Tips Menaikkan Trombosit

Posted: January 21, 2012 in Uncategorized
Tags: , , , ,

Tidak banyak diketahui bahwa para penyintas leukemia khususnya untuk type CML atau LGK  secara umum akan terbagi lagi menjadi dua kelompok besar jika dilihat dari jumlah trombositnya, yaitu :

- 1. Mereka yang trombositnya selalu kurang hingga dibawah seratus ribuan.
- 2. Mereka yang trombositnya selalu berlebih hingga mencapai satu jutaan.

Pada tulisan kali ini saya akan fokus pada yang pertama dahulu, yaitu mereka yang trombositnya selalu kurang. Type ini sama persis dengan yang terjadi pada saya sendiri yang mana trombosit saya selalu kurang dari angka normalnya bahkan pada tahun tahun awal saya hidup dengan leukemia nilai trombosit saya kerap berada dibawah seratus ribu sehingga saya selalu terlihat sangat pucat, lesu, lemah dan kurang bergairah.

Sebenarnya produksi trombosit pada tubuh pasien seperti saya itu berjalan dengan normal dan bisa dibilang tidak ada kelainan sama sekali baik dari segi bentuk dan sifat trombositnya maupun jumlah yang diproduksinya. Hanya saja yang selalu membuat trombosit itu selalu kurang adalah karena diakibatkan oleh faktor penggunaan obat obatan sitostatika dalam jangka panjang dan terus menerus seperti hydrea, glivec maupun tasigna.

jambuKita semua sudah sangat faham bahwa salah satu fungsi obat obatan tersebut adalah untuk membunuh leukosit atau sel sel darah putih yang terlalu banyak, namun pada kenyataannya disamping membunuh leukosit, obat obatan bodoh itu juga secara otomatis akan membunuh trombosit yang mana bentuk dan karakter kedua sel  tersebut sangat  mirip satu sama lain bahkan berada pada tempat yang sama yaitu didalam darah.

Kepastian hasil laboratorium dapat menunjukkan bahwa trombosit kita berkurang, namun sebenarnya kita sendiri seharusnya juga bisa mendeteksi lebih dini ketika trombosit pada darah kita sudah mencapai taraf yang mengkhawatirkan hingga dapat kita antisipasi terlebih dahulu sebelum kita periksa darah di laboratorium atau bertemu dengan dokter.

Diantara tanda tanda yang umum yang menunjukkan trombosit kita sedang anjlok adalah jika terjadi pendarahan sendi atau pendarahan terbuka pada gusi, hidung ataupun feses tanpa diawali dengan sebab yang jelas seperti terbentur benda tumpul atau benda tajam. Hal tersebut dalam istilah kedokterannya disebut TROMBOSITOPENIA, atau kondisi darah yang kekurangan kadar trombosit hingga menyebabkan pendarahan.

Selain adanya pendarahan sendi dan pendarahan terbuka, bisa juga dilihat dari kondisi tubuh yang pucat, lesu , lemah dan tidak bergairah terkadang banyak juga bintik bintik merah pada kulit tubuh terutama ditangan dan kaki.

wpid-20131030_203659.jpgUntuk mengatasi keadaan tersebut sebaiknya memang harus konsultasi dokter dimana jika sudah parah diharuskan untuk tranfusi trombosit. Namun jika masih dalam batas yang tidak terlalu mengkhawatirkan bisa diantisipasi dengan  meminum jus buah bit dan  jus jambu biji merah 3-4 kali sehari  serta diteruskan dengan makan nasi tiga atau empat kali sehari serta banyak memakan buah buahan.

Cara mengolah buah bit sangat mudah sekali dan tanpa tambahan apa apa lagi, yaitu ambilah satu buah bit segar sebesar kepalan tangan untuk dibersihkan, kemudian dikupas lalu dipotong hingga menjadi beberapa bagian lalu di blender bersama dua gelas air putih. Setelah di blender kemudian disaring dan siap untuk diminum sebanyak satu gelas sedang sisanya boleh disimpan di kulkas untuk diminum kemudian. Bagi mereka yang sulit untuk meminumnya (seperti saya) karena buah bit ini memiliki aroma yang khas, maka bisa hanya dipotong menjadi beberapa bagian lalu dikukus dan dimakan seperti memakan ubi rebus, namun khasiat dan efeksitasnya lebih baik yang dibuat jus daripada yang dikukus.

Demikian semoga membantu.

Salam.

Tulisan Terkait :
– Tips Menurunkan LED
– Tips Mengatasi Pembengkakan Limpa
– Forum Leukemia

“Semua Tulisan Oce Kojiro”

About these ads
Comments
  1. Gunawan says:

    Assalamualaikum,
    Salam kenal, luar biasa blog ini, penuh dengan informasi dan kisah yg banyak membantu saya memahami penyakit leukimia. Sy bukan pengidap, melainkan istri saya DIDUGA mengidap leukimia. Dia berusia 24 tahun. Selasa lalu 17 jan 2012, kami ke RSCM untuk melakukan tes BMP atas anjuran kuat dokter hematologi dr asrul di rs tria dipa (beliau jg praktek d rs dharmais). Kondisi istri sy lemah, telinganya ada infeksi. Begtu datang, dicek jumlah darahnya, ternyata hb 5 sehingga dilakukan transfusi darah dan rawat inap,untuk memulihkan kondisi pasien agar bisa melakukan tes bmp. Hingga hari ini dia masih dirawat (sedang tidur pulas, saya di sebelahnya menulis ini). Kondisi hr ini hb naik 9. trombosit 11rb. limpa memang membesar sejak bbrp bulan hingga sekarang. mengalami susah buang air besar. Nafsu makan masih baik, tidak demam, hanya terkadang hangat sdkit, sariawan, gusi bengkak,mudah lelah,kadang muncul lebam2,bintik2 merah, tapi tidak nyeri pada persendian/tulang. Dokter menulis SUSPECT ALL. Hingga skrg belm dilakukan tes bmp. Dan kata susternya dokternya ada hari Selasa.
    Mas, tolong berikan saya pendapat mas dan anjuran atas dasar pengalaman dan pengetahuan mas. Terima Kasih sekali.

  2. ocekojiro says:

    @Gunawan

    Waalaikumsalam Wr
    Ada sedikit hal yg mengganjal dlm hati saya, jadinya sy mau bertanya jika anda tidak keberatan. Darimana anda mengetahui sudah ada pembesaran limpa sejak beberapa bulan yang lalu, dan apakah sebelumnya sudah ada indikasi istri anda terkena leukemia sebelum tgl 17 januari lalu?

    Tentang anjuran BMP saya sangat setuju untuk dilaksanakan secepatnya bahkan setelah HB 9 pun sudah boleh menjalani proses itu, dan kita tunggu saja hasil BMP pastinya karena sebelum hasil bmp keluar perawatan dokter belum mengarah pada penyembuhan melainkan hanya mengatasi dan menangkal keluhan dan gejala.
    Oya tentang susah BAB saya pernah mengalaminya padsa awal awal dahulu bahkan sy pernah lebih dari satu minggu tidak BAB, dan itu sangat tidak baik sekali, karena pada ahirnya racun2 serta residu dari obat2an dan makanan yg harusnya kita buang ternyata kembali lagi terserap kedalam sistem tubuh kita dan meracuni darah dan organ hati.
    Baca halaman enema kopi di blog ini dan sy sarankan untuk ber enema ria,,, seperti saya, hehe….

  3. gunawan says:

    Ya mas, gejala gejala ternyata sudah muncul sejak beberapa bulan yg lalu (kira2 april).Hnya sj waktu itu sy menduga anemia saja. Ke dokter pernah disuruh opname gara2 trombositnya turun,divonis DBD,pdahal orangnya baik2 saja. Sy browsing2 waktu itu ttg anemia dan katanya slh satu indikasi anemia adalah pengerasan/pembekakan limpa.Sy periksa sndiri dan memang perut kirinya keras sekali,agak besar perutnya,tp tidak keterlaluan (mirip buncit saja),dan itu hingga kini. Juli kami menikah disertai sakit2 yg sering menimpa dia. (pernah dia sakit bengkak spt bisul/gondongan di leher kiri,sudah pecah dan kempes). Ketika kita nikah,dia lebih fit,alhamdulillah.Tp agustus keatas,mulai sdikit2 sakit datang,sprti flue,demam,batuk,hingga infeksi dalam hidung gara2 pilek hebat yg tdk kunjung reda,dan skarang msh ada infeksi di telinga (tp sdh membaik karena ditangani tht). Ya mas kita juga tdk sabar mnunggu tes bmp,agar sgera diketahui dan diputuskan pengobatan spt apa yg bisa kita usahakan. Sy jg benar2 berharap bantuan pengetahuan mas agar istri saya bisa sembuh/bertahan.Sy akan mlakukan apa sj utk istri sy.
    Ohy mas,bgmn dgn temulawak,bisakah mngatasi limpanya tsb spt yg anda tulis?sefektif apakah?Mas,apa boleh sy berteman dgn anda di FB? Trimakasih sbelumnya.

  4. Gunawan says:

    Mas,ada ssuatu yg ingn sy tnyakan lg. Prkmbngn trakhir leukosit istri sy turun cuma 900, shingga perlu obat leukogem utk menaikkan leukosit. Stahu sy slh stu ciri khusus leukimia adalah jumlah leukosit yg melebihi batas normal. Apa itu benar mas?? Makasih skali mas..Ohy ini fb sy: http://facebook.com/gun.kurosawa..Mksih.

  5. ocekojiro says:

    @Gunawan
    Temulawak bisa mengatasi pembengkakan limpa, saya dan beberapa sahabat juga pernah mengalaminya. Hanya saja yg perlu diketahui adalah obat2an herbal tidak langsung bekerja cespleng melainkan perlu proses, dan setiap pasien itu kondisi organnya juga berbeda beda meskipun penyakitnya sama jadi jika saya bisa cepat pulih dalam 1-2 minggu belum tentu orang lain berlaku hal yang sama.

    Pada dasarnya ciri pasien leukemiua itu kadar leukositnya tinggi, namun kenapa kok cuma 900 ? Itu bisa saja terjadi bahkan sering terjadi terutama pada type leukemia akut (AML dan ALL). Karena tidak semua sel sel leukosit itu adalah sel kanker yg abnormal, melainkan yg menjadi indikator seseorang sudah sampai pada fase tertentu adalah berapa jumlah SEL BLAST nya?
    Sy yakin anda sudah pernah melakukan test darah tepi, jadi tolong dilihat berapa prosentase BLAST nya ya
    Oya, link FB kamu gak jalan,,, cari saja fb aku dengan nama oce kojiro.
    Trims.

