Tips Meredakan Nyeri Tulang

Posted: January 18, 2012 in Uncategorized
Tags: , ,

Hampir semua pasien leukemia dengan type apapun akan sering mengalami nyeri pada tulang dan persendian terutama jika fase leukemianya sudah mencapai stadium lanjut, atau jika masih dalam perawatan kemoterapy yang menggunakan obat obatan sitostatika dosis tinggi dimana target yang dituju adalah untuk menghancurkan sel sel blast yang berada pada darah dan sumsum tulang si penderita.

Rasa nyeri dan ngilu terkadang bisa sangat ekstrim hingga jika pasien mengeluh pada dokter yang merawat, maka dokter akan memberikan obat obatan kimia untuk sekedar menghilangkan rasa sakit dan nyeri tersebut akan hilang untuk sementara waktu.

Sialnya,,, selang beberapa jam ketika efek obat obatan penghilang rasa sakit itu mulai mereda, rasa nyeri akan datang kembali menusuk nusuk tulang dan persendian bahkan serasa dua kali lebih dahsyat dari sebelum diberikan obat, sehingga siang hari atau malam harinya pun kita harus kembali meminum obat yang sama hingga beberapa hari sampai keluhan nyerinya reda seiring menurunnya jumlah leukosit dan sel sel blast dalam darah dan sumsum tulang.

Yang jadi masalah adalah jika penggunaan obat obatan sitostatika (kemo) saja sudah cukup membuat fungsi hati, ginjal dan beberapa organ vital pasiennya menurun, maka jika ditambah lagi dengan penggunaan obat obatan analgesic untuk meredakan nyeri maka akan semakin membahayakan organ organ vital tersebut sehingga banyak pasien leukemia yang meninggal bukan karena penyakit leukemiannya melainkan karena kegagalan fungsi hati, ginjal atau lainnya.

Dari pengalaman saya, penggunaan balsem, minyak kayu putih ataupun obat obat gosok lainnya tidak banyak membantu meredakan nyeri karena memang sumber nyerinya bukan berada dibalik kulit melainkan jauh didalam tulang sehingga penggunaan obat gosok dan cair hanya terasa panas pada permukaan kulit saja dan tidak meresap masuk kesumber rasa nyeri. Rasa nyeri yang ditimbulkan sebenarnya juga tidak terlalu mengkawatirkan dan tidak bisa sampai membunuh penderitanya, namun bagi yang mengalaminya terasa sangat mengganggu dan menyiksa sekali serta  serasa begitu tidak nyaman karena ditambah kondisi tubuh yang biasanya juga tidak karu karuan seperti mual, muntah, pusing dan lain lain.

Nah bagi teman teman penyintas (survivor) leukemia yg ingin mencoba bertahan tanpa bantuan obat obatan analgesic, sebaiknya yang dilakukan pertama adalah tidak mengadu pada dokter anda bahwa tulang dan persendian anda sangat nyeri dan ngilu, karena jika kita mengeluh pada dokter, maka dokter pun akan langsung memberikan obat obatan penghilang rasa sakit tersebut.

Dan sebagai penggantinya anda bisa menempelkan KOYO CABE yang telah dipotong menjadi empat bagian sama besar lalu menempelkannya pada beberapa tempat yang terasa sangat nyeri seperti di sepanjang tulang belakang, lengan atas, pinggang dan tempat tempat lainnya yang kerap terasa sangat nyeri karena menumpuknya sel sel blast disana dan seringnya bagian tulang tersebut dibawa untuk beraktifitas. Biarkan koyo koyo tersebut melekat hingga terlepas sendiri karena basah terkena keringat atau mandi dan kembali tempelkan koyo yang baru didekat tempat yang telah terlepas tadi dan seterusnya hingga beberapa hari sampai nyerinya berangsur angsur hilang.

Demikian dan semoga membantu.

Salam.

