Tips Menurunkan LED { Laju Endap Darah }

Posted: January 19, 2012 in Uncategorized
Tags: , , , ,

Ketika membuka buka dan memperhatikan dengan seksama lembaran lembaran kertas hasil laboratorium darah saya pada tahun tahun awal saya hidup dengan leukemia, saya melihat ada sebuah hitungan yang selalu luput dari perhatian saya, yaitu LED.

bb1Selama ini saya hanya memperhatikan hal hal yang besar saja seperti Leukosit, HB, juga Trombosit. Padahal kadar LED darah saya ketika itu selalu jauh diatas angka normal yang berlaku bagi orang sehat. Dan mulailah terungkap sebuah jawaban kenapa selama tahun tahun awal itu kondisiku kerap anjlok dan merasa seperti hendak pingsan terus serta kesemutan disekujur tubuh ini.

Saya tidak banyak tahu tentang analisa darah, namun jika dilihat dari artinya, saya mengira ngira LED itu adalah sebuah indikator untuk menilai kekentalan darah seseorang dalam hitungan detik atau seberapa kental darah seseorang (Tolong koreksi jika saya salah).  Dan biasanya (ketika itu) jika LED saya tinggi hingga diatas 50 dokter kerap memberikanku obat pengencer darah dan antibiotika untuk beberapa hari, karena  menurut dokter kemungkinan besar ada infeksi dalam tubuhku ini yang entah dimana letak pastinya.

Kemudian yang menjadi masalah adalah, penggunaan obat obatan antibiotika bagi penderita leukemia tidak semudah pada orang sehat  pada umumnya, karena untuk menyembuhkan sebuah infeksi ‘ringan mungkin baru bisa tuntas jika penggunaan antibiotiknya berjalan minimal selama satu minggu, padahal untuk orang normal hanya tiga hari saja. Dan otomatis,,, penggunaan antibiotik selama itu akan menyebabkan masalah masalah baru seperti musnahnya bakteri bakteri baik yang berada dalam lambung dan usus, semakin beratnya kerja ogan ginjal dan semakin menumpuknya sampah dan sisa sisa bahan kimia dalam organ hati yang tidak bisa dibuang oleh tubuh dan lain sebagainya.

IMG0750ANah, bagi teman teman penyintas leukemia yang mendapati kadar LED nya terlalu tinggi dan kerap mengalami demam yang tidak ada sebabnya serta merasa limbung seperti hendak pingsan dan sering kesemutan disekujur tubuh dan pundak, maka saya anjurkan untuk meminum perasan biang kunyit kira kira setengah gelas teh  sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari dan diatur jaraknya paling tidak satu jam sebelum atau setelah meminum obat obatan kimia dan sitostatika.

Selama tidak berlebihan,,,  saya meyakini bahwa meminum perasan biang kunyit tidak lebih berbahaya daripada harus meminum obat obatan antibiotik yang dibuat dari bahan bahan kimia terutama bagi organ organ penting dalam tubuh seperti organ ginjal dan hati karena kandungan dari kunyit yang tidak terserap oleh tubuh akan langsung dapat dibuang oleh tubuh melalui keringat, urine dan feses.

Adapun cara membuat perasan biang kunyit tersebut bisa dilihat DI SINI.

Demikian semoga bermanfaat.

Salam.

Tulisan Terkait :

– KUNYIT
– TEMULAWAK
– Daun Randu

“Semua Tulisan Oce Kojiro”

Comments
  1. odisumantri says:

    Memang Mas sakit apa?
    maf sebelumnya kalau pertanyaan saya kurang sopan?