  6. Gunawan says:

    Mas, hari ini tadi istri saya sudah menjalani tes bmp. Sakit ngilu katanya (diambil dari pinggang). Tadi msh diperiksa di patologi anatomi rscm, sama diperiksakan di lab rs dharmais (saya sendiri yg kesana). Namun hasilnya baru komplit minggu depan, lama sekali..Leukosit istri sy msh berjumlah sama, trombosit hanya 35000, namun hb naik jadi 9,5. Saya ada hasil pemeriksaan namun tidak diisi kolom blast nya mas…LEDnya 97.
    Hr ini jg sy mulai kasih istri sy rebusan temulawak, jus jambu merah, dan kurma ajwa (kata teman ampuh memulihkan kondisi). Ini indikasinya katanya masih tanda tanya namun, tadi dokter menyebut juga kemngkinan lain dari ALL, yaitu Anemia Aplastik.
    Mas,bgmna mnurut anda ttg pngobatan herbal dari herbalis sperti daun sirsak,keladi tikus,tapak dara,mahkota dewa dsb? Karena saya dapat info ada dokter yg fokus ke herbal dan berhasil menyembuhkan beberapa tipe kanker termasuk leukimia, dan hingga sekarang beliau fokus ke herbal.

  7. ocekojiro says:

    Saran sy,,, jika tdk diberi antibiotik oleh dokter sebaiknya minum kunyit juga,,, LED 97 itu terlalu tinggi dan itu indikasi adanya infeksi.

    Menurut sy,,, sy sangat yakin bahwa penggunaan obat2an herbal dg cara yg TERUKUR dan BENAR, baik bahan baku maupun dosisnya itu bisa menyebuhkan banyak penyakit-penyakit berat sekelas kanker tak terkecuali leukemia, meskipun untuk type CML sy belum menemukan yg benar2 sembuh.

    Diam diam,,, sy dan beberapa orang sahabat sy yang diantaranya juga ada 2 orang yg CML sudah 1-2 bulan ini berobat herbal dg HERBALIS ternama dari soreang Bandung. Perkembangan kami yg leukemia semakin membaik,,,
    Dan mudah mudahan keyakinan saya semakin membuat tubuh saya mau bekerjasama untuk mengusir si biang onar keluar dari tubuh ini,,, insyaallah.

  8. Gunawan says:

    Alhamdulillah,sy lega anda dn teman2 ternyata mngalami kmajuan membaik,setelah mulai ke herbal.Saya sndiri jg sbnarnya berfikiran sama,bhwa herbal dgn cara yg terukur dan benar,dan dilakukan oleh orang yg benar2 ahlinya,mampu menyembuhkan banyak penyakit. Sudah banyak tulisan ilmiah,referensi,maupun kisah kehebatan tanaman herbal.Bayangkan sj biaya pngobatan oleh medis yg tidak masuk akal,serta dampak pngobatan yg mnimbulkan masalah2 baru pada diri pasien.
    Mas,apapun pnyakit istri saya,baik leu maupun aplastik,dua-duanya mrupkan pnyakit ganas yg mematikan.Sy bertekad dgn ikhtiar semampu sy utk berperang menyembuhkannya sampai saya sndiri yg mati.Pngobatan herbal ini sgt mmbuat sy tertarik,saya ingin bertukar informasi dgn anda lbh dalam.Saya ikut mendoakan anda dan kawan2 bisa tersembuhkan dgn ikhtiar anda yg luar biasa itu,karena hanya Allah yg memberi penyakit,dan Allah pula yg mengangkatnya. Apabila pngobatan herbal dgn cara yg benar ini mampu menyembuhkan kita smua,maka akan jadi inspirasi yg siapa tahu bisa menyelamatkan ribuan kawan2 lain yg memiliki nasib serupa.
    Ohy ttg infeksi,sy lupa bercerita mulai 2 minggu yg lalu istri saya sakit telinga kiri,kata spesialis tht ada infeksi akut telinga,smpat memburuk dan mnyakitkan bagi istri saya,namun dokter2 tht berupaya maksimal,dan bbrapa hari ini sudah sgt membaik dan sudah tidak sakit lagi (meskipun msh agak merah).

  9. lisa says:

    subhanallah…

  10. sulastri says:

    assalamualaikum mas oce.
    salam kenal dari bu Sulastri dari Ponorogo. saya sangat terharu membaca semua tulisan dari mas oce yang begitu tegar dalam menghadapi cobaan yang maha berat. dan saya salut juga kpd istri mas oce yang begitu tegar dan sabar dan semoga saya bisa seperti istri mas oce. terus terang suami saya 9 bln yang lalu juga bifonis leokimia dan mungkin cml spt mas oce krn semua ciri2 sama dgn yang mas oce bilang. saat inisuami sedang menjalani pengobatan oleh ahli herbal di ponorogo semoga Alloh segera memberikan kesembuhan kepada suami saya dan juga kepada mas oce juga kepada penderita2 leokimia yang lain. AMIIN!…

  11. sulastri says:

    yang ingin saya tanyakan kepada mas oce suami saya selalu batuk dan mengeluarkan banyek dahak apa yang harus kami lakukan agar batuk dan dahaknya reda? dan dulu seblum kami menikah suami saya seorang perokok berat tapi sudah 12 th berhenti namun sekarang oleh ahli herbal yang menangani suami saya bilang jika maucepat sembuh harus merokok lagi tapi saratnya rokok harus sama dgn yg dl pernah dirokok ndak boleh ganti2. bagaimana menurut mas oce?

  12. ocekojiro says:

    @Ibu sulastri
    Walaikumsalam Wr.
    Salam kenal juga dan terimakasih atas doanya semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, amin.
    Mohon maaf jika sy terlalu mau tahu, tapi sy sedikit penasaran tentang siapa yg memvonis suami ibu menderita leukemia? dan apakah sudah pernah menjalani BMP atau minimal uji kromosom?
    Jika belum,,, sebaiknya dituntaskan dahulu pemeriksaanya, kemudian jika nanti anda memutuskan untuk berobat herbal saja (tidak ke dokter) ya ngak papa,,, tetapi paling tidak kita sudah tahu dengan pasti apa type leukemia yg bapak idap.

    Oya, tentang ahli herbal yg menyarankan untuk kembali merokok, menurut saya tolong diselidiki lagi apakah memang dia seorang ahli herbal (herbalis) atau hanya tukang jual kecap !
    Jangankan rokok, narkoba dan alkohol pun ada manfaatnya untuk kesehatan,,, tapi manfaatnya tidak sebanding dengan mudorotnya jika kita hitung hitung, dan yg lebih gila lagi yg dirugikan oleh rokok itu bukan dirinya sendiri, melainkan juga orang lain disekitarnya termasuk anda dan anak anak anda.
    Saran saya,,, cobalah periksa batuknya ke dokter atau jika anda kesulitan biaya, bisa periksa ke puskesmas sampai tuntas deh dengan menyertai tes dahak, tes mantuk serta rontgent.
    Salam buat bapak dirumah dan tetap semangat.

  13. adhe says:

    mas ak mau tanya brngkli bs lbh menerangkan hati yg gelap ini….

  14. adhe says:

    ASSALAMUALAIKUM WR.WB, salam knal dari sy ‘ade’.
    istriku di opnam sejak 22 febuari ini di RSI HARAPAN ANDA tegal, pertma masuk leukosit 60rb trmbosit 22rb dan test darah tepi pun mengatakan kl ad sel yg abnormal tp msh dlm skala kecil akhrny trnsfusi trombosit pun di lakukan 4kntng tp hasilny malah drop jadi 7000 trmbositny esok hariny di trnsfusi lg 4kntng tp msh drop lg jd 3000 akhrny istriku di rujuk ke RSD.KARIADI smrng dan disini 1hr smpt naik 11000 trmbstny tp hari ini kmbli drop ke 3000 , ak menulis ini di smpng istriku yg terbaring lema mas mohon doa dan masukany brngkali bsa sedikit melegakan hati ini

  15. sulastri says:

    askum mas oce

  16. sulastri says:

    yang memfonis suami sy dokter sp dalam di pnrg dan madiun dilihat dr hsl leb yg menunjukkan leko 140.600 trombo 1783.000 HB 8,1 dan usg yang menunjukkan linfa dan ginjal sebelah kanan bengkak analisa dokrer cml. pernah konsumsi hidrea 1 bln tp ndak ada hasil trs kami bk internet kami temukan jus manggis kr2 4 bln suani konsumsi xamthon hasilny tetep labil trus kr2 3 bln ini kami ke ahli herbal di kasih jamu utuk direbus dan di minum suami sy merasakan perubahan badannya makin seger dan telapak tangan yang dulunya pucat sekarang sudah mulai merah tapi anehnya ya itu disuruh merokok lagi.hari ini akan kami lebkan utk mengetahui hasil selama 3 bln terhir setelah mengkonsumsi jamu herbal tsb.

  17. sulastri says:

    oh ya masih ada lagi mengenai tib mengecilkan linfa yang mas oce bilang itu 2 hr ini kami praktekkan tapi batuk dan dahak suami sy kok semakin menjadi kenapa ya mas? trus mengenai terapi urin yang mas oce ceritakan itu sampe dimana tingkat keberhasilannya dan mengapa kok tdk diteruskan sampe sembuh ya walaun dlm islam air seni itu najis tp kl dalam kondisi darurat kan boleh ruhsoh bgt tolong dijelaskan yan mas krn mungkin kami akan mencobanya.dan mengenai tes yang lain terusterang belum pernah cm hdt dan usg aja selain dokter tidak menganjurkan jg tidak ada biaya. maaf ya mas banyak nanya. dan semoga ALLOH meridhoi dan membukakan lebar2 semua jalan kita menuju pintu kesembuhan AMIN YA ROBBAL “ALAMIN…tank you….

