pada era modern ini ? Meskipun saya juga meyakini bahwa pengobatan cara ini adalah satu satunya pengobatan yang paling masuk akal ditengah maraknya pengobatan alternatif yang semakin banyak saja corak dan ragamnya.

c22Obat untuk meningkatkan HB ternyata tidak banyak dan yang saya ketahui adalah metildopa dan gentamicin. Pada dasarnya obat obatan itu hanya berupa pemberian mineral tertentu untuk mengeluarkan kadar air dalam darah sehingga diharapkan darah kembali bisa menjalankan fungsi utamanya. Sedangkan yang umum dilakukan oleh para dokter untuk menaikkan HB itu sebenarnya hanya dengan pemberian multi vitamin dan mineral bahan bahan pembangun darah serta makanan yang juga banyak mengandung vitamin pembentuk darah dan diharapkan tubuh akan dapat memproduksi darah dengan sendirinya secara alamiah.

Jika keadaan darah sudah sangat sedikit yang ditandai oleh HB yang rendah maka tranfusi darah adalah alternatif yang terahir. Dan perlu juga diketahui bahwa pemberian tranfusi darah tidak disarankan untuk jangka panjang, melainkan hanya untuk keadaan darurat saja.

Kembali ke topik yang ingin saya bicarakan diatas, yaitu tips menaikkan HB untuk para penderita leukemia itu sebenarnya sangat panjang dan komplek karena intinya adalah bagaimana membuat tubuh yang sedang sakit itu untuk bekerja dengan alami untuk memproduksi darahnya sendiri, kita pun hanya bisa sebatas membantu memberikan dan memasok bahan bahan utama untuk proses pembuatan darah tersebut, sedangkan prosesnya adalah tubuh kita sendiri yang melakukannya. Untuk sebuah proses bisa berjalan seperti yang kita harapkan dibutuhkan situasi dan kondisi tubuh yang relatif baik dimana beberapa organ penting pembangun darah masih harus bisa berfungsi dengan baik atau tidak mengalami kerusakan yang cukup berarti.

Agar tulisan kali ini tidak terlalu panjang saya akan langsung saja menjelaskan hal hal yang seharusnya diperhatikan jika kita menginginkan proses pembuatan darah berjalan dengan baik.

MAKAN
Makan adalah kegiatan yang paling penting dan utama dalam proses pembuatan darah dimana tanpa makan proses pembuatan darah bisa dibilang mustahil untuk dapat dilakukan dengan alami. Dan untuk penyintas leukemia yang ingin bertahan dengan baik, maka makanlah 3 sampai 4 kali sehari dengan porsi menurut kebutuhan sehari hari.

Namun pertanyaannya adalah, bagaimana mau makan jika perut membesar karena adanya pembengkakan limpa dan mual berkepanjangan karena efek obat obatan sitostatika (kemo) yang terus dicekoki kedalam tubuh kita ?

Jawabannya adalah menambah rebusan temulawak sebagai jamu yang diminum setiap hari. Fungsinya adalah untuk memperbaiki fungsi organ hati dan limpa, dan temulawak juga dikenal sebagai obat untuk menambah nafsu makan dan mempermudah buang air besar (BAB) hingga metabolisma tubuh bisa berjalan dengan sempurna.

MINUM
Minum air putih yang umum kita dengar jika ingin mendapatkan tubuh sehat adalah delapan gelas setiap hari, namun buat penyintas leukemia yang berharap kualitas hidupnya serta produksi darahnya berjalan dengan baik harus lebih banyak dari yang saya sebutkan diatas terutama pada pagi hari setelah bangun dari tidur guna menggantikan cairan tubuh dengan yang baru agar tubuh menjadi segar sepanjang hari dan proses metabolisma dan pembentukan darah berjalan sempurna.

SUPLEMENT
Banyak definisi berbeda tentang suplement, namun menurut saya suplement disini adalah makanan tambahan yang berupa asupan vitamin, mineral, asam amino, enzim dan lain lain yang diberikan untuk menambah kayanya unsur unsur zat pembangun tubuh dan darah dimana dirasa masih sangat kurang dari apa yang kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi sehari hari.
Suplement itu bukan obat, meskipun penyebutan untuk suplement penambah darah belakangan ini kerap disebut dengan obat penambah darah, Dan banyak varian obat obatan penambah darah yang beredar luas dipasaran dengan berbagai merek serta bentuknya namun yang sampai hari ini yang saya minum adalah sangobion sebanyak 1 kali sehari.

BUAH BUAHAN
Mengkonsumsi buah buahan setiap hari, paling tidak satu atau dua macam buah yang kita makan setiap hari, meskipun tidak semua buah buahan dapat meningkatkan kualitas dalam produksi darah, tetapi paling tidak vitamin dan mineral serta enzim yang terdapat pada buah buahan itu bisa membantu daya serap pada tubuh. Dan yang paling sering saya konsumsi untuk meningkatkan kualitas produksi darah saya yaitu : Jus buah bit, jus jambu biji sertra jeruk manis dan pisang.