  2. sakura suri says:

    ah..
    subhanallah
    biasanya ramuan tradisional emang banyak manfaatnya mas.. :)

  3. Rini says:

    Ass.Wr.Wb.
    terimakasih infonya mas…
    setiap kali periksa lab, angka LED sy selalu tinggi, tp dokter selalu bilang tdk masalah, “paling ada sedikit peradangan”. Dlm hati sy tetep penasaran & membatin; mestinya kalau gak ada masalah, angkanya harus normal donk…
    Nah, skrg mau sy coba resep dari mas Oce ini,
    makasih ya…

  4. madya vimory says:

    Aku adalah seorang pekerja radiasi..
    Aku juga mengalami hal yang sama,,beberapa bln ♈ǝлƍ lalu aku cek darah dan LED juga jauh berada d atas normal..
    Namun aku tak pernah memperhatikan jumlah leukosit ku..
    Setelah aku jatuh sakit ternyata jumlah leukositku semakin tinggi di atas nilai normal dan jumlah HB ku trs dbawah normal..

  5. amalia says:

    makasih mas info nya. berrmanfaat bangget. saya uda browsing,dan untung dapat nih info dari mas. thanks

  6. Rose says:

    Kk Oce, aku LED nya tinggi n dari dlu mudah infeksi.. klo minum perasan kunyit itu aman g yah buat lambung sensitip? trus aku agak g tahan ama baunya.. kan ada kunyit yg uda dijadiin bubuk trus dimasukin ke dalam kapsul gitu.. lebih efektif mana yah? trims kk oce..

  7. ocekojiro says:

    @Rose

    Hai Rose,,, kelihatannya kamu punya segudang semangat ya ? Boleh doong,,,, dibagi bagi dengan saya dan teman teman disini, hehehe.

    Setahu saya perasan kunyit aman buat lambung bahkan untuk yg punya maag kronis perasan kunyit dapat menggantikan obat lambung cair yg diminum sebelum makan karena zat pati nya dapat melapisi permukaan lambung yg luka dan mengobatinya.
    Jika ada yg sudah dikemas rapi dalam kemasan kapsul mungkin khasiatnya sama saja, namun sy pernah membeli bubuk kunyit yg sudah jadi dipasar tradisional untuk dimasukkan kedalam kapsul, meskipun harganya murah sekali namun sy ragu akan kebersihanya karena cuma ditaru dalam stoples kaca/plastik yang sudah kusam dan disendok dengan sendok yang itu itu saja, kualitas bahan baku serta kebersihan produksinya juga saya tidak tahu pasti jadi saya urungkan niat untuk memasukkan dalam kapsul dan tetap menggunakan cara yang sedikit ribet seperti selama ini.

  8. icut says:

    makasih infonya, sangat bermanfaat krn baru kali ini saya di tolak dikarenakan LED saya tinggi, masalahnya saya lakukan cek kesehatan setelah haid sehingga itu menjadi masalah, jd untuk para wanita yang ingin mengecek LED Hematologi seminggu setelah haid selesai, krn pada saat haid kita renta akan antibody dan organ tubuh sedang terinfeksi (kalau salah mohon dikoreksi). jd saya coba mengulang cek LED setelah resep mas, nanti akan saya kabari hasilnya.

  9. nya says:

    sebulan lalu sy ke hematolog di sby, kmd setelah si dokter membaca hasil test lab sy, dia memberikan resep hydroxyurea, tanpa menjelaskan obat apa itu dan sakit apa sy ini. finally sy cari di google, n menumakan semua jawabannya. betapa stressnya sy setelah membaca fungsi dari obat itu. ya Alloh, dalam ratap sedihku, apakah sy terkena penyakit ini? dimana masih terbayang betapa menderitanya sahabat kakak sy yg baru saja meninggal krn kanker getah bening.
    sampe sekarang sy belum bisa menemukan obat itu, meskipun sudah cari dibeberapa apotik di sby. sy sering berkeringat dingin waktu tidur malam. bagaimana sy belum siap menghadapi ini semua, apa yg mesti sy lakukan?