  18. sulastri says:

    dan mengenai batuk nyaitu mungkin karena jumlah HB dan eritrosit yang jauh dari normal shg oksigin yang beredar dalam tubuh berkurang itu kali ya mas soalnya udah pernah dirongcen tapi paru2 ndak ada masalah bgt. oh ya hari ini hasil leb hemaglobin lengkap udah keluar menujukkan sel lekosit masih naik sebelum pk jamu 114.000 selang 3 bln naik jd 125.000 eritrosit yang dulunya 1,38 sek 1,55 tp hbnya turun sekarang hanya 8,0 LET dl 70-100 sekarang 50-90 mm/jam menurut anda bagamana tolong sarannya ya mas oce terimakasih dan mohon maaf terlalu banyak nanya.dan semoga kita semua dapat terbebas dari ujian yang maha berat ini AMIN YA ROBBAL ‘ALAMIN……..!

  19. widodo says:

    mas kok telponya tidak diangkat angkat? sms juga tidak dibalas2 ?

  20. ocekojiro says:

    @Adhe
    Salam kenal juga mas Ade, tentang trombosit yg sangat cepat sekali turun bahkan setelah mendapatkan tranfusi sebanyak 3-4 kantong tetapi malah turun terus,,, itu sangat tidak wajar. Leukemia jenis AML saja penurunan trombstnya tidak secepat itu. Jika leukosit yg kamu kabarkan diatras itu benar apalagi juga ada sel blast dalam darah, kemungkinan memang ada leukemia meskipun harus menjalani beberapa tahapan lagi hingga BMP. Yg perlu kamu ketahui, meskipun leukosit kamu banyak namun sebagian besar tidak bisa menjalankan fungsinya dg baik sehingga tubuh sangat rentan sekali akan infeksi baik bakteri maupun virus sehingga pada thn 2008 pernah ada sahabat leukemia sy yg tidak bisa bertahan karena terserang demam berdarah. Tetap tenang dan sabar serta teruskan pemeriksaan sampai BMP.
    Salam.

    @Sulastri
    Mengenai batuk yang tidak sembuh dan terus berdahak tetapi hasil rontgent nya bagus, kemungkinan ada infeksi di saluran pernafasan atas yg terus memicu dahak sehingga terus terusan memicu batuk dan gatal pada tenggorokan, dan untuk mengatasinya dengan sering sering meminum perasan kunyit setiap harinya.
    Tentang terapi urine, sekali lagi sy sampaikan bahwa keputusan itu sudah bulat buat saya dan sy tidak akan menggunakannya lagi meskipun beberapa fakta baru yg menyebutkan bahwa urine itu adalah ‘basa tingkat tinggi, yg jika diminum satu gelas kecil dapat merubah tubuh yang mayoritas ‘asam menjadi basa dalam 12 jam. Dan konon,,, makanan sel kanker pada umumnya adalah asam dan protein, jadi jika pasokan makanannya kita stop, sel sel kanker akan mati dengan sendirinya karena kelaparan.
    Dan dari hasil lab terahir telah menjelaskan bahwa pemakayan obat herbal selama 3 bulan dari ahli herbal anda yg jg dengan entengnya menyarankan anda untuk merokok itu telah terbantahkan kemanjurannya. Oya, jika ingin lebih terlihat keakuratannya menggunakan herbal, sebaiknya penanganannya satu satu, seperti fokus pada limpa yg membengkak dahulu kemudian jika limpa sudah selesai atau minimal berkurang besarnya, baru minum kunyit untuk batuknya dan lain2.
    Tetap sabar dan semangat.

    @Widodo
    Semenjak jumat pagi hingga sabtu malam kemarin sy ke bandung dan no yg sy berikan itu tidak sy bawa, jadi mohon maaf jika sy tdk bisa angkat telpon dan membalas sms.

  21. sulastri says:

    terimakasih atas semua sarannya lain kali biar suami sy sendiri yang sering dengan mas oce. karena suami saya itu sangat luarbiasa semangtnya demi anak2 dan keluarganya.

  22. sulastri says:

    assalamu’alaikum mas oce mau nanya nih mengenai minum sari kunyit itu perlu diendapkan dulu atau langsung diminum. trus mengenai jamu herbal yang mas oce ceritakan di lembar setitik asa yang di kunsumsi oleh bapaknya ibu yuni itu lebih jelasnya bgmn? apa mas oce sudah mencoba dan membuktikan khasiatnya tolong bagi2 info dong? cepet balasya terimakasih……..

  23. sulastri says:

    dan mohon maaf ms oce kiranya anda berkenan tolong kami dikasih tau no tlp mas oce yang masih bisa di hub krn no yang di blok ini tdk dpt di hubungi agar kami tidak mersa sendiri dalam menghadapi cobaan ini no tlp kami 0812596625** terimakasih……..

  24. dina says:

    kalau untuk trombosit tinggi dikarenakan oleh gen gmn yah, sayang bingung harus mengkonsumsi agrylin 3x sehari, sempet turun dari 1 jt ke 700rb, tetapi bulan ini naik lagi ke 900ribu. harganya yang mahal membuat saya drop.. ada cara lain?

  25. arie says:

    thank infon ya sangat bermanfaat

  26. Asalamualaikum.. Blog ini sangat membantu saya. Terima kasih

  27. Ass..
    Blog ini sangat membantu saya..
    Sekarang bokap saya sudah sehAt..
    Sy sangat berSyukur kpda allah swt.. Amin..
    Terima kasih

  28. mimied says:

    terimakasih banget atas penjelasan yang cukup detail, saya akan berbagi kabar dengan pasien leukemia yg lain. Saya sering mendampingi pasien leukemia selama ini saya hanya membri saran daun sirsat dan tangkai sirsat di rebus tapi dalam kuali tanah liat. kalo orang jawa bilang “maron”, sebelumnya terima kasihh banget buat mas oce.

    oiya ya mas, saya member Blood For Life (BFL), bertemu dengan anak2 leukemia krn permintaan transfusi cukup banyak. seperti di bangsal anak RSSA Malang dalam satu minggu permintaan transfusi masing2 anak bisa 3 – 5 kantong utk menaikkan trombositnya.

  29. purnamawati sunaryo says:

    salam kenal.
    Saya atik, saya sangat tertarik dgn blog ini. Saya ingin berkonsultasi dgn mas oce mengenai leukimia. Ayah saya skr msh terbaring di RS,seminggu yg lalu di perkirakan dokter terkena luekimia akut, tp blm sampai bmp karena kondisi ayah saya blm memungkinkan. trombisitnya turun trs hingga 12, hb 8.5, leukositnya 9.5 sudah ditranfusi tp trombositnya blm membaik. Ada bintik2 merah di kaki. Kondisinya lemas dan lemah, nafsu makan msh baik, tp perutnya sll kembung. Apa yang hrs kami lakukan, kami mohon saran dari mas oce, sebelumnya terima kasih sekali.

  30. ocekojiro says:

    @Sulastri
    Kunyit tidak perlu diendapkan,,, malah jika mengendap aduk dahulu sebelum diminum.

    @Dina
    Untuk mereka yg memiliki kelainan bawaan tidak cukup hanya dengan penggunaan makota dewa maupun obat herbal lainnya saja, melainkan sudah harus menggunakan agrilyn. Sedangkan cara lainnya sy tidak tahu.

    @Ardiantotampi
    Walaikumsalam WrWb
    Syukur deh kalau ayah sudah semakin sehat, semoga terus bisa dipertahankan.
    Salam.

    @Mimied.
    Terimakasih kembali, dan semoga pendampingan anda selama ini bisa membantu mereka yg membutuhkannya karena ternyata tidak banyak orang orang yg mau bekerja untuk kepentingan orang lain tanpa mendapatkan imbalan bahkan malah harus sering berkorban.
    Salam buat penyintas di Malang.

    @Purnomowati Sunaryo
    Perut yg kembung dan sembelit kerap memperberat penyakit karena sistem metabolisma tidak berjalan sempurna karena mampet. Saya dahulu juga seperti itu tidak bisa buang angin dan kalau BAB selalu keras. Untuk melembutkan ‘feses bisa dengan meminum rebusan temulawak 3 kali sehari namun terkadang buang anginnya juga masih kurang atau hanya jika sedang buang air besar saja, jadi perut selalu kembung dan berasa begah.
    jika ada alamat email atau no handpone akan sy kirimkan kesana cara2 yg sy ketahui sangat efektif, karena jika sy tuliskan disini bakalan banyak yg tidak nafsu makan, heheh

    Smangat !

  31. fatma says:

    asalamualikum mas..
    sya fatma usia saya 22 th..awl nya sya mengalami tipes v pas dicek trombosit sy 170 pdhl tu msh normal v doktr mnyerankn sy agar dirwt scra intnsip tkut nya DBD..v stlah dirwt keadaan trombosit mkin mnuru ni hr ke 6 sy dirwat skrg trombosit sy ad 90 pdhl udh sgla mcm sy mnum mulai dr jus jmbu.angkak.smpe ubi jalar tv g da hsil nya sma s’x..mhon saran nya mas ap lg yg mesti sy lkukan..

  32. ocekojiro says:

    @Fatma
    Walaikumsalam WrWb
    Pada dasarnya, pemberian suplemen dan obat2 an baik herbal maupun medis untuk menaikkan trombosiy itu adalah sebuah cara pemberian bahan2 ‘pembangun trombosit, agar tubuh dapat memproduksi trombositnya secara alami, kecuali jika potong kompas melalui tranfusi trombost.
    Ketika bahan sudah disediakan tetapi tidak ada peningkatan yg berarti, tentunya ada sebabnya yaitu, bisa tubuh yg tidak mau/tdk bisa memproduksi, atau ada sebab lain yg menyebabkan trombosit terus menurun seperti ‘tipes yg kamu sebutkan diatas.
    Selama penyebabnya tidak diatasi dg sempurna, maka penurunan trombosit akan terus terjadi. Sy tidak faham apakah tipes dpt menyebabkan turunnya trombosit, namun sebelum diketahui penyebab lainnya sebaiknya tipesnya diselesaikan dahulu dan bisa dibantu dg minum perasan kunyit 3-4 kali sehari, karena agen antibiotik alami pd kuntit dpt membunuh kuman bakteri penyebab tipes yg bersarang di lambung/saluran cerna.

  33. yenny says:

    mas oce. adakah obat herbal y epektip naikin trombosit? dan pengobatan apa y dijalankan mas oce selain minum obat doktor?
    makasih banyak.