Tulisan Terkait :
– Deteksi Leukemia Mandiri
– Menghitung Leukosit tanpa ke Laboratorium
– Kiat menghindari Tranfusi

“Semua Tulisan Oce Kojiro”

About these ads
Comments
  1. ~Amela~ says:

    saya pernah pake tuh koyo cabe.. panasnya beuuh.. tapi emang mantap sih, habis itu pegel2nya reda

  2. terima kasih tipsnya….mudah2an ini dapat membantu teman saya yg sedang menderita leukimia & sering mengeluh sakit-sakit…

  3. Irfan Handi says:

    Terimakasih banyak untuk tipsnya Mas,
    btw, Saya juga pernah pakai koyo cabe ini mas, gak nahan panasnya. :lol:

  4. Tyara says:

    Assalamu’alaikum..
    Mas,ketika rasa nyeri ditulang itu datang,saya seperti kedinginan tingkat “dewa” dan menggigil luar biasa.. itu kenapa ea mas?? (saya agak malas berkonsultasi dengan dokter lantaran pasti ada tambahan obat2an kimia ini itu nanti na).. syukran :)

  5. Rose says:

    Kk oce, klo aku sukanya Panadol Pain Relief Patches, yang kaya plester hydrogel buat demam ituh.. soalnya aromanya ga separah koyo cabe hihi hihi.. ato pake bantal pasir yg diangetin, trus bobok.. haaa…. :D

  6. Arfa says:

    wah om boleh tanya nih, sy nanya karena om pernah bilang klo om pernah kena leukemia nah gejalanya apa y? akhir-akhir ini sy merasa badan sy klo bangun pagi/bangun tidur pas sore biasanya rasanya males bgt bangun kayak agak berat(hehehe…. bkn karna mzh ngantuk :D) terus badan sk demam maklum karena cuaca ekstrim akhir-akhir ini dan sering agak nyeri di tulang sendi biasanya di lutut dan sekitar kaki terus perut sy agak gendut karena tahun lalu sy kena infeksi cacing tambang

    itu gejala apa y mas sy takut bgt sampe sy stress berat mikirin begituan apa itu termasuk gejala leukemia? Mohon di jawab

  7. bundamira says:

    saya sering merasa nyeri pada tulang,kenapa ya?

  8. Astri says:

    Mas oce,kk saya trombo nya smakin turun nih terakhir 16.000,tp yg sy bingung dokter yg merawatnya tidak menyarankan untuk transfusi trombosit, sedangkan jika sy mengandalkan jus jambu biji & sari kurma sgt kurang membantu, dan hal tersebut sangat mempengaruhi kondisi kk sy. ada cara lain ga mas untk menaikan trobositnya?

  9. ocekojiro says:

    @Asri
    Jika trombosit sudah diangka 16.000,,,, obat2an herbal yang apapun jenis dan ragamnya tidak akan efektif menaikkan kadar trombosit dalam darah, karena tidak sebanding antara kenaikannya dengan penurunannya. Dan sudah seharusnya mendapatkan tranfusi karena sangat berbahaya.

    Kemungkinan besar dokter anda ‘lalai atau tidak memperhatikan angka2 itu dengan seksama jadi tidak menyarankan tranfusi, padahal setahu saya seorang dokter harus memiliki standar minimal dimana jika melihat trombosit atau hb sudah memasuki batas yang berbahaya seharusnya dokter akan segera menyarankan tranfusi.

  10. Safdestha says:

    Selamat pagi mas..
    Apakah mas seorg survivor leukemia? Bgmnkah cara utk sembuh mas apabila stadium sdh mencapai IVa?
    Mohon sharingnya.
    Terima kasih sebelumnya.

    Regards,

  11. Isef Ramdhani says:

    Assalamu’alaikum wr. wb
    mas oce.., bagaimana jika penderita itu adalah balita, apakah tips ini bisa dicoba..??
    terimakasih..

Komentar Anda :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s