  10. Vennie says:

    mbak nya, Hydroxyurea (nama generik) bisa dibeli apotek dengan nama Cytodrox 500mg (merk dagang)

  11. sri says:

    Terima kasih infonya, utk pertama kalinya saya test LED dan ternyata lebih tinggi dari normal, dokter saya tdk memberikan obat dan saya juga nggak bertanya karena belum mengerti, saya coba cari di internet dan ketemu dengan tulisan anda, sekali lagi terima kasih

  12. dewi says:

    halo mas, thanks banget infonya.. kebetulan sdh 3 tahun ini LED saya diatas normal terus.. saya juga alami badan seperti meriang, tapi gak jelas dimana infeksinya… dokter memang pernah bilang kemungkinan ada kelainan di darah saya.. saya senang dengan web ini.. tetap semangat untuk 2013 yaa ..

  13. hardi says:

    salam kenal mas oce, leokosit saya posisi 15 ribu dan trombosit 680 ribu blast kosong sama dokter setahun terakhir dikasih cytodrox dan Bd Gard, mohon penjelasan kira2 apa sudah tepat obatnya dan apa ada harapan sembuh sementara saya tidak merasakan sakit, seperti dak punya penyakit suwun

  14. hardi says:

    dan perlu saya tambahkan, komentar dokter nampaknya kurang jelas ini penyakit pa, setelah saya amati komunikasi antar dokter hemotologi juga ada kebingungan untuk menyimpulkan< mohon penjelasan panjenengan yg telah ber pengalaman suwun

  15. ocekojiro says:

    @Hardy
    Kemungkinan memang hanya kelainan trombosit,,, namun sebaiknya secara berkala tetap diperioksa darah tepi apakah suatu saat ada sel blast dalam darah anda menginggat leukosit anda juga ada diatas rata rata.
    Namun jangan juga terlalu dirisaukan, cobalan menjalani terapi bekam / hijamah, atau coba ikut donor darah tentunya dengan menghentikan dahulu cytodroknya dahulu beberapa waktu, mungkin malah bisa bermanfaat bagi orang lain.

  16. Purmadi says:

    LED istri 103, tetapi leukosit rendah, apakah mungkin terkena leukimia, dokter menyrankan pengambilan cairan sumsum, tapi saya belum brani,
    mohon pencerahannya saya bingung

  17. ocekojiro says:

    @Purmadi
    Tingginya LED pada orang ‘biasa (tidak terkena leukemia/kanker) biasanya sejalan dengan rendahnya leukosit dimana dengan rendahnya leukosit tubuh sangat rentan terkena berbagai infeksi yg kasat mata sampai infeksi menahun yang tidak ‘terasa seperti TBC.
    LED adalah indikator bahwa ada infeksi dalam tubuh,,, jadi sebaiknya dicari apa sumbernya sampai ketemu atau tidak ada salahnya mengikuti anjuran dokter anda untuk periksa sungsum tulang anda.

  18. Purmadi says:

    trimaksih sebelumnya,udah membalas surel saya, hari ini istri saya pulang dari rumah sakit (karena DB) tapi ketika saya lihat hasil tes darah istri saya, WBC 3,2 PLT 67 dan HB 10,0, serta batuk tidak berdahak lebih kurang ada 3 bulan kata dokter istri saya, perlu cek darah apakah terkena leukimia atau tidak, yang ingin saya tanyakan apakah untuk penderita leukimia, leukositnya rendah atau tinggi, trima kasih

  19. ocekojiro says:

    @Pumadi

    Umumnya,,, penderita leukemia jenis apapun leukositnya ada diatas normal bahkan ada yang berkali kali lipat jumlahnya, meskipun demikian saya pernah mendapati seorang penderita leukemia yg leukositnya sangat sedikit sekali bahkan sampai harus diberikan leukogen. Saya tidak tahu sebabnya namun kemungkinan besar disebabkan karena pengobatan dimana ketika itu pasien tersebut sedang menjalani kemoterapi sesi yang ketiga.