  34. Melina says:

    Salam Kenal Mas Oce,

    Senang sekali bisa menemukan blog mas oce ini. Saat ini saya bingung sekali, ayah saya didiagnosa terkena Myelodysplasia Syndrome (MDS) RA-EB hasil dr BMP bulan juli lalu. Sejak saat itu, ayah saya bergantung pd transfusi darah untuk menaikkan kadar hbnya. Saya baca2 dari internet, MDS RA-EB ini akan berkembang menjadi Acute Myeloid Leukemia atau AML cepat atau lambat. Eritroipoetin alfa tidak ada efek di tubuh ayah saya setelah menerima 9x injeksi dengan dosis 10000 unit. Sekarang ini ayah saya dirawat di RS dengan kadar trombosit yg sempat mencapai 7000, lalu transfusi trombosit naik menjadi 11000. Akan tetapi, hasil cek darah hari ini menunjukkan trombositnya menurun lagi jadi 10000 dan kadar leukositnya mencapai 36000, sedang hb nya sekitar 9. Kami sekeluarga bingung sekali akan kondisi ini. Dokter akan melakukan tindakan BMP lagi segera….

    Mohon opini dan share dari mas oce kenapa kira2 kok ayah saya bisa begini… dan juga ada saran makanan atau buah apa yg bs dimakan utk menaikkan jumlah trombosit dan menurunkan jumlah leukosit? terima kasih banyak.

  35. fariq says:

    salam knal mas Oce…
    saya fariq saya mau nanyak kan trombosit saya selalu turun gak pernah naik,kemudian HB saya juga turun juga tapi HB saya turunnya gak drastis juga.Kemudian sya dianjurkan minum jus jambu merah tiap hari,minum jus bayam merah sama mengkonsumsi minuman SARI KURMA obat CINA.kemudian trombosit saya naik gak sampek batas minimal malah trombosit saya selalu di bawah 10000,pertama naek sampek 31000 kemudian dapet 3 hari tesdi LABORATORIUM turun jadi 6000.
    Saudara saya bingung semua,sudah di carikan obat apa saja tapi trombosit saya gakbisa naik-naik sampek saya ditranfusi sama NGAMAR berkali-kali sama dokter,saya bingung.
    Mohon beri petunjuk moga2 saya bisa sembuh kembali seperti biasanya AMIEN…….

  36. ocekojiro says:

    @Yenny & @Fariq

    Obat obat herbal yg disebutkan diatas menurut sy sudah sangat efektif,,, cuma yg menjadi masalah terkadang malah tubuh sendiri yg menolak untuk memproduksi trombosit dengan berbagai alasan, atau malah ada faktor lain yg menghancurkan trombosit dengan sangat cepat seperti dihancurkannya trombosit oleh leukosit atau sel2 blast atau malah oleh autoimun yg menganggap trombosit itu sebagai musuh atau malah sebab yg lain seperti DBD dll.

    @Melina
    Betul,,, MDS adalah pre leukemia dan (biasanya) ujungnya mengarah pada AML atau malah sebaliknya yaitu sembuh.
    Tolong buka email anda karena sy memberikan saran sy untuk menaikkan trombosit ayah anda disana, sedang untuk menurunkan leukosit biasanya dokter menjalankan terapy Daxogen beberapa sesi sampai leukositnya mencapai jumlah normal.

  37. tyas says:

    Assalamualaikum

    salam kenal mas oce..
    saya tyas.saya sangat tertarik dengan blog ini mas. saat ini ayah saya masih terbaring di RS sudah sejak 18 september.sebelumnya ayah dirawat di RS daerah di kota saya.tapi karena peraltan sangant minim maka dirujuk di RS kariadi semarang.dokter sudah pernah bilang kemungkinan ini leukimia.dan untuk lebih lanjut harus dilakukan BMP.begitu hasil BMP keluar ayah dinyatakan menderita AML.begitu mendengar ini kami sekeluarga langsung lemas.apalagi bulan depan saya mau menikah.selama ini ayah tidak pernah mengeluhkan sakit sama sekali.dan tiba2 dinyatakan menderita AML.sempat ayah muntah darah dan BAB.leukosit,HB dan trombositnya turun.dokter pernah bilang untuk harapan hidup sangat tipis.tp tetap akan berusaha membantu secara medis.apa penderita AML itu bisa disembuhkan mas oce ya?? at paling tidak selain harus transfusi adakah cara lain untuk menaikan trombosit??

  38. eka prih says:

    assalamualaikum wr.wb.
    mas terima kasih mau berbagi……….ibu saya terkena penyakit darah rendah sekitar 5 hari yg lalu tetapi 4 hari kemudian malah di bilang DBD,tetapi setelah saya baca2 percakapan diatas,kok sama ya gejala nya lemas, pucat, tapi tidak mangalami pendarahan dari manapun,cuma perut menjadi kembung (perutnya buncit), pinggang pegal,& pada saat tubuhnya sehat sering buang angin.apakah gejala tersebut sama dengan leukimia……..(saya berdoa semoga ibu saya hanya sakit biasa & segera sembuh).terima kasih sebelum dan sesudahnya mas,
    Wassalamualaikum Wr. Wb.
    niezprima_ex@yahoo.co.id

  39. ocekojiro says:

    @Tyas
    Salam kenal juga mas Tyas,,, turut prihatin dengan apa yang menimpa ayah anda, semoga beliau dan anada sekeluarga kuat menjalani cobaan ini.
    prosentase kesembuhan pada AML cukup tinggi jika menjalani prosedur pengobatan medis terutama untuk anak anak, sedangkan untuk dewasa memang prosentasenya rendah sekali sehingga wajar saja jika dokter anda mengatakan bahwa harapannya tipis. Namun tidak ada yang mustahil bagi Allah dan kita hanya perlu menjalankan bagian kita yaitu ‘mencari kesembuhan, sedangkan sembuh atau tidak / bertahan sampai kapan ? itu bukan lagi urusan kita.
    Seperti yg saya katakan diartas bahwa menaikkan trombosit itu hanya ada dua cara, yang instan adalah dengan tranfusi dan yang lainnya adalah memberikan bahan bahan pembangun darah/trombosit agar tubuh dapat memproduksi trombositnya dengan alami.

    @Eka Perih
    Darah rendah itu sebuah kondisi yang berhubungan dengan tekanan darah yg cenderung rendah misalnya 90 per 60, sedangkan jika ada yg bilang DBD berarti ibu telah melakukan test darah rutin atau lengkap. Dari tes darah itu kan bisa dilihat berapa kadar leukositnya juga kadar kadar yang lain apakah ada yang aneh atau tidak.
    Antara perut kembung dengan buncit pun bisa dibedakan, kembung itu berisi angin dengan ciri jika diketuk ketuk akan berbunyi nyaring sedangkan buncit itu bisa apa saja seperti timbunan lemak atau pembengkakan hati/limpa dll dimana jika diketuk2 seperti ada massa padat yang mengisinya.

    Semoga hanya masuk angin saja, insyaallah…

  40. iyjha jhuned says:

    Assalamu’alaikum..
    Salam kenal mas oce,,
    Gni ms,anak sy di Nyatakan oleh dokter Leukimia ALL-L1,tpi kmi skluarga g ♏ªªυ̲̣̥ Kemo.sdh 2x msuk RS dn tranfusi.
    Prutnya smakin mmbesar,krn pembengkakan,sy mngkonsumsi obat dri dokter,ktanya itu pmbunuh kangkernya.tpi trombositny sllu turun,mohon sarannya ms,gmn cranya bs naikan trombosit dn HBnya.dn apakah obat dokter itu ngaruh trhadap turunya Trombsit dn HBnya
    Thanks..

  41. eka prih says:

    amin……..terima kasih mas oce……..atas jawaban n do’anya semoga ALLAH SWT selalu berada disamping mas n kawan2 untuk selalu kuat menghadapi ujian n cobaannya.amin.

  42. ocekojiro says:

    @Ijha Jhuned
    Salam kenal juga mas Juned,,, memang pengobatan pada leukemia terutama untuk type AML dan ALL terlihat sangat tidak manusiawi,,, bayangkan saja tubuh kecil diguyur dengan obat obatan sitostatika sampai batas maksimalnya sehingga jarak antara hidup dan mati itu sangat jelas terlihat yang membuat perasaan orang tua akan beraneka rasa sehingga banyak orang tua yang mundur karena tidak tega melihat penderitaan buah hatinya.
    Bukan hanya sel sel leukemia (blast) yang dihajar oleh obat obatan sitostatika itu tetapi otomatis trombosit dan keping darahpun tanpa bisa dicegah ikut terkena imbasnya sehingga jika dirasa sudah sangat sedikit harus ditambah, setelah kondisi relatip membaik prosedur pengobatan kembali diulang dan begitu terus hingga beberapa sesi sampai target yang akan dihancurkan oleh pengobatan bisa tercapai.
    Kira kira gambarannya seperti itu.
    Salam.

  43. ricky says:

    mas mau tanya yg jual buah bit di bandung tau gk….??

  44. catur says:

    mas mau tanya,apa pasangan suami istri yang golongan drahnya sama bisa jd penyebab leokimia,,,???

  45. assalamualaikum
    terimakasih mas info y semoga bisa membantu teman saya yang tromnosit ya turun hingga 8000
    sangat menghawatirkan ketika saya mendengar y

  46. Titin says:

    Suami saya kena lambung,emang kena lambung dsertai dg lemes terutama kalau mikir langsung kaya mau pingsan

  47. iis says:

    kaka sy di vonis leukimia,dr memberikan obat hydroxyurea medac,apakah obat tersebut mempunyai efek samping?dan gejala apa yg dirasakan jika obat tersebut tidak cocok buat kaka sy? ,terima kasih…

  48. iwan says:

    aswb.. mt mlm mas oce.. mau nanya nih.. kk saya laki2 umur 48thm.. d diagnosa kena kangker darah (leukimia) dgn ciri2 yg sama seperti yg sy baca d blog mas oce, tangan dan kaki banyak bintik2 merah, lembam2 biru d sekujur tubuh, sekarang terbaring lemah tak berdaya dgn rasa sakit yg tiada henti.. hasil tes darah terahir trombosit turun sampai 26000, sy masih awam mas once,, sy baca2 d blog ini ada obat HYDREA..sy mencari info d mn sy bisa dpt obat trsb ,, dn smpai saat ini sy belum menemukannya.. yg aq temui ada d apotek kimia farma 43 bdng yg berlokasi d buah batu, nm obatnya HYDROXYUERA.. pertanyaanya sy.. apakh obat HYDROXYUERA dpt mmbantu kesembuhan kk sy?? dan apa efek yg akan ditimbulkanya jika mengkansumsi obt tsbt ?? terimakasih sebelumnya..