ISTIRAHAT
Banyak dari kita yg tidak menyadari pentingnya istirahat terutama tidur, karena ketika kita tidur itulah organ organ tertentu dalam tubuh kita bekerja maksimal, diantaranya adalah proses pembuatan dan pembentukan darah merah.

KESIMPULANNYA ADALAH :

Untuk menaikkan kadar HB dalam darah khususnya buat penyintas leukemia yaitu dengan makan yang banyak dan bergizi setiap harinya, jika tidak bisa makan terlalu banyak karena berbagai alasan, boleh sedikit sedikit yang penting sering. Kemudian minum suplement penambah darah juga setiap hari, lalu cukup minum, cukup makan buah buahan dan cukup istirahat setiap harinya dan yang terakhir yang tidak boleh tertinggal adalah BERDOA, karena semua yang telah kita lakukan itu hanyalah sebatas usaha saja sedangkan hasilnya hanya Allah yang kuasa untuk menentukan.

Demikian semoga bermanfaat.

Salam.

- ocekojiro -

Tulisan Terkait :

– BMP
– Tips Menaikkan Trombosit
– DELIMA

“Semua Tulisan Oce Kojiro”

About these ads
Comments
  1. Randeezt says:

    Nice tips, Thanks :)

  2. sitinuryani says:

    aku mau dong di kaseh buah2an nya…..juice juga boleh deh

  3. tips yang bermanfaat…

  4. senjaaufa says:

    bisa di tiru pa’
    kereeen :-) bagi terus pengalamannya

  5. senjaaufa says:

    bisa di tiru pa’
    bagi terus pengalamannya,,,:-)

  6. sulastri says:

    assalamu’alaikum mas oce! dalam tip menaikkan HB utk penderita leokimia disarankan untuk minun banyak min 8 gls perhari bahkan lebih. tetapi bagaimana jika sipenderita tersebut fungsi ginjalnya bermasalah / ginjalnya bengkak bgt? terimakasih atas semua sarannya dan semoga dapt membantu….

  7. bee says:

    gentamicin tu memang utk meningkatkan hb kah??

  8. luthfiah says:

    Izin copas yaa dan dibagikan

  9. ucil says:

    iya betul saya sendiri sudah 3 kali op name kerena CML pemulihan nya begitu lama Qualitas makan, tidur, dan obat tentunya Kepada Alloh SWT .. dialah yang menentukan Hamba ini masih bertahan hidup dengan ketergantungan Obat… glivec, dulu aku minum hidrea 6 capsul sehari..
    live must go on tetap semangat….amin Thank You Alloh.

  10. Fendy says:

    Ok mantep brow,trims tips2 nya…

  11. ENY says:

    SEBUAH ARTIKEL YG SANGAT BERMAMFAAT , TERIMAKSIH

  12. fadholli says:

    Akan saya coba untuk Keluarga saya. Terima Kasih

  13. ERWAN says:

    THANK YOU TO THE INFORMATION, VERY USEFUL FOR EVERYONE

  14. Handoko says:

    mas oce…apa khabar,saya juga penderita CML…
    divonis pada tahun 2008 bulan February,mengkonsumsi glivec sejak tahun 2010,sudah hampir 1bulan ini kondisi saya menurun, saat ini saya pucet banget dan lemas..jantung saya berdebar kencang saat beraktivitas walau hanya ringan…saya gak mau kedokter krn pasti akan ditransfusi darah.Hanya berdoa dan mengkonsumsi vitamin, suplement dan buah2an berharap Hb saya bisa normal kembali.

  15. RIDWAN says:

    BAGAIMANA DENGAN PENDERITA YG LAMBUNGNYA LUKA PAK..?

  16. zikrillah says:

    ya gmn dngn yg menderita sakit lambung tau mag???

  17. buanted says:

    sangat berguna nih .. berhubung temen saya yg kondisi skrng HB nya menurun drastis :(

  18. aurha says:

    thanks, sngat bermanfaat…semoga menjadi amal bagi anda di Akhirat kelak..

  19. Muj says:

    smg lks sembuh

  20. Elmunsyah says:

    Trima kasih atas berbagi pengalaman yang sangat berarti ini, semoga selalu diberi kemudahan Saudara sekeluarga olehNya…..Amin3x

  21. noviana says:

    thx infonya…

  22. sumadiyono says:

    Bgmn dg penderita DM yg Hb nya menurun ? Trims infonya

  23. naryati says:

    terima kasih atas info nya semoga lekas sembuh dan minta do”a nya untuuk putri ku yang sedang sakit leukimia

  24. wahyu says:

    salam kenal..mas ocekojiro^^
    tips anda sangat bermanfaat untuk saya dan anak2..anak saya memang bukan penderita leukimia tetapi thalasemia yg notabene hampir sama…hiks

    tetap semangat n salam perjuangan :)

  25. tatang says:

    oke makasih infonya semoga berguna bagi kita semua amin ya robbal alamin

  26. dina alfina says:

    Terimakasih…informasi yang bermanfaat. Karena saya pernah transfusi dan infus venofer krn zat besi saya juga ngedrop.

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s