  20. purmadi says:

    terima kasih mas, tetap semangat dan saya akan terus mengikuti info di blog ini

  21. daniel says:

    Apakah ada pengaruh perasan dari biang kunyit untuk ibu hamil ..?

  22. ahmad says:

    Mas oce, saya bru sj periksa kesehatan dan satu2x yang jadi masalah adalah LED saya diatas normal,, angkax sampai 55,, hasil test yang lain normal2 aja semua,, foto rontgen juga normal,, kira2 saya terserang penyakit apa yah? Thanks infox mas,,

  23. clodi murah says:

    Halo mas Oce, blognya sangat bermanfaat sekali. Begini, hasil MCU kemarin menunjukkan kadar leukosit di atas normal (11.230/uL) dan LED pada batas tinggi (20 mm/jam). Hal itu menunjukkan apa ya? Kalau gejala leukimia itu seperti apa? Terima kasih banyak…

  24. ocekojiro says:

    @Daniel
    Mohon maaf,,, saya tidak tahu apakan ada pengaruhnya terhadap janin yg dikandung oleh ibu hamil.

    @Ahmad.
    LED 55 memang cukup tinggi,,, maka sebaiknya kamu konsultasikan kepada dokter penyakit dalam agsr dapat ditemukan sumber masalahnya, moga moga saja hanya ada infeksi yang ‘kasat mata dan bisa dideteksi dari pemeriksaan darah.

    @Clodi Murah

    Sepertinya tidak apa apa,,, karena naiknya leukosit melebihi sedikit dari batas normal biasanya karena tubuh mendeteksi adanya infeksi,,, begitu juga naiknya hitungan LED.

  25. ivan says:

    Mohon informasinya, selain perasan biang kunyit apakah ada tambahan obat alami lainnya yang bisa digunakan untuk menurunkan LED sebelumnya info: LED saya 48mm/jam(diatas nilai rujukan) dan eritrosit 4.41(dibawah nilai rujukan) dokter yang memeriksa mengatakan kalau saya ada radang tenggorokan dan batuk biasa, trims

  26. ocekojiro says:

    @Ivan

    Yang saya ketahui dan biasa saya jalankan hanya kunyit saja tanpa tambahan obat obatan alami lainnya.

  27. Ishaq abdurrahman says:

    Mas Oce LDP sy 42 , asam urat saya 7,8 dan kaki sy bengkak( sdh 3 minggu), mungkinkah peradangan itu krn persendian sy yg bengkak( krn asam urat).. Hatur nuhun

  28. ocekojiro says:

    @Ishaq
    LDP itu apa ya,,, Apa maksud kamu LED ?
    Sepertinya jika asamurat 7,8 masih cukup normal dan tidak akan menyebabkan peradangan, mungkin ada sebab lainnya.

  29. Terima kasih mas, untup tipsnya

  30. Dony says:

    Hi Mas…

    Dua minggu yang lalu saya demam tinggi dan pas dicek hematologi dan widal ternyata positif positive typus H dan LED 35…

    Stelah minum antibiotik dan istirahat, kondisi saya membaik dan suhu tubuh kembali normal.

    Namun setelah coba cek darah lagi, LED saya ternyata naik sampai 80 sementara yang lainnya (leukosit 8500, HB 14.2, bilirubin total hanya .12 diatas rata-rata) dalam kadar normal.

    Mungkin Mas Oce ada masukannya tentang kondisi saya ini.

    Terima kasih dan Wassalam,
    Dony

  31. ocekojiro says:

    @Dony
    LED anda meningkat itu sudah jelas karena infeksi typus,,, namun kok tidak kunjung turun bahkan malah meningkat ?
    Menurut saya itu suatu bentuk pertahanan diri dari tubuh guna menghalau terulangnya kembali infeksi oleh berbagai macam bakteri dengan menciptakan kondisi ‘keras agar tidak ada lagi bakteri merugikan yang bisa hidup dalam darah dan tubuh anda.
    Tunggu saja beberapa hari sampai minggu,,, nanti juga akan kembali normal jika tubuh merasakan bahwa tidak ada lagi ancaman yg berarti.