  49. Reef-Ati says:

    Makasi info2nya yaa… Sm0ga jd berkah buat kehidupan anda… GBU…

  50. Tilla says:

    Assalamualaikum….
    Saya tertarik dengan post ini, dan saya ingin tahi lebih banyak tentang penyembuhan leukimia..
    Saya bukan pengidap melainkan adik saya yang sedang sakit leukimia jenis ALL adik saya berusia 12 tahun, tahun 2009 sudah melakukan pengobatan selama 2 tahun penuh di RS.ADAM MALIK medan menjalani pengobatan kemo terapi. Setelah selesai pengobatan adik saya sudah boleh pulang ke rumah.
    Setelah itu keadaanya mulai membaik dan bahkan sudah seperti normal lagi selama 1 tahun, HB selalu normal bahkan berat badan juga selalu bertambah..
    Tetapi memasuki awal tahun 2013 kondisinya tiba-tiba ngedrop dan harus di bawa ke rumah sakit lagi.
    HB turun menjadi 8 dan trombosit hanya 5.000 , adik saya semakin lemah dan pendaran dari telinga dan hidung serta timbul bintik-bintik merah di kulitny.
    Adik saya sudah melakukan tranfusi trombosit sebanyak 10 bag tetapi cuma bertambah 1.000 sehinga menjadi 6.000.
    jadi saya butuh saran dari mas, bagaimana cara menjaga agar HB dan trombosit tidak turun, dan bagaimana cara meningkatkan HB dan trombosit.
    terima kasih banyak mas..

  51. arifin safar says:

    selamat pagi mas…
    saya mau tanya,, buah bit itu apa mas???
    saya punya calon istri,, dia juga mengalami penurunan trombosit darah,, dari hasil pemeriksaan terakhir,, trombosit darahnya turun dari 63rbu menjadi 53rbu…
    itu hasil pemeriksaan semalam…
    tolong lampirkan gambar buah bitnya agar saya tahu..
    mohon bantuannya mas…….

  52. tokoku17 says:

    Ibu saya telah masuk 2x ke rumah sakit karena trombosit turun, kronologinya begini waktu pertama kali ke RS Ngawi ibu saya ga demam tpi dari hasil2 lab nya trombosit mengalami penurunan dari 39 trus 33 trus 30 trus 25 terakhir di cek dokter RS 20 (tpi walaupun trombosit turun belum ada pendarahan apapun) sedangkan HB dari 6 setelah mengalami tranfusi darah 5x naik sampai 11 tp ibu saya masih keliatan kaya orang sehat, yg badanny awal nya pucat sudah berangsur agak kemerahan (diagnosis awal ibu saya terserang anemia, ada miom uteri jg dan sudah 5x tranfusi darah) karena posisi ibu saya kaya org sehat dokter RS Ngawi memperbolehkan ibu saya pulang walaupun pd saat itu trombositnya 20 dg catatan tiap seminggu sekali rutin cek ke RS tuk memonitor trombositnya, seminggu dari keluar RS ibu sy cek lab lagi hasilnya Alhamdullilah HB 12 Trombosit 27 (ada kenaikan 7 dri sebelumnya). hampir seminggu dari dari cek lab itu ibu saya demam disertai pegal2 di tubuh setelah minum paracetamol demam turun, stlah cek ke dokter terdekat ibu saya ada radang tenggorokan (amandel) akhirny dri dokter itu dikasih obat radang, 2 hari ibu sy rutin meminumnya sampai akhirnya 3 hri yg lalu ibu sy demam tinggi (38,5 C) disertai gemetar dan kepala pusing dan akhirnya kami membawa ibu sya ke RS lagi (RS islam madiun) setelah di cek dokter minggu kemarin (tgl 3 Feb 2013) gula darah ibu 230, tensinya150, hari senin kemarin di cek lagi gula darah normal 130 tensi 120, tp trombositnya yg awalny 27 turun drastis jd 11 dan HB dri 12 turun jd 9,7 (dlm keadaan ini ibu sy cm merasa ngantuk (sudah hmpir 1 bln ibu sya sulit tidur walaupun ngantuk), lemas, letih, lesu, nafsu makan baik, tdk ada pendarahan. Malam sllu demam tuk menurunkan demam pake sanmol infus ), dokter mendiagnosa ibu sya terkena anemia dan DBD, akhirnya tgl 6 Feb kmrn ibu saya tes apusan darah tepi dan tgl. 8 Feb kmrn hasil dri pemeriksaan itu diketahui bahwa ibu sy jg ada dibetes dan diduga ada keganasan hematologi u/ mengetahui kepastiannya harus tes BMP (pemeriksaan sumsum tulang), mendengar berita itu badan sy sampai lemes klu mgkn itu leukimia tp ga ada keturunan yg mengidap penyakit tsb. Sekarang ini ibu sy masih dibutuhkan tuk merawat bapak sya dan adek sy yg mentalnya terganggu, apalagi sya dan adek cwe sy sudah berkeluarga, sy sndri di Bali adek sy di Karawang, mgkn jauh jg klu tuk merawat ibu, bpk maupun adek laki2 sya.
    Dari penjelasan sya ini apa mgkn ya dengan posisi trombosit turun terus terindikasi ada leukimia nya walaupun blm tes BMP karena hasil tes darah rutin kmrn sy jg belum tahu kadar leukositnya brp (indikasi leukimia klau leukosit di atas normal, normalnya 5000-10000). Mohon pencerahan buat saya, karena yg bisa saya lakukan sekarang hanya berdoa dan berusaha u/ kesembuhan ibu saya, semoga indikasi leukimia itu tdk terbukti smg anemia biasa aja, di RS Islam Madiun setelah tranfusi darah 2x HB 11 trombositnya yg awalny 17 turun jd 11 (setelah masa kritis DBD berlalu baru tranfusi darah), skrg ibu hanya mengkonsumsi jus jambu biji, kurma ajwa, sumsum sapi, makan 3x sehari, banyak minum air putih. Kondisi ibu skrg masih lemas tpi sudah bisa duduk walau hnya di tempat tdur (saran dokter hrus bed rest) sekarang terapi berdiri dan jalan walau 2 lngkah.
    Yang mau saya tanyakan apakah ibu sy terbukti leukimia ya. Mohon saya dikasih kiat2 tuk pengobatan leukimia bila ada yg herbal. Terima kasih sebelumnya

  53. ocekojiro says:

    @Tilla
    Memang u ntuk beberapa kasus sangat sulit untuk m,empertahankan trombosit pada batasan no0rmal karena adanya penolakan atau penghancuran trombosit oleh autoimun meskipun kita terus memberinya tranfusi. Itu disebabkankarena autoimun menganggap trombosit sebagai musuh yg harus dihancurkan sehingga sebanyak apapun tranfusi yg kita berikan hanya menambah sedikit saja bahkan terkadang malah berkurang.
    Beberapa yg saya tahu,,, pada kasus kasus seperti itu pasien kerap diberi obat ‘antihistamin dalam dosis yg cukup tinggi agar penghancuran trombosit tidak terus terjadi.

    @Arifin
    Jika dipulau Jawa,,, buah bit sepertinmya sudah sangat umum sekali ,,, namun dilain waktu sy akan posting gambarnya atau jika kamu googling juga sudah banyak kok gambar buah tsb.

    @Tokoku
    Dari penjelasan diatas memang menurut saya tidak bijak untuk mengatakan itu leukemia atau yang lainnya,,, namun yang pasti ada kelainan pada darah ibu anda yang harus dianalisa oleh seorang hematolog.
    Satu hal yg membuat sy binggung,,, jika sudah berkali2 tranfusi, baik darah maupun trombosit, namun anda masih tidak pernah tahu berapa kadar leukositnya ?
    Untuk bisa mendapat tranfusi,,,, minimal harus cek lab ‘darah lengkap atau ‘darah rutin,,, dan dari hasil tersebur seharusnya syudah ada nilai leukositnya, coba tokong diperhatikan lagi hasil labnya.

  54. krisna ayu says:

    Dear Mas Oce, saya mau sedikit sharing dan bertanya serta berbagi pengalaman,

    Calon suami saya sekitar 7-6 bulan lalu di vonis mengidap leukimia jenis LGK (kronis) saat itu dia terjadi pembengkakan di limfa dan di rawat di rs setelah dicek dia mengidapt leukimia, saat itu dia sel darah putih nya selalu berlebihan hingga berkali2 lipat akhirnya dia di cuci darah putih sehingga berkurang 40%, akhirnya singkat cerita dia keluar dari rs, disaat leukositnya tinggi dia mengkonsumsi hydrea. sekarang setiap seminggu dua kali dy selalu cek darah rutin untuk mengecek kadar leukositnya. Alhamdulilahnya trombositnya dia selalu di bats normal tidak pernah dibawah normal, namun leukositnya yang naik turun drastis, kadang rendah kadang tinggi, saat ini kadar leukositnya dia tinggi sekali sekitar 106rb sedang trombositnya normal 187ribu dan hemoglobinnya juga normal yaitu 15…

    selain konsumsi hydrea dia pun juga konsultasi dengan dokter herbal, tapi obat dr herbalisnya saya lupa, sekitar bbrapa minggu lalu saat itu dy cek ke dokter herbalnya, harus cek darah pneomia klo tdk salah, utk mengecek kadar blastnya, dari hasil tsb kadar blastnya 0%, dr herbalnya pun memberi tahu kalau kondisi nya tidak ada kelainan, bagus…

    Namun dari hari minggu kemarin saat dia memutuskan untuk tidak melanjutkan hydrea, leukositnya melambung tinggi, seperti yang saya sebutkan di atas tadi yaitu hingga 106ribu namun trombositnya dalam kadar normal,

    mohon sharingan dan info dari mas oce mengenai hal ini

    Terima Kasih sebelumnya

  55. ocekojiro says:

    @Krisna Ayu

    Begini,,, jika kita sudah bisa mengontrol penyakit ini dengan baik, maka semua hitungan darah terlihat normal bahkan tidak ada sedikitpun sel sel blast yang dimata orang awam sepertinya kita benar benar sehat tidak kurang satu apapun.
    Logikanya,,, karena kita sudah sehat maka kita hentikan saja penggunaan obat sitostatika yg kita konsumsi dengan asumsi bahwa kita sudah normal. Disinilah letak kesalahannya !
    Janganklan seorang herbalis yang hanya mendapatkan pendidikan tentang obat obatan herbal saja,,, seorang dokter umum saja belum tentu memahami karakteristik penyakit ini ( LGK), masih untung anda pengguna hydrea,,, jika saja anda pengguna glivec dan telah menghentikan obat seperti kasus ini maka dapat dipastikan anda akan celaka 12, karena jika anda resisten terhadap glivec maka anda hanya punya waktu 3-6 bulan saja jika tidak pindah obat ke tasigna yang dosis dan harganya lebih gila lagi.
    Saran saya,,, jangan ikuti saran saran untuk menghentikan obat dari orang yg tidak mengerti ttg penyakit ini, karena anda masih sangat baru dlm menjalani penyakit ini (baru 6-7 bulan) dan masih terbuka kesempatan hidup yang jauh lebih lama daripada saya (kemungkinan lebih dari 50 tahun lagi) jika anda bisa mengontrolnya dengan baik.
    Salam.

  56. krisna ayu says:

    Assalamualaikum

    Terima kasih mas atas masukannya,

    saya pun menyarankan kepada calon suami saya itu untuk tetap mengkonsumsi hydrea, namun terkadang saya tidak tega kepada dia, karena terkadang dia setelah mengkonsmsi hydrea itu suka pusing2….

    seperti yang mas bilang, mengontrol dengan baik itu bagaimana kiat – kiat nya ya mas?

    mas, apa ada no yang bisa dihubungi, saya dan mungkin calon suami saya ingin sharing secara langsung

    terima kasih banyak sebelumnya

    Wassalamualaikum

  57. krisna ayu says:

    Assalamualaikum mas oce…

    saya harap mas ga bosen dengan postingan dari saya heheee

    hari kamis tanggal 21 Maret kebetulan calon suami saya berkonsultasi ke dokter, dokter nya menyarankan untuk langsung segera mengkonsumsi gliveec, dulu awal mula disarankan oleh dokternya untuk menggunakan gliveec, dia tdk mau karena spt tulisan mas ttg glivec vs hydrea, dia berpikir berkali2 lipat karena efek samping yang terjadi dengan menggunakan gliveec tersebut, sehingga dia hanya menggunakan hydrea.

    akhirnya dia memutuskan untuk menggunakan gliveec, dia disarankan untuk mengikuti program yang diadakan oleh YKI di RSCM, dan akhirnya dia mencoba untuk mengurus persyaratan2 yang harus diajukan… yang jadi pertanyaan saya, apakah memang obat gliveec ini jauh lebih ampuh dari hydrea, karena dokter nya memberi info kalau hanya teerus menerus menggunakan hydrea pun takutnya si sel akan berkembang juga… dan pertnyaan saya lagi yang kedua, apakah benar efek samping dari gliveec hingga seperti tulisan mas di post sebelumnhya? apa semua orang merasakan hal yang sama? mohon masukan dan sharingan dari mas oce, dan smoga mas juga dalam keadaan selalu sehat walafiat

    saya masih menunggu no contact mas untuk dapat sharing langsung, terima kasih sebelumnya

    Wassalamualaikum wr wb

  58. ocekojiro says:

    @Krisna Ayu

    Sejak awal,,, saya sudah mengakui bahwa glivec lebih baik ketimbang hydrea, terutama jika dilihat dari harganya yang mahal itu, namun demikian saya tidak akan mencabut pernyataan saya tentang efek samping glivec yang buat sebagian besar penggunanya sangat dahsyat meskipun tidak pernah ada yang mau dan berani mengekposenya.

    Tolong kamu kirim nomor kamu saja ya,,, kalau ada yg simpati, trims.

  59. Muhammad Fajri Ramadan says:

    @ocekojiro

    Saya memiliki istri berumur 23 tahun. dia sudah divonis bulan april ini tidak akan lama lagi. saya yakin bahwa istri saya pasti akan sembuh, kenapa setiap minggu ke-4 selalu drop. bahkan hingga kepalanya terasa sangat sakit. untuk mengatasi rasa sakit tersebut atau mencegah drop seperti itu bagaimana ya. mohon penjelasannya

  60. Muhammad Fajri Ramadan says:

    @ocekojiro

    Mas oce untuk istri saya belum pernah dilakukan kemotrapi untuk pengobatan herbal nya dengan cara seperti apa. saya diberi tahu teman dengan jus jambu biji merah dan rebusan sarang semut itu bisa mengatasinya apakah benar ?

  61. ocekojiro says:

    @Muhammad Fajrin

    Divonis sakit apa mas?

  62. diki sulaeman says:

    terimakasih informasi cara menaikan trombositnya…

  63. Abd Shomad says:

    bersyukur sekali ketemu blog ini :)

    sekiranya sya boleh tanya cara ampuh prihal menaikkan trombosit darah…??

    ayah saya masuk rawat inap di RS ADI HUSADA surabaya pd tanggal 5 april 2013 dengan hasil tes darah :

    trombosit 27
    leokosit 14.32
    HB 7.1

    kemudian pulang dari RS pada tgl 12 april 2013
    dengan hasil test darah sebelum dokter mengijinkan pulang yaitu :
    trombosit 84
    leokosit 16.71
    HB 12.0

    dalam proses rawat jalan ,, kami kembali ke RS pda tgl 15, dan kembali melakukan test darah,, akan tetapi trombosit kembali ngedroop

    trombosit 40
    leokosit 11.96
    HB 10.7

    butuh saran sekiranya obat herbal alami seperti apa yg wajib di konsumsi agar trombosit bisa terdongkrak…???

    muter2 cari informasi ada yg bilang minum air rebusan ubi jalar atau daun jambu
    ad juga yg bilang mengkonsumsi sari kurma atau minum jus jambu,,,yg saya tanyakan lebih effectiv mana yg di konsumsi agar trombosit cepat terdongkrak,,, butuh informasinya mas :’(

    mas oce bisa kirim informasi lwt sms di nomor 085733355521
    atau di facebook saya http://www.facebook.com/shomad.nano

    terima kasih sebelumnya mas oce,, sya tunggu informasinya.. :)

  64. ocekojiro says:

    @Abd Shomad

    Begini,,, sebenarnya cara cara yang umum kita dengar untuk menaikkan trombosit itu sudah sangat bisa membantu naikknya trombosit secara signifikan, seperti buah bit, jambu merah, jus kurma, jus bayam dan lain lain. namun ada satu hal yang semestinya juga kita cari tahu yaitu apa yang menyebabkan turunnya trombosit secara cepat meskipun sudah kerap dibantu dengan tranfusi?
    Jika masalahnya demam berdarah,,, kita akan sedikit tenang karena setelah masa inkubasi selesai maka virus akan melemah dan dalam waktu singkat akan kembali normal. Namun jika masalahnya adalah keganasan sel darah atau autoimun atau apapun juga yang berkaitan dengan darah,,, maka harus diselesaikan dahulu masalahnya atau minimal dilokalisir penyebabnya baru trombosit akan bisa kita naikkan sampai batasan normal.

    Dari beberapa hasil tes darah diatas terlihat ada kenaikan HB dan trombosit dg signifikan meskipun pada lab ketiga sedikit menurun, jika ketika dirawat dirumah sakit ayah anda mendapatkan tranfusi darah dan trombosit,,, maka dapat dipastikan naiknya hb dan trombosit bukan alamiah melainkan karena tranfusi dan untuk mencari tahu sebab penurunannya sudah selayaknya anda menjalankan tes darah tepi ataupun BMP, karena terlihat juga bahwa jumlah leukosit sedikit diatas nilai normal yang kemungkinan ada kelainan pada darah ayahanda.

  65. astri says:

    Ass.mas oce,mau tanya dong kk sy perut sebelah kirinya sakit dan kencang sprti keram perut,jika bernafas aga sesak dan terasa sakit. Apakah pernah ditemukan kejadian sperti ini pd penderita leukemia(AML)/ ini penyakit komplikasi dari leukemia? klo pernah tau tlg kasih solusinya y mas trimakasih…

  66. astri says:

    Maz oce apakh mungkin sakit perutnya pengaruh dari trombosit yg sgt rendah???

  67. ocekojiro says:

    @Astri
    Itu bukan komplikasi maupun karena rendahnya trombosit,,, tetapi ‘spleno megali atau pembengkakan limpa. segera konsultasi dengan dokter yang merawat agar cepat diberikan obat dan ditanggulangi karena sangat berbahaya dan sakitnya sangat luar biasa jika terjadi luka dalam dan pendarahan.
    Untuk membantu proses pengempesan organ limpa bisa menggunakan temulawak dan bisa dilihat di sini : http://ocekojiro.wordpress.com/2011/08/01/temulawak/

  68. freddy says:

    salam kenal mas oce…orangtua saya di vonis dokter leukimia…awalnya bapa masuk RS Cikini HB bapa saya 3,6 lalu trombositnya 6000 lalu dokter heran dgn HB dan trombosit yg rendah org tua saya msh mampu jalan dan tidak panas…lalu bapa kami di opname selama 2 minggu…hari pertama bapa melakukan transfusi darah sebanyak 5 kantung dan menambahkan trombosit nya saya lupa berapa…lalu 3 hari kemudian tombositnya turun lagi…hb nya sdh naik 8…lalu 2 hari kemudian diagnosa dokter mengatakan bapa harus di BMP melalui sumsum tulang belakang dan harus diperiksa darahnya ke rs dharmais…hasilnya bapa di vonis kanker darah atau leukimia dan dokter bilang umur bapa ga akan lama lagi paling lama 3 sampai 6 bulan dan disarankan untuk khemoterapi oleh dokter…dan pada saat pulang hb sdh 10 lalu trombositnya 12000…tetapi 2 hari lagi harus kontrol…yg menjadi pertanyaaan apakah bapa kami tidak bisa disembuhkan lalu apakah benar diagnosa dokter ahli drah tersebut tentang penyakit bapa saya…dan bagaimana cara mengobatinya…makasih banyak mas oce saya bingung harus apa…?? mohon sarannya

  69. kak.. klo d kasih buah bit apa benar dapat mengebabkan kaku pita suara dan tidak dapat bicara dalam beberapa waktu???

  70. ocekojiro says:

    @Freddy
    Jika benar dokter anda mengatakan hal seperti itu,,, kemungkinan leukemia yg diidap oleh ayah anda adalah AML, dan cukup masuk akal pendapat dokter yang memperkirakan hanya 3-6 bulan saja itupun JIKA tidak diambil tindakan kemoterapi ayau pengobatan, disamping kemungkinan faktor usia dimana ayah anda sudah dewasa atau mungkin cukup umur.
    Kabar baiknya,,, AML bisa disembuhkan meskipun mayoritas adalah anak anak.
    Tetap semangat.