  32. pal says:

    Maaf Dokter, pada pemeriksaan Hematologi saya, Nilai LED saya 14 mm/jam, sedangkan nilai rujukannya 0 – 10 mm/jam . Apakah nilai tersebut masih masuk dalam kategori normal ataukan sudah cukup significan dalam menandakan suatu infeksi atau penyakit. Leukosit saya normal di angka 7,3 (nilai rujukan 5,0 – 10,0), pemeriksaan yang lainnya masih dalam nilai normal rujukan. Terima Kasih banyak dokter

  33. ocekojiro says:

    @Pal
    Maaf, saya bukan dokter,,, sebaliknya saya adalah ‘pesakitan atau dalam bahasa kerennya adalah penyintas leukemia.
    Ya, sepertinya tidak ada yang perlu dikawatirkan dari pemeriksaan darah anda, anda sehat.

  34. pal says:

    Terima kasih atas tanggapannya.

    Salam,
    Pal

  35. vie says:

    Led saya sudah 8 bulan ini merangkak naik terus trrtinggi di 62. Saya terdeteksi kena autoimune pefsendian. Obat yg sy minum adl lameson4 gg stlh saya cari diinternet memiliki banyak efek sampjng. Ada masukan utk menurunkan LED? Soalnya sayanpny maag akut juga. Thanks before…

  36. ocekojiro says:

    @Vie
    Coba deh rutin minum kunyit sehari 2-3 kali selama beberapa minggu. Selain untuk menyembuhkan infeksi,,, kunyit juga ampuh untuk mengobati infeksi lambung atau maag.

  37. Ishaq abdurrahman says:

    Iya maksud sy LED mas??? Normalnya brp, sy 42, sy hrus minum brp kali seharinya,? Dan berapa lama?

  38. savitri says:

    Waktu masuk rs Led saya tinggi dan darah saya berwarna agak hitam. Nafaspun sesak Dan jantung Sudah tidak berirama. Hasil lab menyatakan leukosit tinggi tp hb normal juga ada peradangan di kelenjar getah bening. Herannya saya tidak dikasih antibiotik, hanya heparin dan infus 3 hari saja dan anehnya saya malah disuruh ke dokter bagian pernapasan yg tentu saja tdk menemukan keanehan disitu. Setelah bbrp hari hasil lab menyatakan leukosit saya sudah turun dan saya dibolehkan pulang. Keluar dr rs tersebut saya malah sangat lemas bahkan lebih lemas dr sblm saya masuk rs. Ternyata selain leukosit turun hb pun turun drastis walaupun masih ada di ambang batas. Hanya dua hari saya pulang sudah drop lagi kondisinya, saya masuk rs lagi tp yg berbeda, Ternyata Led saya masih tinggi begitu pula leukosit, saya pun dikasih antibiotik dan infus serta antiradang.
    Saya cuma sarankan pindah rs ketika merasa pengobatan tidak sesuai, kita bisa googling kira2 apa penyakit kita dan pengobatan seperti apa yang diharapkan. Untuk pembengkakan kelenjar getah bening saya juga minum kunyit tp ditambah asam jawa, kalau rutin bengkak bisa hilang walaupun ada kemungkinan utk muncul lagi ketika daya tahan tubuh berkurang dan minum kunyitnya sdh berhenti. Saya juga ingin brrtanya apakah Led yg tinggi menimbulkan sesak nafas dan jantung yg tidak berirama ataukah hal tsb krn autoimun saya yg terlalu aktif. Trims atas sharingnya.

  39. agustinus says:

    jumlah eritrosit saya 7.16 diatas angka normal yaitu 4.60-6.20,sedang eosinofil saya rendah yaitu 0 dengan nilai normal 1-3,apkah saya menderita sebuah penyakit,thanks masbro mohon diberi pencerahan.