    @Dede Kurniawan
    Wah,,, saya malah tidak tahu apakah memang seperti itu karena saya belum pernah mendapati hal deemikian.

  71. yunn says:

    mas.tromb rendah dan leukosit tinggi diatas batas noremal,dan dokter sdh menyarankan BMP sdh bs dipastikan leukimia,mksh

  72. yunn says:

    ass.mas leukimia itu knp dtgnya dadakan sekali ya mas,bln 4 hsl cek lab kk sy normal semua,dua bulan kemudian tromb dan leukosit mjd parah hasilnya,dokter menyarankan BMP,apakah leukimia krn kecapek an mas,apa krn sdh ada bibit dibadan sejak lama? mhn dijwb mas,mksh

  73. arief says:

    mas oce….anak saya laki-laki 20 th….terkena anemia aplastik kata dokter. Trombositnya kurang dari 10.000 sudah sebulan ini…sudah beberapa kali transfusi….pernah mencapai 36.000 tp turun lagi dibawah 10.000…efek samping obat adalah bengkak di muka, tumbuh rambut di pipi….mungkin ada saran dari mas oce….sekarang lagi mengkonsumsi jus jambu . jus sari kurma, buah bit….angkak…..terima kasih

  74. ocekojiro says:

    @Yunn
    Memang belum tentu leukemia,,, makanya doter ingin memastikannya dengan pemeriksaan BMP agar hasilnya bisa akurat dan prosedur pengobatan yang sesungguhnya bisa dijalankan.

    Untuk kasus yang akut memang tidak perlu menunggu lama untuk segera terdeteksi karena kondisi tubuh cepat sekali menurun dengan ditandai menurunnya trombosit juga hb darah, namun untuk yang bertype kronis memang kemungkinan sudah lama berada dalam tubuh namun kita tidak menyadarinya.

    @Arief says
    Sepertinya apa yg anda lakukan sudah benar dan cukup maksimal dengan beberapa hal diatas,,, kemudian ikuti saja anjuran dokter karena anemia plastik memang mirip2 dengan ITP dimana terkadang memang trombositnya selalu drop namun banyak sekali kasus yang sembuh dengan sendirinya setelah beberapa waktu.

  75. Zainab says:

    assalamu’alaikum mas Oce,,, saya Zainab, memiliki kelainan genetik darah yaitu Essential Thrombocythemia (Trombositosis),, yaitu trombosit yang selalu berlebih diatas 600rb an,,, selama 2 bulan terakhir saya diresepkan oleh hematologist saya utk konsumsi Agryllin,, mulai dr dosis 1 butir/hari,,, hingga skrg 2 butir/hari… utk di Medan, Agryllin ini sngat sulit didapat di apotik dan harganya cukup mencekik leher yaitu Rp.6.800.000/box isi 100 butir… sekarang memang trombosit saya terakhir opname di malam lebaran 07 Ags 2013 adalah 530.000… saya skrg stay di Bandung,,, mohon saran dari mas Oce, apakah ada tanaman herbal utk menurunkan trombosit ini? dan apakah mas tau apotik penjual Agryllin di Bandung yang harganya murah ? terimakasih… wassalam

  76. ocekojiro says:

    @Zainab
    Sampai hari ini,,, herbal yg sy tahu terbukti bisa menurunkan trombosit hanya rebusan makota dewa, hanya saja trombosit anda yg ada diangka 500-700 rb tersebut tidak akan efektif jika hanya menggunakan makota dewa.
    Coba saja dikonsultasikan ke hematologi anda untuk dirubah menggunakan hydrea jika agrylin terasa sangat mahal buat anda, banyak kok mereka yg menggunakan hydrea 500mg meskipun tidak leukemia, dan jika trombosit segitu paling minimal penggunaan hanya satu butir perhari dan harga hydroxyurea medac cuma 6000 an perbutirnya.

  77. silviachintya says:

    a

  78. silviachintya says:

    temen dikatakan dokter gejala DB.. tangan bintik merah..
    trombosit 140.000 jadi 64.000
    cara ngedongkrak secara cepat gimana ? makanan atau minuman apa yg harus di konsumsi ?
    atau cara perawatan tubuh gmn ? haruskah istirahat atau tidak boleh berkegiatan diluar dahulu atau gmn kak ? tlg penjelasan nya.. Tq Gbu

  79. chali says:

    salam kenal, saya senang mengikuti blog ini

  80. mas sdh hmpir 2thn saya mengidap leukimia akut,dan bbrp saat ini saya tdk mengikuti chemo dan saat ini kondsi sya drop lgi bbrp saat mimisan kl pikiran saya lg bnyak,dan sya smkin pucat bibir pecah2 mengering dan rasa nyeri persendian yg semakin kuat,apabila saya menekuni obat herbal bisa gk mas semisal saya beralih ke sarang semut mas…krn tuk saat ini keungan saya menipis dan tdk memungkinkan tuk mengikuti chemoterapy.mohon saranya

  81. ocekojiro says:

    @Princess Vhei
    Tidak masalah jika kamu mau menekuni pengobatan alternatip,,, hanya saja kalau menurut saya sarang semut saja tiak akan efektif mengobati penyakit kamu terlebih type penyakit kamu adalah akut.
    Jadi jika tidak keberatan sy akan kirim ke email kamu alamat seorang herbalis yg ‘mumpuni di bandung dimana saya dan beberapa sahabat saya kerap berobat juga disana.
    Salah satu kunci bertahan pada leukemia akut adalah stabilnya trombisit dan HB pada kisaran yg baik agar kita dapat terus bertahan, dan herbalis yg akan sy tunjukkan ini memiliki reputaSI bisa menaikkan trombosit dan HB secara alami
    Tetap semangat

  82. bamz says:

    Selamat malam mas oce..Saya menderita AML dan di vonis dokter usia saya 6 bulan lagi. Kata dokter saya di suruh tidak usah kemoterapi.. Apa yang harus saya lakukan mas oce.. Berdoa dan berikhtiar kepada Allah SWT yang sekarng saya lakukan.. Minta tolong mas oce

  83. ocekojiro says:

    @Bamz
    Mungkin ada banyak hal yang mendasari keputusan dokter anda sehingga dokter tidak menyarankan untuk kemo baik dari kondisi jasmani dan rohani kamu sendiri, kondisi penyakit, atau mungkin kondisi keuangan dan financial kamu dll, terlebih tidak ada sedikitpun keterangan ttg kondidi kamu serta riwayat penyakit/kesehatan kamu, jadi kita berprasangka baik saja yaitu dengan segera mencari second opinion (Ganti dokter).
    Suka atau tidak,,, yang namanya dokter itu cuma manusia biasa juga, ada yang perhatian, yg bertanggung jawab, baik hati dan lemah lembut juga ada, kebalikannya yang brengsek dan tolol pun banyak !

    Tetap semangat ya Bamz,,, !

  84. bamz says:

    Met pagi mas oce trimakasih.. Saya tetap semangat.. Mas oce ada saran lain untuk berobat ke herbal..? Tapi saya belum tau dimana mas oce.. Trima kasih mohon bantuan’y..?

  85. rosy says:

    mas oce, mohon info alamat herbalist di bdg yg bs menaikan trombosit dan hb. Trimakasih banyak, smoga mas slalu sehat..aamiin..

  86. ocekojiro says:

    @Bamz & Rossy

    Klinik Herbal Metrifita. Jl raya Soreang km5 Cipedung Soreang Bandung. (Antara stadion Jalak harupat dg pom bensin Gajah mekar)
    022-70772884

  87. suwandi says:

    Assalamualaikum.
    Salam kenal mas oce saya suwandi dari bandung.ada yg mau saya tanyakan mas anak saya umur 3 tahun mulai sakit 3 bulan yg lalu pas pertama masuk rumah sakit kata dokter anak saya kena flak,kelenjar membesar sama DB, udah dirawat 1 minggu lebih trombositnya ga naik2 kata dokter anak saya kena ITP trus dikasih obat jalan selama satu bulan malah turun mas trombositnya leukositnya yg naik mas tadinya jumlahnya 12000 naik jadi 57000 mas..hb nya 7,6 trombositnya 50.000. Sama dokter disaranin tes darah tepi setelah hasilnya keluar saya kaget mas kata dokter anak saya kena leukemia akut . Sel blasnya 88% mas sama dokter disaranin BM….yang mau saya tanyain apakah anak saya udah positif leukemia apa masih ada kemungkinan lain mas..trus jumlah sel blas 88% apa maksud nya..itu aja yg mau saya tanyakan mas trimakasih…..

  88. ocekojiro says:

    @Suwandil.
    Mohon maaf,,,, (menurut sy) merujuk dr keterangan singkat anda, sepertinya kepastian leukemia sudah hampir pasti dan yg dibutuhkan dr BMP hanyalah apa typenya agar pengobatanbisa dijalankan.

  89. suwandi says:

    Trimakasih mas atas informasinya kemarin. Tapi mohon maaf mas ada per tanyaan saya yg kmarin yg blm sempat terjawab sama mas oce…masalah Hasil leb sel darah tepi anak saya SEL BLASNYA 88%…apa maksudnya mas…apakah melihat dari hasil itu udah bisa di pastikan seberapa parah Leukemia yg diderita anak saya….trus udah ada seminggu ini ada bengkak dipergelangan tangan kadang pindah ke pergelangan kaki dan terus menerus selalu ber pindah pindah..menurut pengalaman mas oce gimana cara menangani nya mas. Baru di pakek berdiri aja anak saya udah nangis kesakitan Jadi kasihan saya lihatnya mas….

  90. ocekojiro says:

    @suwandi
    Sel blast itulah yg memastikan bahwa penyskit yg diderita putera anda adalah leukemia,,, sedangkan semakin tinggi prosentasenya maka semakin gawatlah penyakitnya karena hb darah dan trombosit akan cepat sekali turun diakibatkan ganasnya sel blast tersebut.
    Jujur saja,,, jika sel blast 88persen maka dlm seminggu hb akan anjlok sampai titik terendah,,, jadi sebaiknya segera mendapatkan perawatan untuk tranfusi ,,, kemudian bmp untuk melanjutkan pengobatan.
    Bukannya sy mau mendahului kehendak Tuhan,,, namun jika dlm seminggu tdk mendapatkan perawatan apa2 maka putera anda tdk aksn bertahan.

  91. suwandi says:

    Trimakadih banyak atas informasinya kemarin mas oce, smoga mas oce slalu di berkahi Alloh….
    Emang benar kata mas oce
    Kmarin anak saya sempat mendapatkan perawatan di rmh sakit slama seminggu trombositnya waktu itu sempat ngedrop sampai 8000 sempat tranfusi trombosit sama darah merah tapi hari kamis kmarin akhirnya anak saya satu satunya menghembuskan nafasnya yg terakhir….
    Hancur hati saya mas mungkin karna saya kurang tanggap terhadap penyakit anak saya

  92. assalamu’alaikum…
    saya mau tanya mas, tangan dan kaki saya sering keluar bintik merah tapi kadang menghilang dengan sendirinya dan saya tidak mengalami pendarahan terbuka. kira ini kulit saya kenapa ya/ mohon pencerahan

  93. ocekojiro says:

    @Dwiyarna Aditya
    Bintik2 merah pada kulit itu bisa dari banyak sebab,,, untuk menghilangkan penasaran anda sebaiknya sekali kali periksa darah rutin atau hematologi lengkap di laboratorium darah.

  94. 200492 says:

    ass. mas kemarin saya medical chek up, trus hasilnya temporary unfit, disitu menyatakan, saya terkena trombosit turun sama ligliserida naik,,,,,,,,, mas cara mengatasinya seperti apa, dan saya harus makan apa?
    tolong di bantu ya mas…….
    thankssssss

  95. andi adhy says:

    ass. mas kemarin saya medical chek up, trus hasilnya temporary unfit, disitu menyatakan, saya terkena trombosit turun sama ligliserida naik,,,,,,,,, mas cara mengatasinya seperti apa, dan saya harus makan apa?
    tolong di bantu ya mas…….
    thankssssss

  96. MeiLi says:

    ssiipp banged artikel ini,terutama koment2 jua,dan di jawab,,maka yg trjadi diskusi pengalaman ,

  97. delis says:

    selamat siang Mas….saya mau tanya, sdh satu tahun ini trombosit saya dibawah normal ( kisaran 50 s.d 88 rb ) sementara hasil lab lainnya seperti lekosit 9300 dan hb 13, tapi kenapa ya Mas trombositnya naik turun, apa saran dari Mas Oce utk dapat menaikkan trombosit saya. Oh ya kondisi badan saya biasa biasa dan saya tidak merasakan hal hal yang aneh seperti pusing, lemah atau lesu hanya saja beberapa teman melihat wajah saya sedikit pucat. Mohon sarannya Mas …..terima kasih dan salam sukses slalu

  98. ocekojiro says:

    @Andi Andy
    Wah,,, saya tidak tahu bagaimana cara mengatasinya karena tidak diketahui (belum diketahui) apa penyebab turunnya trombosit anda, konsultasikan saja ke dokter anda untuk mendapatkan keterangan yg jelas dan lengkap karena kemungkinan dokter akan menganjurkan pemeriksaan beberapa lab darah lagi atau bahkan pemeriksaan yang lain.

    @Delis
    Selamat siang juga,,,
    Kalau menurut saya, saran saran yg saya berikan pada tulisan diatas sudah cukup untuk menaikkan kadar trombosit pada umumnya,,, hanya saja memang kadang kita tidak tahu apa penyebab turunnya kadar trombosit dalam darah atau kalau untuk kasus anda malah trombositnya stagnan dalam kisaran 50-88 ribu.
    Saran saya,,, cobalah konsultasi pada dokter hematologi, karena sudah jelas ada kelainan pada darah anda meskipun saat ini masih terbatas hanya pada trombositnya saja.

  99. Vina says:

    Mas Oche, suami saya juga divonis CML. Pertengahan bulan november kemarin sempat masuk rumah sakit gara-gara pusing yang g ilang-ilang. Sampai di rumah sakit suami saya dikasih obat . Tapi pusingnya tidak hilang juga. malah lebih buruk lagi sampai telinganya g bisa dengar. Dari hasil pemeriksaan citiscan dan THT, hasilnya normal. Kira-kira apa penyebabnya y?
    Sekarang suami saya konsumsi Citodrox. Karena di Semarang sulit mendapatkan hydroxy Urea. Namun Sekarang kakinya sering sakit. Dan saya lihat sepertinya sakitnya luar biasa. Mohon penjelasannya. Terima kasih dan salam kenal

  100. ida bagus sudira says:

    Mas,istri saya di diagnosasa suspe ct anemia aplastik,dua minggu yg lalu transfusi tc apherrsis trombosit dari 14000 naik ke 83000 dan setelah dua minggu lagi pendarahan di gusi skrng jadi 14000 . Saya mau tanya obat herbal apa yg bisa mempertahankan atau menambah jumlah trombosit, terima kasih mas

  101. ocekojiro says:

    @vina.
    Gabung d WA jk kamu tdk keberatan ya. Kirim no tlp kamu ke email sy yg ada pd halaman about me. Tq

    @Ida Bagus.
    coba rebus bbrp lembar daun ubi jalar, dari 2 gelas menjadi satu gelas air, dan di ulang setiap 2-3jam. Dlm sehari trombosit anda akan sampai batas normal.
    setahu sy ini adalah cara tercepat menaikkan trombosit selain dg tranfusi.
    salam.

  102. umi says:

    assalamu’alaikum…mas saya kekurangan trombosit…tpi sudah berusaha minum jus jmbu bji yg ktny bs menaikan trombosit…tpi smpe skrg tdk norml2..hny berkisar 70rb smpe 100rb sj..itupun sllu naik turun…kulit jg sering mudh kena infeksi..trus stelh saya mengalami kurng trombosit itu,menstruasi saya jd berhenti…smpe skrg…gmn solusi yg baik mas??

  103. ocekojiro says:

    @umi
    Coba deh dengan rebusan daun ubi jalar,,, kira kira 10 lembar daun ubi jalar dicuci bersih dan direbus dg dua gelas air putih hingga menyisakan satu gelas. Minum setiap dua atau tiga jam sehari dan mudah2an dlm satu dua hari trombosit anda bisa berada dalam hitungan yg normal.
    Selamat mencoba.

  104. Yan Lubis says:

    Assalamu’alaikum Mas Oce. salam hormat saya buat mas Oce..
    anak saya perempuan umur 8 tahun 10 bulan saat ini saya tulis, di vonis dokter mengidap penyakit leukimia AML M2 setelah dilakukan BMP 2x dan pemeriksaan darah tepi di RS Darmais.. dan saat ini sedang dirawat di RSCM sambil menunggu dibuatkan protokol Kemo, dan hari ini dilakukan serangkaian pemeriksaan organ tubuh nya termasuk jantung.. dan hasilnya organ tubuhnya dalam kondisi baik..dan selama dirawat, saya selalu berikan jus kunyit putih dicampur madu agar tidak terasa pahit dengan takaran 1 sendok makan pagi dan sore, serta rebusan daun sirsak sebanyak 10 lembar menjadi 1 gelas air untuk pagi hari saja.. untuk diketahui mas oce, hasil BMP, lekosit, HB dan Trombosit nya rendah dan blast nya 37%.. saya mohon petunjuk, apakah yg saya lakukan ini sudah tepat..?? atau apakah perlu saya tambah lagi dengan herbal lain sesuai yg mas Oce sarankan diatas..?? atas jawaban mas Oce saya ucapkan terima kasih..

    oh iya mas Oce, selama 2 minggu ini saya selalu cerita sama anak saya kalau suatu saat nanti cepat atau lambat, akan datang berkunjung seorang Malaikat menjenguk anak saya di RSCM yg bernama Om Oce.. dan hal ini menjadi harapan saya juga jika mas Oce berkenan.. semoga mas oce di berikan kekuatan dalam menjalankan hidup ini.. Wassalam Yan Lubis

  105. Assalamu’alaykum wr.wb.
    Semoga orang yang terlibat dalam percakapan ini selalu diberi kesehatan, yang sakit Allah segera angkat penyakitnya. Ketegaran Bpak/Ibu dan ikhtiar maksimalnya di sini insya Allah menjadi pertimbangan Allah untuk memberikan yang terbaik. Amin.

  106. ida bagus sudira says:

    Salam mas oce, istri saya didiagnosa dokter mengidap penyakit anemia aplastik, sdh ada 10 kali trnsfusi, sekarang trombsitnya 4000, setiap di trnfusi trombosit malah turun, dan sekarang mengalami pendarahan gusi berat, mau tanya apa obat herbal yg bisa menaikan trombosit, biar tdk mengalami pendarahan, trmkasih mas

  107. haykal bajaber says:

    salam kenal mas oce,nama saya haykal dan sy punya anak berumur 5.5 thn yg sdh divonis dokter mengidap penyakit milodisplasia syndrom….yg sy mau tanyakan bagaimana cara menyembuhkannya dan apakah penyakit ini mematikan?trimksh mas

  108. ocekojiro says:

    @Ida Bagus.
    Coba gunakan air rebusan daun ubi jalar sehari dua atau tiga kali.
    Caranya ambil bbrp lembar daun ubi jalar jemudian cuci bersih dan rebus dg dua gelas air putih hingga air menjadi satu gelas dan setelah didinginkan bisa diminum.
    Semoga membantu.

    @Haykal.
    Itu yg biasa disebut PRE LEUKEMIA (MDS) , dan biasanya menyerang orang dewasa atau diatas usia 40 tahun.
    Gejalanya bisa lesu lemas karena kadar HB yg menurun, juga bisa pendarahan baik hidung, gusi maupun pendarahan sendi serta timbulnya bintik2 merah atau hitam dikulit yang kesemuanya itu diakibatkan turunya kadar trombosit dlm darah sampai batas dimana darah hilang kemampuanya untuk menggumpal.
    Pengobatanya biasanya dg mengikuti gejala yaitu jk hb atau trombosit drop maka harus transfusi dan berhubung pada MDS ini tdk didapati adanya sel blast,,, maka pengobatanya yaitu dg menjalani kemoterapi dacogen.
    MDS biasanya juga gejala awal dari leukemia akut (AML) jika dengan terapi dacogen bisa meredakan gejalanya maka cukup pengobatanya sampai disitu tetapi jika berlanjut ke aml maka pengobatanya mengikuti cara terapi aml yaitu dg serangkaian kemoterapi intravena.

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s