  40. anugrah says:

    mas oce berapa normal LED? LED saya 8/28 tuh gmna mas?

  41. meiga says:

    Malam dok..

    Kemarin mama saya melakujan cek darah tapi ada yang kami kurang paham mengenai LED.. Karena LED mama saya diatas rata-rata. Mohon bantuannya?

    Umur mama: 51 tahun
    Sudah menopos

    Led jam I: 27mm/jam
    Led jam II: 58mm/jam

  42. obro34@yahoo.com says:

    mohon pencerahan nya om #ocekojiro itu kunyit temulawak dan daun randu car mengolahnya bagai mana? di campur atau satu-satu? terus temu lawak nya yang botol pabrikan atau gimana? terima kasih

  43. ita says:

    Salam,

    Seminggu lalu sy ambil hasil lab, LED 58. Dokter ga jelasin apa dan kenapa, setaun lalu saya di diagnosa SLE, tapi dr hasil lab terakhir itu menunjukan SLE sy tidur, sudah tidak ada aktivitas, alhamdulillah, hanya saja LED itu tinggi bgt, kenapa ya? Penyebabnya apa? Sy sering sakit kepala yg bener2 sakit gitu. Si LED ini sll tinggi dr semenjak SMA, skrg usia sy 27th. Ada yg bisa di share?… Apa sebaiknya periksa lebih lanjut / bagaimana ya? Terimakasih.

  44. Nancy says:

    Salam,

    2 hari yang lau sya ambil hasil Lab, LED saya 60, hematokrit = 31.8, HB = 10.2. apakah ada pengaruh bila saya minum perasan kunyit karena kata dokter saya ada anemia devisiensi besi?
    Terima kasih

  45. ocekojiro says:

    @Savitri.
    LED adalah indikator kekentalan darah dimana akibat darah yang terlalu mengental itulah yang membuat irama detak jantung menjadi tidak stabil bahkan lebih berdebar debar kadan juga sesak. Karena darah yang cenderung kental otomatis kerja jantung akan dua kali lipat lebih keras dari sebelumnya dan tentunya akan menyebabkan masalah masalah yang tidak kita harapkan.

    @Agustinus.
    Sebenarnya agak sulit memperkirakan apakah ada kelainan atau penyakit tertentu jika hitungan darah yg kamu sebutkan itu hanya dua itu saja,,, karena hitungan darah satu sama lain ada keterkaitan.

    @Meiga.
    Jika hanya LED saja yg ada kelainan maka kemungkinan itu hanya ada infeksi saja pada tubuh mama anda,,, Konsultasikan pada dokter agar dapat pengobatan dengan antibiotik agar infeksinya segera teratasi.

    @Obor.
    Untuk temulawak atau daun randu juga kunyit cara pengolahanya sebaiknya satu satu,,, atau jangan dicampur.

    @Ita dan Nancy.
    Coba saja minum perasan kunyit (biang kunyit) untuk beberapa minggu dan lakukan cek lab kembali. Jika tidak ada perubahan maka sebaiknya konsultasikan ke dokter penyakit dalam agar dicari penyebab tingginya LED tersebut dari mana. Bisa jadi hanya infeksi biasa saja namun yang ditakutkan adanya indikasi dari penyakit penyakit kelainan darah seperti leukemia, talasemia atau lainya yang memang selalu meningkatkan kadar LED dalam darah.

  46. Herry Sutjipto says:

    Ada makana lain yang bisa mengencerkan darah, yaitu “Jamur kuping” yang biasa dimasak ibu2 untuk buat Tekwan, dan ini gampang dicarinya.
    Caranya mudah masak saja seperti apa mau kita, bisa di bikin sop, urap, atau pecel dengan dicampur apa saja sesuka kita.
    Ini sudah saya praktekkan dari keketalan 30 menjadi dibawah 5, silahkan coba.
    Herry Sutjipto – 081399320035

Komentar Anda :

